Snapshot Alutsista TNI

18
11707
KMC Komando TNI AD

KMC (Kapal Motor Cepat) Komando 18 meter disebar ke berbagai Kodam (Komando Daerah Militer). KCM Komando digunakan untuk operasi dan pergeseran pasukan di Kodam yang perairannya cukup luas.

KRI Diponegoro (365)

KRI Diponegoro (365) tiba di Pangkalan Joint Base Pearl Harbor-Hickam, AS untuk Rim Pasifik 2016. Dua puluh enam negara, dan lebih dari 40 kapal dan kapal selam, serta lebih dari 200 pesawat dan 25.000 personil militer berpartisipasi dalam RIMPAC yang digelar dari 30 Juni hingga 4 Agustus 2016, di sekitar Kepulauan Hawaii dan California Selatan. Latihan maritim internasional terbesar di dunia, RIMPAC memberikan kesempatan pelatihan unik yang membantu peserta dan mempertahankan hubungan kerjasama yang sangat penting untuk menjamin keamanan jalur laut dan keamanan di lautan di dunia. RIMPAC 2016 adalah latihan seri ke 25 yang dimulai pada tahun 1971. (Foto : U.S. Navy Photo By Mass Communication Specialist 1st Class Phillip Pavlovich)

Offshore_Patrol_Vessel_1800

TNI AL sedang membutuhkan OPV (Offshore Patrol Vessel) untuk patroli di lautan Indonesia yang luas. Tugas patroli ini memang sebaiknya diemban oleh kapal ukuran di bawah korvet dan frigat, untuk menghemat biaya operasional, karena kapal akan sibuk terus berlayar, menjaga laut Indonesia. Dengan mulusnya program light frigate Sigma 10514, TNI AL diduga sedang mengincar kapal OPV 1800, buatan Damen Belanda. Kapal ini memiliki panjang 83 meter, Speed max 22, Crew 46, Beam (m) 13.7, Propulsion 4×2350 kW, CPP. Namun hingga saat ini belum ada pernyataan resmi bahwa TNI AL akan akusisi OPV 1800.

18 COMMENTS

  1. TNI AL diduga sedang mengincar kapal OPV 1800, buatan Damen Belanda. Haduh nambah2hin biaya aja. Kenapa enggak pakai KCR 60 aja. Kalo kurang tambahin panjangnya biar jadi KCRT 70. Kapal Cepat Rudal & Torpedo 73 meter.

    • @ersat,raku&nganu sopo

      OPV dan KCR/FAC berbeda pak, kcr fungsinya hanya utk kombatan, meluncurkan rudal dan fasilitasnya terbatas utk itu, sedangkan opv lebih multi fungsi, mengurangi kadar kombatannya dan menambahkan bbrp fungsi lain yang berkaitan dg tugas2 sipil spt, penanganan bajak laut, illegal fishing, penyelundupan, imigran gelap, penanganan kecelakaan laut/tumpahan minyak, pengawasan perbatasan dsb-dsb…disaat perang bisa ditambahi fasilitas pendeteksian ranjau (jika punya duitnya)

      Kata kuncinya adl “fasilitas yang tersedia utk menunaikan tugasnya”…KCR basisnya adl FPB-57 yang diperbesar, FPB-57 punya varian OPV tapi desain dan fasilitasnya dianggap sdh kurang sesuai dg tuntutan jaman sekarang…sedangkan KCR/PT.PAL belum membuat desain OPV dari basis KCR.

      Agak berbeda dg damen (atau pabrikan lain spt fassmer, bae, dcns dll) yang lebih senior…menggunakan basis Sigma utk dijadikan berbagai fungsi kapal dari corvete, opv, kapal multi fungsi dsb.

      Satu hal lagi yang perlu mendapat perhatian…dg ukuran dan enduran yang lebih tinggi dari KCR, menjamin kapal bisa melaut sampai 28-35 hari, bisa mengakomodasi heli, auv, uuv dan meluncurkan rhib secara cepat, serta bisa membawa kontainer berisi perlengkapan yang disesuaikan dg misinya

  2. OPV dan light Korvet bedanya apa ?
    Kalau sebagai pengganti Korvet kelas Parchim…..Tentu nya harus lebih besar dari …KCR 60….
    Tapi… Apa Tidak bisa Bikin sendiri …??…minimal berdasarkan lisensi Damen…
    Beli beberapa unit OPV …sisanya dibuat di PT PAL Surabaya …atau PT dok perkapalan yang lain …biar cepat selesai ….

  3. Sedikit demi sedikit… TNI AL, TNI AU, dan TNI AD.. Memiliki keinginan persenjataan /alutsista kelas dunia… Moga saja pemimpin2 negeri ini paham dan mmuluskan semua ini…
    Jaman skrg udah beda… Bukan jaman yg hanya bermodalkan bambu runcing dan otot, tapi juga harus di petkuat alutsista yg canggih, modern dan seimbang dgn negara lain ddunia..

  4. jangn bandingkn rezim sekarang dngn rezim yg dulu bro, rezim skrng baru 2 thn dh keliatan gebrakn n infrastukturny mulai dr jawa pembangunan di mana2, kalimantan n sumatra jalur keretaapi, papua pembukaan jln baru antar kota antar propinsi, sulawesi infestor pertambangan berdatangn. kl mau perbandingn bandingkn ja 2thn rezim yg dulu dngn yg sekarang jngn bandingkn 2tn dngn yg10 thn pemikiran yg sempit yg hnya bisa menghujat setiap rezim bro.

LEAVE A REPLY