Jan 292016
 

SU-35

China akan mendapatkan pesawat tempur Su-35 buatan Rusia, setidaknya pada akhir tahun 2017, dan China mengeluarkan anggaran senilai US$ 2 milyar untuk mendapatkan ke 24 pesawat Su-35 dari Rusia.

Selama ini beredar berita, alotnya pembelian Su-35 oleh China karena syarat transfer teknologi (terutama mesin) dan kekhawatiran pengkloningan Su-35 seperti yang sering dilakukan China selama ini.

Pada tahun 1995 China menandatangani kesepakatan senilai US$ 2.5 milyar untuk lisensi dan produksi 200 pesawat tempur Su-27SK, yang diberi nama J-11A. Pada tahun 2006, Rusia membatalkan kontrak setelah mengetahui China secara diam-diam merekayasa dan membangun pesawat tempur buatan China, J-11B yang dilengkapi dengan persenjataan dari China.

Saat ini China juga kesulitan mengembangkan mesin pesawat yang kuat dan canggih untuk memperkuat pesawat tempur siluman buatan China J-31 dan J-20. Mesin yang digunakan pesawat tempur siluman China masih lemah dan ‘ngebul’ (asap berlebih).

Tapi benarkah kekhawatiran akan pengkloningan dan transfer teknologi yang menghambat kesepakatan pembelian Su-35 oleh China.

Sebenarnya terhambatnya proses pembelian itu juga dikarenakan kesulitan Insinyur Rusia untuk menuruti kemauan dan tuntutan dari China.

Pihak China menuntut modifikasi khusus pada cockpit dengan tampilan bahasa China dan kemampuan pengintegrasian Su-35 dengan persenjataan dari China.

Pesawat tempur Su-35 yang dibangun dengan modifikasi khusus untuk China ini nantinya diklaim lebih canggih dari Su-35 versi Rusia.

Bagikan :

  27 Responses to “Su-35 China Diklaim Lebih Canggih dari Su-35 Rusia”

  1.  

    haaa?? masa sih? yg bener aja ah…

  2.  

    hmmm..percaya nggak ya ???

  3.  

    mosoookk..lebih canggih pas nyungsep maksudnya??

  4.  

    Ooohh… seperti ituuuu…?

  5.  

    Kok bisa versi EKSPOR lbh CANGGIH dari yang ASLInya..:)

  6.  

    mungkin sudah penta core

  7.  

    Punya Kita bisa ngilang

  8.  

    Wajar toh su 35 nantinya cuma jdi fighter lapis ke 2.lgian itu politik entah cina ato rusia buat NATO,biar gak bisa bobo mkirin LCS

  9.  

    Ijin ketawa bung…
    Wkwkwkwkwk…

  10.  

    SU-35 indonesia jauh lebih banyak dari china..
    Banyak pertimbangan.
    Banyak pengkajian.
    Banyak pembahasan.

  11.  

    Anda memang top-markotop gan… Lanjutken (lamanya)…

  12.  

    Mungkin motto lama masih berkumandang…
    1. “Kalau bisa lambat kenapa mesti cepat”
    2. “Kalau bisa mahal kenapa mesti murah”
    3. “kalau bisa dipersulit kenapa mesti dipermudah”

    dan + (makai istilah plus yg sekarang lg ngetrend, spt HSPA+, 4G+, Salon++, dst);
    + biar alon2 asal nyungsep

  13.  

    Terbaeeek….

  14.  

    yg muhmet tu pr insinyur ruski la pd ga bs bhs mandarin, lgian klo bljr bhs mandarin bs ga slesai2 buat pesawatnya, china pinter bli pesawat yg lbh canggih d byr cash sdg om ruski sdg bth duit cash tuk buat dapurnya tetep ngebul, klo ga nurut, china ga bli

  15.  

    skrg negara yg pny bnyk duit d penghujung jaman akhir ini sblm PD III adl cm china, sdg mamarika aj dah bokek sampe utang trilyunan ma china sdg jepang kembang kempis napasnya, om ruski jg bokek, eropa jg sm kembang kempis, indonesia mlh ngutang ma china jg trilyunan

  16.  

    pdhl china adl negara yg sk copy paste produk negara lain mlh jd kaya raya sdg negara pembuatnya mlh bokek, knp bs bgtu krn china pny prinsip jiplak jual dgn hrg murah sdg negara pembuat produk jual dgn hrg setinggi langit akhirnya mlh krg laku krn pr pembeli pny duit pas2n

  17.  

    Dipasang radar aesa dan rudal pl 15 sama china

 Leave a Reply