Sep 142015
 
Sukhoi SU-35

Sukhoi SU-35

Berita koran Jawapos Senin, 14/09/2015 memberitakan, alutsista impian TNI AL dan TNI AU direncanakan hadir tahun 2019. Menurut Kapuspen TNI, Mayjen Endang Sudik, alutsista pilihan TNI AL berupa kapal selam Kilo class dan pesawat Su 35 pilihan TNI AU mudah-mudahan hadir sebelum tahun 2019.

sukhoi-22

Berita ini disambut gembira TNI AL yang membutuhkan minimal 12 unit kapal selam. Kepala Dinas penerangan TNI AL menambahkan, Indonesia sangat luat dan memerlukan kapal selam lain selain 2 unit Cakra Class maupun kapal DSME 1400 yang rencananya akan diserahkan kepada TNI AL sekitar tahun 2017.

Bersamaan dengan itu juga TNI AU memilih pesawat ‘Super Flanker’ SU 35 sebagai pesawat pengganti armada F5 Tiger yang telah menua. Rencananya TNI AU akan membeli satu skadron pesawat berserta amunisinya. Dan pada akhir kata, TNI AU menambahkan, pengadaan ini kemungkinan bisa bertambah.

GarudaMiliter.Blogspot.com

Berbagi

  86 Responses to “SU-35 dan Kapal Selam Kilo Diterima Sebelum 2019”

  1.  

    PERTAMAAAAXXXX!!!!

    •  

      Mantaplah tambah terus alusista kita…

      •  

        Jika benar datang thn 2019, ini termasuk cepat, karena RI memang agak terlambat menentukan pilihan terhadap SU-35,,,
        Pengadaan ini kemungkinan akan bertambah, jadi ini memang program jangka panjang, tentu tergantung anggaran dan politik,,,

        •  

          Kalo benar sebelum 2019, berarti sebenarnya barang-barang itu dah ada, tapi baru grand launching ntar maksimal 2019 πŸ™‚ , kemungkinan karena udah ndak bisa disembunyikan lagi alias sudah saatnya di tunjukkan ke muka dunia πŸ˜€ IMHO

  2.  

    Amiiiiiin

    •  

      Kilo 636? Vietnam sudah ada 3 kilo 636 sisa 3 lagi siap dikirim

      2019 Vietnam bisa2 sudah 6 kilo 3 amur belum lagi ngomongin Singapura

      Kita masa iya taon 2019 cuma kilo 636? apalagi kalau ternyata ambilnya yang 877?

      Ambil Semur dong biar layak ditunggu xixixi…

      •  

        Dan 1 satu hal lagi anda tidak akan ingat jumlah kapal selam kita lagi, karena kita sudah membangun kapal selam sendiri.:D…

      •  

        Kalo Amur sama Kilo 636 rasanya saya pilih Kilo bung. Amur itu ukurannya ga beda jauh dengan Chang Bogo. Beda dengan Kilo yang dimensi dan bobotnya jauh lebih besar. Dan memang ini sangat jelas kalau kita butuh kapal selam sekelas Kilo untuk menandingi Kapal Selam Australia kelas Soryu yang rencananya dipesan dari Jepang. Kalo cuma sekedar Malon atau Upil sih, cukuplah dicegat pake Chang Bogo

      •  

        jangan underestimed dulu bung, untuk mengakuisisi SU35 dan kilo itu tidak semudah seperti halnya vietnam mengakuisisi produk2 rusia, kita diapit oleh 2blok yang mana pemilihan sista tersebut bisa diartikan kepemihakan blok oleh blok lainnya.

        salut untuk pemerintah yang secara berani merilis berita resmi tentang akuisisi produk2 tersebut diatas.

      •  

        kilo 12 biji +cokro dan nanggalan 2=14 + changodngo 3 = 17 masa ia masi kurang jg, lumayanlah buat ronda2 di 3 ALKI.

        •  

          minimal 12 kapal selam untuk menjaga nusantara? berarti masih nambah terus dan 12 gak cukup karena KS juga butuh istirahat perbaikan maka perlu cadangan 12 lagi jadi 24.
          2 ks lama + 12 kilo + 6 cbg + 4 ghoib.

  3.  

    Mantaaab

  4.  

    Semoga cepat datang. Aamiinn..

  5.  

    test

  6.  

    Perlahan namun pasti drap List TNI mulai nyata , semoga TNI makin kuatdan NKRI makin jaya .

  7.  

    sekaligus s300nya gak tuh???

  8.  

    2016 atw 2017 atw 2018, tapi mudah2an pengiriman pertama bisa datang antara th 2015 s/d 2016, dan pengadaan nya ditambah dgn SU-34 Fullback, S-300/400, destroyer dll !!!

  9.  

    Perlahan namun pasti Drap List A1 TNI mulai jadi kenyataan , semoga TNI makin kuat dan NKRI makin di segani…terbanglah GARUDA

  10.  

    alkhamdulillah. kilo yes. su-35 engge. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ bahagia nya

  11.  

    Semoga cepat terlaksana Dan tidak ada yang merintanginya…berarti kandang2nya udah jadi ya…kira2 berapa rudal S-clubnya..yg akan dibeli..xixixi..yg versi largo beli gak yah….kan Ada penambahan rel kereta api…Dan yg ngerjakan kelihatannya Russia…kalo salah…tolong diluruskan ya om….

  12.  

    Bung diego, sama yg di sebelah sana juga ya, salam kenal dan sehat selalu tuk semua

  13.  

    smoga cobek n angsa putih dipinang juga TNI AU.

  14.  

    Bersamaan dengan itu juga TNI AU memilih pesawat β€˜Super Flanker’ SU 35 sebagai pesawat pengganti armada F5 Tiger yang telah menua. Rencananya TNI AU akan membeli satu skadron pesawat berserta amunisinya. Dan pada akhir kata, TNI AU menambahkan, pengadaan ini kemungkinan bisa bertambah.

    yang bertambah itu apanya ya?? sampe ++++++ gitu? hehe

  15.  

    tah kitu atuh

  16.  

    mantap…. pak

  17.  

    borong smuanya pak.. senjata senjata tercaggih rusia skarag ini kya zaman presiden soekarno dlu.. mantap deh.. bkin ttagga panas dingin…. mak nyus…

  18.  

    Amiiinnn….

  19.  

    smoga cobek dan angsa putih di pinang juga sama TNI AU.

  20.  

    smoga TNI AU juga meminang cobek ama angsa putih.Aamiin.

  21.  

    wuihhh sudah di publish berartiiii….barang nya sudah ada disini yah

  22.  

    Lumayanlah … Mesti tambah kayanya nanti.

  23.  

    Kira kira mistral sama 099 akan dipublish gk nihh bung diego..??

  24.  

    Akuu akaaaaaan sabaarrr koooooooo, tenang z :@

  25.  

    Absen aja deh … Hidup buruuuh … πŸ™‚

  26.  

    Semakin Cepat Semakin Baik

  27.  

    2019? … berarti cuma 2 yang mau dimunculkan …. trus yang 10 biJi lagi kapan? tahun 2022? …. πŸ™‚ πŸ™‚

  28.  

    mudah2an pemerintahnya kuat iman..

  29.  

    Harusnya malah lebih dan Lebih……

  30.  

    Kangen komen2nya bung narayana udh lama kok gk mncul,kemana ya beliaunya,ada yg tau?

  31.  

    Selamat para bung sekalian…
    Kita akan disuguhkan berita berita indah nan elok dr su 35 dn kilo kilo papa carli…..
    Saking terbuainya….kita akan dijauhkan dari gosip gosip pengadaan alutsista yg Utama dr Utama nya…
    Sebagai contoh…kapal pengganti frigate van speijk…pembangunan radar oht ama payung udara nya…ato beli rudal balistik…hehehehe…pinter jg nieh kita nya tni dn pemerintah…
    Imho

  32.  

    Dan yang Ghoib pun akhir-nya bermunculan satu-persatu. TERBUKTI..!!

  33.  

    stroooooooooooong and silentttttttttttttttttttttttttttttt

  34.  

    gak nyangka ya…
    gak ada kabar tender dan sign kontrak.. tiba2 buat pernyataan 2019 smg sudah datang.. tipe dan jumlah nya wartawanya gak tau ya.. masih kira2 kan.. jgn sampai tau.. apalagi senjatanya yg di kandung.. hehehehehe

  35.  

    Kadang apa yg di lihat bkn lah hal yg sebenarnya.

  36.  

    jujur saja lebih baik beli yang ada tot buat kemandirian bangsa beli su35 strong tapi gk ada tot buat apa su35 jg produksinya masih sedikit kalau ada kerusakan juga sparepartnya pasti susah/langka ambil barang rusia yang pasaranya sudah ada su27/su30 sparepart jg gk ribet dr china jg bisa dr rusia jg kapan mandirinya ini bangsa ngomong kaum nyinyir ngomong nasionalis apaΒ² beli jadi yg gk bisa buat belajar mandiri
    ibaratnya rusia n as sama saja pelit tot beli banyak tapi gk di kasih ilmu
    entah kenapa kalau beli barang eropa ketengan dapet ilmunya + dari korea dapet ilmunya

    •  

      Ini karena mendesak bung LCS semakin panas n tetangga msh rese klo nunggu yg ToT bs kena gulung kita, naah jgn khawatir selain beli yg sangar2 walau mahal pemerintah ttp berusaha mandiri dlm alutsista tp harap sabar cz pembuatan alutsista itu risetnya mahal dan lama. Sdgkn anggaran riset kita cmn 0,08 dr PDB bandingkan dgn Singapura yg 2% dr PDB

  37.  

    Utamakan absen

  38.  

    ko bisa cepet ? trus tumben ga da yang bilang duite sopo,jarwo ?

  39.  

    jngn tni AL dan AU wong sy aja sneng.a gk ktulung dngr pemerintah jadi ngmbil su35 dan amur class πŸ˜€

  40.  

    πŸ™‚

  41.  

    Kantong Kresek mu endi cak, sing arep hoex hoex…

  42.  

    pembuatan KS kilo memerlukan waktu kira-kira 4 tahun, apalagi kalau jumlahnya lebih dari satu, sekarang Tahun 2015 hampir habis sebentar lagi 2016 tiba, belum ada berita tanda tangan kontrak KS Kilo sementara Panglima bilang sebelum 2019 KS Kilo sudah datang …

    dari tanda tangan kontrak sampai kontrak dinyatakan efektif berlaku bisa memakan waktu berbulan-bulan …

    semua ini TIDAK MASUK AKAL dari segi waktu bahkan jika pekerja Rusia disuruh kerja paksa / kerja rodi sekali pun … karena mereka punya banyak project 636 dengan negara lain, bukan cuma Indonesia (www.deagel.com)

    sepertinya ini sudah lama dan sudah saatnya beritanya dimunculkan, dan yang jelas TIDAK MUNGKIN rakyat awam seperti saya berani mengatakan pak Gatot mabuk kecubung karena menyebut 12 Kapal Selam sekelas Kilo (vietnam saja cuma 6) atau pun berkata :

    12 KS Kilo ? duite sopo ?

    selain itu bikin kapal selam juga harus antri, siapa yang pesan duluan akan dapat duluan, siapa yang pesan belakangan maka biasanya juga dapatnya belakangan …

    jika sebelum 2019 sudah masuk maka itu artinya selama ini adalah SINETRON / SANDIWARA … he he he … mantap panglima !!! jangan lupa S-300/S-400 nya pak Gatot hehe …

    •  

      @ Bung Rudi. Setubuh. Idem. Cukup geli mendengar sebelum thn 2019 sejumlah Kasel Kilo datang ke Indonesia. Secepat itukah…? Ataukah sudah saatnya diungkapkan secara halus, kita sdh punya…?

    •  

      Klo sebelum th 2019 berarti paling lama 2018 ! Jadi cuma 3 th! Klo kontraknya th depan berati cuma 2 th. ! Hihi….. super cepat ! Utk pengadaan 1skuardron dan 10 kapal selam ! Galangan kapal mana yg sanggup ??? Hihihi….. Mau ngatain Panglima TNI Hoax….. ??? Hihihi…
      Militer itu wilayah abu2, informasi ga begitu aja ngalir kaya baca pos kota ! Aliran resmiah kadang malah suka keblinger sama media, tp aliran ghoib juga kadang suka kebablasan ngayalnya haha…. jadi ikutin aja sinetronnya haha….

    •  

      sepertinya waktu pembatalah hibah yang 10 itu sekalian sign kontrak yang baru.

  43.  

    asiiiiiek

  44.  

    @CEUK AINK GE
    Bukan awas lagi bung, tapi sudah pasti ada gerakan yg akan menghambat. Bukan soal pemerintah kita yg harus kuat. Rusia juga harus kuat. AS beberapa tahun lalu saja bisa membujuk Rusia utk menunda pengiriman rudal S-300 ke Iran. AS ‘kartu’ nya banyak. Tinggal pemerintah kita yg harus pinter2 nge-lobby Rusia juga. AS-Rusia kan sering banget suka ada kesepakatan rahasia klo sama2 untung. Salam bung

  45.  

    SU-35 dan Kapal Selam Kilo Diterima Sebelum 2019…Minimal setiap Tahun 20 persen kehadirannya….Dimulai Tahun ini 2015..20 persen…2016 = 20 persen.. 2017 = 25 persen, 2018 = 25 persen, dan sisa 10 persen di 2019…..Komplit deh

  46.  

    wakakaka … 2015 diterima 20% ? cepat kali jadi kapal selamnya … emang kapan tanda tangan kontraknya ? jangan-jangan pesen empek2 kapal selam dari palembang … hee … maaf cuma bergurau bro … peace ah …

  47.  

    Makanya pengadaannya dgn skema NDA….,biar bias, g banyak yg tau..,pokoke kita2 percaya kpd TNI aja,hankam kita kuat…! Kalo di tongolin semua lewat media,sipri,dll….lha musuh pada bikin anti dotnya dong…

    Utk urusan pelanggar batas dari tetangga ,ya g perlulah sampe nongolin alutsista yg gahar2…,musuh bisa aja mancing biar keluar incarannya agar bisa bikin antidotnya.
    Kalo negeri sudah kondisi perang,barulah alutsista yg gahar2 pada berdatangan dari segala penjuru…

    Jadi,wajar kan kalo g semua alutsista pengadaannya g terbuka,dan barang2nya jg di tongolin. ?

    •  

      @bung blt07 tak apa22 kalo kita ketahuin itu bukan selama ini alussita paling kekurangan itu au,al dan baru darat,kalo tidak dipublikasi(seperti saya kutip tanda dikebiri)saya pengemar resmiyah atau reaslitic.

      kasus 2003 bawean akhirnya sukhoi datang(akhirnya kita ketahuan kekurangan alussita kita tidak bisa mengembuk)2012 kapal patroli kena jaming dinatuna oleh coastguard tetangga jauh,nah kedatangan elbot,leopard,tucano,mlrs biarpun belum semuanya disitu kelihatan kita diatas/elite kelabakan merencanakan alussita dr jaman pak harto sampai sekarang.kasal aja bilang jgn jd diskusi dan wacana(itu bintang 4 loh)pak chappy biarpun pensiun jgn bangun au ecek22(pensiunan bintang 4 juga)

      sebagai opini pribadi saja

      salam selalu bung semoga sehat dan sejahtera saja:)

  48.  

    Pd 2010 katannya kilo akn dtg 2014..skrg sdh 2015 katanya dtg 2019 pula..pusing

  49.  

    amin semoga tidak delay,wacana atau diskusi 10 tahun lebih,jgn lupa alussita apa aja diborong dikit(leopard,chinook,apache,amraan,s300 atau 400,buk kalo bisa pac3,pesawat angkut dan tankers,kalo tot tank,pesawat angkut bolehlah,maksud ditambah,ngk ada dibeli)sesuai krisis gombalisasi dan krisis geopolitik,siap alussita biarpun lambat penting ada,drpd tidak ada sama sekali,bukan mau perang tapi siap kalo diserang(sedia payung sebelum hujan)

    salam damai selalu

  50.  

    Lanjutkan dengan Pakfa..

  51.  

    Hadirrr…

    •  

      Bila Su35 sdh dipesan (resmiyah) berarti cobek dah ada dimari (ghoibiyah), bila Kilo class lgi dipesan berarti Astute dh juga ada dimari, begitu juga kalo S 300 dh dipesan kali aja S 400 ada disini, hahaha….
      Dagelan militer TNI, toplah….

  52.  

    Yg terbaik untuk bangsa ini, terus dan lanjutkan..libas semua musuh yg mengganggu kita..

    Menurut ane perbanyak aja kapal selam kita.

  53.  

    matorsuwon

  54.  

    PASTI JADI.. sy faham tipikal pa JOK… selalu berlaku BEST OF THE BEST dan selalu cari BEST OF THE BEST… produk USA pasti dikepret, NO MORE EMBARGO..!!! PA JOK BUKAN PRESIDEN ANGIN-ANGINAN !!! (aslinya ‘sadis’ die, macan kurus…. xixixixixi….)

  55.  

    Jaman jokowi itu nga ada yg di sembunyi sembunyiin. Wong haus publikasi, malahan yg nga ada aja di klaim ada..

  56.  

    Wah lucu bener nih komen bung cacus…ha ha..apa hubungan presiden sama ghoib2an. mbok kalo gak suka jangan sampe segitunya bung. Malu jadi warga JKGR…

  57.  

    Selalu menunggu kehadiran su35..kilo class pun tak lupa..XD

  58.  

    SU35 KILO di rahasiakan negara maka pas dunia krisis, TNI mempublikasikan akan membeli…lha wong udah di palu sama di pantai selatan. Belum lagi publish Typhoon bekas inggris.

  59.  

    kapankah sih kenyataan nya , SMOGA NEGARAKU SEMAKIN KUAT DAN DISEGANI SEMUA BANGSA DI DUNIA INI , JAYA INDONESIAKU

  60.  

    s400 nya klw da duit baru enak bobo sambil ngelonin radar nya udeh banyak tu karang tingal nyari ikan nya buat makan bocah hehehe

  61.  

    dan sampai th 2018 smua barang diatas blon pada nongol…:P πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜›

 Leave a Reply