Su-30SM2 Bisa Menjadi Basis Upgrade Su-30MKI

Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia akan segera menerima jet tempur Su-30SM2, versi peningkatan dari Su-30SM yang dapat menjadi dasar proposal peningkatan pada jet tempur Su-30MKI India, lansir Defenseworld.

“Ini adalah modernisasi kompleks. Ini adalah kumpulan senjata baru dan perluasan kemampuan tempur yang cukup untuk pesawat ini,” kata Kepala United Aircraft Corporation Yuri Slyusar kepada wartawan sambil merujuk pada Su-30SM2 selama acara ARMY 2020 di Moskow pada hari Selasa.

“MPesawat tempur akan dipasok baik untuk kepentingan Angkatan Udara maupun untuk Angkatan Laut,” tambah kepala UAC.

Sebelumnya pada hari Selasa, Kementerian Pertahanan dan UAC menandatangani kontrak untuk pengadaan pesawat pembom Su-34, pesawat tempur Su-35 dan Su-30SM2 untuk Angkatan Aerospace (VKS) Rusia, pesawat tempur Su-30SM2 untuk Angkatan Laut (Navy). ), pesawat latih tempur Yak-130 dan angkut militer berat Il-76MD-90A.

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang spesifikasi Su-30SM2, beberapa petunjuk mulai diketahui pada awal 2019. “Jet tempur Sukhoi Su-30SM akan distandarisasi dengan jet tempur generasi 4++ Su-35 dengan meningkatkan peralatan onboard dan persenjataan untuk memotong harga produksi dan memberikan kehidupan baru ke dalam pesawat, “kata Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov kepada wartawan pada Februari 2019.

Dia mengisyaratkan bahwa pesawat Su-30SM yang sangat ditingkatkan dapat membuka pasar baru untuk jet tersebut di India. “Mengingat ada sekitar 200 pesawat seperti itu di India, kemungkinan akan terbuka untuk memodernisasi armada ini (dengan standar Su-30SM2) untuk memperpanjang masa pakai,” jelas Borisov.

Ada juga pembicaraan tentang radar SU-30SM yang ada untuk digantikan oleh radar Passive electronically scanning array (PESA) dari Su-35.

Salah satu peningkatan pada Su-30SM2 adalah adaptasi kemampuan untuk dilengkapi rudal hipersonik Kh-32, yang sebelumnya digunakan pada pembom Tu-22M3.

Laporan lain menunjukkan bahwa pesawat tempur Su-30SM2 akan mendapatkan mesin AL-41F-1S seperti pada pesawat Su-35 sehingga meningkatkan daya dorong untuk dapat membawa persenjataan yang lebih berat. Laporan ini muncul setelah industri militer Rusia melihat kemungkinan untuk memproduksi mesin universal untuk pesawat tempur Sukhoi Su-27, Su-30 dan Su-35. Mesin baru itu kemungkinan merupakan turunan dari AL-41F-1S.

Tinggalkan komentar