Su-30MKI India Jatuh, Pilot “Eject” Selamat

Sukhoi SU-30MKI. (photo: Mike Freer – airliners.net via commons.wikipedia.org)

Sebuah jet tempur Su-30 MKI milik Angkatan Udara India (IAF) jatuh saat melakukan pelatihan rutin di negara bagian Assam, India timur laut pada Kamis malam.

Pesawat tempur jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari pangkalan udara Tezpur di Assam. Pilot dilaporkan berhasil eject keluar dengan selamat.

Meskipun penyebab pasti kecelakaan itu belum dapat dipastikan, seorang pejabat senior IAF mengatakan bahwa pilot telah melaporkan ada masalah dengan mesin beberapa menit sebelum kecelakaan.

“Pilot keluar dengan aman. Mereka telah melaporkan masalah mesin sesaat sebelum kecelakaan,” kata pejabat IAF seperti dikutip oleh HT.

IAF menyatakan akan segera melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan itu.

Kecelakaan Sukhoi terjadi beberapa bulan setelah kecelakaan tragis pada pesawat transport An-32 yang jatuh di Arunachal Pradesh pada bulan Juni. Dua puluh enam orang termasuk personil IAF tewas dalam kecelakaan ini.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Departemen Pertahanan, IAF telah kehilangan 11 pesawat tahun lalu termasuk 7 jet tempur dan 2 helikopter.

Sejak 2014, IAF telah kehilangan 26 jet tempur, 6 helikopter, 9 pesawat latih, dan 3 pesawat angkut. Secara keseluruhan 46 personel angkatan udara telah kehilangan nyawa dalam kecelakaan ini.

Defenseworld

Tinggalkan komentar