Des 042018
 

Boeing VC-25A on Zagreb Airport, Croatia (April, 2008). (Dtom via commons.wikimedia; https://commons.wikimedia.org/wiki/Air_Force_One#/media/File:Air_Force_One_on_Zagreb_Airport.JPG)

Mantan presiden George H.W. Bush akan melakukan penerbangan terakhir yang dikenal dengan “Misi Khusus 41.”

Secara tradisi, pesawat ini hanya disebut Air Force One ketika presiden berada di kapal. Presiden Donald Trump tidak akan melakukan perjalanan di pesawat, sehingga pesawat telah dirancang ulang dan diganti namanya untuk menghormati Bush pada minggu ini.

“Air Force One telah tiba di Houston untuk apa yang secara teknis disebut ‘Misi Udara Khusus 41’ besok dan Rabu. Hari yang indah di Texas – ‘langit-langit dan jarak pandang tidak terbatas,’ Tuan Presiden,” Jim McGrath men-tweet.

Frasa “langit-langit dan jarak pandang tanpa batas” merupakan istilah Bush sewaktu di Angkatan Laut. Bush memiliki sebuah plakat dengan akronim “CAVU” yang dipasang di dinding rumahnya di Kennebunkport, Maine. Pada tahun 2001, ia menulis surat kepada anak-anaknya, yang berbunyi, “C-A-V-U adalah jenis cuaca yang kami inginkan sebagai pilot Angkatan Laut ketika kami akan menerbangkan kapal induk kami di Pasifik – ‘Langit-Langit dan Jarak Tak Terbatas.'”

Ketika keluarga dan teman-teman Bush berbagi berita tentang kematiannya pada usia 94 tahun pada hari Jumat, mereka menggunakan kata sandi “CAVU.

Terbang dengan jenazah mantan presiden akan menjadi pengingat bagi anggota keluarga Bush, termasuk putra-putranya mantan Presiden George W. Bush dan Neil Bush, dan banyak cucu mereka, menurut sumber yang akrab dengan rencana tersebut. Juga akan ada teman-teman dekat keluarga di penerbangan, termasuk mantan Menteri Luar Negeri James Baker dan anggota staf terdekat Bush, termasuk kepala stafnya, Jean Becker.

Akan ada upacara keberangkatan di Ellington Field Joint Reserve Base di Houston dan pada upacara kedatangan di Pangkalan Gabungan Andrews di Maryland.

Pada hari Senin, jenazah Bush akan dibawa ke Washington, DC, di mana ia akan berbaring di negara bagian di Capitol AS sampai Rabu pagi, ketika akan ada upacara peringatan di Washington National Cathedral. Mantan presiden akan diterbangkan kembali ke Houston Rabu nanti dengan pesawat yang sama yang membawa keluarga ke ibukota negara itu untuk “Penerbangan Udara Khusus 41”.

Bush akan “beristirahat” Kamis sore di George H.W. Bush Presidential Library di College Station, Texas, di mana istrinya, Barbara Bush, dan putri Robin, yang meninggal karena leukemia sewaktu kecil, dimakamkan.

Sumber: CNN

Bagikan:

 Leave a Reply