Spesifikasi Kapal Selam S26T Pesanan Thailand

Angkatan Laut Thailand mengumumkan harga pengadaan kapal selam S26T atau Yuan class varian ekspor dari China. Satu unit kapal selam S26T akan dibeli dengan harga 13,5 milyar Baht atau US$ 376.860.000.

Harga sebesar itu sudah termasuk sistem persenjataan, support, suku cadang, peralatan, dokumen, tes uji coba, bahan bakar, minyak pelumas, pelatihan, transfer teknologi, serah terima dan pengiriman.

Menurut seorang pejabat pembuat kapal selam China Shipbuilding and Offshore International Corporation (CSOC), kapal selam S26T Thailand nantinya akan memiliki bentuk dan kemampuan yang sama dengan kapal selam Yuan class.

“Kapal akan memiliki desain yang sama dengan kapal selam Yuan class. Meskipun ada beberapa perubahan, desain kurang lebih sama dengan Yuan class yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut China (PLAN)”.

Spesifikasi kapal selam S26T Thailand diantaranya memiliki panjang keseluruhan 79.5 m, lebar 8.6 m, lebar dengan modul 9.2 m dengan berat total 2.660 ton. Kecepatan maksimum 18 knot dengan kedalaman menyelam maksimum 300 m dan daya tahan operasi hingga 8000 mil laut pada kecepatan 4 knot.

Menurut pejabat CSOC tersebut, diperkirakan Thailand baru bisa menerima kapal selama S26T sekitar 2 sampai 3 tahun, atau paling lama lima tahun.

” Seperti halnya Pakistan, mereka mendapatkan 8 kapal selam, setelah perusahaan membutuhkan waktu 2 – 3 tahun sampai 5 tahun untuk membuat desain dan konstruksinya”.

Pejabat CSOC tidak mengkonfirmasi jenis persenjataan yang termasuk dalam paket pembelian, namun sesuai dengan spesifikasi Yuan class, S26T diperkirakan akan memiliki persenjataan yang kuat dengan kemampuan tinggi, seperti torpedo Yu-6 atau Yu-7 dan rudal anti kapal C-802 atau C-803.

TAF
Editor : Muhidin

Tinggalkan komentar