Jul 302018
 

dok. Su-34 Rusia (photo: Alex Beltyukov via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – Pada tanggal 24 Juli, sebuah grup jet tempur Rusia, termasuk Su-30, Su-24, Su-25 dan Su-34 berpartisipasi dalam latihan militer di Laut Kaspia bersama dengan Angkatan Laut Rusia, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Setidaknya pesawat tempur Su-34 meluncurkan 2 rudal hipersonik Kh-31 dengan sukses selama latihan militer Rusia di Laut Kaspia yang terangkum dalam sebuah video yang dipublikasikan di YouTube. Video itu menunjukkan rudal-rudal itu mengenai sasaran mereka di laut.

Target tersebut kemudian tenggelam akibat kerusakan lambung. Tidak jelas model rudal Kh-31 yang mana yang telah digunakan dalam latihan tersebut.

Latihan militer Laut Kaspia menunjukkan sejumlah model jet tempur Rusia, termasuk Su-30, Su-24, Su-25 dan Su-34, serta setidaknya ada 10 kapal perang Angkatan Laut Rusia yang bekerja bersama-sama untuk mendeteksi target dalam latihan di laut dan menyerang mereka. Latihan tersebut dilaksanakan pada 24 Juli.

Kh-31 (NATO menyebutnya AS-17 Krypton) merupakan rudal udara-ke-permukaan anti-kapal hipersonik, menjadikannya target yang sulit untuk pertahanan anti-rudal. Rudal itu dapat mengunci sumber emisi radio dari target dan, tergantung pada modelnya, itu dapat mencapai target dalam jarak 15 – 110 km untuk varian dasar Kh-31A atau 7,5 – 160 km untuk varian Kh-31AD.