Des 152018
 

Pesawat tempur F-16 Block 70 (@ Lockheed Martin)

Slovakia akan membeli 14 pesawat tempur F-16 buatan AS, dalam pembelian militer terbesar yang pernah dilakukan Slovakia sebagai anggota NATO, ungkap Perdana Menteri Slovakia Rabu, menepis berita keberatan sebelumnya terhadap kesepakatan itu.

Menteri Pertahanan Peter Gajdos menandatangani kontrak dengan Lockheed Martin yang diwakili oleh Ana Wugofski pada konferensi pers di ibukota Bratislava setelah Pemerintah menyetujui pembelian itu.

Anggota zona euro itu akan membeli jet tempur F-16 Blok 70/72 plus senjata dan pelatihan senilai 1,58 miliar euro (US$ 1,8 miliar) untuk pengiriman pada tahun 2023, kata Kementerian Pertahanan.

“Republik Slovakia akan membeli versi paling canggih dari pesawat tempur F-16,” kata Perdana Menteri Slovakia Peter Pellegrini, yang juga menghadiri upacara penandatanganan, kepada wartawan.

Negara yang sebelumnya Komunis dan terdiri dari 5,4 juta orang itu berusaha mengganti armada pesawat tempur MiG-29 buatan Rusia yang semakin tua.

“Slovakia akan sepenuhnya kompatibel dengan negara-negara NATO dan Uni Eropa setelah membeli pesawat tempur ini. Pada 2022, pabrikan akan mengirimkan empat pesawat, sisanya 10 pada tahun 2023,” kata Gajdos.

Slovakia sebelumnya mempertimbangkan untuk membeli pesawat tempur Gripen buatan Swedia.

Dua negara tetangganya, Republik Ceko dan Hongaria, menggunakan jet tempur Gripen, sementara Polandia menggunakan F-16 – seperti yang dilakukan sejumlah negara NATO lainnya.

Departemen Luar Negeri AS menyetujui kesepakatan F-16 pada bulan April, sedangkan Pemerintah Pellegrini secara resmi memutuskan pada Juli untuk melanjutkan pembelian F-16.

Pellegrini berselisih dengan Menteri Pertahanan bulan lalu atas kesepakatan itu, bersikeras bahwa keputusan awal untuk melanjutkan pembelian yang dilakukan oleh Gajdos tidak sah karena dia tidak memperoleh persetujuan Menteri Keuangan.

France24

 Posted by on Desember 15, 2018

  One Response to “Slovakia Pilih Pesawat Tempur F-16 Block 70”

  1.  

    opsi cadangan untuk menghemat anggaran selain membeli yaitu mengupgrade f 16 Indonesia menjadi setara dengan f 16 viper seperti negara Singapura dan Taiwan