Agu 092019
 

Sukhoi SU-30MKI. (photo: Mike Freer – airliners.net via commons.wikipedia.org)

Sebuah jet tempur Su-30 MKI milik Angkatan Udara India (IAF) jatuh saat melakukan pelatihan rutin di negara bagian Assam, India timur laut pada Kamis malam.

Pesawat tempur jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari pangkalan udara Tezpur di Assam. Pilot dilaporkan berhasil eject keluar dengan selamat.

Meskipun penyebab pasti kecelakaan itu belum dapat dipastikan, seorang pejabat senior IAF mengatakan bahwa pilot telah melaporkan ada masalah dengan mesin beberapa menit sebelum kecelakaan.

“Pilot keluar dengan aman. Mereka telah melaporkan masalah mesin sesaat sebelum kecelakaan,” kata pejabat IAF seperti dikutip oleh HT.

IAF menyatakan akan segera melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan itu.

Kecelakaan Sukhoi terjadi beberapa bulan setelah kecelakaan tragis pada pesawat transport An-32 yang jatuh di Arunachal Pradesh pada bulan Juni. Dua puluh enam orang termasuk personil IAF tewas dalam kecelakaan ini.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Departemen Pertahanan, IAF telah kehilangan 11 pesawat tahun lalu termasuk 7 jet tempur dan 2 helikopter.

Sejak 2014, IAF telah kehilangan 26 jet tempur, 6 helikopter, 9 pesawat latih, dan 3 pesawat angkut. Secara keseluruhan 46 personel angkatan udara telah kehilangan nyawa dalam kecelakaan ini.

Defenseworld

 Posted by on Agustus 9, 2019

  14 Responses to “Su-30MKI India Jatuh, Pilot “Eject” Selamat”

  1.  

    Gak pake sujud dulu ya

  2.  

    Keistimewaan dari Su-30MKI ini adalah:
    – Pertama kali di dunia, produksi pesawat terbang yang memiliki mesin dengan thrust vector kontrol (AL 31FP, dikembangkan oleh RDC setelah bernama A.Lyulka), dan sistem remote control terpadu dalam satu kontrol loop. – Pertama kali dalam sejarah Biro Desain, pesawat yang dilengkapi dengan avionics skala besar yang terintegrasi dengan sistem luar negeri dan dalam negeri asalnya. Su-30MKI memiliki “internasional” avionics portofolio, karena tidak termasuk sistem dan 14 unit yang dibuat oleh perusahaan asing dari 6 negara di dunia.
    – Pertama kalinya di dunia, sebuah pesawat produksi memiliki radar dengan PAA ( “Bar” dikembangkan oleh Scientific Instrumentation Research Institute of Technology). Selain itu, pesawat memilki new ejection seat yang baru, K-36D-3.5, dan inovasi lainnya dari sistem domestik asal…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/sukhoi-su-30mki-flanker-h-angkatan.html

  3.  

    terklau banyak dimain-mainin jadi begitu ..patukan cobra lah ..ngerem diatas lah ..muser2 lah…belum jg dipake perang lawan musuh sdh pada nyungsep ..

  4.  

    Contoh pengelolaan yg tidak baik, menghamburkan uang buat beli senjata tapi rakyatnya menderita, sungguh ter la luuu

  5.  

    Kebanyakan di otak atik…

  6.  

    India nafsu kuat tenaga kurang. Belanja boleh lah borongan tp meintance nye kaya bengkel si lay pinggir jalan. Wkwkw

  7.  

    Su 30 mki adlah jet tempur sukhoi produksi india yg mendpt lisensi dr rusia dan tknologi su 30 mki tdk sepenuhnya murni berasal dr rusia tp campuran dr teknologi negara lain spt israel india dan perancis.