Su-30SM Belarusia Gunakan Pod Jammer Buatan BARP No.558

Jakartagreater.com – Salah satu perusahaan pertahanan paling terkenal di bekas Republik Soviet Belarus adalah Baranovichi Aircraft Repair Plant (BARP) No. 558. Fasilitas ini mengkhususkan diri pada upgrade dan peningkatan kemampuan pesawat tempur garis depan yang awalnya dikembangkan di bekas Uni Soviet, dan akan berekspansi ke pasar baru untuk produk peperangan elektronik (EW) sendiri, lansir AIN Online.

BARP (Chalet F95) memiliki spesialis pengalaman peningkatan pada tiga pesawat tempur garis depan seperti Mikoyan MiG-29 dan Sukhoi Su-27 dan Su-30, serta pesawat serang Su-25. Perusahaan telah mengembangkan beberapa paket modernisasi untuk pesawat ini, termasuk modul peperangan elektronik EW yang diproduksi oleh Belarus sendiri dengan teknologi yang sangat berbeda dari desain teknologi Rusia.

Selama periode Soviet, BARP No. 558 adalah bagian dari jaringan perbaikan dan perombakan pabrik yang dikelola bukan oleh Kementerian Soviet untuk Ministry for Aircraft Production (MAP) tetapi dimiliki oleh kementerian pertahanan Uni Soviet.

Setelah Uni Soviet bubar, fasilitas perbaikan seperti BARP akhirnya mengalami kesulitan, dilengkapi dengan peralatan dan staf bekas federasi Rusia, dan minimnya permintaan dari Belarusia sendiri, pabrikan dihadapkan pada dua pilihan – mencari pasar keluar negeri atau menutup pabriknya.

Perusahaan BARP awalnya mendukung penjualan surplus pesawat dari angkatan udara Belarus (VVS) ke negara pihak ketiga dan juga mengusulkan paket modernisasi untuk pesawat ini. Perusahaan menyediakan dukungan teknis untuk pesawat buatan Soviet lainnya yang dijual kepada pelanggan ekspor Rusia. Beberapa negara lainnya mencari layanan pemeliharaan dan modernisasi dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ditawarkan perusahaan Rusia, yang merupakan keunggulan kompetitif dari pabrikan BARP.

Perwakilan BARP menjelaskan kepada AIN, “Kami dapat melakukan layanan yang tidak dapat dilakukan perusahaan Rusia. Pabrik-pabrik di Rusia terampil dalam menciptakan sistem senjata baru, tetapi mereka memiliki sedikit pengalaman dalam merombak pesawat dan memasukkan komponen modern selama proses modernisasi kembali. Itu keahlian kami. ”

Saat ini, perusahaan memiliki beberapa aktifitas seperti, servis dan peningkatan pesawat Su-22, Su-25, Su-27, Su-30, MiG-29, dan helikopter Antonov An-2, Mil Mi-8, Mi-17, dan Mi-24 / Mi- 35. Perombakan pada varian-varian ini termasuk perbaikan infrastruktur elektronik dari airframe ini, remanufaktur mekanik, dan pemasangan display kokpit modern. Kontrak-kontrak ini dilaksanakan untuk Angkatan Udara Belarusia dan juga untuk klien ekspor.

Pabrikan juga melayani pengembangan dan pemasangan sistem electronic warfare (EW) yang diinstal pada beberapa pesawat tempur. “Pemasangan desain EW kami memungkinkan pesawat-pesawat ini dijamin memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi tetapi dengan harga yang sesuai dengan nilai uang,” jelas insinyur BARP yang bertanggung jawab atas pengembangan EW.

Produk utama pada perangkat ini adalah pod Satellit EW, dengan desain yang ringan, modular, dan solid-state. Presentasi video pod yang beroperasi melawan radar udara dan radar SAM menunjukkan kinerja yang sama atau lebih baik dari pod jamming desain Rusia yang lebih berat dan lebih mahal.

Aktifitas ketiga pada perusahaan adalah perspektif ke depan tentang bagaimana perusahaan dapat mendukung perangkat keras generasi masa depan militer Belarusia. Pada November 2019 Belarus menerima pengiriman dua pesawat tempur Su-30SM buatan Irkut. Kontrak tersebut ditandatangani pada tahun 2017 untuk 12 pesawat, dengan empat pesawat yang akan dikirim per tahun mulai tahun 2020.

Setelah sebelumnya berfokus pada modernisasi dan servis persenjataan generasi sebelumnya selama lebih dari dua dekade, kini BARP berencana untuk mendukung operasi pesawat tempur terbaru dari Rusia.

“Sampai sekarang, Su-30SM baru seharusnya dikirim tanpa dilengkapi sistem EW – dimana perangkat keras EW standar Rusia akan dihapus,” kata insinyur BARP EW. “Apa yang ingin kami lakukan adalah memasang produk EW kami di pesawat ini, yang akan menjadi langkah besar menuju era bisnis baru bagi kami.”

TERPOPULER

2 pemikiran pada “Su-30SM Belarusia Gunakan Pod Jammer Buatan BARP No.558”

Tinggalkan komentar

TAGS