Oct 192018
 

Jet pembom tempur Su-34 Fullback Angkatan Udara Rusia (VKS) © Kemenhan Rusia via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dengan persenjataan yang mampu menghancurkan target darat, Rusia juga ingin mengubah Su-34 menjadi mimpi buruk bagi lawan dengan peralatan terbaru.

Menurut Sputnik, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia akan mengadakan tender tertutup untuk penyelesaian pembom tempur Su-34 agar dapat menggunakan wadah pengintai terpadu. Dokumen terkait dipublikasikan di situs web pengadaan publik.

“Kementerian Pertahanan Rusia telah mengumumkan peluncuran tender tertutup untuk layanan dan pengawasan teknis pesawat udara dan skadron pengintaian udara yang disetujui oleh Kementerian Pertahanan”, menurut pernyataan itu. “Pesawat Su-34 dapat mengadopsi wadah pengintai terpadu dan memasang suspensi tambahan”.

Berdasarkan dokumen tender, empat pembom tempur pertama akan dilengkapi dengan peralatan baru. Selain itu, Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang Su-34 terbaru.

Pesawat pembom tempur Su-34 Angkatan Udara Rusia © Dmitriy Pichugin via Wikimedia Commons

Sementara itu, menurut sumber Izvestia, dalam waktu dekat, pembom tempur generasi berikutnya Su-34 akan dapat sepenuhnya dipertahankan setelah Rusia menambahkan kompleks pengumpulan intelijen (jammer) yang tidak hanya bisa mendeteksi tetapi juga menyerang sistem komunikasi dan kontrol pesawat musuh.

“Jammer canggih untuk pembom tempur Su-34 telah menyelesaikan tahap pengembangan dan memasuki uji lapangan”, tulis Izvestia mengutip pejabat militer senior yang tidak disebutkan namanya.

UKR-RT adalah sistem pengawas radio elektronika mutakhir yang dirancang untuk bisa dipasang pada pembom tempur Su-34 yang memungkinkannya untuk mendeteksi dan melokalisasi target serta untuk tugas-tugas seperti : menyerang markas musuh, pusat kendali komunikasi, stasiun radar dan drone.

Angkatan Udara Rusia menguji pod UKR-RT – Signal Intelligence (SIGINT) dan Electronic Intelligence (ELINT) – sejak bulan September 2016.

Pembom tempur Su-34 dibuat dari material khusus yang mampu lolos dari “kepungan” dari pesawat pengintai elektronik generasi berikutnya. Selain dari itu, Su-34 pun memiliki beberapa keunggulan lainnya.

Di masa damai Anda dapat melakukan pengintaian lebih bijaksana tanpa menggunakan pesawat pengintai, dan selama perang, Su-34 jelas kurang rentan dibandingkan sistem pengumpulan intelijen lainnya.

  10 Responses to “Su-34 Menambahkan Mimpi Buruk Bagi Lawan”

  1.  

    Semoga Indonesia juga memiliki.

    https://www.youtube.com/watch?v=FTSOKWXx6VU&app=desktop
    Informasi tambahan insyaallah bermanfaat. Aaammiiinn.

  2.  

    kemampuan itu sama seperti Sukhoi SU-25 Frogfoot tapi juga melakukan misi pembom tempur mirip seperti Boeing F-15E Strike Eagle mantap rusia kemampuan pespur anda di atas pespur Amerika.

    •  

      Su-34 itu versi pengganti Su-24… dan itu sebenarnya sejenis dengan F-111, hanya saja USA menghentikan versi itu, bahkan sistem lengan ayun F-14 juga di pensiunkan mungkin karena Iran memilikinya sehingga ingin menghentikan sucadnya sampai F-14 iran benar tidak mampu lagi terbang…
      Su-25 adalah pesawat tempur ringan, dan F-15E adalah superioritas Udara seperti yang di inginkan USAF… Su-34 adalah bomber yang memiliki kemampuan sebagai pesawat tempur, sehingga mampu meladeni ketika harus bertempur dengan pesawat tempur superioritas udara…
      Ini adalah jenis pespur unik dengan pilot tandem bersebelahan… dan untuk saat ini, pesawat bomber jauh lebih berperan dalam medan operasi militer seperti di Suriah….

  3.  

    nilai tambah pesawat rusia adalah model pesawatnya unik tp mematikan .
    bukan cuma tampang doank tp jeroanya kalah sm pesawat rusia.
    mf kl ada yg compliant.

  4.  

    MUDAH-MUDAHAN TNI AU MAMPU UNTUK PENGADAAN SU-34

  5.  

    Pesawat multi peran sudah cocok bagi SU35 untuk melengkapi penderitaan lawan, jadi tak perlu lagi Indonesia beli pesawat tempur lain….

  6.  

    Su-34 Fullback the Long Striker Bomber Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=29QwpTVcswE

  7.  

    Sukhoi Su-34 Fullback/ Platypus – Pesawat Fighter-Bomber

    https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/sukhoi-su-34-fullback-platypus-pesawat.html

  8.  

    Ada berita isinya seperti berikut:

    Sekadar diketahui, kerja sama KFX dan IFX rencananya dimulai tahun 2022. Bahkan bakal diproduksi PTDI dan purwarupanya diharapkan uji coba pada 2020 mendatang. Sementara untuk pembelian Sukhoi S-35, Indonesia rencananya akan membeli pesawat itu sebanyak 11 pesawat. Dua pesawat di antaranya akan tiba pada tahun depan.

    Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan dan Komunikasi Kementerian Pertahanan, Brigadir Jenderal (TNI) Totok Sugiarto, menjelaskan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) militer Indonesia masih menggunakan yang dulu belum ada penambahan kecuali Sukhoi.

    Jadi selama ini belom jd kerjasama?

    •  

      mungkin 2022 kerjasama ujicoba prototype sampai layak produksi, masalahnya indonesia masih nego pembiayaan ke korea dan simpangsiur kerja sama ini, diharapkan 2026 pesawat masuk tahap awal operasional.

 Leave a Reply