Sep 172019
 

SPEAR-EW, Senjata Perang Elektronik Baru F-35 dan Typhoon. (@ MBDA)

Jakartagreater.com – MBDA telah mendapatkan kontrak untuk mendemonstrasikan SPEAR-EW, versi peperangan elektronik baru dari keluarga sistem senjata SPEAR untuk Royal Air Force (RAF), dirilis MBDA, 11-09-2019.

SPEAR-EW sedang dikembangkan oleh MBDA dalam kemitraan dengan Leonardo untuk menyelesaikan berbagai misi Penekanan Pertahanan Udara Musuh (SEAD), di bawah kontrak Program Demonstrasi Teknis (TDP) yang diberikan oleh Peralatan Pertahanan & Dukungan (DE&S).

SPEAR-EW akan mengintegrasikan muatan EW miniatur mutakhir dari Leonardo, yang akan bertindak sebagai jammer pengganti untuk meningkatkan kemampuan bertahan pesawat RAF dan menekan pertahanan udara musuh, bertindak sebagai pengganda kekuatan yang signifikan.

Menteri Pertahanan Anne-Marie Trevelyan mengatakan: “Jammers elektronik canggih ini akan membingungkan musuh kita dan membuat pilot kita lebih aman dari pada sebelumnya di udara. Dipasangkan dengan kekuatan dahsyat dari Brimstone dan Rudal Meteor yang presisi, jet F-35 dan Typhoon kelas dunia kami akan terus memerintah langit di tahun-tahun mendatang. ”

Mike Mew, Direktur Penjualan dan Pengembangan Bisnis MBDA UK, mengatakan: “SPEAR-EW adalah kemampuan baru yang revolusioner, di samping senjata SPEAR3 yang ada, menandai perubahan mendasar dalam kemampuan angkatan udara ramah untuk melakukan misi mereka meskipun ada kehadiran pertahanan udara musuh.

Visi perusahaan untuk SPEAR adalah menciptakan sekelompok senjata jaringan yang mampu menjenuhkan dan menetralkan pertahanan udara yang paling canggih.

Menambahkan SPEAR-EW ke dalam keluarga Rudal serang SPEAR kami, menunjukkan prinsip varian pelengkap untuk keluarga SPEAR yang akan menambah kemampuan yang signifikan dan penggandaan tanpa perlu mengulangi integrasi platform.  Kami memiliki rencana nyata untuk variannya dan teknologi untuk semakin meningkatkan kemampuannya.

Inti dari muatan SPEAR-EW adalah teknologi Memori Radio Digital Frekuensi (DRFM) miniatur Leonardo yang canggih, yang menawarkan kemacetan dan penipuan elektronik paling canggih dan masa depan yang tersedia di pasaran saat ini.

SPEAR-EW yang baru akan melengkapi jaringan miniatur Rudal jelajah yang diaktifkan oleh SPEAR, yang dirancang untuk secara tepat menyerang sasaran jarak jauh, bergerak, cepat dan dapat ditempatkan kembali di semua cuaca, siang atau malam, di hadapan penanggulangan, kamuflase, sambil memastikan jarak siaga yang aman antara pesawat dan pertahanan udara musuh.

Didukung oleh mesin turbojet, Rudal SPEAR menawarkan lebih dari 2 kali lipat jangkauan, dan operasi yang jauh lebih fleksibel, jika dibandingkan dengan senjata konvensional. SPEAR-EW memanfaatkan daya tahan yang panjang melalui kapasitasnya untuk diluncurkan pada kisaran stand-off yang lebih tinggi dan berkeliaran saat menjalankan misi gangguannya.

Ukuran kompak dari keluarga SPEAR memungkinkan 4 senjata untuk dibawa secara internal di masing-masing dari 2 teluk senjata internal F-35, atau 3 per stasiun di Eurofighter Typhoon. SPEAR-EW akan mempertahankan bentuk yang sama dan sesuai dengan baseline SPEAR untuk memungkinkan jalur integrasi tunggal dan solusi peluncur.

Keluarga SPEAR melengkapi portofolio senjata  MBDA yang lebih luas, mengisi celah antara Rudal serang Storm Storm yang besar dan sangat panjang dan Rudal pendukung udara dekat Brimstone yang sangat akurat.

Sistem senjata SPEAR juga baru-baru ini menyelesaikan serangkaian uji coba di darat dan pemeriksaan fit dari peluncur SPEAR yang terdiri atas tiga paket ke pesawat tempur Typhoon Eurofighter. Pekerjaan tersebut dilakukan oleh tim teknik gabungan dari MBDA, BAE Systems, dan Peralatan dan Dukungan Pertahanan Defence (DE&S), dan berlangsung di tempat uji terbang BAE Systems di Warton, Lancashire.

Bagikan: