Su-34…Pembom Paling Aman dengan Perlindungan Titanium Tebal

Pesawat pembom Su-34 Rusia bisa dianggap sebagai salah satu pesawat tempur paling aman di dunia karena dilindungi lapisan titanium yang tebal, dan kini perusahaan dirgantara Sukhoi di Novosibirsk sudah mengembangkan fasilitas pengelasan mesin khusus EBW (Electron Beam Welding) dengan ruang vakum untuk perakitan pesawat pembom Su-34.

Pengelasan lempengan titanium merupakan salah satu tahapan produksi pesawat yang paling memakan waktu, karena sistem pengelasan logam berteknologi tinggi seperti untuk pembuatan pesawat ruang angkasa, pesawat terbang dan kapal adalah operasi pengerjaan yang paling kompleks.

Perakitan SU-34 Fighter Bomber

Beberapa tahun lalu sistem pengelasan titanium dilakukan oleh spesialis las dengan cara manual sehingga memakan waktu lama. Pengelasan lembaran hingga ketebalan tiga milimeter memang tidak membutuhkan perlakuan khusus, tetapi untuk pengelasan lembaran titanium yang lebih tebal tidak bisa dilakukan sembarangan karena membutuhkan persiapan dan ruangan yang khusus. Pengelasan manual juga sangat tidak sesuai untuk produksi pesawat dalam skala yang besar.

Sistem pengelasan dengan komputer electron di ruang vakum tidak hanya dapat menyelesaikan pengelasan yang lebih rumit dengan lebih cepat tapi juga lebih aman dari kontaminasi.
Bmpd.livejournal.com
Editor : Muhidin

Tinggalkan komentar