Sep 182018
 

Jet tempur multiperan Su-30MK2 Vietnam © Hoangprs5 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Menurut laporan yang telah dirilis oleh Lembaga Penelitian Perdamaian Internasional Swedia (SIPRI), mereka hanya mencatatkan adanya pesanan Vietnam untuk rudal udara-ke-udara jarak pendek berpemandu infra-merah R-73 untuk mempersenjatai jet tempur Su-27 dan Su-30MK2 yang telah dibeli dari Rusia, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Namun, fakta berdasarkan gambar-gambar telah muncul di media menunjukkan bahwa Flanker Vietnam selama menjalankan misi pertahanan udara, selain dilengkapi rudal R-73 juga tersemat rudal udara-ke-udara jarak menengah berpemandu radar R-27ER yang tergantung dibawah sayap.

Dibandingkan dengan rudal R-73, R-27ER memiliki jangkauan hingga 130 km, kecepatan 4 Mach, sementara jangkauan R-73 hanya 30 km dan kecepatan 2,5 Mach, namun kelemahan R-27 adalah kemampuan manuvernya yang rendah, dengan beban maksimal 8 G.

Jet tempur multiperan Su-30MK2 Vietnam dengan rudal R-73 dan R-27ER © Bao Dat Viet

Selain kedua jenis rudal udara-ke-udara tersebut, ada laporan bahwa Vietnam sebagai salah satu pemilik rudal tercanggih Rusia, R-77 yang dikenal sebagai RVV-AE.

Rudal R-27 dan R-77, sama-sama memiliki jangkauan antara 90 – 175 km di R-77M1, kecepatan maksimum 4 Mach, tetapi probe R-77 jauh lebih sensitif daripada R-27. Kelebihan R-77 adalah pada kemampuan manuver, yakni hingga 150 derajat per detik (maksimum).

Rudal udara-ke-udara jarak menengah, R-77 (RVV-AE) buatan Rusia (kanan) © Allocer via Wikimedia Commons

Baru-baru ini, Televisi Pertahanan Nasional Vietnam (QPVN) melaporkan bahwa sesi pelatihan tentang pemindahan status pemadam anti kebakaran pesawat yang ada di Resimen 935, tampak rudal R-77 terpasang di jet tempur Su-30MK2.

Jet tempur multiperan Su-30MK2 Vietnam dengan rudal R-77 © Bao Dat Viet

Gambar di atas menegaskan kembali bahwa informasi Su-30MK2 dari Angkatan Udara Vietnam dilengkapi dengan senjata udara-ke-udara terkemuka di dunia, menciptakan keunggulan yang signifikan ketika diimplementasikan dengan misi anti-pesawat.

Tidak jelas apakah versi R-77 yang dimiliki Vietnam adalah versi dasar atau varian dari R-77M1, meski demikian, hal tersebut masih merupakan kabar baik bagi para pecinta militer disana yang mengetahui bahwa Su-30MK2 dan Su-27 telah mencapai level optimal.

Tiga rudal udara-ke-udara, termasuk R-27, R-73 dan R-77, memungkinkan pilot Angkatan Udara Vietnam untuk memilih senjata yang tepat saat terlibat dalam pertempuran dengan sasaran yang berbeda. Dengan cara yang lebih fleksibel untuk mengeliminasi target serta menghemat rudal di tingkat yang optimal.

  2 Responses to “Su-30MK2 Vietnam Tampak Dilengkapi Rudal R-77”

  1.  

    busyet vietnam, mantap dah…

  2.  

    beda nm nya dg punya nya blok sebelah , AMRAM ,sidewinder , exocet , dll ..klo Rusia R 22 , R 77 ..R..

 Leave a Reply