Jul 232017
 

Su-27 (photo : Russianplanes.Net)

Su-27 memang dirancang sebagai pesawat tempur air superiority murni. Terlihat dari foto, Su-27 menenteng empat rudal R-73, dua R-27 dan dua R-77-1 yang semuanya merupakan rudal udara ke udara.

Empat rudal R-73 Archer, siapa tidak kenal rudal udara ke udara jarak pendek buatan Rusia. Rudal yang lebih battle proven daripada rudal jarak medium seperti R-27 dan R-77. Bisa dikatakan tidak ada pesawat yang selamat saat sudah dikunci dan dikejar rudal R-73.

Sedangkan rudal udara ke udara jarak medium R-27 Alamo sudah lama menjadi andalan Rusia dan negara-negara pengguna pesawat tempur buatan Rusia. Hanya sayang, rudal ini belum pernah tercatat menghancurkan pesawat tempur musuh. Satu hit pernah diklaim merusak satu pesawat AS saat perang AS-Irak, meski akhirnya dibantah oleh pihak AS.

Yang unik adalah rudal R-77 yang masih di cat merah, kemungkinan ini adalah rudal R-77-1 yang masih dalam tahap uji coba. Rudal R-77-1 dirancang Rusia untuk bisa mengalahkan dominasi rudal medium AIM-120 AMRAAM buatan AS.

Namun bukannya tanpa kendala, rudal udara ke udara jarak medium R-77 seri awal pernah secara tragis merontokkan pesawat sipil saat dilakukan uji tembak. Rudal yang diarahkan ke helikopter drone Mi-6 malah menyasar ke pesawat sipil AN 26 dan menyebabkan tewasnya 26 orang penumpangnya.

Bagikan:

  19 Responses to “Su-27 Jagonya Air Superiority”

  1.  

    Ngeriii bingiit

  2.  

    Tembak dan lupaka

  3.  

    SU-27 Indonesia si pematuk gaya kobra..
    Dijamin membuat pilot jet tempur musuh kaget dan ngeri lihat manuver kobra nya..

  4.  

    su-27 vs f/a-18 superhornet,, siapa jagoannya..
    silahkan di kaji para dukun bomoh..

  5.  

    Borong R73 + ToT

  6.  

    Kita punya ga rudal kya gtu

  7.  

    Su 27 sm hornet sudah teruji dimedan perang sebenar…
    Tau kalau berhadapan langsung dogfhit..
    Hanya skil pilot dan dewa keberuntungan yg akan keluar sebagai pemenang

  8.  

    Beli pak Jokowi, untuk mendukung program Kelautan Anda

  9.  

    jualan kecap ,, tahun 2010 kena jummer sukhoi kita ,,kelabakan arhanud ..senjata russia masih sebatas tulisan kertas ,,sertifikat killer tetep AIM AMERIKA DAN ISRAEL,,, emang kalau punya 30 sukhoi di katakan jagonya air superiority????? kemenagan udara air superiority banyak pendukung… jumlah pesawat 200 unit,, radar aesa.. yg kebal jumming, 1500 rudal aktip.. 4 AWACS & C.. 4 satelit militer , 50 radar ground kontrol,, punya SAM battery 50 unit ,, 500 rudal pencegat dan penyerang ….ini baru di katakan pemenang air superiority

  10.  

    Lebih cocoknya air show superiority…mas…, casing,performance,tampang n data diatas kertas bikin kagum.. Tp ratio kill???., kayak phablet gede, aplikasi byk tp procesor jadul(lha radar, sensor, sistem awarness ndak jelas,paling IR tracker). Mending gripen..

  11.  

    Gara2 Su27 dan Su30 punya Indonesia… ausie mengrounded f18 nya karena kalah dalam semua lini dengan Sukhoi Flanker.

 Leave a Reply