Jun 052014
 

soekarno1

Jakarta – Patung Presiden pertama Indonesia, Soekarno, akhirnya bergabung dengan Madame Tussauds Hong Kong. Patung lilinnya mulai hari ini bisa dilihat di antara patung lilin para tokoh pemimpin dunia lainnya di sana.

Di Museum Madame Tussauds, Soekarno nampak gagah memakai seragam militer putih yang menjadi ciri khasnya, lengkap dengan berbagai tanda kehormatan. Bapak pendiri bangsa Indonesia itu mengenakan peci hitam dan tersenyum ramah.

soekarno2

Dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (5/6/2014), General Manager Madame Tussauds Hong Kong, Kelly Mak, merasa bangga bisa menghadirkan patung lilin Soekarno di sana. Sang Proklamator itu dianggap punya andil besar bagi Asia.

Soekarno lahir tahun 1901 di Surabaya, dan menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Ia menjadi presiden pertama sampai tahun 1966 dan meninggal tahun 1970. Kata Kelly, Soekarno meninggalkan warisan yang sangat besar dalam perdamaian global dan juga menabur benih-benih keberhasilan Indonesia modern.

“Suatu kehormatan yang sangat besar bisa menjadi tuan rumah bagi patung baru Presiden Soekarno yang telah memberikan pengaruh sangat mendalam bagi perkembangan, bukan hanya Indonesia, tetapi wilayah Asia secara keseluruhan,” ujar Kelly.

soekarno3

“Dengan mengumpulkan para pemimpin dunia, selebriti, dan orang-orang terkenal lainnya, Madame Tussauds Hong Kong menjadi pusat daya tarik yang menggabungkan hiburan dengan pendidikan dan memberikan pengalaman berharga bagi semua anggota keluarga,” sambungnya.

Ditambahkan Kelly, untuk memastikan bahwa patung lilin Soekarno terlihat hidup, pemahat menjalani proses riset yang sangat rumit. Sang pemahat mengumpulkan informasi mengenai Soekarno dari keluarganya dan juga dari berbagai video.

Patung lilin Soekarno dipajang di bagian Sejarah dan Pahlawan Nasional di museum itu. Menurut Kelly hal itu untuk memperkuat deretan pemimpin internasional tangguh yang sudah ada di sana. (detik.com)

  95 Responses to “Soekarno Hadir di Hong Kong”

  1. satu…

  2. Amat sangat Bangga

  3. Di Madame Tussauds Thailand juga ada..

    Numero Duo!

  4. Peci nya kegedean…malah mirip topi kemal ataturk turki atau fez aljazair…

  5. Sayang pecinya agak kebesaran.. belinya ga di indonesia tp di turki nih..he he

  6. Horreyyy nmr 1…

  7. Lho mlorot…lumayan 10 besarr

  8. Lebih baik pake foto bung Karno th 60 an saat dg Kennedy

  9. Berarti udh da 2 yang 1nya di museum thailand.. bner2 bngga presiden sbg rakyat jlata

  10. Putra sang fajar,founding father indonesia……..kami bangga padamu,dengan adanya berita ini mudah2an akan muncul Soekarno-soekarno muda di Bumi pertiwi ini………..salam untuk semua warjager dari Bhumi bung Karno…..

  11. Menurut saya kok Kurang Mirip,,,
    Padahal pak Karno itu sering terlihat TEGAS dan GAHAR
    jadi ini versi pose sweet ala mereka

    • He he bung satrio…sy ingat lihat cengiran ini di foto waktu bung karno wawancara sm Cindy adams,wartawati cantik ASU yg mewawancarainya :mrgreen:

    • Bung@satrio syamsudin, kangen ulasan nya bung..
      latgab nya sdh bung?

    • Bung satrio. komentar sampean tentang lapgab kok kurang gahar. gak ada yg membahana. apa menunggu pelaku lapangan?

    • Ora mirip blas cuk….

    • @Bung Wehrmarck
      Berarti kalau yang diambil foto saat wawancara dengan cindy adam tetep aja kurang mirip ..
      Pak karno juga akrab dengan wartawati anatara yaitu Ita Syamsudin yang bertugas di Istana sejak 1960,,.. Bahkan Bung Karno yang mengganti nama depan Itje yang berbau Belanda dengan Ita.
      maaf OOT

      @Bung Khoir dan Bung NKRI
      Nama belakang saya bukan syamsudin bung,,,dan saya tidak ikut latgab,

      @Bung M4vi4
      Karena saya tidak ikut Latgab,,biar narasumber disini saja yang menjelaskan dan mengabari,yaitu bung nara,bung PS,dan bung erick,, saya menganalisa dari berita resmi saja

      @Bung Pitik
      Maksutnya apa neh kok ada kata cuk nya , perasaan logat suroboyo nulisnya gak gitu,, karena saya arek suroboyo asli,

      • @Bung Satrio…sy asli madiun…tapi pernah 6 tahun tinggal di surabaya…bahasanya masih campuran Suroboyoan dan mataraman Bung…sekarang kembali ke Madiun. salam Cuk! utk bung Satrio…hehehehe…bilang Cuk sdh kagok lagi, kalo salam Jancuk (salam keakraban arek surabaya) masih lancar…hehehe.
        Kemarin pagi jam 10, diatas kota madiun menggelegar 6 Sukhoi, ternyata kembali ke sarangnya. semoga TNI makin hebat dan disegani.

    • harap maklum Bung,, soale kan Bung Karno udah meninggal jadi sulit buat ngukur2 bagian wajahnya. Ngomong2 kok Bung Karno ga pake tongkat saktinya ya ? ๐Ÿ˜€

  12. BANGGA..

  13. Wlpun sudah tiada nama beliu ttp di kenang sepanjang masa

  14. Banga sekali jd bangsa indonesia…

  15. hmm…sukarno jg yg menjadi penyebab tersekatnya ruang utk wni keturunan yg anti komunis,pd zamannya etnis tionghoa identik dgn komunisme,mengakibatkan etnis tionghoa diburu dimana mana..disatu sisi beliau seorang pahlawan tp disisi lain sdkt mengecewakan,melukai sebagian etnis yg mencintai negri ini..beliau tokoh indonesia yg dikenal akrab dgn negara2 beraliran kiri,mohon maaf jk saya punya pendapat berbeda,tp sebagai anak bangsa saya tetap menghormati beliau sbg bagian dr sejarah besar terbentuknya nkri..puji tuhan saya jg mengenal baik salah satu cucu beliau yg kebetulan aktif disalah satu foundation

    • Hmm…bung frans..mohon di pikirkan lg soal di zaman putra fajar etnis tionghoa diburu karena komunis…dokter pribadi bung karno org RRC asli yg komunis loh bkn yg taiwan…artinya beliau sangat percaya pd etnis tiongkok apalagi yg mao bkn chiang yg pro ASU…

      Yg gak pilih bulu itu zaman mbah to yg sampe nama tiongkok pun hrs Lenyap dr bumi indonesia….yg lucu jd asal comot aja namanya yg penting indonesia…yg namanya an bun jadi ambon :mrgreen: yg namanya kok sen jd kusen ๐Ÿ™‚

      Cm kwik kian gie di era mbah yg berani tetap memakai namanya secara terang terangan…

      • Tetangga saya namanya lucu, mungkin marganya TAN, karena harus ganti nama, jadi TANOTO. Mirip nama nama jawa, padahal kalau diartikan dalam bahasa jawa, TAN = TIDAK / TIDAK BISA, NOTO = ATUR / DIATUR… nah gimana ini?

        • isakuiki@byk marga/shiang yg msh melekat pd nama yg berciri indonesia,tjandra,liman/limin,tantono/tandiono,theo/theodore dll..tp thn 2000 kesini,sdh byk yg risih menyisipkan marganya..bahkan byk yg berbau muslim sperti arifin,thaher,ridwan dll..

      • Kalau di daerah saya malah ada yg di kasih nama “gempur suharto” sama orang tuanya.hehe

    • Baca sejarah lg Bung. Beliau nasionalis , demokratis dan sangat perhatian kemanusiaan , ya pancasilais.

    • Bung frans itu warga sonora….bisa di cek komentarnya di artikel2 lain
      makanya dia tdk paham dgn ideologi dan perjuangan Soekarno malah justru menyudutkan….
      Maklumi saja bung, kebebasan berpendapat di negaranya saja masih dikekang…

    • @ Bung Freaxout…apa hak anda mengusir orang karena orang tersebut bermata sipit (keturunan Tionghoa). Meskipun mata sipit tapi kalau dia lahir di Indonesia dengan salah satu orang tuanya orang Indonesia dia tetaplah warga Indonesia, atau bila dia bukan lahir di Indonesia tapi kalau dia mengakui Indonesia sudah WNI dan mengakui Indonesia dia tetap orang Indonesia. Apalagi banyak etnis Tionghoa yang sebenarnya sudah turun temurun di Indonesia.

      Dia hanya mengkritisi kenapa langsung dikaitkan dengan etnisnya?

      @ bung Frans..menurut saya anda kurang jeli membaca sejarah. Yang membuat stigma bahwa etnis Tionghoa itu identik dengan komunis adalah pengganti Soekarno yaitu Jend. Soeharto. Beliau melihat pada era lama (Orde Lama) banyak etnis Tionghoa yang aktif di gerakan komunisme (padahal tidak semua etnis Tionghoa aktifis komunis), juga melihat eratnya hubungan RI-Tiongkok waktu itu. Itulah sebabnya setelah peristiwa G30S Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan RRC, hubungan ini baru di buka kembali menjelang era 90 an.
      Selain itu di era rezim Soeharto etnis Tionghoa sengaja di beri peran lebih di bidang ekonomi tetapi berbau budaya Tiongkok di berangus. Demikian pula peluang di pemerintahan dan LSM sekalipun diminimalkan. Tujuannya menurut saya supaya mudah dikendalikan dan sebagai sumber keuangan sekaligus kambing hitam dalam masalah sosial. Itulah sebabnya muncul stigma bahwa etnis Tionghoa adalah penguasa ekonomi, penghisap perekonomian, rakus dll dan dalam konflik sosial mereka dijadikan sasaran.
      Pola yang di pakai tersebut agak mirip dengan pola yang di pakai Belanda setelah pemberontakan etnis Tionghoa di Batavia

      • Dia itu orang berpendidikan mas, cuman kalo ngomong kayak komnas ham. Melihat hanya di satu sisi. Bukan menyeluruh. Kalo memang ngga suka ya boleh itu hak tapi kalo menjelekan seseorang yang nota bene bapak bangsa bagi saya itu terlalu sekali. Ngga ada terimakasihnya. Dan saya ngga ngusir kok soalnya dia tahu banget kalo balik ke cina dia ngga punya hal untuk di perjuangkan kecuali menjalani hidup. Saya yakin kalo dia lahir di sini. Mbok yo o kata orang jawanya. Ngono yo ngono tapi mbok yo o ojo ngono

    • bukankah itu terjadi pada jamannya OrBa? CMIW

  16. Di Madame Tussauds thailand ada juga , gue sempet fotoan

  17. Bpk indonesia..

  18. Klo soekarno masih ada ..nih negara bakal sisegani, alutsista gahar” semua…tetangga yg rese” ga bakal berani..orator ulung, berwibawa , jiwa nasionalismenya tinggi,dekat dg rakyat disegani kawan maupun lawan…seandainya dijaman sekarang ada yg seperti soekarno..!!!! Ane yakin bakal maju INDONESIA..tapi sayang keturunanya ga ada yg ngikutin seperti Soekarno..semoga di negeri ini bakal nongol soekarno” berikutnya..!! NKRI HARGA MATI..!!!!

  19. songkok boeng karno nampak kegedean, wadjahnja kok spt wadjah chinese…; nggak seperti itoe aslinja; patoeng itoe menoeroet ane masih jaoeh dari aslinja.

  20. Just joke,
    Mungkin karena China TOT soal Alutsistanya ke Indonesia g’ 100%, makanya Indonesia kasih TOT Bung Karno g’ 100% juga, wkwkwkwk

  21. Bung karno pemimpin yg disegani dunia ini seorang orator hebat. Jadi kalau presiden gak bisa pidato memang cocoknya jadi kepala dinas saja. Lol

  22. alisnya mirip orang jepang…

  23. setuju bung, tubuhnya juga kurang proporsional menurut saya.

  24. bisa ga pemerintah indonesia meminta diubah patung bung karno itu,kurang gagah dan beda

  25. DIRGAHAYU BUNG KARNO 6 JUNI 1901

    Semangat dan perjuangan mu akan kami lanjutkan untuk menjaga dan mempertahnkan NKRI
    perjuanganmu akan terus terkenang hingga anak cucu kami

    NKRI HARGA MATI

  26. Kali ini saya sepakat dengan bung Frans. Salam kenal bung Frans. Memang isu SARA adalah isumyg paling gampang dilempar utk menjegal lawan politik. Utk itu semoga kedepannya, sdh tidak ada lagi isu SARA digunakan krn itu sangat menyakitkan. Lebih fair kalo beradu program, visi misi dng kemampuan otak masing-masing dalam mewujudkan programnya. Semoga kedamaian akan senantiasa terwujud du bumi Indonesia yg kita cintai bersama. Semoga pilpres berlangsung damai dan siapapunyg terpilih adalah presiden kita semua, bukan golongan tertentu sj. (maaf oot).

  27. Itu patung soekarno waktu usia 17 tahun,lagi abg (anak baru gede) kali.he..he..,lebih mirip pak rt gua.seharusnya mereka meminta bantuan ahli seni rupa indonesia.tapi patut kita apresiasi niat baik galeri seni tersebut. Setiap rezim pasti ada kebaikan dan keburukanya.

  28. salam warjager. bung @satrio mana oleh2 latgabnya? minggu minggu sibuk ya bung…he he he

  29. 6 Juni sekarang ! ULANG TAHUN nya Putra Sang Fajar Dr.Ir.Soekarno, Semoga nama bapak pendiri bangsa ini selalu ada disetiap pikiran generasi muda sekarang dan seterusnya. jgn yang di inget Ulang tahunnya Raisa aja hahaha…

  30. Suka atau tidak suka harus di akui kalau bung karno adalah tokoh yang hebat dan di akui oleh dunia karena keberanian beliau menentang kolonialisme/ penjajahan , jadi kita sebagai bangsa indonesia harus bangga dengan segala kelebihan dan kekurangan bung karno, salam nkri jaya

  31. [ sekilat info ] — TNI AD Distribusikan Ratusan Alat Konstruksi ke Daerah , Freeport Setuju Lepas 30 Persen Saham

    • Trims infonya bung…

    • Kok 30%?? Gokil nih KemenESDM, bubarin UU aja.

      • Freeport maunya malah 20%, terus pemerintah nawar 30%. Tiba-tiba Freeport setuju 30%. Kalau idealnya berapa persen ya bung Jalo ?

        • Jakarta -Pemerintah masih melanjutkan renegosiasi dengan Freeport. Pemerintah tetap meminta divestasi saham sebesar 51%, sementara Freeport hanya bersedia 20%.

          “Kita sudah ada permintaan angka detilnya. Divestasi mereka minta sampai di angka 20%, pemerintah minta 51%,” tegas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik di kantornya, Jakarta, Kamis (24/4/2014). Jero belum bisa menyebutkan kapan hasil renegosiasi ini akan diputuskan.

          Untuk perpanjangan kontrak, Jero menyatakan belum akan dibahas saat ini. Kontrak Freeport masih berlaku sampai 2021, dan dalam aturan baru akan diputuskan dua tahun sebelum berakhir.

          “Kalau mau perpanjang ada aturannya. Kontrak Freeport habis 2021, dua tahun sebelum jatuh tempo punya hak ajukan perpanjangan. Jadi kenapa sekarang ribut?” kata Jero.

          Seperti diketahui, dari 112 perusahaan KK dan PKP2B yang harus renegosiasi kontrak baru 25 yang menyatakan komitmennya. Ada 6 poin kontrak yang harus diamandemen yakni luas wilayah kerja, perpanjangan kontrak, penerimaan negara termasuk royalti, kewajiban pengolahan dan pemurnian dalam negeri, kewajiban divestasi saham, serta penggunaan tenaga kerja lokal serta barang dan jasa pertambangan dalam negeri.

          Catatan : Peraturan Pemerintah (PP) No.24/2012 mewajibkan perusahaan tambang asing mendivestasikan minimum 51% sahamnya kepada pihak nasional.

          • Perjuangan pemerintah untuk menekan freeport akan sia sia bila president dan pemerintah yang terpilih akan memble dan membebek saja dengan tekanan asing,,,

            Semoga Pemerintah kedepan mau melanjutkan perjuangan ini,

          • tapi kedua kandidat kayaknya memang bener bener memble dan manut dengan tekanan asing deh Pak heheh mudah mudahan aja itu ga bener dan mereka bisa membawa bangsa ini lebih maju lagi..

          • Mari berharap dan berdoa, Insya Allah siapapun presidennya, Freeportnya nurut kehendak rakyat Indonesia.

            Amiin

      • Sisa persentasenya kebanyakan dibelakang layar @bung jalo…klo untuk deal2 kartu truf bertujuan pembangunan negara… its ok, tapi klo masuk rek.pribadi…walahhhhh….yang seperti ini sudah menjadi rahasia umum…mudah2an saya salah.

        • Coba baca Peraturan Pemerintah (PP) No.24/2012, disitu sudah tertulis kewajiban perusahaan asing. Apalagi yg sudah melakukan penambangan di wilayah underground NKRI, harusnya nilai divestasi lebih tinggi.

          Maaf nih lagi emosi. ๐Ÿ˜€

    • sudah deh jangan di sesali
      coba tolong di lihat perjanjian awal atau yang “pertama” RI dengan free port ..,
      dan kenapa harus free port yang menggarap..?
      PASTI SEMUA AKAN TERJAWAB.
      udeh gitu aja deh pesan saya.

      @ maaf sy otak lagi bebal

      • @Neng Oke ini saya kasih… ๐Ÿ˜›

        Jika diperhatikan, masalah Freeport ini disebabkan oleh 3 hal yang saling terkait yaitu kontrak karya (KK) yang bermasalah, tekanan asing serta kebijakan ekonomi kapitalisme neoliberal. Freeport beroperasi di Indonesia berdasarkan Kontrak Karya yang ditandatangani pada tahun 1967 berdasarkan UU 11/1967 mengenai PMA. Berdasarkan KK ini, Freeport memperoleh konsesi penambangan di wilayah seluas 24,700 acres (atau seluas +/- 1,000 hektar. 1 Acres = 0.4047 Ha). Masa berlaku KK pertama ini adalah 30 tahun. Setelah sekian lama dilakukan ekplorasi (dan juga eksploitasi tentunya), kandungan tembaga semakin berkurang dan pada 1986 ditemukan sumber penambangan baru di puncak gunung rumput (Grasberg) yang kandungannya jauh lebih besar lagi. Kandungan bahan tambang emas terbesar di dunia ini, diketahui sekitar 2,16 s.d. 2,5 miliar ton dan kandungan tembaga sebesar 22 juta ton lebih. Diperkirakan dalam sehari diproduksi 185.000 s.d. 200.000 ton biji emas/tembaga.

        PT FI berhasrat lagi untuk memperpanjang KK I dan dibuatlah KK II pada Desember 1991. KK I dengan jangka 30 tahun semestinya berakhir pada tahun 1997 (KK I dibuat tahun 1967), KK II memberikan hak kepada PT FI selama 30 tahun dengan kemungkinkan perpanjangan selama 2 X 10 tahun. Ini berarti KK II ini akan berakhir pada tahun 2021 dan jika diperpanjang maka akan berakhir 2041. Jadi setelah 35 tahun lagi tepatnya 2041, barulah PT FI kembali menjadi โ€œmilikโ€ NKRI. Berdasarkan kontrak karya ini, luas penambangan Freeport bertambah (disebut Blok B) seluas 6,5 juta acres (atau seluas 2,6 juta ha). Dari Blok B ini yang sudah di lakukan kegiatan eksplorasi seluas 500 ribu acres (atau sekitar 203 ribu ha). Lalu siapa yang menikmati hasil dari PT FI selama ini? Karakteristik Kontrak Karya (KK), di dalamnya seluruh urusan manajemen dan operasional diserahkan kepada penambang. Negara tidak memiliki kontrol sama sekali atas kegiatan operasional perusahaan. Negara hanya memperoleh royalty yang besarnya ditentukan dalam KK tersebut.

        Untuk tembaga, royalty sebesar 1,5% dari harga jual (jika harga tembaga kurang dari US$ 0.9/pound) sampai 3.5% dari harga jual (jika harga US$ 1.1/pound). Sedangkan untuk emas dan perak ditetapkan sebesar 1% dari harga jual.

        Selain royalty yang besarnya sudah diatur dalam KK, Freeport memberikan royalty tambahan (mulai 1998) yang besarnya sama dengan royalty yang diatur dalam KK (untuk tembaga) dan dua kali untuk emas dan perak. Royalti tersebut diberikan untuk sebagai upaya dukungan bagi pemerintah dan masyarakat local. Royalti tambahan ini diberikan apabila kapasitas milling beroperasi diatas 200.000 metric ton/hari. Pada tahun 2009, kapasitas mill mencapai 235 ribu metric ton/hari. Menurut laporan penjualan Freeport McMoran tahun 2009, total penjualan Freeport untuk tembaga yang berasal dari Indonesia adalah sebesar 1,4 miliar pound atau sekitar 0,636 miliar kg, emas sebesar 2,5 juta ounces atau sekitar 71 ribu kg (1 kg = 35,2 ounces) dan molibdenum sebesar 2,5 juta pounds atau sekitar 1,14 juta kg (1 kg = 2,2 pound).

        Lalu seberapa besar yang didapat oleh negara dari tembaga, emas dan mineral tambang lainnya yang ditambang oleh Freeport? Mungkin dengan kapasitas produksi yang sedemikian besar dengan produk bernilai tinggi, orang berpikir bahwa uang yang masuk ke kas negara juga sangat besar. Namun nyatanya berdasarkan laporan keuangan Freport McMoran 2009, total royalty (royalty KK dan additional royalty) sebesar US$ 147 juta (2009), US$ 113 juta (2008) dan US$ 133 juta (2007). Sementara dalam press releasenya, PTFI melaporkan bahwa pada tahun 2010 (sampai dengan Juni), PTFI telah membayarkan royalty sebesar US$ 105 juta. Total kontribusi mereka ke pemerintah Indonesia selama 2010 sebesar US$ 899 juta atau Rp. 8,091 triliun (kurs 1 US$ = Rp 9000) terdiri dari Pajak (Pajak penghasilan badan, pajak karyawan, pajak daerah dan pajak lainnya), Penghasilan, Deviden bagian pemerintah serta royalty. Dari jumah itu berdasarkan LKPP 2009, PTFI penyumbang deviden ke pemerintah Indonesia sebesar Rp. 2 triliun. Semua jumlah itu bisa dinilai sebagia jumlah yang sangat kecil.

        Lalu siapa yang mendapat keuntungan lebih besar dari semua itu? Tentu saja yang mendapat โ€œkue raksasaโ€ ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam pengeleolaan pertambangan ini. Menurut kantor berita Reuters (โ€PRโ€, 18/3 2006) dinyatakan bahwa empat Big Boss PT FI paling tidak menerima Rp 126,3 miliar/bulan. Misalnya Chairman of the Board, James R Moffet menerima sekira Rp 87,5 miliar lebih perbulan dan President Director PT FI, Andrianto Machribie menerima Rp. 15,1 miliar per bulan.

        Sementara PTFI sendiri mendapat sepuluh kali lipat dari jumlah bagian deviden yang diterima pemerintah RI. Jika sebagai pemegang saham 9,36% saja pemerintah mendapatkan deviden Rp 2 Triliun, maka Freeport McMoran sebagai induk dari PTFI (pemegang 90,64% saham PTFI) akan mendapat deviden +/- Rp 20 Triliun di tahun 2009. Lalu apa yang diperoleh masyarakat Papua? Keberadaan PTFI ternyata tidak membawa berkah bagi masyarakat Papua, sebaliknya banyak mendatangkan petaka. Sejak awal keberadaan PTFI, penguasaan tanah adat oleh masyarakat Papua terancam. KK I Freeport, memberikan konsesi yang terletak di atas tanah adat. Dalam satu klausul KK nya, Freeport diperkenankan untuk memindahkan penduduk yang berada dalam area KK nya. Itu artinya, Freeport dibenarkan untuk menguasai tanah adat dan memindahkan penduduk yang ada di area yang dikuasainya. Padahal ketentuan itu bertentangan dengan UU No 5/1960 tentang Ketentuan Pokok Agraria. Dalam UU tersebut, Negara mengakui hak adat. Namun nyatanya ketentuan KK itu lah yang dilaksanakan.

        Akibat dari semua itu, sebagian besar kekayaan alam yang merupakan milik rakyat dikuasai dan dinikmati swasta terutama asing. Lebih ironis lagi, rakyat nyaris tidak mendapat apa-apa dari hasil kekayaan alam milik mereka itu. Rakyat -khususnya yang ada di sekitar areal tambang- justru menderita banyak kerugian karena lingkungan alam yang rusak, pencemaran, limbah dan tailing, rusaknya sumber penghasilan mereka dan penyakit sosial lainnya.

        • @ JALO

          # Freeport beroperasi di Indonesia berdasarkan Kontrak Karya yang ditandatangani pada tahun 1967 berdasarkan UU 11/1967 mengenai PMA. Berdasarkan KK ini, Freeport memperoleh konsesi #
          =================================================
          *PERHATIKAN TAHUN NYA..? 1967

          *APA YANG TERJADI ANTARA THN 1963-1965…DI INDONESIA..???
          *APA PERAN USA,..HINGGA BELANDA MUNDUR..?
          (apa yang di laporkan pesawat u2 usa)
          *PADAHAL KITA TAU SEMUA..BEBERAPA KAPAL INDONESIA TELAH TENGGELAM..,
          *KENAPA BELANDA BARU MENGAKUI INDONESIA THN 2005,..?
          *SEBEGITU CEPATKAH ..??? LALU THN 1967 MUNCUL KONTRAK KARYA..(CUMA 2 THN..?)
          *ADA APA SUKARNO KE AMERICA, DAN BAWA OLEH2 PESAWAT HERCULES.,APA TAHANANKAH SI ALAN POP..?
          *BENARKAH AMERICA HUTANG RIBUAN TON EMAS KEPADA INDONESIA..?
          *ADA APA DI AMERICA HINGGA KENNEDY DI TEMBAK..?
          *BENARKAH PROYEK FREE PORT ITU DANA REVOLUSI..?

          yooo wes bang jalo….
          biarlah semua terkubur..masih banyak mistery di negeri ini..yang aneh2
          SURAT SUPER SEMAR..,CENTURY, MAHASISWA HILANG THN .98 .dll
          terimalah dengan lapang dada ..persentase kompensasi dari freeport
          dan juga untuk kemajuan tanah papua

          xixixi

          * maaf sy cuma sales panci

          • * TAMBAHAN

            SEMUA KEJADIAN DI ATAS ITU PASTI SEPERTINYA ADA HUBUNGANNYA DENGAN FREEPORT..

            dll no coment

    • Permenkeu Nomor 6/PMK.011/2014 merupakan turunan Peraturan Pemerintah No 1/2012 yang melarang ekspor mineral yang belum diolah. PP 1/2014 merupakan pelaksanaan amanat dari UU No 4/2009 tentang Mineral dan Batubara. Berdasarkan Pasal 103 UU itu, pelaku usaha pemegang izin pertambangan diwajibkan mengolah dan memurnikan hasil penambangan di dalam negeri.

      Lalu Peraturan Pemerintah (PP) No.24/2012 mewajibkan perusahaan tambang asing mendivestasikan minimum 51% sahamnya kepada pihak nasional. Dan masalah penggunaan tenaga kerja lokal serta barang dan jasa pertambangan dalam negeri ini harus dijaga. Saat ini saham nasional sekitar 9,3 persen, Produksi konsentrat Freeport mencapai 2 juta ton hingga 2,5 juta ton per tahun itu yg terdaftar.

      • divestasi minimum 51% juga tidak sepenuh nya 51% murni milik nasional bung..banyak koq yang ternyata hanya kulitnya saja yang 51%, tetapi ternyata didalam 51% itu masih ada kepemilikan swasta2 asing yang kulitnya saja nasional…jadi ujung2nya nasional itu hanya memegang tidak lebih dari 45%, sehingga semua kebijakan internal perusahaan harus nurut sama asing, mereka yang punya uang dan kuasa..masalah UU Pemerintah urusan belakangan, mereka masih bisa lobi2 dan yang dijadikan ujung tombak lobi2 (calon kena damprat) itu ya anak bangsa sendiri.. ๐Ÿ™‚ ironis bukan??

    • Untuk memuluskan kesepakatan divestasi saham itu, pemerintah akan merevisi PP Nomor 24/2012 tentang perubahan PP Nomor 23/2010 terkait Kegiatan Usaha Penambangan. Isi revisi adalah mengatur detail atas perusahaan asing dalam kewajiban divestasi.

      Berbeda dengan aturan yang hingga kini berlaku yang hanya mengatur kewajiban divestasi 51 persen perusahaan tambang milik asing, revisi PP yang kini ada di meja Presiden membedakan tiga jenis perusahaan tambang.

      Pertama, perusahaan milik asing yang hanya mengelola areal tambang. Kedua, pemodal asing yang memiliki areal tambang sekaligus mengoperasikan pabrik pemurnian (smelter) atau terintegrasi. Terakhir tentang investor asing yang mengoperasikan tambang dengan metode tambang bawah tanah (underground).

      Rencananya revisi PP ini akan memberikan perlakuan khusus bagi pemilik tambang asing yang mengintegrasikan usahanya dengan kewajiban divestasi hanya 40 persen. Sementara itu, investor asing yang mengoperasikan tambang underground kewajiban divestasinya hanya 30 persen

      note :kutipan dari kompas hari ini

      • Asiiikk revisi PP,kereen kali. PP baru dibuat tahun 2012 kemarin sekarang mau dirubah lagi, ada yg mau lepas tangan dan limpahin ke era berikutnya. Ok sipp, sudah kebaca. Yg kereen perusahaan bisa mengalahkan negara, mantab.

      • Hasil Renegosiasi Pemerintah dan Freeport

        Klausul Sebelumnya Kesepakatan
        1. Luas Lahan 212.950 ha 125.000 ha
        2. Pembangunan smelter Tak bersedia Bersedia bersama Newmont
        3. Divestasi Saham 20 persen 30 persen
        4. Perpanjangan Kontrak 2021 2041
        5. Pemenuhan kandungan lokal 100 persen 100 persen
        6. Royalti 1 persen 3,75 persen

        • saya masih oot nih, jadi sampe 2041 kita cuma dapet 30% saham gitu ya..
          apa gimana, sudah saya baca ber ulang-ulang tetep ga nyampe otak saya….

  32. OOOOOOH……
    freaxout itu orang SONORA ya negara sepetak
    pantesan kagak ngarti sejarah
    si freaxout ini pasti benci bangetlah ama bung KARNO hehehe
    OOOIII freaout dapet salam dari para calon awak KRI USMAN HARUN
    kapan2 dikirimin c802
    hahahahaaaa….

  33. Saya pernah wisata ke Beijing tahun 2009 dan pemandu wisatanya berkata bahwa orang Tiongkok boleh bangun rumah besar2 tapi semua tanah di tiongkok itu punya negara yaitu pemerintahan partai komunis, karena dari dahulu kala seluruh china mainland maupun perairannya milik kekaisaran tiongkok dan sekarang jatuh ke tangan partai komunis. Jadi di tiongkok itu jika tanah yang di tempati akan di gunakan utk negara maka pemilik rumah harus menerima dgn penggantian terhadap rumah tersebut, sedangkan tanah tidak ada penggantian karena milik negara. Jika sang pemilik rumah tidak mau terima maka orang tersebut di penjara itu kata pemandu wisata saya yang asli tiongkok. Menurut saya utk @Frans dan seluruh warga keturunan tionghoa di indonesia cintailah indonesia, karena di bumi pertiwi ini lah kalian makan minum,buang hajat dan nanti matipun di sini. Jangan berfikir karena mata sipit jadi merasa china asli dan membanggakan tiongkok mainland dari pada INDONESIA. Kawan2 saya di Jambi banyak yang Tionghoa keturunan punya kebun sawit hingga ratusan hektar bahkan ribuan hektar hidup tenang di indonesia tidak ada yang mengganggu baik masyarakat maupun pemerintah. Coba kalau yang keturunan Tionghoa yang bangga karena merasa China asli ajukan dan pindah warga negara RRC. Apakah anda di terima di tiongkok ? Sekiranya di terima apakah anda bisa memiliki tanah 1 hektar hingga ribuan hektar milik pribadi sedangkan semua tanah di china mainland milik negara. Jadi seharusnya anda yang warga keturunan tionghoa bersyukur tinggal di indonesia dan hilangkan merasa superioritas hingga tidak menghargai tempat anda hidup saat ini yaitu Indonesia. Maaf para sepuh tulisan ini bukan bermaksud sara, tetapi memberi wawasan agar lebih berfikir jernih dalam memandang indonesia ini. Wassalam dari tukang cuci mobil maaf kalau lancang..

    • @oke lah …
      tolong baca dengan benar tulisan saya..
      semoga tak salah mengerti..

      salam.

      • @ cepot

        sudah copet….ehh salah cepot

        tulisan kamu baunya SARA bangettt..
        cepot oon.com
        xixi
        salam

      • jangan gtulahh bung copot neng ok lah kan turunan cines afrika,, jadi wajarlah kalo dy ngamuk.. belum lagi sabun sulfur nya belon ada yang laku,, kmrn seh smpt nawarin ke kita tapi kitanya lebih mlh mpke sabun 3 serangkai dr eropa… mungkn neng ok lah skt hati jadi yaaa gtu deh wataknya..

      • @ toufik cooy

        anda salah coy….!!
        sabunnya sudah laku di lebih dari 10 negara cooy….
        coba bandingkan dengan korea punya..T 50..?? cuma 2 negara ,indonesia dan filipina
        lagian sy bukan sales sabun
        HA HA HA HA

        sakit hati..?? ngak juga tuh…

        CATAT INI,..!!..akhirnya ngak jadi kan yang dr eropa..?
        KARENA BUDGET ANGGARANNYA DIPOTONG”
        makanya km harus selalu bilang..TNI ALUT SISTA NYA JADUL..!! kenapa..??
        AGAR ANGGARAN TIDAK DIPOTONG..! nasi sudah jadi bubur.
        akhirnya..meff 2 jadi tersendat kan..!
        jadi yang oon siapa,…?

        sedih.com

  34. Terlepas dari komen : peci yang kebesaran, matanya koq sipit, alis mirip org jepang ataupun mirip abg 17 tahun dsb-nya ( No offence ya bung2 sekalian ๐Ÿ™‚ ) Beliau itu : Ketua Umum Perserikatan Bangsa Bangsa – The one and only – sampai saat ini !

    • Itu cerita hamengku buwono pertama bung raymond. Terusannya mama eli sama ratu londo sodara ipe. Waktu itu belanda kere makanya di suruh dagang rempah2 sama kita. Liat londo makin makmur si eli iri. Makanya ia dateng juga kesini tapi udah dapet ijin beliau. Sisanya tau sendiri lah. Kalo ditanya PBB punya sekjen tapi jen nya mana?

  35. boeng karno model hongkong sepertinja pose doeloean sblm berangkat karnapal 17 agustusan ๐Ÿ˜€

  36. cepot@menyerang etnis,sara buangeeett..
    seperti yg pernah saya tulis,byk bgt wni keturunan yg ingin eksis di pemerintahan,ruang itu skrg agak terbuka walau msh tersendat sendat..
    Siapa yg tidak mau angkat senjata membela nkri,so pasti saya/kami pengen buangeeet..

  37. freaxout@pendidikan saya tdk tinggi,smp tdk selesai(jujur)beda jauhlah sm anda yg dr gaya nya minimal sarjana..saya termasuk org yg tdk terlalu mementingkan pendidikan,yg penting adalah bgmn saya menciptakan pengalaman dan menjalani filosofi kehidupan..berjuang keras tanpa kenal lelah dan pantang menyerah dgn takdir,krn takdir itu (menurut saya) tergantung dr apa yg kita niatkan,pikirkan dan lakukan,itulah saya/kami..

  38. Berkali2 memandangi foto diatas…hati saya tidak sreg, dan merasakan keanehan dengan wajah patung ini. Coba tanya kepada para warga di sini, seandainya patung tsb tidak disebutkan sebagai patungnya Bung Karno…mungkin para warga punya perasaan sama dengan saya. Jadinya saya bukan bangga, tapi malah sedih.

  39. kok surabaya lahirnya

  40. Maaf sedikit koreksi. sungguh pernyataan anda ini tidak mendasar sekali, begini bung frans perpindahaan atau migrasi bangsa China ke Indonesia sudah jauh sebelum revolusi komunis terjadi, hal ini bisa di bukti kan dengan adanya beberapa klenteng2 di pesisir pantai utara jawa yang berumur cukup lama contoh Klenteng Sam Po Kong di semarang, warga china meninggalkan tanah air nya lebih di dasarkan pada faktor ekonomi bung Frans bukan pada faktor ideologi, hal ini bisa di buktikan bahwa dialek bahasa china yang mayoritas di gunakan adalah dialek Hokkian dan dialek Kanton,

 Leave a Reply