Jan 062016
 

Pakistan_Air_Force_Chengdu_JF-17_Gu

Pakistan menjual delapan jet tempur JF-17 Thunder untuk Sri Lanka di bawah perjanjian yang ditandatangani selama kunjungan Perdana Menteri Nawaz Sharif pada Selasa.

Pesawat tempur multi-roll ini, produksi bersama Pakistan dan China.

Pejabat Pertahanan Sri Lanka yang menyertai perdana menteri mengatakan bahwa kedua negara menandatangani delapan perjanjian yang berkaitan dengan pertahanan, keamanan, anti-terorisme, perdagangan dan ilmu pengetahuan dan teknologi dan Pakistan akan memberikan delapan jet tempur JF-17 jet ke Sri Lanka pada tahap pertama.

Perdana Menteri Nawaz Sharif dan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena hadir pada upacara penandatanganan perjanjian.

Nawaz mengatakan Pakistan siap meningkatkan hubungan maritim dengan Sri Lanka dan melihat ke depan untuk meningkatkan keterlibatan antara kedua negara dan Pakistan akan terus memberikan fasilitas pelatihan untuk angkatan bersenjata Sri Lanka.

Daily Times

  28 Responses to “Sri Lanka Beli 8 Jet Tempur JF 17 Thunder Pakistan”

  1. Pedromax

  2. Asekkk tuh senjata baru

  3. test JF sulfur

  4. Alhamdulillah …kalau Sudah ada yang beli ….biasanya yang lainnya akan menyusul …dan disertai penyempurnaan fitur dan kemampuan ….Pesawat ini kelihatannya potensinya Bagus … Biaya operasi nya kelihatannya tidak mahal …

  5. Bu Sri Lanka dan Pak Istan ada affair apa nihh berduaan aja

  6. disaat teknologi dan desain pesawat sudah ‘stealth’, baru pada jualan pesawat sekelas f-16, bahkan blm diuji perang…tapi sudah bagus karena sudah mampu buat, kita tunggu saja IFX

  7. Malon tak mampu beli sewapun takda uang.tunggu hibah shukoi35 indo aja lon tpi loe nunggu 100 tahun lgi ya

    • Hehe…dgn budget segitu aja malon ngibrit saat disamperin kopaska, apalagi kalo semua senjata indonesia di ekspose. Spore ga lg berani songong…ausit bungkam seribu basa.

      • Walah Malon Tong memang beraninya di Dukung anggota Nato … coba kalau berani jadi anggota Non Blok .. masalah GAM dan OPM itu kita masih pertimbangkan bahwa ACEH dan PAPUA itu adalah saudara kita .. kita gak perlu berperang melawan saudara sendiri .. kalau suatu negara gampang di adu domba maka kita akan jadi mudah di Jajah oleh asing

    • @wa betul..karena itulah Indonesia berusaha utk membuat sendiri alutsistanya..radar,drone,senapan serbu,panser anoa&badak,roket,kcr,boat patrol,pesawat n219,kasel chang bogo class,lpd makassar class dll..syukurlah buatan kami bisa laku dijual..spt ke philipina yg pesan 2lpd..sampai seragam militer standart nato pun kita bisa jual..artinya ada penambahan alutsista dan pemasukan wang buat negara kami diluar belanja militer yg cm US6.9 billion

    • @warga asean. Budget ketenteraan Indonesia 0.9% banding GDP setara USD 7.9 miliar. Budget ketentaraan malaysia 1.5 % dari GDP setara 4.6 miliar. Budget ketentaraan Singapura 2.5 % dari GDP setara USD 9.8 miliar. kajian budget ini berdasar Word bank. Idealnya Budget ketentaraan adalah 2.5 % banding GDP. Parlemen Indonesia telah usulkan budget ketentaraan Indonesia dari 0.9% menjadi 2.5% maka TNI akan memiliki budget USD 18 miliar terbesar se ASEAN. hal tersebut sangat memungkinkan karena pertumbuhan ekonomi semakin membaik dan diikuti budger meliter semakin membesar setiap tahunnya.

      • Wah ternyata ekonomi Indonesia terkuat di ASEAN ,Cuma 0,9 persen dari GDP angkanya sudah usd 7,9 miliyar .Coba misal sama dengan M’sia 1,5 persen dari PDB berapa angkanya …?

      • @Warga asean ,saya malah memandang positif Indonesia dengan hanya 0,9 %dari PDB untuk tentara TNI. Ini menunjukkan bahwa Indonesia bukan negara yang punya ambisi ofensif ,dimana TNI cuma di berikan porsi kecil budget . Maka selayaknya negara negara asean tidak menganggap Indonesia sebagai musuh malah sebaliknya adalah kawan .
        Sampai saat ini memang Indonesia tidak punya musuh potensial .

    • @warga asean. Anda jangan salah menapsirkan budget militer dengan jumlah penduduk dengan mengatakan tidak mencukupi. Memangnya budget militer itu untuk membeli beras dan dibagikan ke rakyat lucu sekali anda ini hahaha….ketentaraan indonesia baru guna budget 0.9 % banding GDP USD 7.8 miliar dan telah diusulkan oleh perlemen untuk dinaikkan menjadi 2.5 % maka nanti budget militer RI menjadi USD 18 miliar pertahun. menurut analisa Global fire power dengan budget 0.9 % Indonesia menempati ranking 12 militer dunia jika budget 2.5 % sudah dipenuhi maka Ranking militer RI bisa naik menjadi 7 besar dunia. Singapura saja budget militer 3.3 % hanya mampu menempati ranking 30 militer dunia. Jadi untuk menentukan kekuatan militer sebuah negara Budget Militer hanyalah salah satu barometer saja. Banyak soalan lain yang jadi penilayan jumlah penduduk misalnya justru ikut menentukan kekuatan militer sebuah negara.

    • @warga asean. Baik lah aku jawab soalan ini dengan soalan lain yang lebih luas agar kita tidak sempit pikiran dalam memandang soalan sebuah negara. Indonesia ini negara besar letak wilayah strategis untuk jalur perdagangan dunia. Dan kaya akan SDM dan SDA. Indonesia bukan tidak mampu untuk beli senjata yang serba modern mengingat GDP indonesia terbesar se ASEAN yang mana sumber Devisa ini dapat guna jaminan untuk beli senjata bila negara dalam keadaan berperang seperti tahun 60 an dimana RI dalam waktu singkat mendatangkan senjata Rusia karena akan merebut papau barat dari tangan Belanda. Nah…kembali ke soalan budget militer. Jika indonesia terlalu fokus untuk membangun militer tampa melihat sektor pembangunan manusia,ekonomi , infrastruktur dll. Maka dipastikan kemajuan Ekonomi tidak tercapai contoh korea utara. Indonesia negara yg unik berbeda dengan negara-negara kawasan. Tahun 2030 dimana RI akan mendapat bonus DEMOGRAFI dimana terjadi ledakan jumlah penduduk usia produktif yang mana Bonus demografi ini tidak dimiliki negara kawasan. Apa kaitan Bonus Demografi dengan budget militer? tentu ada karena dana cash dari APBN harus dibagi-bagi untuk seluruh kementerian. Diantaranya untuk infrastruktur,pendidikan dan perluasan industri. yang mana momen bonus demografi ini jika dimanfaatkan oleh pemerintah akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap kemajuan ekonomi Indonesia dimana posisi RI tahun 2040 akan menjadi kekuatan ke 4 ekonomi dunia dan tentu diikuti dengan kekuatan militer yang besar juga. Dimana diperkirakan ekonomi RI 3 kali lebih besar dari AUSTRALIA. kemajuan Ekonomi dan militer ini tampa bisa dikejar dan di imbangi oleh negar-negara kawasan. Untuk negara-negara kawasan tentunya akan bersama RI membangun kawasan ASEAN menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera.

      • Perlu diketahui semua jajahan inggris dicetak supaya bisa maju ekonominya shg hasil ahirnya bisa setor upeti ke mamah elly dgn lancar. Beda dgn jajahan belanda, di kuras sda dan kami mulai dari nol untuk bangkit membangun.

      • @warga asean..layaknya tamu,anda sopan kami segan..anda pecicilan ya tak lempar pisang.

      • @Warga asean ,koreksi bukan 16 besar tapi Indonesia sudah 10 besar kekuatan ekonomi dunia. Data anda sudah out of date . Jangan bandingkan dengan MEXICO yang dekat dengan USA . Mereka dapat pengaruh dari usa yang karena daya belinya kuat maka mexico ikut menikmati pasar usa. Sementara INDONESIA punya jiran daya belinya kecil ,lemah macam Malaysia,singapure.Coba andai USA jiran Indonesia pasti akan cepat maju ,karena bisa ikut menikmati pasar usa.
        Maka dari itu seharusnya Malaysia tidak iri dan dengki dengan Indonesia ,jika indonesia maju dan daya belinya kuat, Malaysia akan ikut menikmatinya ,karena pasar Indonesia besar .Saran saya ubah attitude rakyat Malaysia agar lebih bisa di terima rakyat Indonesia.

  8. Knapa gak beli tejas dari tetangganya aja. Beli ke pakistan brarti ntar kirim peswatnya lewat india dulu!! atau muter??

  9. beli beli beli……..
    bkin sndri itu lbih baik meskipun join

  10. Tak payah pesawat ..bambu runcing siap tempur..

  11. oh yg beli ibu sri toh kirain malon.

 Leave a Reply