Su-27 Rusia Hadang Pesawat Patroli Jerman dan AS di Laut Baltik

Jakartagreater.com  –  Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan jet tempur Rusia telah mencegat 2 pembom strategis Angkatan Udara AS di atas Laut Bering, dirilis Sputniknews.com pada Senin 26-10-2020.

Pada hari Senin 26-10-2020, salah satu Su-27-Rusia mencegat sebuah pesawat patroli Jerman dan pesawat mata-mata AS di atas Laut Baltik.

Sebelumnya pada hari itu, Pasukan Pertahanan Estonia menyatakan jet Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Jerman akan terbang minggu ini di atas Estonia.

“Operasi penerbangan di wilayah udara Estonia berlangsung dari Senin hingga Jumat (dalam kegelapan) hingga pukul 21:00 (19:00 GMT),” kata kantor pers pasukan pertahanan dalam sebuah pernyataan. Penerbangan dilakukan atas dasar perjanjian antara negara-negara NATO di wilayah yang ditentukan secara khusus.

Negara-negara Baltik tidak memiliki pesawat yang cocok untuk patroli udara, oleh karena itu, sejak bergabungnya negara-negara itu pada tahun 2004 ke NATO, pesawat dari negara-negara Aliansi telah melakukan rotasi perlindungan wilayah udara di pangkalan udara Amari. Pada KTT NATO 2012 di Chicago, misi tersebut diperpanjang tanpa batas.

Pesawat NATO telah meningkatkan aktivitas pengintaian di dekat perbatasan Rusia selama sebulan terakhir. Moskow telah memperingatkan bahwa penerbangan reguler oleh pesawat AS dan NATO di dekat perbatasan Rusia dapat menimbulkan risiko eskalasi yang tidak disengaja.

Tinggalkan komentar