JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 302018
 

Jet tempur multiperan Su-30MKI Flanker-H Angkatan Udara India. © g4sp via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Malaysia dan India berusaha meningkatkan kerjasama pertahanan dan juga memerangi terorisme, seperti dilansir dari laman Malaysian Insight.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang mengadakan pertemuan bilateral dengan mitranya dari India, Narendra Modi, mengatakan bahwa kedua negara telah sepakat untuk mengadakan latihan udara gabungan, khususnya pada penempatan jet tempur Sukhoi Su-30MKI.

India akan mengirim pesawat terbang ke Australia tahun ini untuk Latihan Pitch Black. Latihan udara gabungan India dan Malaysia diperkirakan akan terjadi sebelum ataupun sesudah Pitch Black dilaksanakan.

Perdana Menteri India, Narendra Modi menyarankan bahwa dalam perjalanan kembali atau ke Australia untuk melaksanakan latihan udara, pesawat tempur Angkatan Udara India bisa berhenti di Malaysia untuk hal yang sama.

“Saya setuju bahwa latihan udara gabungan diadakan, karena mereka [India] punya pengalaman dalam penyebaran taktis jet tempur Sukhoi, kami juga melihat bagaimana mereka dapat membantu dalam pemeliharaan dan servis pesawat tempur [Malaysia]”, kata Najib kepada wartawan.

Najib berada di ibukota India untuk menghadiri Asean-India Commemorative Summit yang bertepatan dengan ulang tahun India yang ke-69.

Mengomentari perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), Najib mengatakan bahwa Malaysia berharap melihat beberapa pergerakan positif dalam hal perjanjian perdagangan bebas dan arahan baru menuju kesimpulan akhir pada akhir tahun ini.

Ketika ditanya tentang ucapan Presiden AS Donald Trump yang mempertimbangkan kembali Perjanjian Trans-Pacific Partnership (TPP), Najib menyindir, “Mari kita lihat apa yang ada dalam pikiran Amerika”.

TPP mengalami kemunduran setelah AS mundur tahun lalu, namun 11 negara anggota lainnya terus maju dengan perundingan tanpa keikutsertaan AS.

Berbagi

  100 Responses to “Su-30MKI Angkatan Udara India Akan ke Malaysia”

  1.  

    yang penting dijaga masing masing tuu barang….jangan sampe ilang engak ketauan…kan repot ….xixixizzzZ….!!!

    •  

      Ilang mesinnya MKI ya… Emang rawan kalo dibawa ke Jiran, bisa2 ntar diklaim tuh mesin.

    •  

      Aming lee sudah menuduh malay maling

      Hahhaahaaaa

    •  

      Sukhoi Su-30MKI diatas su-27,30 dan dibawah Su-35 jadi klo indonesia beli Su-35 katakan lah negara asean yang pertama dan disegani.

      meskipun singapura mendatangkan F35 tapi Su-35 dirancang untuk 15,16 dan mampu head to head F35

      •  

        @jet tempur…sebuah tingkatan tehnologi dalam alutsista{senjata}sulit di bandingkan hanya satu sisi saja…harus keseluruhan baru bisa mencapai air superioriti{domonasi udara} jadi kita lihat lagi kelengkapan tehnologi dan pendukungnya…bisa jadi pesawat unggul tapi tidak dilengkapi senjata yang ungul juga atau pilot tidak handal maka kemungkinan kalah lebih besar…begitu kuga kebalikanya…atau bisa jadi sistem pendukung seperti Airborne Early Warning and control system(AEW) maka akan lebih bisa menjamin kemungkinan menang….tapi perang bukan hitung hitungan{matematis} bisa jadi yang diangap ungul bisa saja kalah…!!!

        •  

          @aming lee, benar kata anda.. “tingkat teknologi alutsista sulit dibandingkan dengan hanya satu sisi saja” tapi dalam segi matematis peluang menang akan lebih terbuka.

          •  

            tapi sayangnya perang tidak masuk pelajaran matematika…xixixizzzZ…!uu

          •  

            Benar sekali… Vietnam itu secara matematika kalah jago sama USA… tapi mereka menang…
            Jerman… Berapa sih luasan negara ini jika dibandingkan dengan luas area yang bisa dikuasai, berperang di dua sisi berbeda…
            Mongolia, suku no maden yang bersatu, bahkan tidak memiliki kerajaan yang cukup megah dan hebat…
            Bahkan Tomahawk 59 ditembakan tidak cukup mampu menghancurkan sebuah bandara dan melumpuhkanya…

          •  

            wuuiih pengamat perang juga nii bung yuli..bukan hanya sekedar tau sista saja…!!!
            yaa itulah perang hanya bisa dilihat dari masa depan…
            siapa pemenang siapa pecundang…!!!

        •  

          Hiya bang…sampe-sampe bung yuli gak pernah pulang kerumah, gara-gara saban hari kerjanya ngamatin perang mulu.

          Kadang-kadang ke afganistan, besoknya ke suriah…tapi kalo lg cekak ongkosnya malah “perang” sendiri sama bini

        •  

          @aming lee.. emang perang tidak masuk dipelajaran matematika tapi ilmu matematika dalam strategi perang itu digunakan .. hehehehe

    •  

      Ternyata ada orang yang sok Sokan tau sejarah khususnya sejarah militer tapi apa yg disampaikan adalah analisis yg keliru.
      1.) USA tak pernah kalah dalam perang Vietnam. Apa yg dilakukan oleh mereka dg menarik pasukan dari Saigon karena Pemerintah Vietnam Selatan korup dan tak bisa diandalkan. Disisi lain, Vietnam Utara yg komunis mengirim relawan mereka lewat Vietcong untuk menyusup dan membuat kantong2 pertahanan seperti yg dilakukan oleh TNI dalam perang kemerdekaan dulu. Bedanya dg TNI, Vietcong dibuat seperti perlawanan rakyat sehingga sulit bagi USA, Vietnam Selatan dan sekutunya melawan tentara yg menyamar menjadi rakyat. Disisi lain publik USA, Senat dan Congress sudah jenuh uang pajak mereka digunakan pada perang yg ambigu (karena melawan rakyat-Vietcong dan bukan melawan langsung tentara Vietnam Utara).

      Bila kondisinya adalah tentara Vietnam Utara yg maju di garis depan maka USA akan punya alasan yg jelas untuk membebaskan Vietnam Selatan sekaligus menghancurkan Vietnam Utara dari awal seperti saat Perang Korea.

      USA punya kans bila saat pertempuran kedua, tentara Vietnam Utara yg maju karena Vietnam beda dg Korea Utara. Korut pasti akan didukung oleh China karena selain kesamaan ideologi juga pengalaman sejarah ratusan tahun China dan Korea telah bersahabat lama. Sedangkan Vietnam selalu punya masalah dg China selama ribuan tahun bahkan hingga kini saat masalah LCS pecah. Jika USA menyerbu dg kekuatan penuh maka tanpa bantuan tentara China, Vietnam Utara jelas akan hancur. Orang Korea tidak kalah uletnya dg Orang Vietnam. Bahkan bisa jadi lebih mengerikan. Bantuan langsung Uni Soviet juga akan tersendat karena mereka harus melewati China sedangkan China-Uni Soviet sedang tegang karena masalah pertempuran perbatasan diutara.

      Tapi jika dipikir lebih mendalam, Saat Vietnam Utara menguasai seluruh wilayah Vietnam itu juga menjadi berkah untuk USA dikemudian hari, yaitu saat Vietnam diperlukan untuk menghadapi hegemoni China di LCS. Yah walaupun nyali, kekuatan ekonomi, politik dan militer Vietnam tidak bisa dibandingkan dg Indonesia untuk meredam China.

      2.) Mongol tetap lah sebuah kekaisaran yg besar saat masa jayanya. Bahkan mereka bisa bertahan selama 100 tahun. Jikalau mereka pecah menjadi 4 kerajaan, itu masih lebih besar wilayahnya dari China sekalipun dan bertahan untuk 200-300 tahun kedepan. Hanya Inggris dan Jepang, kerajaan dg usia terlama di dunia. Walopun luas wilayah mereka sekarang tidaklah besar tapi kekuatan ekonomi, politik dan militer mereka adalah 10 besar dunia.

      •  

        Tomahawk yg dipakai untuk menyerang pangkalan Suriah tujuannya untuk melumpuhkan hanggar pesawat Suriah, depo pengisian BBM dsb. Bukan untuk menghancurkan secara menyeluruh.

      •  

        Ane masih penasaran, apa Su-35 berani nyerang pemberontak Kurdi dan FSA di Suriah ??? Ane pikir gak akan berani karena bisa jadi bukan Su-24 lagi yg bakal ditembak jatuh tapi juga Su-35 dari tempat yg tak bisa dideteksi. Hhhhhhhhhh

        •  

          xixixizz..Z…jadi panjang kayaknya nii bahasan…pakar….selain bung yuli..kalo dak paham teori perang dilarang replay..wabil khusus huha…!!!!

        •  

          Pertanyaannya jika, sudahtercalaikah tujuan AS salam perang di vietnam jika tercapai berarti AS yg menang jika tidak beearti AS yg kalah!

          •  

            xixixizzzZ…mundur teratur…!!!
            mungkin menang dalam film rambo series kali yaa…!!!

          •  

            Tujuan USA adalah membendung laju komunis di Asia tenggara yg di mulai di Vietnam. USA takut dg efek domino komunis di Asia tenggara. Apakah tujuan USA tercapai ?? Ya, USA mundur di Vietnam tapi Komunis tidak menyebar ke seluruh Asia tenggara.

          •  

            xixixi….zzZ…apa lagi yang dibendung kan sudah terbentuk seato…itu yang ngebendung…kalo invasi ngebendung apa…?!?!?…invasi dilakukan sebagai bentuk pembersihan…dan itu kegagalan usa…karna komunis masih ada diasean…!!!
            makanya banyak yang mengatakan kecerdasan strategi usa dalam melakukan pembersihan komunis diindonesia…tanpa banyak perlu biayaya dan tak memakan korban serdadu sekutu…tapi sebaliknya kebodohan dan kegagalan usa dilakukan divietnam…maka ada keberhasilan besar usa di asia tengara dan ada kegagalan besar pula disini{asia tengara}…!!!

  2.  

    Su-30 MKI Indian Air Force

    https://www.youtube.com/watch?v=wwCAMsHEBo0

  3.  

    Ngapain ya? mungkin mau adu skill dgn pilot SU30 malon…xixi

  4.  

    Habis mau singgah di RI habitat Sukhoi masih sedikit sambil nunggu SU-35 baru Indihe mau uji tanding dgn pilot2 TNI AU.he3

  5.  

    india g kuatir apa.latihan bareng si jaguh..

  6.  

    Film Bokep di Indonesia
    Indonesia Peringkat ke-3 dalam
    pencarian film porno tema “Ayah”
    Iklan
    Tirto.id
    ini kamu yang pasang iklan yaa haa…?!?!?!
    xixixizzZ…

  7.  

    Indihe mesti hati2 bila letak Su-30nya di sana,kl tak engine bisa hilang kena songlap

  8.  

    India mau belajar ngebom pokok pisang, ke malon yaa, …….. ???

  9.  

    sebuah tingkatan tehnologi dalam alutsista{senjata}sulit di bandingkan hanya satu sisi saja…harus keseluruhan baru bisa mencapai air superioriti{domonasi udara} jadi kita lihat lagi kelengkapan tehnologi dan pendukungnya…bisa jadi pesawat unggul tapi tidak dilengkapi senjata yang ungul juga atau pilot tidak handal maka kemungkinan kalah lebih besar…begitu kuga kebalikanya…atau bisa jadi sistem pendukung seperti Airborne Early Warning and control system(AEW) maka akan lebih bisa menjamin kemungkinan menang….tapi perang bukan hitung hitungan{matematis} bisa jadi yang diangap ungul bisa saja kalah…!!!

    •  

      Contohnya??? Coba kasih contoh perang modern dimana salah satu blok yg kalah unggul bisa memenangkan perang lawan blok yg lebih unggul. Sejak perang dg model skirmis mulai ditinggalkan, hanya Perang Vietnam-USA dan Perang Afghanistan-Uni Soviet yg biasanya jadi acuan. Tapi itu bukan murni perang, kenapa?? Karena tujuannya.

      1.) Tujuan USA terlibat dalam perang Vietnam adalah untuk membendung dan melawan Komunis di Asia Tenggara saat konteks Perang Dingin. Saya yakin, selain karena Pemerintah Vietnam Selatan yg korup dan tak bisa diandalkan, tak ada resource yg bagus di Vietnam, keletihan rakyat USA setelah PD 2 dan Perang Korea, USA juga sudah memenangkan sebuah “Perang” besar di Asia tenggara. Apakah itu??
      Ya, Indonesia berganti kepemimpinan dan sekaligus Komunis aka PKI tersingkir dari Indonesia. Bila Indonesia jatuh ke tangan Komunis itu akan 10x lebih berbahaya daripada Vietnam jatuh ketangan Komunis. Ya, Anda semua tau potensi dari militer, pasar ekonomi, hingga SDA yg dimiliki Indonesia.

      2.) Perang Afghanistan-Uni Soviet. Uni Soviet meninggalkan Afghanistan tahun 1989, dg segala keunggulan yg dimiliki, mereka ternyata meninggalkan Afghanistan. Apakah Medan perang Afghanistan terlalu sulit untuk Ini Soviet?? Apakah karena tekanan internasional?? Bukan semuanya. Uni Soviet mundur justru karena kemerosotan Komunis sendiri didunia. Baik karena Jatuhnya tembok Berlin dan bersatunya Jerman dibawah pengaruh Barat khususnya USA, terjadinya revolusi di Polandia, Rumania dan Cekoslovakia hingga kemerosotan ekonomi pada Uni Soviet sendiri karena terlalu membebankan ekonomi mereka pada militer dan alutsista selama perang dingin. Akibatnya walopun Gorbachev melakukan reformasi: Glasnost dan Perestroika, kenyataan tersebut tak bisa menolong Ini Soviet untuk membiayai perang mereka di Afghanistan. Maka mereka pun akhirnya mundur dari petualangan militer di Asia Selatan.

      Jadi, kalo ada yg bilang bahwa ” hitungan matematis belum tentu bisa memenangkan perang, blok yg unggul belum tentu menang melawan blok yg lemah”, kalo ada yg bilang begitu maka dia harus melihat sejarah perang modern bisa dari Perang Krimea atau bisa diawali dari Perang Dunia Pertama hingga Perang Teluk Kedua. Salah satu kunci memenangkan perang adalah tujuan, selain Logistik, ketrampilan/keahlian, strategi dan tentu saja keunggulan yg dimiliki. Jika ada yg bilang keunggulan belum tentu menang, maka lihatlah betapa semua negara khususnya negara maju dalam bidang militer selalu berusaha untuk lebih unggul dari yg lainnya.

      •  

        menurut kamu yang mana benar benar perang coba..??? irak,,afganistan,, lawan sekutu…??? itu bukan perang bos itu invasi…karna resolusi pbb mendukungnya,,jangan kata sekutu yang gempur tuu dua negara militan pun bisa mengulingkan pemerintahaan…semua di stop{blockade}pasokan senjata maupun suku cadangnya….lagian berapa negara yang ikut gempur tuu dua negara…!!!

        •  

          masalah perang vietnam…jelas amerika mengalami kerusakan parah tidak sesuai dengan apa yang mereka peritungkan….salah bila ada orang bicara amerika tidak serius atau total war…karna bahkan amerika mengunakan senjata yang dilarang untuk menghadapi vietnam utara…itu menjadi salah satu aib militer amerika …bisa dibilang kegagalan…karna komunis masih bercokol divietnam…!!!

          •  

            kalo uni sovyet afganistan ..no comment….xixixizzZ…

          •  

            Perang soviet mlwn oposisi afghanistan & sekutu sekutunya & dimenangkan soviet yg masih bisa mmpertahankan afghanistan, & kemudian akhirnya tidak lg bisa dipertahannkan soviyet, akibat ekonomi soviyet yg sudah turun, sebagian pemerintahan yg mmbelot ke oposisi, desakan oposisi yg seluruhnya sudah mendomisi, perang sesama mereka & sampai sekrg afghanistan blm dalam kondisi aman

            Hahhaahaaaa

          •  

            sekutu pinjam tangan afganistan dan sentimen islam…melawan uni soviet{komunis} hingga banyak negara muslim ikut terlibat walau secara diam diam…!!!!
            setelah uni soviet runtuh amerika memandang negara islam sebagai ancaman…hingga tercipta strategi pelemahan dan invasi…baik secara terang terangan maupun secara terselubung…!!!
            memang sulit membuktikan amerika bermain dalam krisis ekonomi maupun politik diberbagai negara muslim…tapi jelas maksud dan tujuanya…!!!

          •  

            Bukan amerika sj terlibat disitu, banyak yg terlibat diantaranya inggris & pd akhirnya inggris pun mundur, yg msh bertahan itu amerika walau lbh banyak tentaranya yg tinggal nama disitu

            Hahhaahaaaa

          •  

            engak haa ingris itu negara baik hati…bukti tuu malaon aja dikasih merdeka…!!!
            ???

          •  

            Afghanistan itu sampai sekarang blm seteril dr ancaman, mash beruntung jokowi berkunjung ke afghanistan diluar daerah rawan

            Hahhaahaaaa

          •  

            Begini yulli, 10 thn soviyet diafghanistan bukan gagal tapi berhasil mengontrol afghanistan walau tidak lama & sambil mengamankan oposisi & jebakan batman yg loe maksud? Itu dikarnakan oposisi & sekutu sekutannya tidak lg tau taktik apa yg hrs digunakan utk menghalau laju bantuan soviyet ke pemerintahan afghanistan, kemudian mrk gunakanlah warga civilnya utk menghalau laju bantuan soviyet, itu pun taktik mrk tidak brhasil, sehingga mrk mengadakan sidang pbb, utk menghentikan laju bantuan uni soviyet yg disetujui 189 negara, itupun tidak brhasil yg soviyet masih duduk di afghanistan, tapi ketika ekonomi soviyet mulai ambruk? Disitulah soviyet menghentikan bantuannya ke afghanistan, pd saat presiden baru soviyet terpilih

            Hahhaahaaaa

        •  

          menghadapi negara lemah dan gagal seperti irak dan afganistan…bahkan usa perlu mengerahkan sekutu…itu juga hampir membuat negara bangkrut…xixiXxizzZ…!!!
          tanpa malu mengusulkan biayaya invasi ditangung dua negara yang menjadi korban invasi…lucu…apa mereka pikir kedua negara harus gembira ria dengan invasi yang dilakukan usa dan sekutu…maka tak salah jika wartawan irak melemparkan sepatu kepada george bush junior…!!!

        •  

          Invasi, kampanye apapun namanya itu tetaplah perang. Afghanistan akan kelar perkara jika Taliban menyerahkan Osama bin Laden dan membantu menghentikan Al Qaeda. Kenyataannya Al-Qaeda dan Taliban tidak berjuang bersama karena beda ideologi. Harusnya dari awal sudah kelar.

          Irak dan Saddam Hussein harusnya dari awal membuktikan bahwa mereka tidak mendukung Al-Qaeda dg menggempur relawan Irak-Sunni yg bergabung di Al-Qaeda. Ketakutan barat adalah dg kemungkinan masih adanya WMD milik Irak, bisa saja WMD itu diserahkan kepada Al Qaeda dan digunakan untuk menyerang Barat, apalagi Saddam Hussein terlalu kontra dg Barat. Mereka tidak menggunakan perhitungan matematis sama sekali, dikira punya pejuang banyak, tentara banyak bisa menang perang. Kenyataannya mereka telah kalah. Apa beratnya menyerahkan Al Qaeda. Orang di Indonesia aja Al Qaeda ngebom Bali 2 kali dan Jakarta 3 kali, belum Bom Natal disejumlah tempat. Apa disini ada yg mendukung Al Qaeda juga???

          •  

            kamu bahas alasan invasi…bukan perangnya…???
            kalo perlawanan membela diri disebut perang…ibarat anda dikeroyok(dimasa)orang tanpa senjata tidak melawan yaa boyok melawan hancur…!!!
            mungkin itu maksud anda kali…?!?!?!

      •  

        Agato, elu emang benar, tapi kawan kita si aming ini juga ada benarnya

      •  

        Yah, apapun pendapat Temen2 Warjager semua, tetap perhitungan matematis itu dibutuhkan untuk menghadapi perang. Tak ada perang yg dimenangkan oleh pihak yg kalah unggul dan kalah statistik.

        •  

          perhitungan matematis itu dibutuhkan untuk menghadapi perang. Tak ada perang yg dimenangkan oleh pihak yg kalah unggul dan kalah statistik….

          yaa siapa juga yang tidak membutuhkan perhitungan…jangan kata perang wong hajatan saja kan dicari(hitung)hari baiknya….
          perhitungan tetap dibutuhkan tapi hasil sukar ditentukan…karna banyak faktor yang sukar diperhitungkan manusia….!!!!

        •  

          Nice. Balesan komentar Bung Aming luar biasa. Ane kutip kalimat terakhir dari komentar awal ente diatas. “…. Tapi perang bukan hitung hitungan {matematis} bisa jadi yang dianggap unggul bisa saja kalah…”(Aming, 2018).

          Nah loh, komentar kok bisa kontradiktif gitu.

          •  

            anda salah menterjemahkan maksud kalimat itu bung….
            hitungan dibuat untuk mencapai sebuah keberhasilan,,setidaknya mendekati…!!!
            tapi hasil dari sebuah perhitungan belum tentu seperti yang kita perkirakan{perhitungan}getu bung…!!!

          •  

            Pernyataan ente adalah Utopia. Coba sebutkan bukti konkret yg bisa membuktikan pendapat ente.

          •  

            xixixi,,zzZ…etopia kalo engak salah di afrika selatan bung…!!!
            laa situ masih belum jelas juga apa dengan…penjelasan yang sangat detail …?!?!?! ..masih perlu contoh…strategi dan hitung hitungan perang…contoh yang tepat…apa ada yang bisa menjamin keberhasilanya 100%….kalo teori yang kuat pasti menang dari yang lemah…itu ngak perlu dijabar bung…balita juga tau….lalu dimana hebatnya…maka ada strategi dan hitungan perang…!!!!

  10.  

    Ilustrasi SU30 MKI yg 2 biji…… itu sebenarnya memang menggambarkan kalau SU30 MKM Primates Fighter yg layak terbang memang tinggal 2 ekor, yg lain pada nongkrong di bengkel perawatan…….. rusak parah, spareparts euweuhan….. 😆

  11.  

    Sesama “GROWLERSKI” maen bareng…https://jakartagreater.com/su-30-mkm-malaysia-berjaya/

  12.  

    xixixizzzZ…makasih yaa bet udah dikoreksi …perhatian bener seh kamu pada komen daku..!!!

  13.  

    kalau yg jadi berangkat ke negeri budak british itu si Tejas, bisa jadi itu pesawat nyungsep ke laut

 Leave a Reply