Dec 102014
 
Sukhoi SU 35 Rusia

Su-35 diakui Amerika sebagai jet tempur paling kuat saat ini

Sukhoi Su-35S Flanker-E adalah jet tempur yang paling kuat saat ini yang beroperasi di Angkatan Udara Rusia. Pesawat tempur bermesin ganda ni, merupakan turunan Su-27 yang lahir pada era Uni Soviet.

Jet tempur SU-35S merupakan pesawat dengan kemampuan terbang tinggi, cepat serta kemampuan membawa muatan yang besar. Dikombinasikan dengan peralatan avionic yang canggih, membuat Su-35 sangat berbahaya untuk setiap pesawat tempur AS. Barangkali hanya F-22 Raptor yang mampu mengimbangi pesawat super maneuver ini.

“Ini adalah pesawat yang besar dan sangat berbahaya, terutama jika mereka dalam jumlah besar,” kata seorang pejabat senior militer AS yang punya pengalaman luas dengan pesawat generasi kelima. “Saya pikir bahkan radar AESA [active electronically scanned array-radar yang dipasang di F-15C Eagle) dan Boeing F/A-18 E/F Super Hornet akan sulit untuk melawan Su-35.

Seorang pilot Super Hornet Amerika alumni sekolah elit Top Gun memberi penilaian serius tentang pesawat ini. “Menurut saya peluang Su-35 melawan sebagian besar platform kami sangat tinggi, dengan mungkin pengecualian dari F-22 dan F-15C,” kata penerbang angkatan laut itu. “Saya menduga F/A-18 E/F dapat menahan mereka  dan F-35 pesawat siluman akan menjadi lawan sulit bagi Flanker-E.”

Tapi seorang pejabat Angkatan Udara yang berpengalaman di Lockheed Martin F-35 Joint Strike Fighter mengatakan bahwa Su-35 bisa menimbulkan tantangan serius bagi jet siluman Amerika yang baru. F-35 dibangun terutama sebagai jet tempur yang tidak memiliki kecepatan atau kemampuan terbang tinggi seperti yang dimiliki Su-35 atau F-22. “Kemampuan Su untuk terbang tinggi dan cepat merupakan masalah besar, termasuk untuk F-35,” kata pejabat Angkatan Udara.

F-22 U.S. Air Force di Joint Base Elmendorf-Richardson, Alaska

F-22 U.S. Air Force di Joint Base Elmendorf-Richardson, Alaska

Sebagai jet tempur superioritas udara, keuntungan utama adalah kombinasi kemampuan ketinggian dan kecepatan yang tinggi  yang memungkinkan jet tempur memiliki kekuatan maksimum untuk menyerang, terutama dengan menggunakan rudal udara ke udara jarak jauh.

Su-35 mampu meluncurkan senjata pada kecepatan supersonik tinggi sekitar Mach 1,5 pada ketinggian lebih dari 45.000 kaki. Sementara  F-35 akan banyak beroperasi di kisaran 30.000 kaki pada kecepatan sekitar Mach 0,9.

Su-35 Flanker dibangun dengan badan pesawat yang kuat, yang terbukti telah melebihi kinerja aerodinamis dari Boeing F-15 Eagle. Tetapi Su-35 justru lebih ringan, memiliki daya dorong vectoring tiga dimensi, avionik canggih dan kemampuan jamming yang kuat.

“Mesin yang kuat besar, kemampuan supercruise untuk waktu yang lama dan avionik yang sangat baik membuat platform ini benar-benar sulit tertandingi,” kata salah seorang pilot Raptor. “Peswat ini dianggap sebagai generasi 4++  karena di dalamnya memiliki kemampuan yang lebih. Jet ini  memiliki radar scan pasif dengan kemampuan boresight besar dan jamming Suite yang sangat baik.”

Penambahan kemampuan electronic attack (EA) atau serangan elektronik memperumit masalah bagi jet tempur Barat karena jammer canggih dari Flanker dapat membutakan radar darat  dan efektif mengacauakan radar onboard termasuk radar rudal udara ke udara AIM-120 AMRAAM buatan Amerika.

Pilot RNlAF (Belanda) Mayor Laurens Vijge,   beri hormat kepada kepala kru Lockheed Martin  saat  taksi keluar untuk penerbangan pertama F-35A Lightning II. (USAF photo by Samuel King Jr.)

Bahkan pesawat siluman terbaru F-35 akan sangat sulit melawan Su-35

Selanjutnya, pejabat Angkatan Udara menambahkan bahwa versi modern dari jet tua Amerika akan dalam masalah serius ketika menghadapi flanker varian baru “Saya akan mengatakan generasi keempat kami dengan kemampuan AESA bukan tantangan besar,” kata pejabat itu.

Menurut mereka penambahan radar AESA tidak benar-benar memecahkan masalah. “Kami-Departemen Pertahanan AS sudah berusaha tetapi belum mampu untuk mengejar kemampuan EA,” kata pejabat Angkatan Udara yang juga berpengalaman di F-22 Raptor.

Keunggulan lain adalah kemampuan Su-35 membawa rudal udara ke udara dalam jumlah besar. “Satu hal yang saya sangat suka tentang Su-35 adalah bahwa pesawat ini seperti truk berteknologi tinggi dapat membawa satu ton rudal udara-ke-udara,” kata pilot Angkatan Laut.

Meski di atas kertas, Su-35 memang sangat menakutkan, tetapi salah satu pilot F-22 menambahkan “Apakah mereka bisa menerjemahkan itu ke dalam taktik (jika tidak maka tidak ada gunanya)”

 by, ANDRI CAHYADI

Sumber: http://nationalinterest.org/feature/the-russian-bear-roars-the-sky-beware-the-deadly-su-35-11799

Bagikan Artikel:

  299 Responses to “Su-35 diakui AS Sebagai Jet Tempur Paling Kuat”

  1. sudah adakah disini ??

    • Tunggu apa lagih…B.U.N.G.K.U.S

    • Apa ada yang punya gambar SU 35 yang sudah dimari yang bukan editan? ngarep banget photonya segera nongol, dan dibabar dengan jelas…

      • RI belum pesen Bung Wong,,kita realistis,,kan pembeliannya terhambat krn duitnya kesedot bayar hibahh F16..mesti ada perubahan haluan teknis & politik utk bs bener2 membeli SU 35BM,,kemauan kuat & konsisten dr pejabat pembuat keputusan,,Pabrik Sukhoi lg memproduksii utk AU Rusia & belakangan China dah pesen

      • menurut beritanya sudah bung hanya jumlahnya yang terbatas…Anda saja yang kurang jeli mengunyahclue-clue yang disampaikan para pengawal NKRI

        • Bung Itto, terimakasih masukannya. Bung Siluet dalam hati saya yakin bahwa SU 35 sudah dimari sesuai clue-clue yang sudah dibabar di JKGR dan PATGA, saya faham sebagai rahasia kekuatan negara tidak mungkin semua alutsista diexpose ke publik. Tapi saya betul-betul berharap ada yang bisa upload gambar SU 35 berbendera merah putih,,, ngarep Bung… Salam kenal…

          • saya yakin Bung Wong..@ sudah ada dimari, inget para pimpinan pengawal NKRI menyatakan kekuatan militer Indonesia akan ke 10 beberapa tahun kedepan…sekarang ke 19. loncat ke 9 digit perlu peralatan perang yang mutakhir dan kuat. tidak mungkin penggede kita hanya OMDO pasti sudah ada road mapnya menuju ke arah situ.

            NKRI harga mati…….

          • emang kita mau perang sama mana?

        • sudahlah bung..ga usah trlalu brhayal…produksi utk rusia sendiri aja blm kelar,blm abis tu pesenan cina..apalagi…hadehhhh…

    • Main behind the gun, skill lebih di perlukan, secanggih apapun alutsistanya, skill pilot lebih diutamakan,
      Lihat malas sial, gempur pemberontak sulu pakai sukhoi bom nya meleset semua,,

      Liat pula indonesia, dalam pitch black 2013 di asutralia, f18 dan f16 mereka kalah jauh dg su 27mk dan su30 mk,

      • Bung pa tech, malas-siasia bukannya meleset pas jatuhin bom. tapi emang bomnya ndak meledak, kan bomnya abal2 dibuat dari kardus diisi pasir 🙂 hehehe…guyonan anak kampung

  2. borneo

  3. wow

  4. Mantap,

  5. ADA APA MEMANGGIL SAYA BUNG BAMBU RUNCING

  6. apa jadinya klo benda ini di kepretin pasir besi, tapi blm internal weapon sih

  7. Semoga segera di miliki oleh TNI AU….ngarep.com

  8. Sudah di pesen blm dimari..??? 3 ska ane rasa cukup menggentarkan,dilanjut dg pak-fa…wow..amazing..nightmare kawasan..!!!

    ..NKRI HARGA MATI..

  9. Bungkuuuss…..

  10. Mantabbb….mudah2an SU-35 ada dimari…

  11. tetapi salah satu pilot F-22 menambahkan “Apakah mereka bisa menerjemahkan itu ke dalam taktik (jika tidak maka tidak ada gunanya)”
    —————
    MiG-21 diakui superior dibanding Mirage-III. Sayangnya pilot2 Mirage dalam perang di timur tengah tahu persis kelemahan MiG-21 sehingga Mirage yg inferior mendapat julukan “MiG killer”. Demikian pula nasib jet tempur terkuat dan tercepat: MiG-25 yg radarnya bisa membunuh kelinci dari jarak 300 meter… dalam pertempuran udara hanya menjadi bulan2an musuh. Jika TNI-AU mendapatkan Su-35, (atau F-22 sekalipun) please jangan terlena dgn kehebatan pesawat ini.

  12. Gile….ngiler….

  13. Papa Bear…..stroooooongg

  14. Hanya bisa berharap smoga su 35 segera diakuisisi nkri

  15. Ngecess…! sampe netes2..Seemberrr…. ! 😛

  16. Hahaha.. Amerika baru tau ya kalau su35 paling kuat :D

  17. gimana pilotnya jg sih…!

  18. ga bisa berkata apa2 lagi selain waahhhh,,bungkus om sekalian lontongnya

  19. makasih bung gue,,, semoga pak. menhan dan pak jokowi, bs membelinya,,
    denger2 rusia bersedia melakukan TOT tp sebatas pemeliharaan dan perbaikan,alutsista rusia,, salah satu nya pesawat sukhoi,, dll.

  20. Sudah lama gak dapat pencerahan dari bung Erick Hartman.

  21. Sekalipun TNI-AU mungkin sangat menginginkan su-35 ini, asu dan sekutunya tidak akan tinggal diam, dan selama kebijakan politik kita masih tunduk dgn asu maka harapan itu akan semakin jauh,,dari kenyataan yg tlah lalu, pemerintah kita hanya berbasa-basi dgn rusia, dan terbukti lebih pro barat, semoga pemerintah kabinet kerja tidak mengecewakan harapan rakyat, mengutamakan kemandirian alutsista dalam negeri memang bagus, tp selama kita belum mampu mewujudkannya, adalah dgn mengakuisisi su-35 saya rasa indonesia bisa menjadi penyeimbang dikawasan,,,

  22. hmm…pemerintah oh pemerintah tlng dengarkan kami,kami butu pesawat multi role yg d segani sekelas su 35 bkn pesawat ecek2 tlng dengarkan kami nkri harga mati…

  23. mbah bowo gk bakal setuju RI akuisisi su-35,dia kan agen rahasia PLA,,dia gk ingin RI jd pesaing cina.

  24. moga terwujud jd milik RI…?

  25. Menhan nya sibuk ngunjungin batalyon2 TNI

  26. Lakh, kalo F-35 sih gak ada harapan….. Sama Pesawat sekelas Gripen NG, Typhoon, Rafale aja gw ragu bisa menang

  27. “Menurut saya peluang Su-35 melawan sebagian besar platform kami sangat tinggi, dengan mungkin pengecualian dari F-22 dan F-15C,” kata penerbang angkatan laut itu. “Saya menduga F/A-18 E/F dapat menahan mereka”

    berarti SU-35 bukan lawan F-15C / F-22 dan F-18 Super Hornet bisa mengimbangi SU-35

    • ha,ha,ha,he,he,he itu hanya hasil analisis pihak AS saja bung. Dulu ketika kemunculan Su 27 flanker terpantau pertama kali tahun 1979 oleh pihak AS, mereka menyebut Su-27 adalah sebuah pesawat multirole setara dengan pswt TORNADO (buatan Inggris,Italy,Jerman). Setelah runtuhnya Uni Sovyet, belakangan diketahui bhw Su-27 flanker sebenarnya dirancang utk menandingi F-15c Eagle,yaitu sebagai jet buru sergap.

    • Jadi apa disajikan pada artikel di atas adalah hasil analisis pihak AS di atas kertas. Pihak Rusia sendiri belum mau membuka ke publik tentang SELURUH kemampuan pswt Su-35 S Flanker ini, kecuali kpd si pembelinya….

      • Oh jadi gak usah percaya omongan yang cuma sekedar analisa…… Berarti Kalo rusia ngomong (menganalisa) barangnya lebih unggul dari yang lain, kita juga gak usah percaya….. Bisa aja mereka juga nyeles

  28. Gw kirain lawannya fighter

  29. Bagaimana kalo SU-35 head to head dengan trio eropa gripen NG, Typhoon, dan Rafale?

  30. Sekarang ASU sudah akui sendiri hebatnya SU-35, kok kita masih ragu2.
    Semua itu sdh dibabarkan disini ”

    Ttg jumlah SU-35 yg diperlukanL komen no. 80 http://jakartagreater.com/rafale-head-head-su-35/

    Ttg combat persistence : komen no. 20 http://jakartagreater.com/dari-f-15-se-hingga-su-35/

    Ttg SU-35 secara umum : http://jakartagreater.com/su-35-super-flanker-strong/

    Ttg. taktik wall formation lawan F-35 http://jakartagreater.com/f-35-so-close-are-you-ready-indonesia/ dan http://ausairpower.net/APA-NOTAM-030907-1.html

    Taktik formasi air combat http://www.combataircraft.com/en/Formations/

  31. sepertinya tujuan dari pembuat situs ini telah berhasil….

    • sepertinya Widi mulai menaruh curiga terhadap si pembuat situs ini ( bung Diego)…….
      Widi, kembalilah ke jalan yg benar…….

      • RAKYAT NGAK BUTUH REVOLUSI MENTAL !!!!!
        RAKYAT BUTUH BBM MURAH !!!!
        TURUNKAN BBM SEKARANG JUGA !!!!

        RAKYAT NGAK BUTUH DAGELAN BAKAR-BAKARAN KAPAL !!!
        RAKYAT INGIN HIDUP LAYAK DAN TIDAK MAKAN SAYUR KECAP TERUS SAMA LAUK KERUPUK KERING !!!!!

        RAKYAT BUTUH MAKAN PAK, KASIAN PAK RAKYAT KECIL HIDUPNYA SUSAH !!!!!!!

        KAPAN RAKYAT BISA ENAK PAK, KOK KAYAK GINI TERUS !!!!!
        KALAU KAYAK GINI TERUS APA BEDANYA DENGAN MASA PENJAJAHAN BELANDA.

        MENDING IKUT INGGRIS SAJA KALAU GITU, ENAK PAK BEKAS JAJAHAN INGGRIS KAYA RAYA. KALAU BEKAS JAJAAHAN BELANDA MISKINNYA MINTA AMPUN.

        • mbah bowo makin strees..

          • Apanya yang Stress ????

            NGAK STRES GIMANA ???

            MINYAK DUNIA TURUN BBM INDONESIA MALAH NAEK……..

            KATANYA MAU MEMBELA WONG CILIK ????

            KOK MALAH MENCEKEK WONG CILIK ????

          • Kalo untuk komen yang ini.. ane akuin mb bowo ada benarnya.

          • Yang terakhir ini, saya juga setuju dengan Mbah Bowo,,, Tul betul betul…

        • Mbah bowo yg musti legowo ya, udah kalah tempo hari ya udah, lagian kami rakyat kecil ga panas ama kompor nya situ

          • Lho Mbah bukan masalah legowo atau tidak,

            Jaman Pak SBY, pemerintah di kritik itu adalah hal yang wajar, dan PAK SBY dan serta para pendukungnya pun tidak panas. Malah membalas kritikan itu dengan santun dan penuh penjelasan.

          • ada benernya jg sih

        • RAKYAT KECIL YG MANA ?..lha wong tukang bubur sebelah saya motornya 2, tukang sayur keliling sekarang ngga pake gerobak dorong, tapi ditarik motor, satpam depan rumah motornya juga 2…yg pake motor ngga lagi beli premium ttp beli pertamax, kata mereka selisih harga premium dgn pertamax sedikit jadi sekalian aja beli pertamax, di POM Bensin banyak motor antri beli pertamax, sopir angkot ta tanyai gimana BBM naik ?…jawabnya ngga masalah kan ada penyesuaian tarif angkot yg baru ..dst..dst TERUS RAKYAT KECIL YG MANA ?….MASIH AJA BAWA2 RAKYAT KECIL

          • INI LAGI INI LAGI, ALESAN TERUS…..

            BILANGNYA PALING HEBAT,
            PALING CERDAS DAN SOLUTIF

            NYATANYA ??
            BBM NAEK,

            RAKYAT YANG MANA YANG NGAK MENGELUH BBM NAEK.

            KATANYA JANJINYA TIDAK MENAIKKAN BBM,
            KOK GINI ????

            APANYA YANG REVOLUSI MENTAL

            ” BANGSA INDONESIA ADALAH BANGSA YANG CERDAS DAN TIDAK TERBUAI DENGAN PENCITRAAN KELUGUAN”

            JADI NGAK PERLU DIREVOLUSI MENTALNYA.

          • betul, rakyat kecil yg mn dl, lah tempat gw banyak yg ngaku melarat padahal org mampu cm krn dapet dana kompensasi bbm, jgn selalu alesan org kecil, banyak org melarat yg masi bisa makan walaupun harga sembako pada naek, kenapa???, ya karena dia org pengen idup makanya usaha terus jgn selalu ngeluh kasian kasian dan kasian, selalu ada jalan bagi org yg mau usaha…

          • Punya NPWP tidak tukang buburnya, kalau bisa beli spt itu tapi tidak mbayar pph ora gumun….coba kalau semua rakyat pekerja usahawan sektor informal sadar utk gotong royong mbayar pajak trus pengelolalan pajak dpt clear dan clean insyaallah kita makmur….

        • 1). Harga BBM TIDAK BISA MURAH krn sebagian besar IMPORT
          2). SUBSIDI BBM TDK TEPAT SASARAN, PEMBOROSAN APBN
          270 triliyun thn 214 ini.
          3). PEMRINTAH HUTANG TERUS, BESAR HUTANG SETIAP
          THN SAMA DGN SUBSIDI BBM,
          4). APBN TERUS DEFISIT, DITUUTPNYA DGN HUTANG LAGI,
          HUTANG..HUTANG…
          5). ANGSURAN HUTANG+BUNGA 250 TRILIYUN/THN

          Mau Presidennya si Toyib, si Zuki, atau si Udin Tompel, MENAIKAN HARGA BBM TIDAK DPT DIELAKAN LAGI, SUBSIDI UKAN UTK BBM, TETAPI SEKTOR PRODUKTIF, PERTANIAN, NELAYAN, INFRASTRUKTUR……JUGA PERBAIKAN GIZI BALITA…AGAR ANAK2 INDONESIA TDK KUNTET-KUNTET…anak2 muda jepang, korsel, China rata2 mencapai 180 cm, Indonesia SEMAMPAI (semeter tdk sampai…he.he.he.he.he…;) sdh BADANNYA KERDIL, OTAKNYA JUGA KERDIL….

          • Kok kamu jadi menghina tinggi badan Rakyat Indonesia ???

            MEMANGNYA KAMU HIDUP DIMANA ? JANGAN KARENA MENDUKUNG JAGOANMU TRUS KAMU JADI MENGHINA RAKYAT.

            DEK, MBAH KASI TAU YA, KALAU MEMANG pemimpin mengeluarkan kebijakan SALAH YA HARUS DI KRITIK, DAN JANGAN ALERGI TERHADAP KRITIK.

            PEDAS YA KRITIKAN MBAH ?

            NGAK TAHAN YA ?
            MAU TAK TAMBAI LOMBOK LAGI ?

          • sekrang LOMBOK/ CABAI sudah sangat mahal mbah

          • Ehh..Ada Yg Manggil Ane…ya ???,
            Ane Ogah jadi presideeen…, cukup jd tukang ojek di Halim..aza..ahhh

            Soalnya ujung2 nya ntar Pusing Sama rakyat yang manja bgt minta di susui terus pake BBM…banyak Protes tapi maunya selangit dan nggak bisa mandiri, selalu Bangga akan kemiskinannya dan selalu mintanya disumbang seumur Hidup tanpa berusaha dan kerja.
            Tuh Contohnya nggak jauh2, si Mbah yg ngaku2 Tua itu. yg sudah wajib di revolusi mental nya.

          • MAAF BANG UDIN, MAAF…ANE JADI LANCANG…TAPI KEREN JUGA KOMENNYA…MANTAP…YA UDAH SERING2 NONGOL AJE YA BANG…

          • Tidak ada pemimpin yang sempurna mbah.kecuali Rasulullah SAW.
            Kritik itu wajib sebagai rambu/pengingat bila ada yang keluar dari “rel”..namun ada juga tata cara melakukan kritik.
            Pedas atau tidak suatu kritik itu tergantung bagaimana menyikapi kritikan tersebut dan bagaimana penyampaian kritik itu sendiri.

            Mohon maaf bila ada salah kata, ucap dan ketik
            salam buat warjagers semua
            *balikjagaparkiran

        • pelan saja mbah…ingat darah tingginya bisa kumat,bisa kena strok. intinya mbah pengen murah kan? mbah buati puisi yg judulnya MURAH. pis mbah…

        • Setuju mbah bowo … kalian perhatikan tidak tu singapur pelan2 mengabung pulau sumatra.. para orang pintar yg komen macam betul saja coba tanya penduduk di sumatra mereka sudh bosan melihat
          Pmrintah dipulau jawa sana. Apa artinya itu. Kalian komen macam betul hidup serba susah. . Apa kata masyarakat awam sumatra kalaw di bawah singapur kiya maju… saya sedih sedih.. tolong jgn di anggap sebalh mana..

        • 32 tahun rakyat di subsidi bbm gila2an, nyatanya toh jumlah rakyat miskin gak berkurang.

      • jalan yg benar itu yg mana?

        tujuan situs ini adalah membuat bingung lawan ttg kekuatan TNI sesungguhnya…

        itu aja…

        • bingung mah nggak cm tulisanya isinya ky “ngegantung” aja antara bener dan nggak, krn ada yg terbukti dan ada jg yg nggak, kl gw sih cm jd bahan bacaan aja, bener sukur nggak ya udah mau gmn lg protes jg ama siapa.

        • nah lohh…. mas widi gak terimo di suudzoni rek.
          ayo mas putihkan maksud dan tujuan anda. #tepokpantatnyapakesandal

        • manusia berperang udah ribuan tahun, udah ada 1,001 cara dan teknik untuk mengetahui kekuatan lawan sebelum kehadiran internet apalagi blog yang baru kemarin sore…

          • yups….. cuma untuk saat ini sarana buat propaganda yg populer dan ampuh adalah media massa, salah satunya ya internet…

    • Anda betul sekali bung,,,

  32. Sukhoi setrooong TNI ga salah pilih negara aman. Bebas embargo

  33. om bungkus om. sambelnya yang banyak ya 😛

  34. Indonesia tertarik akusisi SU 35BM..? Tentu ,!,! Apakah negara tetangga akan takut jika RI punya SU 35BM jawabnya tentu!,! namun tidaklah akan mulus niat RI untuk memiliki su 35 bm, amrik tdk akan tinggal diam RI menjadi superior dikawasan & tetangganya dlm ketakutan,,suka tdk suka sdh lama agen CIA sdh beroperasi di RI termasuk unt6k menghalangi nkri menjadi kuat,,jangankan memiliki su 35, utk menambah su 39mkk sj dihalangi , nyatanya amrik berhasil menghalangi dengan cara memberi hibah f16 bekass,,jml bnyk tp tdk memiliki deterent yg berarti bg negara tetangga,,utk menghalangi nkri memiliki su 35 bm, amrik pasti sdh punya sejuta jurus, bisa memberikan f16 blick 60 (tp setara block52)) atau lbh ekstrem memberi hibah block 52 bekas usaf, bs jg via negara sekutu eropa, NATO, yg penting ri gagal beli su 35 bm, bolee aja ri beli typhon, rafale, grippen,,usa gak akan risau, jg negara tetangga,,skrng bgmn pendirian & kesungguhan pembuat keputusan di nkri,,bisakah lepas dr jeratan amrik, bipesakah para senior & junior di tni au lepas dr ketergantungan teknologi ,,usa,,apakah pembuat keputusan menyadari adanya jeratan2 utk menggagalkan tni au memiliki su 35 bm yg diidam2kannya,,?

    • mmmbuHhaahahahahhahhgrgrg grgrgrg ……… !!!

    • Bung Itto … fakta lainnya : elang botak jarak jangkau nya terbatas, isi bbm jg hrs turun dulu nyari truk tanki … amrik gak mau kasih puting susu buat air refuelling nya, bandingkan dg sukhoi yg sdh bisa lsg nyedot susu dari puting herkie tanker kita
      itu kenyataan yg sengaja dibikin spy kekuatan udara kita tetep terbatas alias dikebiri amrik

      • RAKYAT BUTUH MAKAN, NGAK BUTUH PESAWAT,
        TURUNKAN BBM SEKARANG JUGA. !!!!1

        SITU KOAR-KOAR TERUS…….
        KAPAN BBM TURUN ???

      • Secara gw jg ngilleer banget dgn tuu SU 35BM,,cm kwatir jg dg gerak gerik amrik CIA kan dah masuk ke lembaga& dept, sy jg pernah baca di majalah hampir 10 th lalu (kl bukan Comanndo ya Angkasa), dah cukup lama, yg ngebahas hibas alutsista, artikel dr purn. perwira tinggi (kl gak salah AU), memberikan ulasan yg menurut sy sangat masuk akal terkait apa maksd & tujuan hibah Alutsista dr negara kuat..yg jelas tidak ada satupun tujuan hibah utk membuat negara menajdi makin kuat secara militer, secara tersembunyi malah sebaliknya, menahan laju perkembangan atau membatasi perkembangan kekuatan militer penerima hibah, bagaimana bisa? krn dlm hibah pasti ada syarat2 teknis & politis,,syarat teknisnya pasti barang hrs diup grade, atau bayar murah, dan pemberi hibah sdh hitung bener bhw duit dr negera penerima hibah akan ketarik ke kas mereka shg ujung2nya negara terkait dah gak bs beli krn kehabisan duit, nunggu lama baru bs beli lagi,,tp kalu ada syarat politik yg melarang beli barang serupa/selevel/sejenis dr negara lain TIDAK diijinkan..nah ini yg sy sering kwatirr,,TIDAK ada makan siang gratis itu sebuah fakta…kita jg tdk tahu apakah ada syarat2 poltik dibelakang hibah f16,,yg jelas tujuan amrik menjaga “keseimbangan” kekuatan militer, maksdnya RI jelas gak boleh melebihi S’pore, aussi dll,,secara teknis F16 block 32 ID gak memberikan effect gentar pd negara tetangga, yg mrk itung cm su 27/30MKK..pd masa KIB II kan pernah ada pernyataan dr orang penting (ntah serius ntah cm asal omong) bhw sdh gak ada pembelian sukhoi lagi..(no more sukhoi)..RI dg Kabinet Kerja skrng punya PR hrs cari emak utk neteki f16, jg hrs mengejar akuisisi pespur SU 35BM atau setara utk antisipasi berbagai kemungkinan, bs krn laut china selatan, jg krn S’pore & Aussi bakal memiliki F 35,,salam, NKRI hrg matii

        • Analisa yg tajam bung itto, I agree with u

        • Izin Nge- LIKE bung analisa yang bagus..
          Tapi sepertinya SU 35 tetap diakuisisi…sesuai dengan clue clue yang ada. karena indonesia kedepan akan semakin banyak tantangan dan Indonesia dikelilingi oleh F 35 kalau ingin Indonesia akan Utuh dari sabang hingga marauke SU 35 dan kemandirian Alutsista adalah jawabannya.

  35. su 35 sudah dimari kok..

  36. ….Padhe….Pakdhe Putin…..ehmmm pesenan SU-35Si paket lengkap kita mbokyao segera dikirim segera…..yang 1 skadron lewat pintu depan rumah kami….kemudian 3 skadron lainnya lewat pintu garasi belakang dan samping rumah kami ya Pakdhe…… (ngimpi : mode on)

  37. Ingin PENGGENTAR atau PENGGELI ???
    Tidak usah khawatir dng pak RR menhan kita, beliau punya pengalaman pahit diembargo negara barat.

  38. Tenang aja, tuh pesawat dah dimari ko tpi kluar ny kmuplase dan bru ketahuan klo terjadi perang…hehehehe, ( sorry lgi ngigau )

  39. lebih realistis beli su-30 aja
    daripada su 35 masih lama mending sekalian lompat ke PAKFA 50 kalo itung-itungannya TNI AU mau superior di kawasan

    • Bung Djoko.. PAKFA T50 blm masuk skala produksi, msh test&perform development.,,SU 35BM ngantri doank, setelah AU Rusia & China,,gw & bro semua jg ngiler banget dg SU 35BM ini,,mudah2an para petinggi RI gak kena jerat amrik shg program akuisisi SU 35 BM muluuuuss

    • BELI BERAS PALING PENTING,

      BANYAK RAKYAT MISKIN CUMA MAKAN SAYUR KECAP !!!

      • Berass cukup mbahh,,yg salah cara distribusinya, bukan stocknya kurang..penanganan jg salah, bulog mesti diberdayakan smp ke petani agar petani semangat tanam padi,,mrk gak semangat krn hrg jualnya murah banget, namun hrg bibit + pupuk nya mahal banget,bnyk pungutan,,sy secara rutin tahu krn keluarga di kampung msh bnyk saawah, tahu keluhan mrk..jg tenaga penggarap sawah makin susah, seacra generasi makin malas bertani,,jd lahan tetep ada, jika ditanami dg program instensifikasi produksi akan meningkat. Hrs diketahui bhw kita negara agraris tp dikampung2 bnykdah males jd petani,,pd mau kerja pabrik,,masalahn ya gak sesederhana mbah loo,,tdk perlu beli beras malahan, yg diperlukan adalah pemberdayaan petani, bulog, , distribusi beras, hrg pupuk, dan juga insentif buat petani agar bersemangat tanam padi bukan malah menjual swahnya,,salam mbah..,,mngkn kita rmh berdekatan yaa he he

        • Jangan mengatakan Petani Kita malas dek,

          NGAK ADA ITU………. NGAK ADA,………. NGAK ADA…………

          BERAS MURAH,
          BBM MURAH
          LISTRIK MURAH

          SANGGUP NGAK MENGABULKAN ???

          KALAU NGAK SANGGUP, BERARTI ENAK JAMAN PAK HARTO PAK,

          REVOLUSI MENTAL ??? APANYA YANG DIREVOLUSI, JANGAN GUNAKAN KATA REVOLUSI,,,,,

          YANG ADA REVOLUSI KEMERDEKAAN OLEH PARA PEJUANG.

          KALAU RAKYAT TETAP MISKIN BUAT APA MERDEKA ????

          MENDING DIJAJAH TAPI RAKYAT KAYA RAYA.
          MALAYSIA JADI PERSEMAKMURAN INGGRIS KAYA RAYA.

        • Tambahan info bung itto, di sebuah daerah ada cukong punya selepan yg kuat, dana nya disuport dr bank, dan keluarga mereka sdri yg bergerak di bisnis sama hingga diecer sdri, langsung di jakarta & surabaya, tahun2 pertama, mereka “membantu” petani2 dlm menggarap sawah dgn menjual pupuk murah dan membeli hasil panen dgn harga pasar saat panen. Setelah untung cukup dan dukungan bank meningkat, dan nama didapat. Tahun2 berikutnya mulai berani menawarkan pinjaman kepada para petani kita, dgn jaminan hasil panen padinya akan dijual murah kepada si cukong saat panen. melalui para pengepul ditiap desa, dia memainkan harga beli saat panen tiba, smua petani dan pengepul harus menjual dan menyelep di tempat si cukong dgn harga yg murah. Jika ada yg ke lain tempat, biasanya tdk akan pernah diterimalagi hasil panennya oleh cukong td. Dengan keuntungan yg berlipat gerakannya semakin tak tersentuh, mulai mengijo, main harga pupuk hingga main harga hasil panen, Tahun2 belakangan banyak selepan saingan yg gulung tikar krn ga dapat petani yg mau nyelepin gabahnya. Munculah selepan keliling, awalnya rame dan sangat membantu petani namun kemudian dilarang oleh muspika dan desa krn selepan keliling tdk memberikan pemasukan pajak ke daerah. Sehingga hanya kepaada satu selepan yg paling kuat itu petani daerah bergantung. Lokasi nya di Ngawi jawatimur, penghasil jenis2 padi terbaik. Nah… org2 seperti ini yg bikin rakyat tambah susah, tentu org seperti si cukong ini tdk sendirian, mereka ada disemua sistem kehidupan negri ini, tanda nya jika ada model & pelaksanaan yg ganjil pasti ada org yg kayak gini. Dalam perkembangan alutsista kita, tampaknya beberapa negara2 besar telah membuat negri kita terasa seperti petani2 di daerah Ngawi itu, dan para “pengepulnya” adalah pejabat dan pengusaha kita jg. Smoga NKRI segera sadar bangkit dan jaya.

  40. Pembelian pesawat bekas bukan berarti kita memilih blok tertentu.Bukan pula karena kita negera keledai. Tapi karena perhitungan oleh pemerintah dan melihat sikon disekitar tetangga.kamsudnya tetangga ring 1 dan ring 2.Setelah puasa belanja alutsista yg lama, kuantitas alutsista menurun.Belum bicara kualitas.Untuk mengejar itu semua, dalam jangka pendek, kuantitas diutamakan.Jangan heran banyak beli barang seken.yang penting cepat datang untuk mengisi garasi karena sikon yg semakin rawan.Semakin banyak pentungan tentu membuat maling berpikir ulang untuk melaksanakan niatnya.Disisi lain untuk mengejar kualitas, pembelian alutsista tetap dilaksanakan.Namun barang yg bagus datangnya lama.Dan agar tidak mengganggu tetangga semua ,kedatangan barang yang berkualitas (gaib katanya) tidak boleh dipublish (setidaknya untuk waktu tertentu) walaupun kenyataannya sudah banyak yang bocor…sotoy….Tiba2 nongol …sebenarnya yang paling ditunggu adalah project2 alutsista dalam negeri yg mudah2an akan segera muncul…nah barang ntu yg lebih sangar nanti..masalahnya sekarang bukan pada alutsistanya tapi rakyatnya itu sendiri yang terkadang underestimate dengan kemampuan bangsanya…katanya hoax dan hoax…

    • yang sudah ada ya Super Tukano., syukuri saja pak.

      RAKYAT BUTUH MAKAN PAK, NGAK BUTUH PESAWAT.

      • Kowe ki piye to wo,ktanya indonesia butuh 1000 pespur,400 kaprang belum tank dan segala macem yg sampean bilang kemarin,lha iki kok udah berubah lagi.

      • ealah mbaaahhhhh… mbaaaahhh….. mending sampean bikin blog sendiri aja tentang BERASSSS. jangan merusak suasana di sini. nyuwun sewu mbah nggeeeh.

      • Betul mbah bowo…ayo teriak-teriak terus mbah, suarakan aspirasi rakyat kecil..aku mendukungmu mbah.
        Klo perlu ke DPR/Istana Negara…jika Anggota Dewan yang terhormat serta Bapak Presiden tidak mau mendengarkan aspirasi mbah bowo, lakukan protes dengan bakar diri kaya biksu-biksu tibet itu mbah..nanti aku jaga wis biar ga ada yang menggagalkan aksi protes bakar diri sampeyan.
        Pasti habis itu Presiden akan mendengar aspirasi sampeyan mbah.

  41. pihak lawan sudah menujukkan rasa gentarnya terhadap su35, kita bisa mengambilnya sebagai keuntungan.

    artikelnya keren bung Andri Cahyadi.

  42. Mantap!
    Su 35 is strooooooong.
    Dgn ketinggian mencapai 45000 kaki, apakah bs dibidik dgn mbok minah?

  43. menurut warung sebelah bahwa pesanan SU-35S pada tahun 2014 ini sudah ada yang tiba dimari, benarkah ???……….
    tapi gak ada clue nya sama sekali, apa lagi penampakan nya !!!

  44. satu skadron SU-35 bersenjata lengkap dan diawaki oleh pilot-pilot terlatih akan memberikan daya tangkal yang efektif di kawasan, sudah selayaknya Indonesia memilikinya tanpa banyak pikir panjang, ingat ancaman kekuatan asing semakin nyata di depan mata ……. jika ingin damai bersiaplah untuk perang

  45. Impian pak moel yang belum terwujud, semoga pangti mendengar !

  46. burung garuda lambang negara …
    raja dari semua jenis burung …
    penguasa angkasa …

    kalo mo tetep kuasai angkasa
    cuma SU35 pilihannya
    tak ada yg lainnya

    • RAKYAT BUTUH MAKAN !!!!

      Ngak butuh gagag gagahan.

      MANA KATANYA MAU BAKAR KAPAL CHINA ????

      • Nggak berani Mbah..udah gemetar duluan kalau sama yang itu. Kalau yang Vietnam kemaren itu memang buat liputan biar dibilang TEGASSS :p

        • Ya mbah menyadari dek, Kalau sama perahu kecil vietnam harus tegas, kalau kapal besar china lanagsung ketakutan.

          Mbah menyadari saja, dan itu wajar wajar saja karena memang Ketakutan bila lawan china, trus mau diapain lagi? Namanya takut ya takut, Ntar beritanya kan ilang-ilang sendiri.

          Mbah dukung Bu Mentri Keluatan dan Perikanan.

          • Saya dukung mbah bowo dr dulu sampai nanti mbah…., jgn mengecewakan kami rakyat kecil. Ketika lcs meletus, theyownitall selalu berdo’a smoga cina yg menyerang australia 3 kali!! Itu lah pekik paling nasionalis dr kami rakyat kecil.

      • wkwkek … sabar mbah
        skrg kita bahas sista buat ngadepin PLA, kita hrs perkuat diri baru maju perang, ane jg kagak mau mati konyol neh … kalo sdh kuat baru bakar
        … bakar … bakar !!!
        ( jagung bakar di Lembang enak mbah ! murah meriah
        … )

        • Mbah pesen tuh KAPAL NGAK USAH DI BAKAR

          Ntar Bikin Penyakit, Nanti kan hilang-hilang sendiri beritanya.
          PLA marah, Runyam urusan,

          SOALNYA MBAH TAKUT DIANCAM PLA, MBAH BISA DICIDUK DULUAN KALAU MEREKA INVASI.

          • mbah takut di gedik sama gadanya PLA,ya..ha..ha..ha..gak usah takut mbah,mbah sembunyi dirumahku saja kalau PLA menyerbu kesini.tak sembunyiin di kandang ayamku,dijamin aman,mbah.

  47. Seorang Prayitno Ramelan pun bilang,
    “Kekuatan armada sukhoi Indonesia semakin menggiriskan..!”
    begitupun dgn kejadian akhir2 ini peran Su-27/30 seolah2 turun pangkat menjadi interceptor,
    tentunya ada yg lebih Gahar sebagai Penempur utama dibelakangnya.
    Apakah ini penanda Su-35 sudah masuk inventaris..??
    mari kita berimajinasi z.. :D

    • 😆
      simple aja toh.. tinggal SU27 dan 30 yg ckp kencang utk mengejar blackflight dan jg posisi lanud hasanudin makasar yg terletak ditengah Indonesia. F5E yg menjadi tugasnya. kinerja sdh krg maksimal. jd mau gak mau, rela tdk rela, AU terpaksa nurunin sukhoi utk menjadi pemburu blackflight yg blh banyak dilakukan oleh pesawat sipil bermesin kitiran, pdhl kenyataan yg ada pihak AU sdh teriak2 biaya yg ckp besar utk menerbangkan sukhoi hny utk sekedar blackflight? itu artinya kita tdk punya pilihan lain dari pesawat yg sdh ada, yaitu SU 27 dan 30 yg sdh dimari. jd bkn krn ada yg barang2 yg hoak yg diidam2kan sebagian formiler dimari. :mrgreen:
      Salam..

      • tidak semua force down oleh sukhoi dilakukan dari makasar lho hehe..
        sepertinya sudah mulai disebar.

        “TERPAKSA”….xixixi hadeuh..getir amat..:D

        • hehe.. saya ttp mengatakan “terpaksa” bung 😆
          kalau saya melihat ada pesan yg tersendiri knp AU ttp menggunakan sukhoi pdhl udh tau biayanya lbh mahal dibandingkan mengerahkan f16 atw T50i yg lbh efisien. dan bandingkan dgn berita keluhan AU dgn biaya memforcedownkan blackflight dibanding dgn denda yg dikenakan. menurut saya pemerintah blm menangkap pesan ini. dgn dibuktikan blm ada gebrakan utk merubah ketentuan ttg denda bagi blackflight yg melintasi indonesia. kalau menurut bung, kita ada yg lbh gahar dibanding SU27/30 ya, saya tentunya senang. tp mbok ya, jgn cuma katanya.. dengar2.. kunyah clue2nya.. blabla.. saya lbh percaya 1 kali penampakan drpd 1000 kali mendengar. 😉

          • ya kenapa ya…menggunakan pespur yg operasionalnya mahal..? udah tebel dompet apa..? :D
            padahal hawk msh ok, F16-52 pun masih gress (gress versi hibah),
            ini sih opini gue pribadi z (awam).
            selain “Terpaksa” tidak menutup kemungkinan2 penggunaan sukhoi untuk workhorse itu sebagai “pesan” :
            a. Sukho tni au dlm jumlah yg cukup, sehingga ada sebaran deploy. paling tidak batam ada, tarakan ada, makasar ada.
            b.selain jumlah cukup, ada yg menggantikan posisi su-27/30 sebagai penempur utama.
            c.menghabiskan sisa jam operasional sebelum masuk program refurbish.
            d.jumlah sukhoi yg ada memang dibagi2 dlm satuan dibawah skuadron lalu disebar dlm waktu temporer.
            e. kemungkinan lainnya.

            yg jelas kapasitas Prayitno Ramelan (salah satu tokoh inteligent kita) bilang, “kekuatan armada sukhoi tni au semakin menggiriskan.”

            memang betul, melihat adalah lebih baik drpda mendengar, setuju.

            gue sendiri lebih menggunakan kelogisan z, bahwa kepemilikan su-35 di tni au bukan sesuatu yg mustahil : sudah ada/akan ada, tanpa “katanya” pun, hal itu sesuatu yg wajar2 z qo.. :D

          • yah… intinya TNI minta tambah duit opreasional..

        • Sumpah gw juga suka kalimat ente bung donnie….ya minimal ada perlawanan sporadis. krn skrng lg musiman kyk buah mangga…musim hujat sana ikutttttttt, musim hujat sini nongol semua ikuttttttt….

    • siiip DON…. gue suka gaya loe…

  48. Amerika bicara seperti itu perlu diwaspadai, mungkin memang su-35 terbaik, tetapi kalau sekutu juga punya anti dotnya bagaimana, dengan asumsi Indonesia sudah mengakuisisi pesawat tersebut dan lawannya sekutu.ingat sejarah sewaktu indonesia menjual pesawat rusia ditukar dengan pesawat terbaik mereka. Akhirnya Indonesia bagai macan ompong.. Pak Menhan harus jeli akan sejarah dan semua opini yang masuk

  49. Doeloe waktu sukhoi kita di lock sudah ketahuan belum siapa yang ngelock???

    • Beberapa hari lalu, sempat ngobrolin masalah ini, saat berlayar dari batam ke Anambas. 15 jam di laut, ngobrol deh ngalor ngidul. Yang nge-lock Sukhoi kita, matra laut. Mau ngetes saja, sekalian unjukgigi ke negara lain, bahwa alutsista matra laut, bukan barang sembarangan.

      Saya coba sanggah: Itukan dilock oleh armada AS yang ada dekat Indonesia, karena saat itu secretary of state AS Condoliza Rice sedang take off minggalkan Jakarta dan Sukhoi kita malah terbang di waktu yang sama.

      Dia bilang: “Oh gak bisa, mereka tidak akan melakukan itu, karena Sukhoi kita tidak mengancam, lagian kalau mereka yang melock, kita akan tahu dengan mudah.

  50. KEADAAN SEKARANG RAKYAT BUTUH MAKAN, NGAK BUTUH SHUKOI.

    Rakyat Butuh Super Tukano yang banyak,
    Banyakin saja pak super Tukano sampai 500 biji pun mbah setuju,

    Karena apa ?

    TUH TERORIS PAPUA MERDEKA YANG SUDAH BANYAK MEMBUNUHI TNI DAN POLRI YANG WAJIB DI MUSNAKAN. KASIAN PAK TNI DAN POLRI DITEMBAKI TERUS. Mereka TNI Polri Kasian pak, Kasian…………………….

    OMONG KOSONG HAM HAM AN. BAKAR SAJA PAK HUTANNYA, TERORIS PAPUA WAJIB DIMUSNAKAN.

    Kalau tertangkap, Teroris Papua Tempelengi saja pak, kepruk pak, biar kapok.

  51. Bisik – bisik dari mbah Bowo SU-35S dah dimari, lg proses ganti kulit dulu… Jayalah TNI ku..

  52. yang butuh BBM murah tuh rakyat kelas menengah yang hidupnya terombang ambing antara hayal dan kenyataan… rakyat jelata mah udah biasa hidup susah… sehari makan sekali juga udah alhamdulillah… RAKYAT KELAS BAWAH MAH TAHAN BANTING, HIDUPNYA GAK PERNAH MERATAP RATAP!!!

    • hidup jangan bermental minta2

    • TRUS RAKYAT KELAS BAWAH BISA JADI KELAS MENENGAH ?

      MISALNYA DICARIKAN PEKERJAAN, DIKASI UANG TIAP BULAN ATAU GIMANA GITU ???????

      MASAK KALAH SAMA MALAYSIA ??

      KATANYA REVOLUSI MENTAL. MASAK NGAK BISA MERUBAH ORANG MISKIN JADI KELAS MENENGAH ?

      Kalau tidak bisa, MAKA STOP BILANG “REVOLUSI MENTAL”

      MALAYSIA HEBAT LHO, RAKYATNYA MAKMUR SEMUA
      DI JAMIN PEMERINTAH.
      TKI SAJA PADA BETAH DISANA.

      • emang situ pernah ke malaysia? kata siapa malaysia hebat? ngakunya mbah, tapi gak sadar hidup ini cuma sawang sinawang!

      • Harusnya revolusi “money sistem”, fractional reserve banking harus diganti, pemerintah harus mandiri dlm menentukan nilai dan mencetak uang, jumlah nya harus harus sesuai dgn barang dan jasa yg dihasilkan oleh seluruh rakyat nkri. Jika ini berjalan, bunga akan hilang, pembangunan akan lebih cepat, pajak tdk perlu ada, kegelisahan mbah bowo tentang uang dan barang yg tdk merata, tdk ada lagi. Uang ada ditangan tiap org sesuai barang dan jasa yg dihasilkan, smuanya akan cukup. Hutang negara akan lunas cepat, perekonomian nkri bisa segera menyusul china bahkan as, tni kita akan jadi makin mengerikan. Seperti republik weimar setelah pd1, dan awal pd 2. Namun…. apa pemimpin kita berani? Apa tdk takut menghadapi kaki tangan globalist, apa justru mbah bowo ini the nwo yg selalu mengkerdilkan mental bangsa ini yg udah ga utuh?

    • kalo udah mampu beli motor bukan wong cilik lagi namanya…

      • Trus apa kelas menengah ngak boleh hidup dengan Biaya Murah gitu maksudnya ?????
        Kok jadi kelas menengah yang disalah salahkan.

        KAPAL CHINA MANA ? KATANYA MAU DI BAKAR,
        SUDAH HARI KEBERAPA INI ?

        • situ hidupnya kayak katak dalam tempurung, gak pernah mengecap asam garam kehidupan!

          • Buat apa merdeka kalau Rakyat Banyak yang miskin ???
            HAH ? BUAT APA ?

            SEMUA RAKYAT BUTUH HIDUP LAYAK DAN MAPAN ?

            dan itu tugas kepala negara.

        • lg diurus dulu SIM K nya mbah … baru boleh bakarrr, pasti lebih lama daripada kita bikin SIM A mobil ato SIM C motor
          SURAT IJIN MEMBAKAR KAPAL
          wkwkek … udahan dulu mbah, ane cape ngetik nya, kerjaan jd kelewat neh … dasar aki aki

  53. mbah bowo lg kelaparan,mungkin abis d kejar pol pp.kyak GEPENG aj kmu mbah.motto hidupmu tu tepatnya HIDUP UNTUK MAKAN’.
    ”kasian pak,tolong pak,beri saya makan pak,saya gk butuh pesawat saya butuh beras”
    derita lu mbah.

    • Adek ini usianya berapa ? Masih JAUH dengan Mbah.

      Jadi mbah paham betul dek Widi Butuh Bimbingan seorang yang bijak seperti Mbah.

      Mbah ini ngomong apa adanya dek, Kalau Memang Pak Presiden Hebat Mbah akan puji. Tapi untuk sekarang masih jauh…..

    • Mbah bowo, ini salahmu mbah ! nakut2i dgn tentara pla yg pegang gada besar yg mbah bilang skali kepruk langsung remukr. mungkin dia takut oleh tentara pla, salahmu mbah ! Tanggung jawab mbah ! Ayo bu bakar kapal cina , jgn gentar ! Malu bu sama tato naga di betis

  54. jelas gak butuh pesawat, buat apa wong gak bisa nyetirnya, jangankan nyetir liat pesawat juga belum pernah! wekwekwek…

    • Situ Jangan suka merendahkan Rakyat Miskin ya dek ????
      Memangnya salah kalau Rakyat Miskin Ingin lihat pesawat tempur.

      DAN INGAT.

      “JUALAN KAMPANYE PRESIDEN KEMARIN YANG DI BAHAS RAKYAT MISKIN TERUS”

      SAYA AKAN INI, AKAN ITU, BBM TIDAK NAEK, KABINET NON TRANSAKSIONAL.

      NYATANYA ? Monggo Mbah diberi Pencerahan?

      Mbah rasakan sejak Pak SBY turun kok, Masa depan langsung suram kayak gini.

      • situ kan udah tua tinggal.nunggu matinya aja ngapain mikirin masa depan lagi. lagian emang dulu situ gak kerja sampe gak punya tabungan hari tua. salah situ sendiri kalo hari tuanya miskin!

      • Wooii bowo minum obat gih biar ga makin stres lo ,,, muke gile muke sempak otak udang hahahaha ,,, ape hebat nye PLA sama aje muka nye kaya cina2 glodok , gada ngeri2 nye gw wooo

    • yang ada dalam otaknya cuma lapar, lapar, lapar! dan merengek rengek minta dikasihani!

  55. mbah bowo mbah bowo …situ karaokean kuat..bayar pk kuat…selingkuhan di mana mana…..bbm naik 2000 aja geget…..!!!! beli mobil aja kuat…mosok beli bbm aja koar koar….pengecut low…..!!!!antek ASU low…

    • Ini lagi, Bukan masalah naek 2000, naek 5000 pun ngak masalah kalau memang harga minyak dunia memang naiknya sangat-sangat drastis.

      Dulu jaman pak sby pernah naek harga bbm, trus di turunkan lagi karena harga minyak dunia sudah turun.

      Masalahnya ini kan jadi aneh, saat Minyak dunia turun dan masyarakat dunia sedang menikmati penurunan harga minyak dunia karena tiap negara PASTI harga bbmnya diturunkan, LHO KOK INDONESIA MALAH DI NAEK KAN ???

      LOGIKANYA BAGAIMANA INI ???

      • sengaja mbah biar asing bisa masuk dari SPBUnya yg sekarang mulai laris manis

        • Mbah jadi prihatin,

          KATANYA PALING NASIONALIS, KATANYA MEMBELA WONG CILIK.

          • Agitasi dan propaganda antek ANJING yang melarang pembelian sukhoi, hanya seorang si mata satu mbowo.
            Pembelian sukhoi harus jalan terus. lanjut

          • Pak de JOYO harus paham betul.

            Negeri ini sedang susah, pemerintah butuh dana, rakyatnya banyak yang cuma makan sayur kecap lauk kerupuk.

            Indonesia sudah punya shukoi, sudah cukup kan ?

            INDONESIA BUTUH SUPER TUKANO YANG BANYAK UNTUK MEMBERANTAS TERORIS PAPUA YANG MINTA MERDEKA.

  56. stress loe wo! ente mah mbah koplak! gak mutu!

    • Situ Cinta Rakyat miskin ngak ???

      Cinta Rakyat Miskin adalah Cinta tanah air.

      • Wooii bowo minum obat gih biar ga makin stres lo ,,, muke gile muke sempak otak udang hahahaha ,,, ape hebat nye PLA sama aje muka nye kaya cina2 glodok , gada ngeri2 nye gw wooo

      • situ cinta?
        apa yang udah situ lakukan buat rakyat miskin?

      • Gw rasa emak lo bapak lo kakek lo nenek lo buyut lo engkong lo tetangga lo semua pada nangis woo liat klakuan lo yg makin gila ga karuan haha

        • Situ Kok benci dan jijik sama Rakyat miskin ?

          Memangnya Rakyat miskin salah apa ?

          • Gw benci klo lo yg miskin woo , persis banget tetangga gw lo wo udah miskin bangga banget ama kemiskinannya , klo msh percaya tuhan ya usahaa woo biar ga miskin terus dan jd beban negara

          • Kenapa adek setega itu menghina Rakyat miskin ???

            Bukankah Memang Tugas Presiden untuk mengentaskan Rakyatnya dari Kemiskinan dan membawa rakyatnya pada kemakmuran.

            MBAH TERLALU PEDAS YA KRITIKANNYA ???

            YA WAJIB MBAH PEDASI !!!!!!
            KALAU PERLU MBAH TAMBAH LOMBOK LAGI !!!!!

            KENYATAANYA MASIH BELUM TERBUKTI HASILNYA.

            MASIH JAUH…………….

            MASIH SURAM………………

          • Elo goblok wooo , udah tau miskin malah bangga dng kemiskinan lo , yg namanya miskin tu obatnya usaha usah dan usaha , miskin lo ga bakaln sembuh klo lo cma ngoceh doang n ngarep bantuan negara aja , lo percaya tuhan ga wo , ga ada yg ga mungkin klo kita berusaha dan berdoa

          • Gimana mau usaha, BBM NYA SAJA NAEK NGAK KARU KARUAN, LISTRIKNYA NAEK NGAK KARU KARUAN, BELUM LAGI ELPIJINYA, BERASNYA, GULANYA, APANYA.

            SITU MAKANYA DEK, SEKOLAH DULU YANG BENER YA DEK,

          • Gw udah bosen sekolah wo 16 th sudah gw sekolah , elo tu makan bangku sekolahan biar ga tolol ,, bbm naek apa urusannya ama usaha n doa wooo ,,, ??

          • Dek levandry, adek harus belajar sopan santun dulu dan elegan dalam penyampaian.

            Terpancing emosi dengan kata kata saya berarti adek harus belajar dulu. kembali ke bangku sekolah. Mulai SMP dulu.

          • dari bahasa saja udah keliatan siapa yang perlu makan bangku sekolahan :mrgreen: .. saya paham misi mbah bowo :mrgreen:

          • Maksud anda apa bung pojokunduh , misi apa yg anda paham dari si bowo , bicara dng bowo ga perlu bahasa yg elegan dan tertib toh jawaban beliau hanya berputar putar saja , komentar nya pun hny berisikan provokasi , manusia macam bowo sudah selayaknya di bully , saya pertanyakan ni maksud komentar anda

  57. Nih mbah buatkan PUISI untuk Keadaan rakyat miskin.

    SURAM
    Oleh : Bowo Kusumo

    KENAPA OH INI KENAPA
    KEADAAN KOK SEPERTI INI JADINYA.
    BBM NAEK, LISTRIK NAEK, KAMI HARUS BAGAIMANA
    HARUSKAH KAMI JADI KORBAN DAN SELALU MENDERITA.

    TIDAK PANTASKAN KAMI JADI BAHAGIA ?
    SUDILAH KIRANYA ANGKAT DERAJAT KAMI WAHAI PENGUASA.
    JANGAN PENCITRAAN TERUS DAN KAMI SELALU JADI KORBANNYA
    KARENA KEBIJAKAN KENAIKAN BBM YANG MEMBUAT KAMI TERSIKSA.

    KEMANAKAH KAMI HARUS BERKELUH KESAH ?
    SEDANGKAN BUAT MAKAN PUN KAMI SUSAH.
    SAYUR KECAP SELALU SETIA MENEMANI KAMI
    MELEWATI HARI DEMI HARI.

    GETIR DAN GEMETAR TUBUH KAMI
    DERU MATAHARI MEMBUAT PANAS TUBUH KAMI,
    LUSUH BAJU KAMI, KARENA KAMI TIDAK PUNYA SETRIKA
    SAMPAI KAPANKAH KAMI HARUS MENDERITA ?

  58. gk usah d pikir pake logika mbah ntar struk nya kumat.
    Pemerintah mau bangun infrastuktur kan butuh dana mbah,buat subsidi aj tiap taun 400t jd asap mbah,hutang luar negri dah numpuk mbah.mungkin mbah punya magic bisa menggandakan uang..? Bantu dong negara dari pd ngemis mengiba iba,merata ratap minta beras.jd gembel gk enak mbah suka d kejar kejar pol pp.

    • Katanya Hebat

      Bisa menyelesaikan apa saja,
      Punya solusi,
      Suka Blusukan,
      Kerja, kerja, kerja

      Pertanyaan ? Tapi mbah sebelumnya minta maaf kalau kritikan mbah terlalu pedas, anggap saja obat.

      PERTANYAANYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      1. KOK GINI GINI SAJA KEADAANYA ?KOK LEBIH PARAH DENGAN KEBIJAKAN BBM NAEK., LISTRIK NAEK.

      2. KOK BELI KAPAL DARI GALANGAN CHINA ?
      3. KOK BELI BUS KE CHINA ?
      4. MANA BUKTINYA DAN KAPAN INDOSAT MAU DI BUY BACK ???
      5. KATANYA KABINETNYA NON TRAKSASIONAL, KOK JAKSA AGUNGNYA DARI PARTAI ?
      6. JAKARTA MASIH BANJIR JUGA.
      7. BLUSUKAN KEMANA MANA DAPAT APA ?

      • klo mbah ingin merubah nasib ya alih profesi,klo sekiranya jd gembel peminta minta kurang menjanjikan usaha yg lain mbah..
        Klo jd penjaga makam gmana mbah? Pas tu..

      • hey agen asing, saya jawab yang 5 dulu;

        5. jaksa agung udah nangkap 100 koruptor ex kasus2 lama, yang selama ini gak ditangkap2, OK ?

        • 1/ gini saja keadaannya ? emang mengubah yang buruk itu bisa dalam sebulan ?
          catet nih agen asing,
          > blok mahakam diserahkan ke pertamina
          > mou revitalisasi 5 kilang sudah diteken, peningkatan kapasitas 2x lipat
          > swasembada pangan dalam 3 tahun, klo gak mentan dipecat
          > bu susi udah canangkan target swasembada garam dalam 1 tahun

          2/ lihat keterangan bung ayam jago di /frigate-sigma-ke-dua-mulai-produksi/ -komen no 10

          4/ indosat ? gak usah latah ya, pangsa pasar telkomsel 2x lipat indosat, ngapain buyback, telkomsel aja diurus yang bener,
          http://swa.co.id/business-strategy/meramal-nasib-3-operator-telekomunikasi-di-tahun-kuda

          6/ lihat no 1

          7/ pernah lihat di tv e-blusukan dengan tki di berbagai negara ?, ini konsep canggih dan sangat efektif untuk problem assessment dan langkah awal e-government

          kenapa setelah jokowi RI-1 ente berkotek setiap hari, dulu cuma ngomongin kehebatan tentara cina ?
          misi terbaru ente dan para minion kan menciptakan hambatan, tantangan dan gangguan karena tahu RI pindah jalur ke the right track ?

      • Mbah bowo kan pengalaman, kasik masukan pemimpin yg mbah kritik itu donk mbah, utk mereformasi sistem uangnya aja trus dijaga. Seperti penjelasan kami di atas. Ntar smua pertanyaan si mbah bowo, tak akan muncul lagi krn udah berubah baik. Selama posisi mbah menjadi debt slave money sistem, selamanya akan selalu seperti itu dan atau semakin buruk hidup mu mbah. Imho

  59. halah lagu mu sok jd seniman.mbah..
    Mengadu sama tuhan mbah..jgn niru2 iwan fals.mbah suaramu fals.
    Agen PLA pake bahasa mandarin dong puisi nya mbah.

  60. Dear Bung- bung semua, mohon maaf bahasanya bisa lebih indonesia …
    tidak vulgar, apalagi menggunakan bahasa yang tidak sopan, biar diskusi nya enak, esensi dari bung-bung semua sebetulnya sama cinta akan Negara Kesatuan Indonesia.

    Terimakasih,

  61. mbah bowo ini kalo di tokoh pewayangan seperti apa ya?…he he peace mbah

  62. segala sesuatu tidak semudah membalik tangan mbah…..
    ada proses… dan yang penting KOMITMEN
    situ komentar sana sini ngga jelas mending demo aja langsung sono ke istana kalo ada nyali dan juga kalo situ ngga pake rok..

    • MANGKANYA……………….
      MANGKANYA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
      MANGKANYA……………..
      KALAU MEMANG TIDAK MUDAH SEPERTI MEMBALIKKAN TANGAN, KALAU JANJI JANGAN MULUK MULUK SEOLAH OLAH SEMUA ITU GAMPANG ?

      PUSING KAN SEKARANG ????

      GILIRAN JANJINYA DI TAGIH, PENDUKUNGNYA MARAH DAN GELAP MATA.

      • Mbah bowo udh berbuat apa kok ngerasa udh pantes nagih janji??

        • Nah ini yang aneh

          Lha yang kemarin kampanye gembag gembor mengatas namakan dan akan membela kepentingan RAKYAT KECIL itu bagaimana pertanggung jawabannya ?

          Ya wajib di tagih janji kampanyenya

          Kritik kepada pemerintah itu hal yang wajar dek dalam negara demokrasi, kan ini bukan negara otoriter !!!!!

          Lagian mbah kan menggunakan kata sopan dan santun, kata katanya pun mbah saring dulu.

          • Mbah bowo yg berwibawaa..dari presiden yg sblmnya ngeluhnya sama.., klo mbah yang jd presiden negara bs lebih baik..gitu mbah??

      • agen oz dia bung petruk….

        rakyat ngga terlalu ambil pusing kok, situ aja yang mendem kecubung
        yang penting nasi masih mudah di cari,

  63. Mbah bowo, itu 7 pertanyaan ditulis aja pake spanduk trus di pajang di gedung Istana negara ama gedung DPR..

  64. Sebagai awal, cukup satu skuadron kecil (12) Su35 utk mengawal Ibukota dan menggantikan F5E Tiger II.
    Selanjutnya utk Kupang dan Biak dst. Kalau sdh dimulai pasti akan berlanjut.

  65. kita hanya bisa menganalisa, jika melihat pada rencana anggaran militer thn 2019 spt yg dikatakan oleh penasihat militer presiden, Bp. Jend (Purn) Luhut Panjaitan adalah sebesar Rp.246,- triliyun atau ekuivalen USD. 20,- Milyar, maka membeli 1 atau 2 skuadron Su-35 rasanya mampu, sekalian dgn T.o.T…. hitung2 annya sbb:

    harga per unit Su-35 adalah USD 60 juta/unit X 2 skuadron (32 unit) + USD. 1,9 Milyar atau beserta T.o.T & suku cadang seluruhnya USD. 2 Milyaran
    dibagi dgn thn anggaran jamak sesuai periode pemerintahan (5 thn) maka pemerintah harus menyiapkan rata2 USD.400,- juta/thn atau Rp.4,92 triliyu/thn

    • Harga USD 60 juta itu harga kosongan bung.. jika fully armed + sucad bisa terbang ke harga USD 80-90 juta. Lagian harga USD 60 juta itu untuk SU-35 BM alias SU 35 versi ekspor yang biasanya downgrade dari yang dipakai AU Russia.

      • Oh ya, … terima kasih Bung EA,….jadi dari budget di atas perlu direvisi 40 sampe 50% persen ya? (menjadi sekitar USD 3 milyar)…tapi saya rasa pemerintah mampu, jika melihat kesungguhan, cara kerja pemerintah saat ini, akuntabilitas & transparasinya boleh…jadi bisa dilihat sektor2 apa saja yg bisa dikeber utk menambah penerimaan negara

  66. Su-35 ini yg disebut si cocor bebek itu bukan sih…?

  67. dikirain rame karna lagi tukar fikiran tentang su35, eh ternyata cuma karena mbah bowo. pepesan kosong ah, pesimistis yang kerjaannya cuma nuntut ini itu sama negaranya. situ udah memberikan apa mbah untuk NUSANTARA?????

  68. Insya Allah negeri ini akan mampu membangun kekuatan militer yang ideal sesuai harapan… banyak clue clue yang sudah beredar yang bisa kita analisa ..
    – mulai dari permohonan pembuatan 3 Kogabwilhan TNI yang diusulkan oleh Panglima TNI ke Pak Presiden Jokowi yang penataan unsur unsur strukturalnya sudah mulai dilaksanakan.. rencana pembuatan Kodam di daerah sulawesi dan papua
    – mulai berdatangnya Alutsista yang ditempatkan ke beberapa daerah luar jawa seperti Meriam di Kodam – kodam wilayah kalimantan, pergeseran Pespur ke Lanud Lanud diluar Iswahyudi Madiun dan Hasanuddin Makasar..
    – pergeseran Alutsista Kavaleri ke daerah daerah..
    – penguatan beberapa Satrad..

    sebenarnya beberapa keteranag ini cukup untuk menggambarkan keadaan perkembangan militer RI tercinta ini dan saya yakin Alutsista yang strategis tidak mungkin diungkapkan ke publik..

    • Dipenghujung tahun 2014 ini, mestinya ada sesepuh nih yg merangkum ALUTSISTA pa z yg sudah memperkuat TNI dan doktrin pa z yg akan dibakukan kedepannya.

      jadi kita bisa menakar bersama2 MEF-1 termasuk sukses atau tidak,
      :)

      • Mungkin JKGR skrng lgi menerapkan kuri kulum CBSA (cara belajar siwa aktif) bagi para wajager nya biar lebih kreatif (dlm semua segi) yg positif. salam bung Donnie piess …

      • betul bung Donnie.. kalo bisa artikel untuk pelaksanaan program MEF 1 yang sudah dikerjakan oleh pemerintah sebaiknya bisa dirangkum dan ditampilkan di JKGR ini mulai dari inputnya, outputnya, outcomenya, indikatornya program MEF 1 ini.. sehingga rekan rekan Warjag bisa menganalisa, mendiskusikan progaram tersebuat.
        memang kesulitan/ hambatannya maslah ini adalah informasi militer pasti statusnya dibuat abu abu sehingga sulit untuk diterka

  69. saya senag kalo Mbah Bowo memberikan komen dimari .. dulu saya sering marah marah sama beliau. tetapi komennya kadang lucu, kadang lugu dalam menghadapi keadaan, kadang kadang menggiring kesuatu arah tujuan tertentu, kadang memang benar keadaanya, kadang bisa membuka mata hati kita lewat komentarnya yang kontra..
    diakui tidak diakui komen Mbah Bowo di JKGR ini bisa membawa diskusi menjadi hidup..

    Mbah Bowo menurutku salah satu artisnya dari beberapa artis JKGR.. he.he..

  70. yowis mbah bowo…..sak seneng mu wis…..belum tentu ne negara iki sampean pimpin bbm gak mundak wo bowo. presidene sopo wae sing dadi q percoyo BBM mesti mundak e…!!!!

  71. Maaf ya admin keluar dari topik,, mbah bowo itu suka tiba2 masuk tp yg dibahas itu2 terus bikin mumet,, tp yg bales jg ada yg lebih buruk dgn kata2 yg tidak sopan,, berdiskusilah yg santun bung2 semua,, disaring kata2nya,, klo ditanya situ udah kasih apa ke negara??? Inget BUNG KITA BAYAR PAJAK!! Buat apa bayar pajak? Buat mensejahterakan rakyat yg msh susah alias miskin,, itu salah satunya.. ini keluar topik min,, coba dong diangkat artikel nilai tukar Rupiah terhadap Dollar.. Siapa tau dari bung2 semua bisa ksh ilmu cara memperkuat nilai rupiah dan mencintai Rupiah,, Klo Rupiah menguat harga2 kebutuhan terjangkau semua serba murah,, Cinta Rupiah berarti anda Cinta NKRI.. Salam Persatuan,, NKRI Jaya.. :mrgreen:

  72. Hahaaaaaaaaaa…. sharian ngurusin rakyat yg katanya
    Miskin ampe stress sndiri tekanan darah naik baca bac
    Komen mbah bowo jd ngakak.. mksh mbah sampean dh bersedia jd badut yg senantiasa menghibur org 2 yg lgi pusing
    n butuh hiburan kaya ane..
    peacee mbah….

    • Apa yg dikatakan mbah bowo masuk akal, dia hanya mempertanyakan janji dan keb ijakan pemerintah. Tak sekalipun mbah bowo mencerca dan menghina apa lagi menggunakan kata2 kotor walaupun dia agak nyleneh

  73. saya mohon dengan sangat abaikan tulisan mbah bowo , karena membikin kita malas membuka blog ini, atau mungkin itu salah satu misi mbah bowo agar JKGR berkurang peminatnya

  74. Mohon ijin mau bicara tentang bbm, sebelum dinaikkan hrg bbm utk industri adalah hrg pasar, stlh naik yg kena imbas hanyalah faktor transportasi sj, tdk kena di biaya produksi industri2,,tahukah temen2 apa mrngapa hrg bbm dunia turun? Di amerika utara bbrp thn terakhir telah sukses mengambil minyak bumi dg teknolgi minyak serpih (shale oil) saat ini bs menggenjot produksi hingga 8jt barrel. Diumumkan bhw cadangan minyak mentah amerika meningkat significant, shg hrg minyak terkoreksi,,disatu sisi teknologi minyak serpih hanya ekomomis kl hrg minyak min usd 100. Disisi yg lain ada negara2 yg tdk mau keh7langan pasar di amerika shg supply minyaknmalah diperbanyak shg hrg makin turun hingga us 70 an per barell,,bahkan OPEC menegaskan tdk mengurangi produksi,,disinyalir utk menekan hrg tetep dibawah usd100 shg produsen minyak serpih kelimpungan dst bs ditebak,,

  75. pinternya amerika memberi sanjungan..pdhal sebaliknya,menganggap pesawat tempur rusia cm sbg pesawat sirkus doank..merontokkan pesawat2 tempur rusia bukanlah pekerjaan sulit buat sebuah negara yg bernama amerika,cm yg membenci amerika yg blm bs mengakui keunggulan paman sam..pdhl memuji rusia jg nggak dpt keuntungan apa2 hehe

  76. seperti di pilm pilm hollywood ya bung frans hahaha.

  77. Sayangnya itu hanya berlaku pada SU35S.
    Kalopun Su35 terpilih sebagai pemenang kita akan kehilangan fitur2 yang memang dicopot sprt:

    Helm mounted display dgn voice command
    Datalink (fitur komunikasi & kontrol digtal dgn enkripsi & firewall)
    Combat system yang membuat pespur Sukhoi sejak Su27 mampu menembak 8 rudal AA secara bersamaan untuk multi target
    Radar L band & UHF band sehingga Su35 bisa berfungsi sebagai mini AWACS
    Jammer Pod Khabini yang tdk akan pernah dijual oleh Rusia

  78. Wah panjang amat yg pada ikutan comen dimari. Ampe susah masuk.salam…..

  79. Ini artikel kok lbh banyak diisi komentarnya Bowo ya…???

    Heh Wo, mulutmu jaga dikitlah. Kamu ndak usah mbacot itu2 aja muter2 ndak ada jalurnya. Kamu kan udah saya gaji tiap bulan dan sll saya kasi lebih buat ngelancarin hobimu main senuk janda china. Ya sudaj itu aja kamu urus. Ndak dah kamu sok2 ngurusin dan ngerecokin kebijakan pemerintah. Jangan jd tukang hasut kamu Wo. Hati2, pendukung Macan Asia yg kmrn kalah, ndak usah dihasut saja sudah pada jd penghasut kok, apalagi malah kamu kompor2in. Malah jd tukang fitnah, Wo.
    Sudah, sudah main senuk aja sana…. Kamu itu sama bodohnya dgn yg kamu dukung kmrn. Klo mbacot sembarangan lg, aku pecat makin ndak bisa makan alias kelaparan lho kamu Wo.

  80. hoachmmzzz……

  81. Coba dianalisa kt2 mbah bowo. Dipilah konten ya. Ada kt2 yg dgunakan sekedar menarik perhatian tp sesungguhnya mengajari kita berpikir kritis siapapun pemimpinnya. Jangan mengandalkan fanatisme buta terhadap satu figur tanpa berani melihat kekurangan. Ujung2 nya ngamuk saat tokoh favorit dikritisi. Mbah bowo ga prnah menggunakan kt2 yang kasar lho. Yang komeng malah ngumpat sm mbah bowo. Siapa yang nalarnya cupet kalo gitu? Inget suporter bola kita? Mksud nya Jangan ngomong revolusi mntal kalo cuma gr2 bola sampai menghilangkan nyawa orang. Salam SR.

  82. para pakar ekonomi dan pakar perminyakan dunia sangat meyakini bahwa turunnya harga minyak dunia tdk terlepas dr peran amerika,begitu mudahnya amerika mengontrol harga minyak sesuai dgn keinginannya..dr USD110/barrel menjadi USD60/barrel,negara2 anggota opec saling silang sengketa menyikapi kejadian ini,bbrp negara opec berusaha mengurangi suplainya sementara arab saudi tdk setuju..semakin kacau setelah amerika mengejutkan dunia justru dgn meningkatkan suplai minyaknya dr 380,8 ribu barrel ke angka 1,5jt barrel,sampai saat ini blm terjawab apa tujuan amerika menaikkan suplai minyak bgtu drastis..tp yg pasti cm satu negara yg mampu melakukan ini,amerika..

    • persiapan bung, asu nyetok minyak banyak2 buat armagedon, jadi dimurahin dulu minyaknya supaya kebeli banyak, abis tu siap2 perang panjang tahunan meibi 10 tahun, kan obama-demokrat selesai 2016, kalo republik naik pasti perang besar, untuk TNI nanti all out aja, keluarin pamungkasnya

    • Perhatikan saja siapa yang sangat terpukul dengan harga minyak yang jatuh ini. Yang betul betul menjadikan minyak sebagai sandaran utama perekonomiannya. Russia? Venezuela? Iran? Ingatlah, bagaimana Uni Soviet yang sudah sakit sakitan karena salah urus dan korupsi yang merajalela dan cuma bertahan hidup lewat infus dari penjualan migas, akhirnya mati betulan karena hancurnya harga minyak dunia yang sampai dibawah 10 usd per barrel dipertengahan 80 an. Dan ini semua permainan AS dan hamba hambanya di Timteng sana. Rasanya ini skenario yang sama dengan yang sekarang terjadi. Kalau Russia ambruk, siapa lagi yang akan diharap jadi penyeimbang AS di dunia ini? RRC? Jangan sampai dah. Watak serakahnya yang ekspansionis dari jaman bahuela sampai kapan pun, akan membuat kita, yang tidak jauh letaknya dari mereka, sesak nafas.

  83. Naahhh looohh.., mbah bowo yg wibawanya tdk boleh diragukan mulai berhasil memasuki ruang kontrol pikiran bbrp warjager.., dahsyat men..makin asik..,

    Pernah diingatkan bung jalo.., warjager hrs selalu melihat dr sisi yg lain jgn cm dr satu sisi sj..

    Salam semua dr Prof..

  84. kata-kata mbah bowo mohon diperhalus paling tidak jangan pakai huruf kapital, risih rasanya , silahkan yang merasa nyaman dg tulisannya mbah bowo ini, namun terlihat selalu membelokkan arah diskusi yang memang terlalu encer disini , ngalor ngidul bahkan bukan diskusi lagi tapi ngerumpi

  85. Jangan bro.. :mrgreen:
    nanti para jemaah amblessiah dan penganut faham russian strong mencak2.. secara beliau kan salah satu ulama mrk.. 😆

  86. Mbah Bowo = Selebriti JKGR xixixi

  87. 10 unit Sukhoi SU-35 lengkap dengan rudal udara udara R-73 / R-77sudah dipesan, 2017-2018 datang, lumayan lah untuk menghalau 1 skuadron F/A 18 Hornet malaysia dan 72 F-35 pesanan aussie
    tinggl tambahin elpiji melon 3kg buat kirim kirom ke ruah mbah bowo

 Leave a Reply