Oct 222014
 
image

SU-34 Fighter Bomber

Resimen Penerbangan Russia’s Southern Military District (SMD) telah menerima 6 pesawat tempur-bomber baru Su-34 fighter-bombers, yang memperbarui 75 persen armada resimen, ujar pernyataan pers SMD, 19/10/2014.

“Langkah ini sesuai dengan rencana untuk melengkapi kembali pasukan dari SMD, resimen pembom penerbangan terpisah, yang ditempatkan di wilayah Rostov [kota Morozovsk]. Mereka telah menerima batch lain dari pembom tempur baru Su-34 dalam jumlah enam unit. Semua pesawat telah diterima oleh para insinyur dari resimen penerbangan Morozovsk, yang memeriksa kesiapan pesawat untuk operasi,” ujar SMD.

Menurut pernyataan itu, kru penerbangan Morozovsk akan mulai latihan yang dijadwalkan pada akhir Oktober. Dalam waktu dekat SMD mengharapkan untuk menerima lebih dari 40 pesawat baru, termasuk jet tempur Su-27 SM3 yang dimodernisasi dan helikopter serang Mi-35.

Pesawat SU-34 merupakan turunan dari Su-27 fighter, yang dilengkapi dengan mesin ganda afterburner turbojet AL-31MF dan dapat membawa muatan hingga delapan ton senjata berteknologi presisi tinggi, untuk jarak 4.000 kilometer [2.500 mil]. Pesawat ini akan mengganti semua pesawat pemukul Su-24 dalam pelayanan Angkatan Udara dan Angkatan Laut Rusia.

  199 Responses to “SU-34, Jet Tempur – Bomber Kekuatan Maritim”

  1. 1st…

  2. cocor bebek

  3. 2 squadron kata Andi nanti siang

  4. Hadir

  5. ping

  6. lama jd SR,finally bs jd yg pertama….
    mantap pesawatnya..kpn ni, bs ganti Ktp jd pengawal RI??

  7. absen pagi dulu

    • Semoga pespur jadul F5 Tiger dan Hawk bisa diganti dengan SU 35,
      Alhamdulillah lagi klo tiap skuadron gak cuman diganti tapi juga ditambah lagi unitnya.
      Mudah2an Indonesia bisa TOT Sukhoi kyak india biar bisa ngembangin dan bahkan bikin pespur sendiri.

      -Doa tukang tambal ban pinggir jalan-

      Salam NKRI

      • F5 diupgrade F20tiger shark..su 35 plus dede rafa terus berjalan…
        harapan sy…smga terwjud…amiin

        -doa tukang pulsa- πŸ˜‰

        slm knal bung beruang kuyub πŸ˜€

        • Bung Garuda…bukannya F20 Tiger Shark udah lama “lenyap” ya πŸ™‚ ato jng2 bung garuda berhasil mendapatkan rancang desain F20 yang tak pernah terwujud itu? hehehe…

          Salam Kenal bung dari musafir tukang ngelamun…

          • pihak asu sndiri mlarang produksi f20 bung kakarot…krna trllu cnggih untuk dmiliki negara lain… πŸ˜€
            asu khwatir f20 bs mnjdi ancaman & blunder apabila f20 dproduksi massal..& djual knegara lain…akhirny pmbngunan f20 rsmi dbtalkn .. mengingat f20 bgtu mudah serta murah perawatanny,,,namun kmampuan & kcnggihn ny luar biasa…sy brhrap pak jkowi mmpu merayu asu agar mau mngupgrade f5 qt mnjdi skelas f20 dgn ctatan su35 ma dede rafa ttp jln..
            (maaf,,hnya harapan pribadi lho)

  8. cobek ya…klo di pakein cammonya TNI AL keren ya.hehehe

  9. Bikin ngiLer aja , yaaah ternyata bukan punya kita , ngarep.com

  10. Baru ditinggal sebentar udah muncul yang baru nih…

  11. makin gencar makin sering diangkat beritanya, ada apa?
    SU 34 semoga satu paket dengan SU-35.

    kerja,kerja,kerja…
    ha ha ha ha…

  12. Cocor bebek emg anggun diliatnya. Minta tlg disdukcapil biar cpet2 dbkinin ktp sama akte plus KK nya, biar ga usah lg pke kitas hehe…

  13. Wah wah, setelah sekian lama makin bnyk juga yg antusias dgn jkgr.

    Kmren hoax2 nya udh ada di Indonesia.Sukhoi yg terbang rendah diatas air.kata Panglima.
    Eh ada juga foto yg gambarkan 34 ini di hanggar TNI.

    Klo Su24 masih ok bisa lah kita refurbish lagi kyk f16 yg bntr lagi mengisi Lanud RNJ.

  14. Wah ternyata konsep Beyond visual range itu ngga bener…meskipin sukhoi kita mamap melihat Super Hornet atau F 35 dari jarak BVR tetap saja untuk merontokinnya dengan jarak Visual Range, mohon dikoreksi sesepuh…

  15. mantap neh kita harus punya

  16. setelah leo,astros ,kh 79 dan caesar. . .apa aja yang udah datang. . .hehe

    SALAM NKRI

  17. ayo tinggal buka pendaftarannya pasukan pendarat utama di buka lowongan bagi umum…..db mau daftar…mangap becanda……sadissss….ini list

  18. si cocor bebek yg membuat langit gemuruh :mrgreen:
    membuat lemas musuh jika melihat semua pylonnya full arms dari yg besar2 dan warna warni :mrgreen:
    digeber full power 100% dijamin 1 kota gak bisa tidur :mrgreen:

    ohhh TNIU AU,cerdik sekali kau umpetin barang sebesar ini :mrgreen:

  19. Rusiaaaaa stronggggggg bingiiiitttttttt πŸ˜€

  20. padahal barangnya 1 persatu yg ada di list berdatangan ya ,aneh kan :mrgreen: masih mau bilang hoax? tak sampluk linggis biar modar :mrgreen:

    dibully dgn ginian mah warjag gak mempan πŸ˜†

  21. Kalau beneran…kejang2 tetangga sebelah bung……bisa2 kena stoke tuh…

    • kita rakyat Indonesia nih telah dibuai oleh nggak tahu siapa, untuk menerima saja kekuatan militer kita seadanya bertahun2x. Ini bentuk kesuksesan tetangga Indonesia mempengaruhi blok barat.

      Secara postur, paling tidak Indonesia harusnya setengahnya kekuatan alusista India. 1,5-2 kali lebih besar dari australia ditambah malaysia ditambah singapura dan thailand. Kalo 3 – 4 kali lebih besar tar dianggap mau agresi.

  22. kapan si cobek nungul di nkri..berharap sangat…

  23. list ini sudah ada di PC saya, he he

  24. sst .. ne brng dah dmari

  25. Numpang absen, sekalian nanya, jadi pesen 36 trus yang disini sudah berapa ekor bebeknya? Biar kuat gitu loh AU Republik Indonesia tercinta.

  26. Sebetulnya kita sudah punya juga maritime strike fighter, yaitu SU-30MK2.

    Skadron 11:
    2 Su-27SK – perlu di-upgrade ke SKM
    3 SU-27SKM
    2 SU-30MK – perlu di-upgrade ke MK2
    9 SU-30 MK2

    SU-34 sedikit lebih besar dari SU-30MK2, awaknya sama 2 orang.
    SU-30MK2 adalah multi role fighter optimised untuk maritime strike.
    Sedangkan SU-34 adalah murni strike fighter sebagai pengganti SU-24.

    Kenyataannya Skadron 11 adalah skadron “gado2”. Mungkin lebih baik kalau menjadikan tugas utamanya sebagai maritime strike, sementara menambah 1 atau lebih skadon lain sebagai heavy multi role fighter.

    • Welcome back bung antonov@ apa baiknya pemerintah nambahin skadron SU30 MK2 lg.Dan apa spesifikasi SU35 sama fungsi dgn SU30 MK2? Imho

    • Mr Antonov@ dari keluarga flanker yang mana yang bisa dijadikan pemburu,pencegat? Imho

      • Salam Bung Lek U-mar
        Dengan mengusulkan SU-35 sbg pengganti F-5, kayaknya TNI AU sudah sreg dan familiar dengan keluarga Flanker.

        Dari keluarga Flanker : SU-27, SU-30MKI dan MKM, serta SU-35 adalah termasuk multi role fighter. India kabarnya dari forum Indian sedang meningkatkan radar & avioniknya serta dapat mengusung Brahmos. SU-30MKM (Malaysia) kayaknya mandek, meskipun dilihat dari speknya lebih unggul dari SU-27/30 kita.

        SU-30 MKK dan MK2 lebih condong ke maritime strike.

        SU-34 adalah murni ground & maritime strike.

        Sedangkan SU-30SM yg dipakai sendiri oleh AU Rusia masih belum jelas, kemungkinan radar dan avioniknya sudah ditingkatkan.

        • baru baca kalo tiap 1 jam nerbangin heli mi17 keluar duit 3000-3500$=32juta/jam, mesin2 buatan om ruskiye kok boros banget yah bung antonov?.

          • mmg realitanya produk amerika dan barat jauh lbh bgs..mending rusia ketauan canggih jg,klo produk china lbh parah lg bang..boros dan cpat rontok..karatan lg

          • Bisa kasi tahu baca di mana Bung banzai! ?
            Mi-8/17 itu jumlah paling besar heli yg diproduksi dan dipakai di dunia, saya heran. Secara umum ongkos terbang heli memang jauh lebih besar dari pesawat sayap biasa.

  27. Kemarin mencoba ikutan koment di FB K#sK#s tentang SU 34 , dan saya jelaskan bahwa SU 34 mampu menggotong Yakhont dan ECM nya mendukung peran Maritim Strike,,byuhh
    Tanggapan disana macam macam,malah Adminya forum si Bas nuduh ane Ngehoax gak pakai otak ,yg punya salah satu Blog militer malah bilang harap memaklumi ane,, SU 34 gak dijual ,ECM gak ada hubungannya dengan maritim strike, Nanya MTOW nya SU 34, Lucu lucu tanggapannya FMB yang rata rata masih muda. Harusnya mereka banyak belajar dan lebih menahan sombong dan pedasnya ucapan,.

    Saya heran apa mereka karena gak ngerti dan pengetahuannya cukup segitu terus berhak MERENDAHKAN ORANG ? , ane tetap layani dengan bijak dan jelaskan satu persatu tentang ecm,peran maritim strikenya,mesinnya,, sampai ane istirahat, sore mau tak lanjut ternyata threadnya sudah dihapus, Ternyata ada salah satu membernya juga yg mungkin anak WArjag memberikan Link yang menjawab semua pertanyaan mereka dan persis sama yang ane jabarin
    Apakah karena malu sudah merendahkan orang dan ternyata terjawab semua argumen mereka akhirnya threadnya dihapus??

    PELAJARAN buat disini , Hormati setiap komentar ,luruskan dengan bijak ,Jangan memakai kata kata kotor dan bersikap ksatria yaitu berani mengakui dan meminta maaf bila pendapat kita SALAH

    • he disana emang udah kayak mafia om sat, berbeda pikiran dibully abis2an, apalgi kalo dah menyinggung admin bass n blue bisa dibanned, jadi nggak usah dicerahkan yg disana mah, tetuanya aja dah pada minggat.

      • Takutnya kalau nanti negara diserang apakah mereka akan maju membela negara seperti ABG-ABG jaman kemerdekaan dahulu? Semoga pendidikan kewiraan dan bela negara kembali muncul di kurikulum pendidikan kita, saya khawatir Korsel yang sebenarnya lebih kecil dan penduduknya begitu condong ke Barat malah lebih nasionalis dibanding kita. Miris sekali

        • πŸ˜€ smga abg2 ini klak akn sadar bung M4C,,,scepatny sdar akn jti diri & tjuan hdp mrk sbnrny…ap yg mnjdi tugs & tgungjwb mrk.. smga dgn brtmbhny usia brtmbh dwasa jg cra brfkir & bersikp..sikp nasionalis akn trtnam dlm hati mrk..sy stuju dgn ap yg dlakukn bung satrio..sbr & ttp sbr mmbimbing mrk(wlwpn dlm hti gmes pgn kampleng :mrgreen: )

        • Bung M4C siap mati gk demi negara ini? Paling lama 3-4 tahun bakal meletus itu LCS, siap gk? :p

      • “Sok-sok an anti JKGR tapi diem-diem demen baca JKGR”

        Sangat menusuk jantung bung Loki…

        Jempol keatas πŸ˜€

    • bung @Satrio, minta tolong ditayangkan artikel tentang teknologi Cold fusion di bidang nuklir hasil temuan putra-putri bangsa. bukankah teknologi ini sekarang sedang tren & jadi rebutan…?

    • Setuju kamerad dianggap hoax wis ben.tapi toh nyoto.

    • Salam hangat Om Satrio@ saya setuju dengan apa yang anda katakan.

    • wakakaka.. sama bung satrio.. ane dulu pernah juga debat sama fansboy militer yang nama akun FB nya kayak nama nama alay abaabil.. isinya cuma ngakak.. ane jawab dengan website2 berbahasa inggris tentang SU34 plus penjelasan bung satrio disini dan beberapa penjelasan bung Erich, mereka ngeyel terus.. dan akhir2 nya, mereka cuma menunjukkan wikipedia sebagai acuhan.. hehe

    • Sama aja seperti disini bung Satrio. Ada beberapa komentar disini yang kontra dihapus oleh admin. Salah satunya komentar (saya luppa namanya) yang menanyakan ke bung PS..”bung PS pake saluran atau frekuensi apa ya kok bisa online terus dari dalam KS?” kurang lebih begitu komentarnya. Esok hari saya mantau warjag sudah hilang komentarnya. Apakah disini juga melarang berkomentar yang kontra dan menanyakan hal yang sifatnya lebih detail? Saya malah jadi takut untuk komentar dan bertanya disini jadinya.

    • di kaskuskah Bung Satrio ? saya juga cukup sering nongkrong di sana.

      • jadi inget waktu bikin thread di kaskus berdasarkan dari sumber di sini , dari mulai list2 ampe bungan UEA – BRUNEI – Indonesia , alhasil ane dikasih bata bejibun , hahahhaha memang di kaskus banyak orang fanatik yg pesimis , nganggep jgkr hoax , tp ujung2nya ngintip jgkr , mana dulu ane bikin threadnya di forum militer kaskus lg , alhasil dulu di ban 3 hari , kwkwkkw silahkan di cek id ane thread2nya : mylovelyria

        • wakakaka..sama dengan ane bung yuda…koplak bangt tu formil nya k*sk*s..ane dah lama disana.. kalo ane liat tu orang kayak gitu tu sebenarnya pesimistis, bukan realistis..tapi mereka ngakunya realistis terus. contoh jika ada berita menggembirakan militer RI dianggap hoax, terus jika ada bantahan dikit dari petinggi RI kayaknya fakta sebelumnya jadi kabur. kayak kemarin liat di jakartapost kalo indonesia dah beli su35 tahun 2007. mereka bilangya hoax kek, wartawan mabok kek dll. tapi kalo ada pernyataan menhan kalo no more for sukhoi.. langsung ditelen mentah mentah.. padahal menhan bisa jadi ngomong gt ke media krn dah menandatangani kontrak 126 su35. wkwkwkw.. isinya fans boy militer koplo

          • hahah.. trit ente yang poros JAB baru yang koment 2 orang langsung di tutup gaaaannn… ngakak… πŸ˜€

        • kwkwkwkkw btul bung , kwkwkwkwk pdhal bikin thread itu buru2 soalnya ada urusan kerja daerah kuningan waktu itu , disempet2tin bikin , tp yaa gitu deh anak2 FM dan admin K*s*k*s … no comment , kwkwkkwkwk * sakitnya tuh disini nunjuk pantat , kwkwkwkkw

          • kwkwkwk sudah2 bung , ngakak mulu jadinya , kapan maen modoo nya ini , kwkkwkw , yaa bgitulah bung realita …
            amin makasih bung , nyantai sek lah maen modoo πŸ˜€

      • gw mah males…kagak nambah ilmu…kite rugi waktu dan fikiran…he7x…

        • sy udh lama pensiun dari sana bung loki 😎 ibaratnya klw bhs sunda “ngomong bener oge moal didenge” πŸ˜† Alhamudlillah sekarang sudah berlabuh di JKGR :mrgreen:

    • pesan cak CAK SAT ALIAS CAK SATRIO:PELAJARAN buat disini , Hormati setiap komentar ,luruskan dengan bijak ,Jangan memakai kata kata kotor dan bersikap ksatria yaitu berani mengakui dan meminta maaf bila pendapat kita SALAH. DARI SAYA:pesan yang sederhana namun sarat makna lagi bijaksana.tempo hari ane terlibat debat sengit di seret ke debat kusir,kata2 sampah saya terima “primitif,tukang jual obat keliling,si kusir,penulis komik bla bla bla padaHAL saya udah turut aturan itu dan mengucapkan terima kasih malah saya di serang terus.CAK di sini juga banyak kok cak seperti yang cak katakan”pengetahuannya cukup segitu terus berhak merendahkan oranG lain” SAYA SUDAH MERASAKANYA

      • Biasanya orang yang selalu mengecil kan orang lain dan berusaha membesarkan pendapatnya / dirinya, bahwa orang tersebut sedang berupaya membesarkan dirinya agar diakui eksistensinya dalam suatu lingkungan karena kesadarannya akan kecilnya orang tersebut diantara yang lain.

        Bila seperti itu keadaannya cukup kita tidak perlu ikut terpancing untuk ikut polanya bung Raskin, biarkan dia mencoba menjadi besar dengan caranya dan kita menjadi dewasa dengan cara kita πŸ™‚

        • Karena besar belum tentu dewasa, tapi dewasa InsyaAllah menunjukan kebesaran kita..

        • bung rafly,

          klo lihat anak kecil nangis pulang ke rumah, jangan buru2 mengumbar support ‘udah jangan nangis, emang temen2mu itu anak nakal semua, gak dididik ortu dsb…’

          mbok ditanya dulu yang detail, siapa tahu justru anak tsb yang nakal ?

          • Bung ds yang baik hati lagi tidak sombong πŸ™‚ apakah koment saya memihak pada bung raskin atau lawan debatnya? Katakanlah koment saya hanya sebatas pengalaman dan bukan bermaksud menggurui siapapun, Jadi saya pun tidak akan menanggapi koment anda karena anda pun menterminologikan seperti apa yg saya lakukan πŸ™‚

    • Biasanya orang yg suka merendahkan orang lain…mungkin pintar tapi kurang ‘wise’…banyak itu pak…anak muda Indonesia skr banyak terpengaruh omongan ‘to the point’ …tapi kurang tata krama…tapi kembali lagi orang yang dewasa melihat saja..sambil menasehati…biasanya tipikal yang alay spt ini kalo ngelihat orang breprestasi dan tenang…justru akan sangat memihak..memang anak skr kurang tokoh anutan…itu aja problem mereka skr…imho…

    • njih pak satrio, sendiko dawuh. monggo ilmunya dipun jlentrehke malih. nuwun

  28. Sebagai Pesawat Tempur berbasis maritim, Su-34 cocok untuk ditempatkan di Papua, Kupang dan Natuna.
    Papua dan Kupang sangat dekat dengan Australia dan pangkalan-pangkalan militer AS.
    Jika terjadi konflik dengan mereka sudah tentu wilayah ini akan jadi area palagan.
    Pertempuran udara dan laut jelas lebih dominan.
    Kita mengetahui Australia akan kedatangan F-35 dan Armada KE-7 memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga meski saat ini belum ada tanda konflik dengan mereka, kita harus siap jika suatu saat mereka menyerang.
    Serangan mereka terhadap kita dipicu oleh masalah OPM dan Papua.
    Kesiapan kita bisa mencegah terjadinya perang. Kita tentu tidak ingin bernasib sama seperti Irak, Afganistan dan Libya.
    Selain itu dua wilayah ini belum dijaga oleh pesawat tempur, hingga rawan terhadap pelanggaran udara. Jika pesawat tempur sudah ada disana, andai terjadi pelanggaran dengan cepat bisa di intercept, karena skuadron udara 11 letaknya cukup jauh dibanding dengan Darwin.

    Natuna juga harus diisi dengan pesawat ini, selain area hotspot yang berbasis maritim, adanya pesawat ini bisa menimbulkan daya gentar pada militer dikawasan tersebut. Dengan harga sekitar USD36 Juta perunit, wajar saja diakuasisi oleh TNI sebanyak 3 skuadron dalam rentang masa 10 tahun (MEF II dan III).
    Untuk lebih optimal dalam pengoperasiannya, sistem radar hanud harus menggunakan radar dari Rusia.
    Namun saya pikir untuk pengembangan militer ditubuh TNI, alangkah baiknya jika pesawat ini dioperasikan oleh Penerbal.
    Sebagai poros maritim dimasa depan, sudah sewajarnya AL menjadi besar dan memiliki pilot-pilot yang terampil menerbangkan pesawat tempur.

  29. kalo yang saya blon paham, pespur apa saja yang mendukung doktrin pre emptive strike?
    paling enggak kan yang harus bisa menjangkau dan menetralisir Hanian atau Darwin kan? πŸ˜›

  30. Amiin ya Allah semoga jadi kenyataan

  31. Salam hangat om Satrio@
    saya setuju dengan apa yang anda katakan. Semoga JKGR tetap jadi yang sehat untuk berdiskusi tentang militer.

  32. Terima kasi bung Satrio atas wejangan n petuahnya. Sebelum menemukan jakartagreater.com sy cukup banyak membaca berita di kaskus n juga blog2 militer yg lainnya. Apa yg membedakan jakartagreater dg formil lainnya adalah sy menemukan banyak ilmu n informasi baru dari para sesepuh n di warjag sangat dijaga tata krama n satun berbahasa. Itulah sebabnya sy sekrg hanya tongkrongin jakartagreater sampai2 membuat sy tdk perlu berkomentar krn ternyata lebih asyik menonton debat2 nya para sesepuh.
    Cuman 1 yg mau kutanya… Kok sekarang para sesepuh jarang muncul?

  33. Kok nyasar kesini.
    Hehehe..

  34. Pembom Strategis Tu-22M3 Backfire Untuk TNI AU

    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/ac/Russian_Air_Force_Tupolev_Tu-22M3_Beltyukov.jpg

    Masih kita ingat ketika era Presiden Soekarno, dikala konfrontasi dengan Belanda untuk memperebutkan Papua Barat (Irian Jaya), pembom kita yaitu Tu-16 telah disiapkan di Morotai. Pesawat pembom strategis berdaya jangkau sangat jauh waktu itu sangat menggetarkan penjajah yaitu Belanda beserta kroni-kroninya, Amerika dan Australia, sehingga memaksa mereka untuk berunding dan terpaksa menyerahkan Papua ke bumi Indonesia tercinta. Namun keperkasaan pesawat ini tinggalah kenangan, meskipun pesawat yang sama masih menjadi andalan Raksasa Militer baru yaitu China, dengan beberapa Upgrade mengikuti perkembangan jaman.

    Namun, masa kejayaan ini terulang kembali di masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dengan memanfaatkan hubungan dekat pada Rusia melalui Traktat Kerjasama Militer Rahasia Indonesia-Rusia.Salah satunya dengan penjualan 1 skuadron Tu-22M3 Backfire, yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2014, dimasa akhir Pemerintahan SBY. Ini mengisyaratkan perkembangan terbaru dari kekuatan militer dunia, yang akan menempatkan Indonesia setara dengan Raksasa-raksasa Militer Dunia, dan perlu dicatat bahwa kepemilikan pesawat pembom Tu-22M3 Backfire hanya dimiliki oleh Rusia dan Indonesia.

    Apakah kekuatan militer Indonesia ini akan memicu konflik dengan negara tetangga? Jawabnya adalah Indonesia hanya akan mengambil kembali tanah-tanah yang hilang, yang ketika dimasa lalu dilemahkan oleh Amerika, Australia, dan sekutu-sekutunya.

    • Alhamdullillah…Insyallah dilanjutkan oleh Pak President Joko Widodo….We need bombers! Hut TNI ke 70 Pak President Jokowi menganugrahkan jendral bintang 5 ke President ke 6 Indonesia Pak SBY

    • Salam kenal Bung Bapak Besar,

      Btw, pesawat segede gitu mao ditaroh di skuadron berapa n lanud mana yah?
      Ane bakal geleng2 klo hal ini bener-bener direalisasikan.

      Salam NKRI

    • Salam hangat dan salam kenal Bung Bapak Besar@ saya sangat setuju jika TNI punya Pesawat Pengebom ini, jika terjadi perang dengan Australia, TNI bisa langsung membombardir ke daratan mereka.
      Saya pikir skuadron ini cocoknya ditempatkan di lanud yang bersifat rahsia.

    • Sesungguhnya dengan bangkitnya alutsista TNI dari tidurnya, bukan merupakan ancaman serius bagi kawasan…..tp merupakan pakaian TNI tuk melindungi harkat hidup rakyat Indonesia. Krn di pundak TNI adalah tanggung jawab mereka menjaga seorang Ibu Pertiwi dari ancaman pihak-pihak yg akan “mengganggu” kedaulatan kita semua. Sewajarnya TNI kedepan mempersiapkan “senjata keris” di belakang tubuhnya…….bukan di depan tubuhnya…..sgala sesuatu yg bersifat alutsista strategis akan tersimpan dgn rapi pd tempatnya….yg nampak hanya alutsista yg di perlihatkan pd HUT TNI kemarin. NKRI harga mati…….

      • mungkin akan mengubah geopolitik kawasan juga, misal kalo wajah kita lebih kuat, ramah, mengayomi semoga negara2x kecil di Pasifik Selatan lebih melirik ke kita dari pada Australia. Ingat Australia memang ekonominya lumayan besar tapi potensi berkembangnya sudah berhenti … salah satumya mereka sedang pusing mikirin apa perlu punya industri manufaktur? … yang jelas otomotif dah pada cabut πŸ™‚

        So, misal kasih Avanza .. lalu motor2x bebek buat balapan dijalan ke pemuda2x di pasifik selatan itu … share Indomie, dangdut dsbnya ke mereka … kirim artis2x kita kesono πŸ™‚

    • @ Bung Bapak Besar(GeatFather) ijin saving gambar nya buat koleksi alutsista rushkie strong di desktop ane. Aku suka desain alutsista Rushkie, bentuknya aneh2 n terkesan gahar. Produk US/Nato/Eropa berkesan halus, aerodinamis, kurang gahar.

  35. Memang dri pabrik hrs ke pemerintah dulu bg.Baru ke rosoboronexport.Seterusnya.. tebak sendri ajalah. eng-ing-eng…

  36. Lanjut terbang ferry ke Makasar ya bung Anak Medan, ups… πŸ™‚
    Salam kenal bung dari saya anak jogja..

  37. Lha barangnya saja sdh pd muntjul di parade TNI kemaren. Tinggal tunggu 2017, realisasinya berapa. Yang pasti guardian udah nongol tuh.

  38. maaf sesepuh, saya kebetulan lagi cari data soal cn 235 lalu saya nemu gambar ini, kalo sesepuh ada info kasih bagi bagilah ke kita, soalnya buat tugas karya tulis sekolah
    terima kasih semuanya
    http://imgur.com/kB9alHH.jpg

  39. Buat Tambahan Ilmu disini ya biar gak kalah berdebat bila bertemu dengan FMB yang alay alay

    SU 34 masih terus diproduksi sampai 200 pesawat untuk memenuhi kebutuhan AU Rusia.
    SU 34 akan berperan sebagai Front liner Fighter Bomber , Mesin yang digunakan memang sama dengan SU 30 SM yaitu SU 34 ada yang memakai AL-31F M1 135 kN (30,300 lbf) dan yang terbaru memakai AL 31 F M 2, dengan Thrust 145 kN (32,600 lbf)basic sama tetapi beda peruntukannya, Rusia tahu SU 34 sebagai fighter bomber pasti mesin diutamakan untuk mampu memuat senjata lebih berat dan tidak mengutamakan kecepatan,tentunya dengan dukungan speck airframe Su 34
    AL 31 banyak varianya sedangkan SU 30 MKI memakai AL 31 FP dengan Thrust 123 kN (27,700 lbf)

    Banyak yang gak tahu persisnya MTOW SU 34
    Panglima Angkatan Udara Rusia Letnan Jenderal Viktor Bondarev. Saat mengunjungi Bondarev pabrik nya.SU 34 . Mengatakan Su-34 membawa 12 ton berbagai senjata dan radius tempur lebih dari seribu kilometer,” perkataan beliau memecahkan misteri MTOW SU 34 yang kabarnya 45 Ton lebih besar dari SU 30 dan SU 35 dimana Max. takeoff weight: 34,5 Ton,
    Su 34 membawa Payload 4 Ton lebih besar, sehingga mampu menggotong 3 unit Yakhont sekaligus dalam peran maritim strike,

    Su-30SM / MKI dengan membawa 8Ton payload movernya akan lambat ..demikian juga SU 34 bila membawa 12 Ton full senjata maka takeoff nya lebih hati hati
    Dan akhirnya Su-34 akan disertifikasi untuk membawa Kh-101

    Kenapa sudah ada pesawat seperti SU-30M / M2 / SM 35S – yang, konon, mampu membawa beban senjata yang sama atau hampir sebanding juga kemampuan di udara dan mesin sama kok Rusia tetap butuh SU 34 ?
    SU 34 dioptimalkan untuk serangan maritim dan tugas pengintaian sesuatu yang Su 30 SM tidak bisa mengerjakan misi tersebut dengan lengkap . SU 34 bisa menggotong Torpedo ASW ringan dan centreline pod konformal yang dapat dimuat dengan sampai 72 sonobuoys berbagai jenis memungkinkan untuk secara efektif melaksanakan peran ASW.

    Pada Kenyataannnya Su-34 when introduced into service will represent, by a very long margin ,the most advanced dan dioptimalkan sebagai very-low altitude intruder juga sebagai tactical bomber yang bisa beroperasi diseluruh penjuru dunia

    Airframnya dengan ,design yang unik compressed” dengan fully blended canard dan forward LERX untuk pitch stabilization and control, sehingga memungkinkan stability and manoeuvrability yang luar biasa dengan beban berat persenjataan dengan kecepatan tinggi di Very low altitude turbulences,
    setelan avionik, dengan radar sengaja dirancang untuk ground clutter rejection dengan sangat mengurangi upward primary emissions and sidelobes (berkat bentuknya)

    setelan avionik, dengan radar sengaja dirancang untuk Low Probability of Intercept and simultaneous procession of the full spectrum of Nav/Trak modes untuk low altitude missions ( TA -Terrain Avoidance- TF-Terrain Following- NOE -Nap Of the Earth dll .)
    atau the critical ABDS-Automatic Buffeting Dampening System – dan AFSS- Active Flight Safety System-
    dikembangkan secara khusus optimized airframe, memungkinkan untuk melakukan jenis misi high speed low altitude and follow flight pacts simply impossibles dilakukan pesawat lain di seluruh dunia
    Dengan Real Time weapon satelite, its secondary features such as the heavily armoured cockpit , wing root and engine ducts, dan bagian atas View yang luas bertujuan untuk mengurangi RCS \
    Untuk Kesempurnaan sebagai perang penyusup diketinggian rendah

    Pesawat ini Di incar agar bisa dimiliki oleh Vietnam,Iran bahkan Indonesia ,
    Dengan mampu membawa semua persenjataan yang bisa dibawa SU 30 dan SU 35 ,Fullback mampu membawa Rudal Onyx/Yakhot (yang menjadi selebriti rudal dunia) langsung dengan jumlah Tiga biji,
    Bila ada yang menyangsikan bahwa Yakhont hanya berplatform Surface dan Ground sebagai rudal permukaan ke permukaan /darat dan yang bisa diliuncurkan dari udara adalah Brahmos itu hal yang keliru,
    Onyx sebagai Aslinya rudal Brahmos mempunyai plat form launcher Air to Surface, Bastion Ground to Surface, dan Surface to surface (paltfrom kapal permukaan )
    Bahkan SU 33 berplatform kapal induk mampu mebawa Sebiji Yakhont on a centreline adaptor

    Dengan ECM yang sudah terintegrasi di SU 34 mampu mereduksi spektrum ancaman baik dari Air to air (dari Jaming pesawat seperti Gowler) dan spektrum ancaman Ground to Air (dari jaming Destro Aegis Lawan) sehingga mampu berperan maksimal dalam peran Maritim Strike

    Cmiiw dan Imho

  40. Cocor bebek bawa knenengan sapi :mrgreen:

  41. pesawatnya disita saja baiknya. Atau buat latihan nembak

  42. wah, tuh penyelonong dipastikan shock kalo dikasih model tiarapnya TNI.

  43. Ngetest blank spot. Kalo ketemu, itu jalur bisa dipakai untuk melintasi indonesia dari sonotan ke philipin.

    IMHO dan CMIIW

  44. sistem pertahan udara jarak menengah dan jauh kapan terealisasi ya,,krn slama ini slu aja jarak pendek..padahal doktrin pertempuran skrng byk melalui udra dan laut..padahal sistem pertahan udara itu sma efek deterentx sm pespur,,contoh suriah,,rusia,iran dan cina sitem pertahanan udara mrk mampu membuat ciut negara2 barat melakukan serangan..n buat NKRI,,wajib hukumx pya sistem pertahanan udara jarak menengah n jauh minimal 6 batrai lah..

  45. COCOR IBIK πŸ˜€

  46. 😎 mantaaab… πŸ˜†

  47. Like bung πŸ˜€

  48. ampunn merinding πŸ˜€

  49. Indonesia telah meyelamatkan Inggris dr kebangkrutan.

    Sungguh briliant Pak SBY

    Kereenn…

  50. Perfect bangat ni berita, thanks bung Rangga Poda sdh share this great news, n salam kenal bung

    • sama sama bung…. saya mungkin hanya bisa menyampaikan berbagai informasi yg berserakan semacam itu…….

      dari artikelnya bung yayan ini… dan kaitanya dengan ahli kita yang pergi ke UK untuk mengotak-atik KRI bung tomo class dari brunai (Produk UK)…. mungkinkah beliau-beliau pulang membawa TOT bung Tomo class???

  51. Terjawab sudah pertanyaan orang awam seperti saya ini, tentang penggunaan dana MEF 1 150T, angka yg hilang tersebut dijabarkan oleh Bung Yayan dengan jelas walau barangnya masih ghoib. tetapi paling tidak selisih angka pembelian barang yg dipajang dengan yg ghoib sudah mendekati kebenaran.
    Sayangnya Bung Yayan menjabarkannya di warung sebelah. apa tempatnya lebih nyaman buat nongkrong dibandingkan dng di JKGR. Biar bung Diego yg punya warung yg bisa menjawabnya. Salam hangat buat Bung Yayan.

  52. Ijin Like bung,
    dag dig dug ane bacanya (penasaran….wew)

  53. Jelas hoax

  54. karuan aja AU rusia beli lagi SU 34, wong SU 34 yg biasa mereka pakai diboyong ke indonesia, bila AU rusia udah dapat gantinya berarti indonesia sudah resmi punya SU 34….

    (ngarang.com)

  55. biar aja dibilang HOAX….yg penting jadi panduan pengadaan…..Hoax..akhirnya jadi jg…kalo HOAX 80% benar…itu sih sdh valid…(maklum lulusan sekolah jurusan kira2logi…)…he7x…

  56. berarti EF Typhoon udah / bakalan dateng donk… mantab…

  57. Semoga di MEF II & III indonesia dapat membeli satu skuadron SU 35 sebagai air superiority dan satu skuadron SU 34 sebagai maritim strike.
    perlu juga penambahan skuadron Gripen / F 16 sebagai Combat Air Patrol.
    Jangan lupa upgrade SU 27 SK, SU 30 MK, dan F 16 block 15 OCU kita agar sama / sejenis dengan yang ada. Jadi efisien dalam perawatan.

  58. ada debaran tersendiri di dada membaca artikel bung @RP….bangga dan trenyuh ma Pak SBY…semoga beliau diberi kesehatan dan barokah…

  59. hasilnya malesa agak tersipu malu membongkar sendiri menaranya, untung TNI nggak gegabah merobohkan duluan

  60. Ternyata, NKRI jadi penyelamat UK dan UE yang sedang di timpa krisis ekonomi. Semoga timbal baliknya sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kebesaran NKRI tercinta, selamat sore bung Satrio.

  61. Bung satrio, saya mau nanya. Itu patriotgaruda.com siapa yg punya ya ? Apa bung satrio yg buat ? Kok sesepuh JKGR gentayangan disana semua ? Hehe terimakasih

  62. su 34 dan su 35, program SBY ,, selanjutnya SU 47, SU PAKFA T50 .. semoga program JOKOWI. muantep harap harap cemas.

  63. Khas bgt dgn ulasan bung yayan@indocuisine

  64. ngeri2 sedap bung 😎 mantab pisan

  65. katanya ada pesawat asing asal darwin yang di paksa mendarat oleh pesawat sokhoi kita yaa ??

  66. terima kasih pencerahanya kang Satrio πŸ™‚
    pada gak ngeh semua :mrgreen:

  67. untuk Bung Satrio dan poro sedulur….

    tetep aja semangat membangun bentuk baru nasionalisme Indonesia lewat diskusi dan paparan informasi yang bisa mencerahkan bersama…..

    warjag harus mempertahankan identitasnya at all cost…..but stay cool and confident to learn and share knowledge…..

    oiya…kiranya kita semua juga harus terus menerus dan bisa belajar menjadi lebih dewasa dalam berkomunikasi dan bersopan santun sesama dan bisa mendewasakan pihak lain yg masih kekanak-kanakan…..

    yang aku yakini sampai sekarang sbg seorang sopir truck….ya negara pasti punya strategi pertahanan…yang namanya strategi ya harus rahasia yg dikelola dengan beragam formula dgn inti menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI baik batas laut dan angkasa termasuk batas daratan…..

    aku juga ga punya keinginan untuk mengetahui lebih jauh alutsista apa yg telah dimiliki NKRI…..yang penting adalah negara telah memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam berkehidupan di NKRI yang kita cintai ini.

    pelan namun pasti….apa yg disampaikan Bung Nara menjadi kenyataan…ya artinya kita harus yakin dengan putusan yang diambil oleh para pengambil putusan yg kemudian di-leak-an oleh Bung Nara kepada kita di warjag….dan itu adalah terbaik untuk kita semua…..(to inform, to know, to learn : ini untuk kita yg setia di warjag sbg anak ibu pertiwi) dan (to remind the enamies : ini untuk pihak luar & antek2nya)

    ststttt…ini cuman omongan sopir truck….don’t take too seriously

  68. Banyak bahan diskusi dalam satu artikel :mrgreen:

  69. Sebenernya dari peristiwa diatas makin menerangkan bahwa SU Family lah yang di incer oleh TNI AU untuk Program penganti F5 Tiger. clue yang bisa di petik diatas yaitu kenapa SU-30MK yang di kirim untukmencegat/intercept karena tidak lain adalah

    1.Kemampuan pesawat SU-30 MK sebagai pesawat intercept sudah tidak di ragukan lagi,kemampuan dan daya deterentnya. bayangkan pesawat berpangkalan di Makassar, mencegat pesawat penyusup di atas Kupang

    2.Sebagai bukti bahwa TNI tidak main main dalam menindak adanya penerbangan gelap atau tanpa ijin, dengan mengirimkan pesawat tempur terbaik nya yang di punyai untuk melakukan” HOT PURSUIT” istilah pengejaran di laut…( pengejaran dan pencegatan)terhadap pelanggaran kedaulatan negara Republik Indonesia

    3.TNI makin memastikan kebutuhan akan pesawat tempur yang mempunyai kemampuan tinggi baik untuk berperang atau punmelakukan intercept/pecegatan/pengejaran

    4.Bayangkan jika yang di kirimkan TNI pesawat biasa untuk mencegat, namun pas di temui dilapangan ternyata pesawat tempur musuh yang lebiih canggih maka, tidak tertutup kemungkinan kasus Bawean atau pulau roti akan terulang.

    sekian

    pendapat office boy yg lembur ,sambil ngopi

  70. sebenernya lebih urgent mana penambahan kri atau maritim strike jet???

    • klo dipilah lagi antara bajak laut + pencurian ikan, dengan kemampuan penghadangan invasi lawan / pre-emptive strike, imho lebih urgen pespur maritime strike (referensi: perang malvinas)

      menangkal bajak laut + pencurian ikan gak butuh fregat/korvet rudal, bahkan kapal polair cukup, sementara sebagai kekuatan pre-emptive strike, kemampuan reaksi pespur maritime strike untuk mencapai hot spot dengan kecepatan supersonik jelas bukan tandingan kapal perang, apalagi panjang total perbatasan laut RI puluhan ribu km, dibutuhkan kemampuan menggeser kekuatan pencegat yang signifikan ke setiap titik dengan cepat…

    • Matur suwun penjelasannya

  71. semoga terkirim semuanya ke NKRI sebelum tahun 2020. karena 60% kekuatan militer asu akan di pindah ke darwin dan semua pangkalan militer sekeliling indonesia. semoga presiden Jokowi tidak menandatangani perpanjangan kontrak freeport yg akan berakhir 2021, sudah cukup sudah… cukup sampai di sini saja (kontrak freeport-nya)

  72. Setiap pagi di wiliyah kab.tulungagung ada 2 pesawat jet yg terbang sangat rendah,kiraΒ² sdg patroli pa latihan y?

 Leave a Reply