Sep 142014
 
9 dash line China

9 dash line China

Peta, gambar peta wilayah China yang menjorok ke Selatan dan mengiris ZEE Indonesia tidak muncul sebelum tahun 40-an, peta tersebut muncul sebagai bentuk tindak lanjut gerakan nasionalisme Mao yang ingin mengembalikan masa kejayaan kekaisaran Tiongkok.

Dalam klaimnya wilayah tersebut merupakan wilayah kekaisaran Tiongkok yang “dicuri”, bila menganut peta tersebut maka sebagian semenanjung Indochina baik darat dan laut adalah milik China (termasuk di dalamnya Vietnam dan Laos). Meskipun demikian klaim tersebut tidak pernah (dan tidak akan pernah) diakui karena bertentangan dengan hukum yang berlaku saat ini.

Status ZEE Natuna yang dipandang abu – abu oleh China di satu sisi merupakan bahasa isyarat bagi Indonesia. Yaitu sebagai garansi dan ancaman halus bagi Indonesia untuk tetap mempertahankan sikap “netral”nya. Menekuk Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei adalah persoalan mudah bagi China namun akan menjadi rumit bila Indonesia turut ikut campur. Bukan karena merasa terancam dengan kekuatan militer Indonesia, melainkan karena konsekuensi politik yang akan timbul jika Indonesia ikut terseret masuk.

Seperti yang telah diketahui, Indonesia adalah pemilik jalur dagang internasional terpenting di Asia yang menjadikan Indonesia memiliki peran yang sangat “penting” (yang juga menjadi alasan mengapa Malaysia selalu merasa iri pada Indonesia). Segala bentuk agresi atas Indonesia akan memantik reaksi yang “SANGAT” keras dari barat, namun tidak demikian bila China hanya mengusik Vietnam dan Filipina. Secara strategi, di mata China memasukkan Indonesia kedalam konflik akan sama dengan menambah beban yang tidak perlu, bagi China jika bisa mendapatkan LCS dengan usaha seminimal mungkin maka mengapa tidak?! Oleh karena itulah kita masih bisa melihat adanya kerja sama militer antara Indonesia – China yang secara harafiah bisa kita artikan sebagai “sogokan” terselubung, seperti kasus hibah F16 namun yang ini dalam bentuk rudal dan lain-lain.

Tentang Malaysia dan Brunei, mereka ini tergolong negara oportunis terutama Malaysia, jika ada kesempatan mereka akan mengaisnya namun jika keadaan memburuk mereka akan lari. Dalam hal ini Brunei tidak menaruh harapan banyak, jika situasi sudah sulit dan selama kerajaan tidak diganggu maka ia akan mundur. Hubungan simbiosis mutualisme Indonesia-Brunei tercipta dari keinginan Brunei untuk mendapat jaminan keamanan melalui pengaruh Indonesia.

Masalah ke-strategis-an posisi wilayah Indonesia bisa dikatakan sebagai blessings in disguise, di satu sisi ini mencegah invasi China terus memanjang ke Selatan dan di sisi lain juga mencegah invasi barat ke Indonesia. Jika barat masuk ke Indonesia maka baik Rusia dan China tidak akan merasa segan – segan lagi untuk turut ikut mencelupkan tangannya di sini, dan Indonesia akan menjadi seperti seonggok bangkai bagi segerombolan burung nasar, akan terjadi situasi yang sama seperti di Irak-Siria.

Dalam hal ini yang saya khawatirkan justru jika Vietnam dan Filipina menarik konflik ke arah Indonesia. Perumpamaan sederhananya, jika terjadi baku hantam di laut antara Vietnam-Filipina dengan China lalu Vietnam atau Filipina secara sengaja menyerat pertempuran memasuki wilayah laut Indonesia (mendekati Natuna misalnya) ini akan secara tidak langsung memancing Indonesia untuk bereaksi. Permasalahannya adalah, dimana dan dengan siapakah kita kelak akan berpijak?

Tentang Ukraina, barat menyadari itu adalah sebuah kesalahan yang harus diperbaiki. Sikap mereka yang cenderung mendesak secara ekonomi dan melakukan pendekatan militer halus merefleksikan rasa kekhawatiran mereka akan pecahnya perang besar Eropa / perang dunia jilid 3. Hal ini bisa dilihat juga dari ketidakkompakan dalam tubuh NATO dalam menghadapi Rusia, dan penolakan warga pada politisi mereka agar tidak memantik api perang. Sisa sisa krisis ekonomi besar masih terasa di seluruh Eropa yang menjadikan perekonomian mereka lesu.

Karenanya jika perang besar meletus maka Eropa akan jatuh dalam krisis yang jauh lebih besar lagi, dan China-lah yang akan tertawa diatas semua itu. Dan pastinya jika China tertawa terbahak – bahak maka kita negara – negara ASEAN-lah yang akan celaka. Sebab barat akan terlalu disibukkan meladeni Rusia dan mereka tidak akan memiliki cukup sumber daya untuk mengurusi Indochina.

Alasannya sederhana, Rusia memiliki arsenal nuklir dan militer yang cukup besar untuk menghadapi Eropa head to head, Barat akan lebih memilih fokus mempertahankan diri mereka dari gerakan militer dan moncong rudal Rusia daripada pelesir ke Indochina. Inilah alasan mengapa Amerika mulai menata militernya dan mengalihkan sebagian besar kekuatannya ke Pasifik, Eropa dirasa cukup untuk menghadapi Rusia tapi Jepang-Korea-ASEAN-Australia tidak akan sanggup menghadapi China walaupun sudah keroyokan. Kurang lebihnya inilah yang saya gambarkan sebagai perang dunia jilid 3.

Helikopter Apache Guardian yang dipesan Indonesia

Helikopter Apache Guardian yang dipesan Indonesia

Antisipasi Indonesia di Natuna.
“Natuna hendak dijadikan salah satu pos alutsista berat. Tampaknya helikopter di sini akan diplot sebagai unit bantuan tempur dan combat SAR. KCR-40 dan KCR-60 yang bertugas untuk patroli, sementara helikopter Apache yang menjadi tukang gebuk ringan dan Blackhawk yang menjadi unit SAR, merangkap combat reconnaissance yang bertugas mengintai dan mengarahkan target tembak, langkah yang taktis dan ekonomis.

Bila dibutuhkan bantuan tempur berat dari udara, Sukhoi atau F16 dapat dideploy di Natuna. Bukankah di sana sudah ada bandara yang fungsi taktisnya sebagai pangkalan aju. Kalau saja di Natuna juga ditempatkan baterai medium SAM serta unit SSM setara Yakhont/Brahmos, hasilnya akan sangat luar biasa. Natuna akan menjadi poros Indonesia untuk mengontrol kawasan, sekaligus mengunci gerak sabah dan serawak.”

Secara sederhana, alutsista timur (China) counter-nya adalah alutsista dari barat. Namun tujuan sebenarnya penempatan helikopter di Natuna lebih kepada pengamanan Natuna sampai pembangunan pangkalan militer utama selesai dan beroperasi penuh, sekalian tugas jaga sambil patroli. Dalam pelaksanaannya kedua jenis helikopter (apache dan duetnya) dirasa cukup handal dan fleksibel untuk melaksanakan misi tersebut. (by STMJ).

  167 Responses to “Spiral Peta Garis 9 China di LCS”

  1. LCS lagi

    • eh..pertamax ya?..mas Mirza lg ketiduran ya?….tetapi memang masalah LCS ini perlu perhatian ke depannya oleh Pemerintah, Sekarang blm jadi masalah tapi soal waktu saja RRT mengusik Natuna..IMHO..masalah LCS, klaim M’sia atas Karang Singa Semoga menjadi dorongan mempercepat program MEF 2 n 3..

      • Bakar kemenyan supaya jin mbah bowo keluar

        Hayuo mbah bowo keluarlah

        • Mohon petunjuk @mbah bowo
          Bagaimana sikap kita dalam menghadapi invasi naga dari utara…..

          • Ini petuah mbah :
            Jika memang digempur sudah vietnam dan filiphina oleh China, maka kita sebenarnya juga sudah diancam, maka jalan yang terbaik adalah menungungsikan seluruh armada barat dan tengah dan timur ke arah australia secepatnya, percaya mbah bahwa ratusan kapal selam diesel china sudah mengintai di Laut china selatan dan Natuna, dan sudah dapat dibayangkan bagaimana nasib fregate dan corvet kita bila berhadapan dengan hantu laut bawah air milik china yang berjumlah ratusan,

            yang kedua : tunggu sampai iring iringan task force armada ke 5 dan ke 7 USA dan juga task force armada laut australia menyerang armada china dan membebaskan filiphina

            yang ketiga : hantam dan hancurkan sisa sisa PLAN dan marinir mereka yang terlanjur mendarat di NATUNA, serawak dan sabah.

            Rebut segera Singapore dan aneksasi Papua Nugini.

          • Setelah seluruh SDA yang ada di Indonesia harus dikelola oleh Asu dan bonekanya, semua Inhan dalam negeri Indonesia dan Industri yang strategis harus ditutup, setiap pengadaan alat militer harus beli dari Asu dan gerombolannya dgn harga dan syarat sesuai dengan keinginan mereka tetapi kualitas kw 3.
            Mantap ya mbah bowo… anda layak jadi menteri pertahanan

          • wiihhh.. keren Mbah…

          • mbah bowo untuk komen petuah di atas, ane hormat ke mbah, bhahahaha

          • lha kita kan dah pernah menang perang ama cina…………..contoh …raden wiaya….ini fakta…..makanya gak usah takut …..mana mbah bowo……….

          • mbah bowo petuahny emg puoooLLL..!!! :mrgreen:

      • Absen bung tom,lagi ada acara….he..he..btw jika china segan kpd kita ada apa ya….???kalo barat takut sama china & russia wajar,punya nuke….butuh pecerahan….!!!

        • gak kan ada mesiu yang meletus……siapun yang memulai mka konsekwensinya yanng akan diterimanya sangat berat…..karena ..masing masing…menghormati kaedaulatan negara serta masih menganut asas asas hukum internasional. …lcs dan asia pasifik…gak seperti di timur tengah…..paling kalau ada gesekan ….braninya ……..gesekin lambung kapal…….atau nabrakan pesawat dengan peswat……..atau ..saling nimbun arsenal….perang untuk nunjukin siapa yang punya arsela yang mematikan…….antar prajurit dilapangan boleh ..panas…tapi letusin senjata kan ada di panglima ..yang kepalanya .dingin (…karena kena ac..hehe…)……kecuali kasus taiwan………dimana Tiongkok dapat mngabaikan asas kdaulatan sbuah negara dan dianggap daerah yang memberontakdan , karena taiwan memang belum diakui secara internasional maka kemungkinan ada letusan paling mungkin di wilayah ini……Untuk….kita harusnya foku pada …penjagaan wlayah udara laut dan di dalam laut…..selatan dab utara atau ASU paling ..hanya ..berani nyelinap nyelinap aja…. jadi matra laut dan udara harus di tingkatkan……….pagi bung Mirza….

    • adakah yang jeli dengan peta tersebut????
      masih ingat dengan Blok Ambalat, Karang Unarang??

      terlepas dari siapa yang mebuat peta tersebut, pada bagian perbatasan Indonesia – Malaysia di Kaltara-Sabah, peta tersebut mengakomodasi klaim Malaysia atas Blok Ambalat.

      Versi yang benar, sesuai dengan klaim Indonesia seharusnya wilayah perbatasan laut Indonesia – Malaysia di Kaltara – Sabah adalah lurus dengan perbatasan darat di Pulau Sebatik. Bukan menjorok ke selatan seperti tergambar pada peta di atas.

      • Assalamualaikum wr.wb
        iya bung, perbatasan laut Kalimantan utara horizontal lurus sampai ke kepulauan ambon/ atasnya pulau Sulawesi.
        ini artinya sebagian besar masih awam tentang peta Indonesia.
        dan ini berbahaya.

  2. NOMER 1 KAH

  3. o
    keren

  4. Siaga donk

  5. 10 besar

  6. Pemerintahan nanti akankahbpeduli lg dengan LSC?krn kita backbone nya asean.sy kira kita harus terlibat.

  7. LCS makin panas aja…….

  8. mantap pasty ad mbow

  9. Ijin nyimak..

  10. Bung @STMJ ulasannya mantap! Konflik laut cina selatan yang jelas perangnya TNI AU dan TNI AL (yang diklaim ZEE kita kan)…Pak President Jokowi agar di MEF 2 menaikkan anggaran untuk kedua angkatan itu.

  11. Dgn pertumbuhan anggaran china,sudah selayaknya kita berpacu berbenah pertahanan…cepat atau lambat natuna pasti dklaim juga,mengingat cadangan sda nya..dan itu bsa tjadi jika urusan china dah selesai diarea utara lcs

  12. itu batas klaim malon di deket kaltim sdh bener tuh?

  13. ayo beli KS yg buanyyaakkkk,yakhont yang buannyaakkk :mrgreen:

  14. Absen sore

  15. Kita sebagai bangsa Indonesia sebagai negara yang berdaulat atas laut tersebut seharusnya berhenti menggunakan nama Laut Cina Selatan (LCS) karena nama itu sangat keliru. Nama yang benar atas kawasan laut itu adalah Laut Natuna Utara (LNU). Oleh karena itu jangan marah kita bila kelak China memproklamir wilayah tersebut…la wong namanya Laut ‘Cina’ Selatan. – imo

    • itu kalo natuna, berati vitnam bisa ngasih nama laut vietnam timur, kalo pilipin namanya laut pilipin barat, kalo brunei laut brunei utara #satulautberjutanama#

      • @bung bangjo : silahkan negara lain menamakan wilayah perairan mereka apapun… itu hak mereka, tetapi di wilayah perairan kita harus dengan entitas kita bukan negara lain.

        • penamaan itu lebih ke arah kesepakatan bersama bung, biar enak nyebutnya. masa juga 1 tempat disebut dengan berbagai nama, bingung dong ntar 🙂

          • Yg pas tuh sea ocean (south east asia ocean) krn memang ada di jantung asean dan tentu bisa disepakati oleh 10 negara2 asean. Satu strategi kuncian jitu thd klaim cina.

  16. film battleship Jilid 2 nih :mrgreen: semoga tahun depan kirov class dan slava class sudah milik TNI AL :mrgreen:

  17. kalau liat dash line tiongkok hampir habis laut punya negara lain mereka caplok semua terutama vietnam n brunai. keterlaluan jga ni wong fe hong..

    • Hajar saja bung Bocor, setidaknya mereka akan menyesal telah membuat ulah di Asia Tenggara. Asia Tenggara adalah halaman Indonesia juga kan? Kalau ada tetangga kita yang tersakiti, kita pantas untuk mengupayakan bantuan setulusnya kepada tetangga terdekat kita.
      Salam hangat dan selamat malam.

      • memberkan bantuan setulusnya pada tetangga, setelah itu malon and the gank dengan setulusnya menusuk dari belakang, apa itu yang diseut pantas?

        • Bebuat baik tidak perlu balasan bung, yang membalas nanti pasti datang dari arah yang tidak terduga. Mungkin juga anak cucu kita di masa depan yang akan merasakannya.
          Memberi bantuan tidak harus berupa barang atau tenaga, bisa juga doa maupun semangat atau diplomasi.

          • itu kalo membantu sesama manusia, didalam politik itu tidak mengenal kawan atau lawan yang ada adalah kepentingan, ingatkah apa yang sudah indonesia berikan pada malingsia dan sekarang apa balasanya klaim ini itu seenak dengkulnya,
            kalo ente mau ngedoain malon ya silahkan kalo ane sih ogah, lebh baik ane mendoakan para pahlawan negeri ini untuk tiap tetes keringat, air mata dan darah yang tertumpah di tanah ini

      • Kalo yg disakiti si Malon kayaknya gak perlu dibantu deh…biarin aja dia dengan penderitaannya…kita perhatiin aja beritanya di tv sambil makan kacang goreng…

  18. DAAAAAANNN… makin jelas kenapa US mau “memberikan” apache dan F16 hibah semata-mata krn tdk rela indonesia dihajar chine dengan mudah sekaligus melindungi asset mereka di AUS dan sekitar.
    Istillah nya jika indonesia jebol chine dengan mudahnya melenggang ke selatan (Australia)

    • Mau dijadikan bemper,tp kekuatanya ga boleh juga melebihi singapura

    • Masalahnya bukan bemper bung, Anda semua lihat pulau2 kecil di utara serawak dan sabah. Bayangkan saja jika terdapat kekuatan militer di situ, ICBM dengan 10 warhead yang bisa membelah di udara sebelum mencapai permukaan tanah di situ. Was-was juga kan pangkalan di darwin. Oleh karena itu, menurut hati kecil saya, sebenarnya tidak rela jika laut cina selatan di injak-injak seenaknya sendiri secara angkuh oleh cina. Kita sebagai bagian dari asean juga tidak rela kawan kita di asean terdzolimi.
      cina itu angkuh.

      • Yups..ane sih lebih setuju dgn teori bhwa amerika sdang menjalankan drama dmana tkang gebuk cina (indonesia,jepang,australia) harus dpsenjatai hingga ktika sama2 btempur,manajemen tempurnya bsa optimal karena kesamaan alat perang…kalau untuk asean,hanya segelintir yg sejatinya bsa kita sebut teman dan sahabat..dan setuju,kita harus terlibat secara terukur ketika perang pecah dkawasan mereka

  19. lcs panas dingin…..

  20. analisa yg mantab…

  21. Menurut saya mef 1 dan 2 jgn sampai diterlantarkan sama pemeritahan yg baru nanti, karena alasan tidak ada anggaran.
    Mode on.

  22. Ass.TNI harus sdh siapkan payung sebelum hujan beneran.Yg pasti,rakyat siap mati daripada dijajah lagi.Cukup sekali kita dulu teraniaya krn keterbelakangan teknologi.Sekarang generasi penerus hrs kita siapkan tuk jdi bangsa kls 1.Bangsa pemimpin dunia.Semua sumberdaya sdh ada tinggal pr pemimpin buat aturan pelaksanaannya.Jgn jdi pemimpin para saudagar.Jadilah pemimpinnya para pejuang&penebar kasih rahmatan lil ‘alamin.TNI jaya Indonesia sejahtera.Wslm utk semua.

  23. disisi lain asutralia memesan 12 KS jepang,,,suryo kalo gak salah namanya xixixixixixi

  24. SUDAH TERLAMBAT

    CHINA sudah sangat kuat, tidak mungkin tentara tentara serigala Biru itu dapat ditekuk meskipun (Indonesia – vietnam – filphina dan australia) bergabung menjadi satu.

    Mbah sebagai sesepuh memberikan saran dan nasehat yang baek :
    1. Menyerah pada china adalah jalan yang terbaik, karena melawan kehendak china adalah sama dengan mati.
    2. Sia-sia melawan armada kapal selam china yang sangat begitu kuat (menurut bisik bisik ada sekitar 800 kapal selam diesel) dan sekitar 50 kapal selam nuklir yang berisik tapi mematikan.
    3. Tentara PLA sangatlah kuat, dengan tinggi rata rata 190 cm, berkulit putih, berbadan seperti binaraga, dengan otot otot yang terlatih, maka dengan spesifikasi postur seperti itu maka tentu bukan tandingan kita.
    4. sifat buas, bengis dan penyuka wanita yang dimiliki PLA tentu akan sangat mengerikan bila masuk wilayah NKRI.
    5. dan Ingat ya adek adek sekalian,. disini (di Asean) banyak orang orang china perantauan, mbah bukan menuduh, tapi apakah mereka akan membela china daratan atau malah membantu china daratan bila pada akhirnya Indonesia berperang dengan China daratan.

    3.

    • Coba adek adek lihat video di youtub. Banyak orang orang disembelih sampai teriak teriak, mau disembelih seperti itu ? makanya adek adek harus mempunyai antisipasi, yaitu memihak pemenang, siapapun yang menang itu.

      • betu betul,..,.. mbah menghargai semangat para pemuda, tapi harus realistis. soalnya kita sendirian, diajak koalisi juga ngak mau,

      • Otak mbah bowo sudah meleer tu, dia adalah virus racun bagi kewiraan kita sebagai bangsa yang berdaulat. Harusnya org tua lebih bisa menuntun yang muda agar lebih cinta tanah air bukan cinta harta. Masak malah mencuci otak warga JKGR yang saya yakin punya semangat patriotik tinggi. Sadar bowo, jgn suka jilat pantat asing. Kalo semangat perjuangan kita gelorakan tidak ada musuh yang perlu di takuti. Termasuk cina atau ASU. Sekali pun. Kita adalah bangsa pejuang dan itu telah terbukti. NKRI harga mati. RAWE RAWE RANTAS, MALANG MALANG PUTUNG. !!!!!!

    • Terus biar gak di kampleng cina itu caranya gimana mbah? Apa kita harus sungkem sama cina atau harus ngasih upeti ma cina? Xixixi…..

      • Harus diberikan konsesi konsesi pertambangan, kita ajukan proposal perdamaian dan juga konsesi ekonomi ke mereka. Yakin, mereka akan tenang di utara. hanya natuna yang di caplok tidak masalah, yang penting negara aman damai, rakyat bisa kerja.

        • Mbah gila. Lo kan nggak tinggal di natuna. La orang natuna? Seenaknya dikorbankan demi elo?! Susah kalau sudah pikun. Emangnya kalau natuna lepas daerah lain tidak bakalan lepas? Mikir……..

          • haha,,,jgn dianggep srius bung..mklum..omgn org hbis nyimeng y gt…dr muda da doyn ngluyur ma ngisep kcubung..pulg2 da teler.. :mrgreen:
            jdny mpe tua msh sk nglantur ngmgny :mrgreen:
            biar si mbah jd bumbu plengkap je dsni…jgn terpncing bung2 smuany

        • Donkan dakara desho!

        • Awas Mbah Bowo ini orang gila kagak usah diladenin

        • hahah.. ngakak komennya mbah bowo

          kalo gw ogah banget tunduk sama china sebagaimana ogah juga tunduk sama amerika. yang jelas, perjuangan diplomasi indonesia bakalan sampai mati.. matinya indonesia bersama matinya rakyat indonesia. emang udah nggak tersisa lagi negara dan masyarakat indonesia karena memang memperjuangkan indonesia sampai mati…

          yang bener kita tetep non blok. jangan sampai menjadi sekutu atau tunduk dengan china.. kita berjuang untuk mencari sahabat yang banyak. tapi bukan kita menjadi budaknya..

          indonesia akan tetep non blok apapun kondisinya, meskipun perang di LCS.

          berkawan dekat bukan dengan china, bukan juga dengan amerika..
          tapi dengan russia, jepang, korut, korsel dll..

          btw secara garis besar sepekat dengan mbah bowo.. 😀

    • anda tidak takut dengan tentara china yang tingginya 190 cm ? yakin ? berani duel dengan mereka ?

    • Mbah.. kalo mbah menganggap pasukan cina seperti pasukan mutan semua.. kapan kita menjadi percaya diri? apa kita hanya bisa menyerah pada cina? lantas buat apa bung karno teriak2 merdeka? pahlawan lain berguguran juga bwt apa? …

      Muaaf loh mbah, ane blm smpet cermati komennya mbah secara utuh.. tapi cukup mengelitik cara mbah mmberi komen disini 🙂

    • saran Menyesatkan MBhan Dimana Harga Diri Bangsa kalao menyerah kaya memberi tempe..

      INDONESIA JAYA

    • yang harus dicermati sebenarnya adalah kolone ke-5 …yaitu keturunan Tionghoa..disini..itu yg perlu dibenahi/dikelola pemerintah sekarang…itu bisa jadi asset…tapi jg bisa musuh dalam selimut..kalo nasionalisme ..mereka benar…maka mereka asset yg bagus..selain lobi mereka di RRC sana..bisa membantu meredam kemungkinan konflik…ingat 1 dari 5 atau 6 penduduk Indonesia adalah keturunan Tionghoa..saya g bicara rasis..tapi fakta….jgn pengalaman Ukrania terulang mereka ingin konfrontasi dgn Rusia..tapi lupa..sepertiga penduduknya adalah orang keturunan Rusia dan sangat pro dgn Rusia..akhirnya Crimea lepas..Donestk dan Lushank lepas…

    • Salut dengan Anda mbah..Anda mampu membangkitkan semangat nasionalisme dengan cara Anda.
      Strategi yang harus dimainkan oleh orang dengan kapasitas hebat…salut sama siapapun Anda Mbah.
      #SR maning son :mrgreen:

  25. Mbah buatkan puisi sebagai bentuk keputus asaan mbah dan bentuk ketakutan mbah yang paling mendalam :

    NEGERI YANG GAGAH PERKASA
    Oleh Bowo Kusumo

    WAHAI NEGERI PARA KESATRIA TARTAR
    PEMILIK SEGENAP PERMUKAAN BUMI
    KAUM MU ADA DIMANA MANA
    DARI KOTA SAMPAI KE DESA DESA

    MILYARAN JUMLAH KAUM MU,
    SUNGGUH ENGKAULAH PENGUASA DUNIA
    MULAI PERDANGAN DAN MILITER ENGKAU KUASAI
    SELURUH RAJA RAJA DUNIA TAKLUK DI BAWAH KENDALIMU

    BENAR KATA ORANG ORANG DAHULU
    ENGKAU BISA BIJAKSANA BISA JUGA ANGKARA MURKA
    MAKA DARI ITU BERILAH KAMI SENYUM DARI WAJAH
    ORANG ORANG RAMAH DARI UTARA

  26. hehehe … okay lah faham ane mbah …
    sekarang kita dorong ahli sejarah Indonesia spy buka catatan kerajaan lama, cari peta wilayah kekuasaan jaman baheula … trus kita klaim jg wilayah negara laen, biar rame sekalian lah …
    pengen tahu jg sikap pemerentah kita, solusi apa yg mo diambil biar rakyat tdk khawatir ada agresi asing

    • Solusinya adalah mengajukan tawaran perdamaian untuk China, memohon ampun pada mereka dan memberikan konsesi konsesi ekonomi yang menguntungkan bagi mereka.

      • Ga ampe segitunye kali mbah minta ampun segala, kaya indonesia negara kacangan az..ini negara besar mbah yg punya martabat & keberanian..klo emang mo perang ayo kita perang….!!! Masalah mati mah dimane az klo dah waktunye juga koit- koit juga..ga peduli tempat,kapan & lagi ngapain koit-koit juga…ente juga bisa lagi boker tau” koit..hehehe…!! Peace mbah..!!! Nyok kite perang ma china mbah…!!!

        • Kalau jadi perang, mbah dibelakang saja, mbah mendoakan saja, maklum mbah sudah tua, sudah tidak mampu mengangkat senjata. Pesen mbah kalau dek beckam bergabung jadi sukarelawan di perang Laut china selatan nanti adalah jangan diberi ampun pada musuh yang tertangkap, langsung tembak ditempat, karena jumlah mereka banyak.

          • mbah udah gak kuat angkat senjata karena sepuh….eladallah mbah masih kuatkan angkat “senjata”warisan dr mbahnya mbah bowo…coba liat foto farah quin bangunkan

      • apa itu mohon ampun sama china,,haduuuhhh si mbah kok ngomongnya kaya orang lagi mabuk kecubung.

  27. mbah bowo lagi mabokk :mrgreen:

    • makanya lihat video di youtub, biar adek tidak kuper, di youtub banyak orang orang disembelih, kalau mau disembelih maka majulah saat perang laut china selatan meletus.

      • mosssoookk mbah?? ciyussss???? miapahhh??? miyabii??? :mrgreen:

        • mbah ngasi saran pada dek amblegedesh, jangan senang nonton sinetron terus tiap hari, jangan kebanyakan makan dan jangan suka hobi berpacaran, dek amblegedesh sebagai generasi muda harus punya jiwa yang keras dan ganas, tunjukkan bahkan kamu adalah pemuda yang dominan di kelompokmu (asal benar)

          agar pada waktunya nanti jika negara membutuhkanmu maka kamu tidak gampang lari dan kabur dari garis depan.

          • mbah bowo,,mbah itu terkadang omongannya ada benarnya terkadang juga omongannya banyak ngeselinnya,,hehheee ya kalau saya mah ambil yang baik2nya aja dechhh mbah yang jlek nya saya ngga pake misalnya disuruh mohon ampun sama china ogah mbah apa pun itu alasannya tetap ogah.

          • hehhe iya juga sih bung,,tapi saya percaya mbah bowo cinta NKRI,, 🙂 salam kenal bung bapak besar

  28. Realitanye adalah klo china pake NUKLIR selesai sudah..!!! ASEAN bakal jadi kuburan MASSAL..tapi ga sesederhana itu china main dg NUKE nye…klo masalah hancur menghancurkan sekarang ini gampang, apabila senjata nuklir di pake…ane pribadi & rakyat indonesia umumnye pasti siap jiwa & raga ampe darah yg penghabisan buat mempertahankan NKRI..!!! apapun alasanye china mengklaim wilayah RI ga ada kompromi sikat bleh..!!! RI cinta DAMAI..tapi siap PERANG..!!!

    ….NKRI HARGA MATI….

  29. mbah bowo lagi berimajinasi :mrgreen: biarin ntar juga sadar

  30. mbah2 ada2 aja cara memotifasi orang………

  31. Betul sekali adek ini, mbah sangat hargai pendapatmu dek.

  32. rame kalo ada mbah bowo nie…hehehe….mau nya damai ya mbah?dr pd perang?…

  33. Mbah bowo jgn lelah memberi motivasi ke pemuda” seperti dek amblegedhesss ini takut nya kalau perang pecah bukannya pegang sejata Tapi malah pegang hape poto” trus update status di media sosial .

  34. hihihihi…. semua sudah ketipu sama saya hihihi…. sama orang gila kayak saya kok pada terpengaruh

    -jangan pakai nick name yg sudah eksis –
    – admin-

    • hahahaha…saya tau ko,mbah yg duluan maju kalo CINA mau nyerang NKRI…mbah-mbah..

    • Berarti Mbah sudah sehat.

    • Walaupun mbah sedang penyembuhan dan harus dikejar2, saya tetap hormati mbah sebagai pemberi warna dalam jkgr mbah… omongan mbah perlu ditelaah dan dicermati untuk modal dimasa depan.

      Salam dari the doctor mbah yg paling depan ngejar mbah 😀

    • Mohon Untuk Admin, untuk memblock nama selain nama saya, biar tertip, hanya ada satu Mbah disini, yaitu saya, yang lain palsu semua.

      Mohon yang niru niru nama saya, untuk berhenti.

      • Sudah Mbah 😀

      • hoohoo..mbah bowo emg paling luthuuu… :mrgreen:

      • Loh Mbah Bowo, dipungkiri atau tidak banyak juga fans mbah bowo walaupun pendapatnya banyak tidak sejalan dengan simbah, makannya banyak nama mbah bowo di jkgr. Untuk sejarah masa lampau negara Tar tar memang sudah terkenal kuat contohnya pas kerajaan singosari berlangsung. Namun masih bisa di kendalikan oleh raja jawa pada waktu itu. Mungkin sejarah bisa jadi berulang, namun bisa jadi solusi NKRI terhadap PLA bisa mungkin bisa berulang seperti jaman dahulu namun bentuknya berbeda. Umat manusia di dunia memang diberikan jaman keemasan pada waktunya masing masing, namun tak ada yang abadi, selalu dikalahkan oleh waktu. Banyak bangsa besar yang dulunya diperkirakan tidak ada yang bakal bisa melawan akhirnya tumbang seperti Romawi, persia, yunani dll. Ada yang kalah di peperangan namun ada juga yang dikalahkan dari dalam. Bangsa Tar tar sebetulnya dari jaman dahulu kuat secara militer, namun selalu terpecah belah dan bertempura antar masing masing sehingga dalam negerinya tidak pernah fokus. Banyak yang mirip seperti itu untuk bangsa lainnya. Terima kasih untuk saran mbah bowo yang menambah awareness kita terhadap LCS, mari kita bangun bersama kekuatan NKRI baik dari militer maupun non militer sesuai role kita masing masing.

  35. Kawasan Natuna okenya di pasang land base buat yakhon tuh…
    Di pakein SAM jg lebih ok. Acces ke Platform VlS Mica jg kan dah ada.
    S 400 jg gpp kok

  36. Kalau saya Perhatikan dengan teliti, seksama dan bijaksana, sebenarnya mbah bowo ini orangnya cerdas dan pintar melebihi dari anak-anak PAUD pada umumnya…

  37. panglima TNI udh memikir kan semua nya ko,gimana baik nya..tuh PLA sdh di beri penjelasan..bhwa natuna adalah wilayah NKRI..jd terserah ANDA.

  38. Jika anda bersama mereka, anda akan segera tahu bahwa itu akan terjadi. Hanya soal kapan waktu yg tepat saja. Moga saya salah.

  39. Ikut nyimak..salam kenal dr warga baru jkgrtr..

  40. Kita lihat aja grafik demografi kita…kita kira jumlah usia yg siap tempur berapa? Saya rasa lebih dari cukup utk baku hantam jika china berani usik dan injakkan kaki di tanah air tercinta ini….emang mereka tangguh?yg saya tahu mereka jiwa pedagang yg ogah perang cuma taktiknya aja yg licin ama gertakannya aja yg sangar.

  41. He he he membaca komeng nya mbah bowo lucu Dan menggelikan :mrgreen: kayak NKRI ga punya punggawa aja suruh nyerah sama China :D…..

  42. Firaun aja hancur rata dengan tanah, kita tunggu aja tanggal mainnya. Rasain di masa depan, panasnya siksaan yang tidak pernah terlintas saat ini. Bhahahahaha

  43. Jujur kata, ketika pertama kali mengikuti warjag, sebagai SR sy menikmati betul artikel2 yg berkualitas, menambah wawasan dan pengetahuan. Namun semakin kesini, semakin bnyk comment yg jauh dr bermutu tanpa didukung data dan analisa yg dpt dipertanggung jawabkan. Akhirnya tiap kali “ngopi” di warung ini, yg selalu saya nantikan adalah “bisik-bisik” tukang kerang, tukang warnet dan para “tukang” lainnya, para pinisepuh, telik sandi yg saya hormati. Maaf saya comments demikian krn sdh terlalu bnyk komentator yg commentnya tdk membuat para reader yg awam mjd tambah pengetahuannya tp malah mjgkan warjag ini mjd ajang debat kusir, saling cemooh, saling maki yg sejatinya jauh dari nila-nilai Pancasila dan UUD 1945. Mari kembalikan warjag yg kita cintai sbg sarana urun rembug yg bernats, yg berkualitas, yg dpt dipertanggung jawabkan isinya, shg dpt mjd “Acuan” kebijakan pertahanan & keamanan pemerintah kita. NKRI Harga Mati. Salam hormat.

  44. mantab bung@syap merah putih….

  45. main generals ahhh,pake generals mbah bowo dengan nuklir harmageddonnya xixixixixixi :mrgreen:

  46. Saya yakin kalau hanya mempertahankan Natuna dari serangan asing terkuat manapun, TNI sudah lebih dari cukup. Jaya TNI.

  47. Tujuan mengunci sabah sarawak akan tercapai apabila alutsista di natuna dilengkapi secara baik dan arus logistik ke dan dari natuna juga dipikirkan kelancarannya, kalo tidak natuna akan menjadi wilayah ri yg lebih dulu di overrun….

    • kalo natuna keburu di overrun kita serang balik

      • Klo natuna jatuh ke joe chink nyang pasti cuman atu, supply line malay ke sabah & sarawak pastinya terputus. Coba anda analisa skenario latihan mereka nyang kemaren plus rencana penambahan 2-3 unit scorpene oleh tldm…..hubungannya ada gak ya?…garuk2 pala dulu ah :mrgreen: he,he,he

  48. Pendirian Pangkalan Militer di Natuna sudah tepat..selain buat antisipasi memanasnya LCS di kemudian hari..jg untuk mengawasi negara tetangga yg suka main klaim aja..:)

  49. Saya kira tugas utama kita di LCS adalah pengamanan ZEE yg luasnya +/- 150.000 km2. Penempatan skadron heli tempur di natuna jelas tidak cocok, dengan mengingat keterbatasan heli terutama biaya per flight hour yg mahal dan jarak jangkau dan endurance yg pendek (kecuali combat SAR heli).

    Jauh lebih sesuai dan efektif meningkatkan pelabuhan Natuna menjadi Lanal untuk pangkalan tetap eskader gabungan TNI AL + Bakamla, plus di BKO-kan satu pesawat CN-235MPA. Bila eskalasi tinggal menambahkan 1 flight Hawk, Viper atau Flanker.

    • Juga KS nya skl bung antonov,SAM,yakhont.Natuna ibarat pintu gerbang semisal Tembok besar China dan gugus depan AL dan juga bisa dijadikan simbol kekuatan RI untuk kawasan Regional.salam Bung Antonov,saya adalah salah satu penggemar anda.

      • Salam kembali Bung Lek Umar.
        Untuk antisipasi konflik, Natuna tepat sebagai pangkalan aju, sedangkan pendukungnya bisa Batam, Pakan baru dan/ atau Pontianak.

        Tentang Yakhont, lebih tepat kalau kita punya versi kapal seperti di KRI OWA bisa didorong kesana kemari, daripada versi darat, yg kalau ditempatkan di Natuna akan mengundang protes dari SEMUA. Timbul pertanyaan mengapa berhenti di KRI OWA saja, tidak diteruskan dengan kelas yg lain, yg malahan dilengkapi dengan C-802? Padahal menurut kabar angin kita telah beli dan menerima 50 misil Yakhont.

        Daripada C-802, lebih baik kita ambil Brahmos sebelum didului yg lain.

  50. Perkuatlah dengan SAM-400+pantsyr secepatnya…itu suatu keharusan.

  51. Boleh dong analisa versi ku: Sebab musabab pecah perang dunia ke tiga berasal dari negara Saudi Arabia,di mana akan terjadi perebutan tahta kerajaan oleh pangeran pangeran yg ada.Hingga berimbas pada kawasan sekitar,di sini akan terjadi apa yg di katakan “menggunting dlm lipatan”,Korut vs Korsel,Cina caplok Taiwan,…dsb…dsb…Mohon maaf,ini cuma IMHO.

  52. Tenang aja bung bung sekalian, indonesia itu adalah pelindungnya asean,soal malon yg suka nyubit nyubit abangnya itu, maksudnya supaya si abang terbangun dari tidur dia mau bilang, bang indo bangun bang,jgn tidur melulu kita adik adik asean abang ini mau di ganggu sama wong fei hong,taring taring abang udah pada tumpul tuh,di asah lagi dong bang biar takut tuh wong fei hong gannggu adik adikmu ini,lihat tuh si vietkong,si filipine,si sino udah pada bingung tuh bang,bang indo bangunlah bang jadi macan asia kembali,kami sangat membutuhkan pertolongannmu lindungi kami dari kerakusan wong fei hong, makanya itu malon sering ganggu klaim wilayah kita, supaya kita segera mengaum kembali di asia,makanya asean itu sangat berharap indonesia menjaga keutuhan wilayah asean.

    Wassallam.

  53. Ya Allah.. semoga PD III tdk terjadi ya Allah.. Naudzubillah… lindungilah NKRI … Amin..

  54. Ketamakan.ria.serakah.dan sikap yg tidak benar akan hancur oleh kebenaran.jadilah pemenang perang akan kebenaran.niat dan tujuan itulah yg harus kitabwujudkan dalam kebenaran.dan dg demikian senjatahebat dan gahar jika itu di salah gunakan itu hanyalah seonggok sampah yg tidak berarti apa.berfikir murni bersih mungkin akan terhindar dari kemunafikan dan pemenang mutlak ialah mereka yg besar namun selalu menjunjung kebenaran.salam hanya sedikit ocehan kuli.

  55. Baru menengok JKGR, lha kok komentar saya jadi artikel, jadi sungkan saya 😀

    Btw bung Diego, untuk beberapa waktu ini saya belum dapat menulis lanjutan artikel map of conflict, belum sempat melanjutkan meneliti data karena masalah dapur sedang memasuki masa krusial, kalau sudah tenang nanti sucin-nya saya kirim rombongan hehe. Namun kurang lebihnya saya berterima kasih atas atensinya.

    Tabik.

  56. Kalau menurut analisa mbah bowo, apa ya yg kira2 membuat tiongkok nafsu akan menyerang kita kedepan?

    • sebenarnya mbah juga heran, bahkan malaysia, vietnam dan juga filiphina juga heran dengan sikap china, australia dan jepang juga heran kenapa mereka (china) berubah drastis, laut dan kepulauan negara lain maen klaim sepihak, saat negara filiphina dan vietnam membawa ke mahkamah internasional china malah mengancam. Ini kan aneksasi paksa atau pencaplokan wilayah terang terangan.

      Solusinya adalah dengan senjata, tidak ada solusi lain,
      skenarionya
      begitu laut china selatan meletus maka :
      Tujuan china jelas, yaitu Natuna, dari natuna mereka memotong sabah dan serawak agar terkucil dari semanjung, juga menghantam vietnam dan filiphina di waktu bersamaan.

      Indonesia dimana ? mungkin saat itu indonesia akan netral

      • Sekarang begini mbah, Indonesia saat ini memang bukan termaksud claimant states di LCS tapi memang potensi terseretnya sangat besar karena natuna. Apakah mediasi pihak ke tiga masih memungkinkan menurut mbah? Dan apabila skenario terburuk terjadi perang di LCS apakah blok barat dan timur akan ikut mencemplungkan tangan di sana?

        Maaf ya mbah banyak tanya sekedar tukar pikiran… hehehe

  57. Bung Admin, tolong dong dibetulkan perbatasan Indonesia – Malaysia sekitar Ambalat pada peta diatas, gak rela nih ane liatnya .. thanks in advance ..

  58. @bang bowo
    Inget bung generasi muda indonesia kami muda dan punya arti bung , apalagi jika sudah masuk ranah nasionalisme , jangan kan china , seluruh bangsa di dunia ini jikalau pun menyerang indonesia kami anak muda indonesia siap melawan mereka kalah menang urusan belakang bung , yang penting lawan dulu lawan lawan lawan !!

    Saya harap TNI sudah mengantisipasi hal ini sebagai penjaga NKRI jikalau pun memang hal paling buruk terjadi seperti @bang bowo bilang kami rakyat dan seluruh generasi muda indonesia siap membaantu cam kan itu !
    NKRI harga mati !!

  59. Wis ketemu jawaban nya mbah,aq gak takut lagi ama PLA,soal nya PLA menyukai wanita,biar pun bertinggi 190 ato 390 cm gak takut….jika tentara PLA menyukai pria baru takut aq…..ha..ha….

  60. Artikel ini kesan nya kok seperti pembangunan opini untuk pro barat ya.. omong kosong itu kalau barat menganggap bahwa krisis Ukraina adalah sebuah kesalahan. lha wong Ukraina dan Suriah itu masih satu paket untuk ngebredeli Rusia kok.

  61. Di dlm peta diatas kok ambalat sdh ketarik ke malaysia?

    • Assalamualaikum wr.wb
      itu peta versi malaysia, yang versi sebenarnya perbatasan lautnya sejajar garis lurus dengan perbatasan Indonesia Filiphina.
      itu salah peta yang di gunakan.

      • tujuan di tarik garis lurus supaya tidak ada salah satu pihak yang di rugikan. jadi pembagian rata.
        la kalau menjorok begitu berarti pembagiannyakan tidak rata.
        jadi itu salah.

  62. mungkin si bangkotan mbah belum mikir…kita punya agama Islam terbesar penduduknya di dunia bayangkan mbah jika sebagian umat muslim Indonesia berjihad tentunya ada 100 juta orang untuk menggempur china baik didalam negri maupun diselendupkan dan bergabung dengan penduduk uigur…gimana mbah perang akan berlaru-larut…?

  63. Selamat pagi juga bung sambelhohah,na itu bung,jika taiwan bergolak alias pecah perang,buntutnnya panjang banget bung…..mau gak mau 2 kubu dan pendukung nya juga akan terlibat…he..he…..

  64. Ayo nang dolly mbah

  65. berbagai analisa tersebut diatas semakin menunjukkan bahwa seluruh komponen bangsa dan negara Indonesia sudah seharusnya mendukung penuh program modernisasi militer Indonesia, modernisasi butuh dana yang besar, modernisasi militer butuh sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengawaki alutsista modern, modernisasi militer memerlukan dukungan industri alutsista nasional yang tangguh ; itu semua membutuhkan dana yang amat besar …..

    bagi mereka yang bekerja di pemerintahan ataupun bumn harus menghindari praktik korupsi, dan bagi warga sipil diluar pemerintahan jadilah wajib pajak dan bayarlah pajak anda, maka anda semua adalah patriot bangsa …..

  66. Analisa yang bagus. Sisi positif kita menjaga netralitas dan berteman dengan siapa saja baik amerika dan cina adalah kita mempunyai hubungan yang luas. Pertemanan ini tidak hanya sekedar berteman saja tapi harus mencapai hal yang strategis sehingga bisa saling menguntungkan satu sama lainnya. Apalagi kita mempunyai keunggulan geopolitik dan sumber daya alam dan manusia.

  67. halah…sapa takut bung…ama pla, jas merah bung..bagaimana..kerajaan majapahit memporak porandakan..armada kubilai khan….

 Leave a Reply