May 132017
 

Sebuah pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat. (©Reuters/Darrin Zammit Lupi)


Kementerian Pertahanan Rusia, pada Jumat, mengungkapkan bahwa satu jet tempur negaranya mencegat pesawat pengintai Amerika Serikat di atas perairan netral di Laut Hitam.

“Setelah mendekati sebuah pesawat dengan jarak yang aman, pilot Rusia tersebut secara visual mengidentifikasi benda terbang tersebut sebagai pesawat pengintai P-8A Poseidon Amerika Serikat,” kata militer Rusia tersebut.

Pilot Rusia “menyambut” pilot Amerika Serikat dengan manuver khusus, setelah pesawat Amerika itu mengubah jalurnya dari perbatasan Rusia.

Insiden tersebut terjadi pada 9 Mei sekitar pukul 09:00 GMT, ketika radar Rusia mendeteksi target udara di atas perairan netral Laut Hitam yang mendekati perbatasan Rusia.

Sebuah jet tempur Su-30 dikirim untuk mencegatnya, kata kementerian pertahanan, menambahkan bahwa jet tersebut dengan selamat kembali ke pangkalan setelahnya.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak klaim bahwa intersepsi tersebut dapat dianggap sebagai “risiko yang tidak dapat dibenarkan.”

Sebelumnya, NBC melaporkan bahwa sebuah jet Su-27 Rusia mendekati sebuah pesawat Amerika Serikat di atas perairan Laut Hitam yang netral, sedekat tujuh meter.

Saluran tersebut mengutip juru bicara Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat Eropa, Kapten Pamela Kunze, yang mengatakan bahwa pesawat tersebut sedang dalam operasi rutin di wilayah udara internasional. Dia juga menyatakan bahwa pesawat dan kapal Angkatan Laut Amerika Serikat sering berinteraksi dengan kapal dan pesawat Rusia di dalam dan di perairan internasional, dan bahwa “kebanyakan interaksi aman dan profesional,” menurut NBC.

Sumber: RT

  17 Responses to “Su-30 Rusia Cegat P-8A Poseidon Amerika Serikat di Laut Hitam”

  1. kaping siji…

  2. Selamat pagi

  3. Saling colek ngetes radar dan jamer x, saling benci tapi rindu x. Rindu ingin saling menghancurkan maksudnya!he3

  4. Lusia stlong

  5. Tambah kagum dengan USA ni…jarak jangkau pesawar2 canggihya jauh amat yak, ampe deket banget dengan perbatasannye negeri kuminis bobrok Rusie…Sebenernye sih radar rongsokan kuminis kagak mampu nangkep visualnya Poseidon, tp dibantu oleh USA spy bise keliatan, soalnya USA cuma patroli bukan mao agresi…Emang da ah USA gitu loh…

  6. joossss

  7. Kemaren bomber Russia yg dicegat, sekarang gantian……. kayak lagi pada main2….

  8. Sdh biasa… jd g kaget…

  9. ciye lagi pdkt nih poseidon ama sukhoi…..

  10. kaget bro, soalnya sukhoinya dateng dengan tiba2 sambil teriak ciluk baaaaaaa…….
    spontan poseidon kaget dan latah….mamamia……hihihi

  11. Cocok nih buat gantiin camar emas tni au yg udah tua, beli 3 aja gausah banyak2

 Leave a Reply