Slovakia Resmi Akuisisi F-16 Blok 70/72

Jet tempur multiperan F-16 Blok 70/72 Angkatan Udara Slovakia © Lockheed Martin via Kemhan Slovakia

JakartaGreater.com – Proyek modernisasi terbesar di Angkatan Bersenjata Slovakia dalam sejarah kini telah menjadi kenyataan. Menteri Pertahanan Peter Gajdos pada hari ini (12-12-2018) dengan partisipasi dari Perdana Menteri Peter Pellegrini telah menandatangani kontrak akuisisi jet tempur F-16 dengan Lockheed Martin.

Dalam rilis pers di situs Kementerian Pertahanan Slovakia, turut pula ditandatangani kesepakatan kerjasama industri pertahanan yang bertujuan mengembangkan industri dirgantara di Slovakia agar secara bertahap ini mampu melayani industri pertahanan Slovakia.

“Ini adalah momen bersejarah bagi Slowakia dan terima kasih saya pada Pemerintah Slovakia karena telah memutuskan bahwa solusi yang diusulkan dan disepakati inilah bahwa yang terbaik sebagai solusi masa depan wilayah udara kita dalam hal kualitas dan harga”, kata Menteri Pertahanan Peter Gajdos.

Menteri Pertahanan Slovakia Peter Gajdos menandatangani kesepakatan akuisisi jet tempur F-16 © Kemhan Slovakia

Perdana Menteri Republik Slovakia Peter Pellegrini menekankan pentingnya kontrak yang ditandatangani tersebut dan mengatakan bahwa “Ini adalah momen terpenting dalam sejarah Republik Slovakia, karena kesepakatan ini merupakan investasi lebih dari € 1,6 miliar”.

Ini adalah langkah dimana Republik Slovakia dilaporkan pada komitmennya untuk meningkatkan anggaran pertahanan dan mencapai target yang diinginkan sebesar 2% dari PDB dan merupakan prestasi yang akan terus menjamin kedaulatan, melindungi wilayah udara Republik Slovakia.

“Republik Slowakia ingin mengirim sinyal yang jelas bahwa itu melihat status masa depan yang terus begitu di Uni Eropa dan Aliansi Atlantik Utara (NATO)”, katanya.

Bagian dari kontrak yang ditandatangani juga pelatihan komprehensif 22 pilot dan 160 staf dan teknisi darat juga dukungan logistik dua tahunan, dari awal lalu lintas udara di Republik Slovakia.

Tiga perjanjian terpisah tentang tawaran dan penerimaan yang disebut sebagai Surat Penawaran dan Penerimaan (LOA), yang diperlukan bagi aksesi terhadap pencapaian melalui program Foreign Military Sale AS tersebut ditandatangani lewat persetujuan yang sesuai dari Departemen Keuangan Slovakia.

Slovakia menandatangani akuisis 14 unit jet tempur F-16 Blok 70, termasuk amunisi, dukungan logistik dan pelatihan personel udara dan darat. Angkatan Udara Slovakia akan menerima pesawat tersebut pada kuartal ke-4 tahun 2022 hingga akhir 2023.

Secara keseluruhan, itu akan terdiri dari 12 unit F-16 kursi tunggal dan 2 unit kursi tandem. Jet tempur ini sepenuhnya kompatibel dengan sistem NATO dan memiliki peralatan paling mutakhir yang tersedia untuk jenis pesawat tersebut.

Tinggalkan komentar