Agu 142019
 

File:Russian SU-27 Flanker, from Wikimedia Commons, the free media repository.

Kaliningrad – Jakartagreater.com,  Militer Rusia melaporkan pada hari Selasa 13-8-2019, bahwa sebuah Jet tempur NATO menyelinap mendekati pesawat yang membawa Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu di atas perairan internasional di Laut Baltik, ketika ia dan staf pertahanan lainnya menuju Moskow dari wilayah Kaliningrad Rusia.

Pesawat Shoigu sedang dalam perjalanan dari Kaliningrad ke Moskow dengan pengawalan dua Sukhoi-27 dari Armada Baltik. Tiba-tiba F/A-18 NATO mencoba mendekatinya di perairan internasional Laut Baltik tetapi Jet tempur Rusia memaksa Jet itu pergi, dirilis TASS, 13-08-2019.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menerbitkan rekaman dramatis yang menunjukkan salah satu dari 2 pesawat Su-27 yang mengawal sebuah pesawat yang membawa Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengejar sebuah F/A-18 dengan lambang Angkatan Udara Spanyol setelah mendekati apa yang tampaknya hanya beberapa ratus meter dari jet penumpang, dirilis Sputniknews.com.

Insiden itu, yang terjadi Selasa 13-8-2019, melihat Su-27 ke arah F-18 yang mengganggu, mendorong Jet NATO untuk terbang menjauh dari Jet Rusia sebelum naik-turun dari Su-27 dan pesawat.

Shoigu berkunjung ke Kaliningrad untuk mengamati bagian dari pertandingan militer Seaborne Assault, bagian dari kompetisi Army Games-2019. Menteri pertahanan tidak asing dengan pesawat NATO yang mendekati pesawatnya di Laut Baltik, dengan insiden serupa terjadi pada 2017.

Penjelasan NATO

Jet tempur NATO mendekati pesawat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu di atas Laut Baltik pada hari Selasa, untuk mengidentifikasi pesawat, ujar seorang pejabat NATO mengatakan kepada TASS.

“Sebuah pesawat Rusia, dikawal oleh setidaknya satu Jet tempur Rusia, terjejak terbang di atas Laut Baltik,” kata pejabat itu. “Jet dari misi Baltic Air Policing NATO berebut untuk mengidentifikasi pesawat yang terbang dekat dengan wilayah udara Sekutu. Setelah identifikasi pesawat terjadi, jet NATO kembali ke pangkalan,” kata pejabat NATO itu.

“NATO tidak memiliki informasi mengenai siapa yang berada di dalamnya,” tambahnya.

  26 Responses to “Su-27 Rusia Kejar Jet F/A-18 Spanyol”

  1.  

    Nah ini namanya mencegat dan mengejar bukan cuma mengawasi

  2.  

    F/A 18 Hornet mau bunuh diri rupanha sang pilot…..xicixicixi

    Berani dekat2 begitu disamperin, spt biasa ngacir terbirit birit ketakutan……..xicixicixi

  3.  

    bakalan rame nih wkwkwk

  4.  

    SI PILOT KAMPFRET ESPAIN TERKHENCING – KHENCING DI CELANE…………. Xxiiicii
    SU. TAk de LaWANG jO……….

  5.  

    seperti biasa…ngaciirrrr….
    salut untuk pilot rusia…ini beberapa kali su-27 Rusia mengusir pesawat NATO, kemarin F-16 jg dibuat terbirit-birit…berkelaslah

  6.  

    Si hornet return to base…kalah nyali

  7.  

    Wuih….sangar amir ya padahal baru Su-27 tu kalau Su-35 ndak perlu diusir tuh Hornet sudah tahu diri ….

  8.  

    Hhhhhhhhhhhhh, propaganda Rusia

  9.  

    Wah pilot nato ni iq jongkok sampe gak tau yang di dalam pesawat siapa,ya jelas di dalamnya juga sama2 pilot ,keburu kabur aja kayak liat setan

  10.  

    kayaknya sih propaganda. Krn start dan cut video nya sangat di susun seperti mengejar. Padahal gak jelas awal video, kok tiba2 ada F-18 yag jelas sadar ada Su-22, berarti si F-18 memang berniat dekat utk identifikasi. Kemudian ending gak jelas, F-18 ke atas, malah su-22 belok teruuuss gak jelas kejar kemana. Ini propaganda Rusia seakan-akan mereka lebih agresiv.

    •  

      Kenapa tidak diteruskan Videonya??? karena sudah tidak menarik… dan jelas posisi F-18 sudah jauh dari posisi semula…
      Mau identifikasi ya tidak harus selalu mendekat… bisa kok dengan cara dari jarak yang cukup dan melakukan komunikasi… kalau sampai di usir seperti itu sama saja dengan melakukan provokasi…
      Toh cara mengusir seperti itu bukan yang pertama kali, dan ada videonya juga…
      Pernah juga dengan pamer senjata… banyak cara, tetapi memang akir2 ini yang dilakukan seperti di video itu…

      kalau menurut saya sih KERENNNNN

  11.  

    F18 ini keunggulannya apa ya? Apa cuma umurnya saja yang panjang?