Apr 212014
 
Sukhoi Su-35

Sukhoi Su-35

Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
Salam sejahtera.

Beberapa minggu sampai sekarang JKGR tercinta menampilkan artikel-artikel terkait dengan Su-35, dan menimbulkan komentar pro dan kontra yang ramai secara sehat. Mengapa begitu? Tentu saja terkait antara lain dengan keputusan TNI AU dalam memilih Su-35 sebagai pilihan nomor 1 sebagai pengganti F-5, dan antisipasi ancaman kedaulatan udara kita jangka waktu 5 – 10 tahun ke depan.

Pertanyaannya, mengapa sebagai nomor 1 dipilih Su-35, dan bukan pespur lain seperti F-16 Fighting Falcon di atas blok 24 buatan Amerika Serikat, F-15 Strike Eagle buatan Amerika Serikat, atau SAAB Gripen buatan Swedia, maupun Eurofighter Typhoon buatan konsorsium Eropa, atau Rafale buatan Perancis. Meskipun tidak pernah dijelaskan secara gamblang, namun dapat diduga bahwa TNI AU tidak mau diembargo lagi, sudah berpengalaman dan nyaman lebih satu dekade mengoperasikan pesawat sejenis (Flanker), dan percaya/ yakin kepada kelebihan Su-35 di atas pespur-pespur lain tersebut. Soal harga itu adalah domain pemerintah, meskipun nyatanya harga Su-35 sangat bersaing.

Beberapa fitur-fitur kelebihan Su-35, yaitu antara lain :
o Pengembangan Su-35 dari Su-27M
o Airframe (Fuel fraction, combat persistence dll)
o Radar (avionik dan ECM)
o Kinematika (Thrust vectoring control 3D, wing loading, T/W ratio dll)
o Persenjataan
o Nilai strategis dan taktis,

Namun tidak semuanya dibahas karena akan memakan ruangan yang cukup besar. Supaya tidak ditegur oleh Bung Diego/ Bung NYD, maka rencananya Insha Allah akan ditulis dalam beberapa seri.

Beberapa singkatan kata

W/L : wing loading
T/W : thrust weight (ratio)
TVC : thrust vector control
3D : 3 dimensi
VLO : very low observables (siluman/ stealth)
MFD : multi function display
HUD : heads up display
HOTAS : hands on throtle and stick
SINS : strapdown inertial navigation system
SAR : synthetic aperture radar
JTIDS : joint tactical information distribution system
MIDS : multifunctional information distribution system

Pengembangan Su-35
Su-35 dikembangkan dari Su-27M, sebagai sebuah konsep upgrade komprehensif dari keluarga pesawat tempur Su-27/ Flanker, dan telah dimulai pada pertengahan dekade pertama abad baru. Jadi, apa yang baru dalam desain Su-35 itu ?.

Airframe : peningkatan airframe menampilkan lebih banyak paduan titanium, yang menghasilkan perpanjangan service life pesawat yang cukup besar hingga 6.000 jam atau 30 tahun beroperasi, dengan waktu sebelum rekondisi pertama dan antara overhaul tumbuh sampai 1.500 jam atau 10 tahun beroperasi.

Konfigurasi aerodinamis Su-35 adalah sama seperti yang Su-27, lihat Gambar 1 dan 2, ada perbedaan sedikit lebih besar di tinggi badan dan bentang sayap, dan juga karena dilengkapi dengan TVC 3D, kemungkinan posisi mesin lebih renggang serta di belakang sedikit menjorok ke luar untuk memaksimalkan efek TVC. Namun volume internal badan pesawat didesain ulang memungkinkan peningkatan kapasitas bahan bakar Su-35 lebih dari 20 persen menjadi 11.500 kg dibandingkan 9.400 kg kapasitas Su-27 . Selain itu, pesawat dapat membawa dua drop tank 1.800 liter masing-masing di bawah sayap. Dengan drop tank, total ukuran kapasitas bahan bakar menjadi 14.300 kg. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem pengisian bahan bakar AAR.

Gambar 1 – 3 view line drawings Su-27

Gambar 1 – 3 view line drawings Su-27

Gambar 2 – 3 view drawings Su-35

Gambar 2 – 3 view drawings Su-35

Keluarga pesawat tempur Flanker dari semula tidak didesain sebagai pesawat VLO, namun berita beredar menyebutkan bahwa Su-35 akan dilengkapi dengan radar absorbent material untuk mewujudkan pemotongan/ reduksi X–band RCS dalam sektor ± 60°.

On board systems: berbeda dengan Su-30MKI, tidak akan memiliki canards tetapi akan menampilkan sebuah quadruplex, digital fly-by-wire control system KSU-35 dikembangkan oleh Avionika Moscow Research and Production Complex JSC (MNPK Avionika). Ciri khas dari Su-35 adalah on board systems baru yang utamanya adalah sistem informasi manajemen (IMS), yang mengintegrasikan informasi, fungsional, logis, dan subsistem perangkat lunak ke dalam sebuah kompleks tunggal yang menjamin interaksi antara pilot dan peralatan.

IMS termasuk dua pusat komputer digital, perangkat pembantu dan informasi serta sistem indikasi yang dibangun di atas konsep “all glass cockpit”, dengan dengan dua 230mm x 305mm LKM-35 liquid crystal display resolusi tinggi dengan panel kontrol multifungsi dan HUD display IKSh-1M dengan lebar bidang pandang (FOV) 20° x 30°.

Pilot memiliki dua VHF / UHF sistem komunikasi radio terenkripsi dan sistem data link militer yang jam resistant antara pesawat dalam satu skuadron dan antara pesawat dan ground control. Sistem navigasi didasarkan pada tampilan peta digital dengan sistem navigasi inersial strapdown (SINS) dan GPS. Pada saat yang sama, KSU-35 akan menangani fungsi keselamatan proaktif. On board systems dan persenjataan serta kontrol mesin di kokpit baru Su-35 dikendalikan oleh tombol multi-fungsi dan switch pada joystick kontrol pesawat. Sehingga konsep HOTAS direalisasikan dan kinerja penerbangan dan manuver tempur akan menjadi lebih maju karenanya.

Gambar 3 – Simulator Su-35 all glass cockpit dan joystick

Gambar 3 – Simulator Su-35 all glass cockpit dan joystick

Sistem ini menggantikan penanganan pekerjaan yang dulu dilakukan oleh beberapa sistem individu di Su-27, fly- by-wire system, sistem kontrol otomatis, peringatan stall dan data udara, pengereman roda landing gear dan sistem kontrol nosewheel .

Kokpit dilengkapi juga dengan sebuah kursi lontar Zvesda K-36D-3.5E zero-zero ejection seat yang memungkinkan pilot untuk eject pada zero speed dan pada zero altitude.

Engines : fitur kunci lain membedakan Su-35 dari pendahulunya keluarga Su -27 adalah mesin pendorong yang sangat ditingkatkan dikembangkan oleh NPO Saturnus dan dijuluki ‘Produk 117S’.

Sejauh desain mesin yang bersangkutan, ini adalah turunan dari produksi sebelumnya AL-31F, menggunakan teknologi generasi kelima, kipas dengan diameter 3 % lebih besar ( 932 mm dari 905 mm ), kemajuan metalurgi dan sistem kontrol all-new digital.

Ketentuan telah dibuat untuk menggunakan nozzle TVC 3D mirip dengan AL- 31FP . Upgrade telah menghasilkan tambahan gaya dorong sebesar 16% menjadi 14.500 kgf dalam moda afterburner/ wet dan sebesar 8.800 kgf dalam maksimal moda non– afterburning/ dry . Dibandingkan dengan AL – 31F , service life mesin baru melonjak dengan faktor 2-2,7 kali, dengan waktu antara overhaul meningkat dari 500 jam ke 1.000 jam, waktu sebelum perbaikan pertama di 1.500 jam dan umur mesin melonjak dari 1.500 jam ke 4.000 jam.

Gambar 4 – Mesin 117S (AL-41F1) mesin generasi 5 dengan TVC 3D

Gambar 4 – Mesin 117S (AL-41F1) mesin generasi 5 dengan TVC 3D

X-band Radar: Su-35 telah dilengkapi dengan X-band radar PESA ‘Irbis’ E, yang merupakan komponen penting dari sistem fire control pesawat, merupakan pengembangan dari NIIP PESA ‘Bars’ radar, yang mempunyai sudut pindai lebih besar dan dipasang ke sebuah two-axis (azimuth and bank) hydraulic drive. Radar ini mampu mendeteksi sasaran udara RCS 3 meter persegi head-on pada jarak 400 km (250 mil), sementara overtaking pada jarak tidak kurang dari 150 km (dengan tinggi sasaran 10 km atau lebih).

Sasaran “siluman” RCS 0.01 meter persegi dapat dideteksi pada jarak 90 km. Dan dapat melacak (track & scan) 30 sasaran udara dan mengunci serta menembak delapan di antaranya pada waktu yang sama, memastikan penembakan simultan dari dua sasaran dengan dua rudal pemindai semi- aktif dan hingga delapan sasaran dengan delapan rudal pemindai aktif, dalam kasus seperti empat sasaran pada jarak lebih dari 300 km. Radar juga dapat memetakan sasaran di tanah dengan menggunakan berbagai moda, termasuk moda SAR.

 Gambar 5 – Radar Irbis E (kanan) dengan dudukan two-axis (azimuth and bank) hydraulic drive (kiri)


Gambar 5a – Radar Irbis E

 Gambar 5 – Radar Irbis E (kanan) dengan dudukan two-axis (azimuth and bank) hydraulic drive (kiri)


Gambar 5b – Radar Irbis E  dengan dudukan two-axis (azimuth and bank) hydraulic drive

L-band Radar : Su-35 juga dilengkapi dengan 2 radar L-band yang dipasang di leading edge sayapnya. Radar L-band ini menjadi sangat penting karena pesawat siluman rentan terhadap radar yang beroperasi pada gelombang pendek seperti L-band dan juga VHF-band.

Website APA mem-posting artikel yang bagus “Assessing the Tikhomirov NIIP L-Band Active Electronically Steered Array” tentang ini. Selain sebagai counter VLO, radar L-band juga dapat dikembangkan untuk digunakan pada :

o Pelacakan pasif jarak jauh sudut dan geolokasi dari emitter JTIDS/MIDS/Link-16.
o Pelacakan pasif jarak jauh sudut dan geolokasi dari L-band AEW&C / AWACS dan radar di darat.
o Pelacakan pasif jarak jauh sudut dan geolokasi IFF musuh (yaitu Barat) dan transponder SSR.
o Active jamming daya tinggi dari emitter JTIDS/MIDS/Link-16.
o Active jamming daya tinggi dari penerima navigasi satelit di daerah yang luas.
o Active jamming daya tinggi jarak jauh L-band AEW & C / AWACS dan radar di darat .
o Active jamming daya tinggi guided munition command datalinks di daerah yang luas.

Gambar 6 – Radar L-band dipasang pada wing leading edge

Gambar 6 – Radar L-band dipasang pada wing leading edge

 Gambar 7 – Susunan AESA menghasilkan bentuk kipas yang menyapu di azimuth untuk menutupi volume di sebelah depan pesawat


Gambar 7 – Susunan AESA menghasilkan bentuk kipas yang menyapu di azimuth untuk menutupi volume di sebelah depan pesawat

 Gambar 8 – Bidang geometris AESA, dengan asumsi sudut mainlobe beam steering angle ± 50° off boresight array (credit APA).


Gambar 8 – Bidang geometris AESA, dengan asumsi sudut mainlobe beam steering angle ± 50° off boresight array (credit APA).

Gambar 9 – Solusi paling murah untuk mendapatkan kemampuan heightfinding adalah menyuruh pilot untuk mengarahkan hidung pesawat ke sasaran kemudian melakukan sebuah aileron roll manoevre pada saat yang sama, dengan demikian memperoleh hasil ketinggian dengan azimut (credit APA)

Gambar 9 – Solusi paling murah untuk mendapatkan kemampuan heightfinding adalah menyuruh pilot untuk mengarahkan hidung pesawat ke sasaran kemudian melakukan sebuah aileron roll manoevre pada saat yang sama, dengan demikian memperoleh hasil ketinggian dengan azimut (credit APA)

Gambar 10 – Solusi cerdas lebih mahal tetapi lebih pasti untuk mendapatkan kemampuan heightfinding adalah dengan menambah antena heightfinding pada sirip tegak ekor pesawat (credit APA)

Gambar 10 – Solusi cerdas lebih mahal tetapi lebih pasti untuk mendapatkan kemampuan heightfinding adalah dengan menambah antena heightfinding pada sirip tegak ekor pesawat (credit APA)

Gambar 11 – Tikhomirov NIIP L-band AESA memiliki potensi pertumbuhan yang besar berdasarkan ukuran airframe pesawat Flanker yang besar, memungkinkan tambahan elemen antena, pendinginan dan daya (credit APA)

Gambar 11 – Tikhomirov NIIP L-band AESA memiliki potensi pertumbuhan yang besar berdasarkan ukuran airframe pesawat Flanker yang besar, memungkinkan tambahan elemen antena, pendinginan dan daya (credit APA)

 Gambar 12 – Diagram sederhana menjelaskan efek gelombang radar pada pesawat siluman : hijau aman, kuning waspada, dan merah kritis


Gambar 12 – Diagram sederhana menjelaskan efek gelombang radar pada pesawat siluman : hijau aman, kuning waspada, dan merah kritis

IRST : Seperti pada pendahulunya, Su-35 juga dilengkapi OLS-35, yang adalah sistem pencarian dan pelacakan inframerah (Infra Red Search & Track), sistem pengendalian penembakan canggih yang dirancang untuk generasi pesawat tempur 4++ menggantikan OEPS-27 dan 30 yang dipasang pada keluarga pesawat Su-27/Su-30. OLS-35 terdiri dari pencari panas, laser rangefinder / designator dan kamera TV bersama dengan algoritma baru dan perangkat lunak canggih untuk mengungguli pendahulunya dalam hal jangkauan, presisi dan keandalan. OLS-35 menyediakan cakupan + / -90° di azimuth dan +60° / -15° di ketinggian dengan berbagai akuisisi sasaran untuk non-afterburning head on target dari 50 km dan 90 km untuk overtaking target. Penjejak jarak laser memiliki lima meter CEP dan berkisar hingga 20 km untuk target udara dan 30 km untuk target di tanah.

Kabarnya, OLS-35 juga dapat digunakan sebagai fire control system kanon 30mm yang diusung Su-35, lebih akurat dari radar.

Kesimpulan dan Penutup
Su-35 adalah sebenar-benarnya generasi pesawat tempur 4++ sebelum generasi 5 (siluman) yang tercanggih di dunia saat ini. Pihak Barat belum punya pesawat sekelas yang bisa menandinginya, apalagi melebihinya. Bila diadu sekalipun dengan pesawat siluman F-22 Raptor, belum tentu kalah, apalagi dengan F-35 Lightning II yang lamban dan gendut dijuluki “Pigeon”.
Karena merupakan pengembangan dari seri keluarga Flanker sebelumnya, maka beberapa fitur canggih Su-35 secara teknis mudah dicangkok/ retrofit ke “adik2nya”, antara lain mesin, radar X-band dan L-band, serta IRST OLS-35.

Sebagai pengguna Su-27/30, TNI AU (sebagaimana juga AU China) pasti merasa kekurangan pada sistem radar yang diusung yaitu N001E Myech/ N001M. Karena itu, dengan membeli Su-35, kita akan mendapat juga kesempatan emas untuk upgrade Flanker kita, sebaiknya dengan cara dikerjakan disini, mungkin melalui semacam Maintenance Depot. Isu selentingan cangkok/ retrofit ini mungkin sudah dilakukan secara rahasia, karena alasan disebutkan di atas. Akan tetapi isu baby Flanker dapat dipastikan tidak benar alias hoax, karena dengan badan yang lebih kecil, Flanker akan kehilangan combat persistence – nya, yang justru merupakan keunggulanya.

Sebagai penutup, mohon maaf bila ada kesalahan disengaja maupun tidak, dan diucapkan terima kasih kepada para pembaca.
Wasalammu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh (by Antonov)

  387 Responses to “Su-35 Super Flanker Strong !”

  1. pertamaxxx

  2. Jadi kapan realisasinya ? Dari SU-35, Rafale, Typhoon, koq kemudian terakhir mau dapat hibah.

    • all the warfare base on fraud..
      if your enemy stronger avoid it..
      if equal match fight.. or wait and calculate the best way to beat them..
      (of course if inferior, attack without hesitation )
      if angry irritate them.. cost when your enemy got angry the cant thinks straight.

    • Semuanya tentang keunggulan, lalu kelemahannya apa ???
      biar Fair dan bukan dikatakan Salesnya Rusia ? karena Su-35 bukan Made-In Indonesia ?
      Kalau Alasan takut Embargo, saya kira terlalu kekanak-kanakan.

      Lihat judul ini ???

      TNI AD meminta pemerintah membeli 17 unit helikopter Black Hawk dan 3 unit helikopter Chinook
      “Pembelian ini merupakan usulan TNI AD ke Kementerian Pertahanan berdasarkan surat KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) nomor B/455/II/2013,”

      dan lihat artikel ini ???

      Selain Black Hawk dan Chinook, saat ini pemerintah sedang mendatangkan 8 unit helikopter serang AH-64D Apache dari AS. Sesuai rencana delapan helikopter senilai Rp 3,1 triliun tersebut akan tiba di Indonesia pada 2017

      Semuanya atas rekomendasi panglima TNI, dan TNI sangat bangga sekali

      dan Masih sangat banyak lagi artikel-artikel lainnya

      • takut diembargo kekanak-kanakn??!!
        berarti anda sudah melupakan SEJARAH…
        “jas merah”!!!!

        • Pelajaran SEJARAH seingat saya di TK atau SD… ya ? he…he…he…

        • Suka bingung jg dgn org yg mengatakan jasmerah alias jgn melupakan sejarah? Apa anda lupa indonesia ini pernah di embargo russia/uni soviet?? Cb kembali di buka ingatannya… sperti yg anda bilang jgn melupakan sejarah… terlepas dr masalah ham atau perubahan arus politik yg perlu di ingat adalah indonesia ini sama2 merasakan pahit’y embargo di blok barat ataupun timur

      • Yup bener bung Melektech, saya setuju…
        Karena keunggulan itulah produk dalam negeri dilupakan, kasus heli gandiwa adalah salah satu contohnya…

        😀

        • mau tanya nih bung @Jalo, apa program gendiwa kita ni dah bener2 sad ending alias berhenti total, atau masih menyusun langkah bayangan yang mana nanti tiba2 dah muncul lagi,. tanpa ketauan lagi,. 😀 ma af, soalnya ane cuma SR biasa, tanpa ada bisikan angin sepoi2 pembawa berita,.

          salam kenal buat bung jalo,.

          • Kalau mau buat sekarang juga bisa, masalahnya user tertarik gak?? 😀

          • apa bisa disebut “produk gagal”? mungkin dengan pembelanjaan dari luar ini bisa di simak jeroannya kali ya bung, trus di aplikasikan atau paling ngga buat referensi buat si gendiwa,. sayang sekali kalu harus mandek, persoalan user,. soalnya buatan sendiri,. ane bangga banget pas dulu bisa buat macem anoa, komodo, trimaran dll.. khusus buat komodo juga,. masi belom bisa teriak kenceng kaya si anoa,. 😀

            tapi ane optimis, soalnya yang namanya belajar, musti ada salah dan koreksi,. kalu langsung bener mah namanya jiplak,. and itu bukan karakter peneliti dan ilmuwan kita 😀

          • Iya bener sekali bung juragan, saya salut dengan pemikiran anda..
            Kalau gak mau di embargo maka segera mandiri, gak mau belajar mengembangkan sendiri lebih baik jadi negara boneka aja… SS-1 itu pelajaran paling berharga, awalnya di kembangkan dan menggunakan lisensi Belgia, sekarang jadi coba sudah sampai SS-4 dan terbukti kejuaran nembak di dunia kita juara umum. Ini adalah kasus nyata,

            China meski menyontek Sukhoi tapi bela2in menggunakan produk dia sendiri. Sukhoi dibeli untuk stop-gap pengembangan dalam negerinya aja. Lalu lihat Amerika, F-35 nya di luar negaranya beranggapan ini produk gagal dan salah satu faktor anggaran militernya turun, tapi dalam negerinya tetap bangga dengan pengembangannya. Kalau Indonesia gimana??

          • Bung @Jalo : iya bung jalo,. ma af analisa awam dan pribadi yang bangga produk dalam negeri saja,.

            ane juga bangga pas lihat tni dan kombinasi kopassus juara nembak pake SS version,. soalnya ane memang ngidam banget senjata buatan pindad,.

            memang lagi krisis kepercayaan akan produk sendiri bung Jalo, seperti dimari, ane tinggal di tempat trimaran itu dibuat, tapi kalo melihat masyarakat kita, hal macam itu masih dianggap tabu alias nggak direwes,. ini yang masih menjadi masalah juga sebetulnya,. soalnya hal semacam itu juga bisa menjadi kerahasiaan yang patut dijaga menyangkut industri strategis kita,. pas kemaren insiden trimaran pertama kebakar, karena “korsleting”.. tapi ane sebenernya kaga percaya, soalnya sebelumnya sepertinya ada kapal canggih milik Maknya Rika sandar di Bali,. 😀

      • Setuju bung Melektech, memang kalau ulasan suatu produk, sewajarnya memang harus mengutarakan kelemahan disamping kelebihannya. Walau untuk urusan kelemahan terpaksa harus nyari tau sama usernya kali yah, soalnya kalau di web site tukang jualnya pasti gak ada. Kalau keluarga penempur rusky palingan kelemahan adalah di borosnya bahan bakar dan suku cadang (sky aviation brenti operasi salah satu sebabnya karena suku cadang Sukhoinya yang muahal banget dan kendala di pengiriman yang lamua buanget).

        Dan bicara soal ADRI yang pesan BH dan Ch, sebenarnya di internalnya sendiri juga ada pertentangan (terutama soal BH), cuma karena sang kasad sekarang dan sebelumnya memang demen banget sama tu chopper, jadi dipilihlah merek tersebut. Sebagian si sebenarnya lebih setuju untuk perbanyak MI-17.

      • Disini pokok’e klo bikinan russia mah top, stronk, anti embargo…hellow @bung jalo, emang gandiwa udah dibikin.? Msh ujud gambar saja toh. Ga usah chauvinis bgt degh…

      • Ada opini lain yang seharusnya kita lakukan sbg alternatif yaitu membeli alutsista asing asalkan pembuatannya dilakukan di indonesia dgn supervisi mereka. Hal ini skg banyak dilakukan oleh negara2 di dunia. Kita tidak perlu riset yang memakan waktu lama tapi kita sudah menyerap perlajaran dalam waktu yg singkat atas alutsista yg canggih tsb. Saya berharap, pembelian sukhoi ini bisa kita lakukan spt ini sama halnya pembelian ks cbg dari korea dan kapal sigma dari belanda. Dalam hal income mereka akan mendapatkan royalty tambahan tanpa perlu mengeluarkan biaya produksi.

        • Betoel sekali…..
          Hanya dunia barat (terutama Eropa) yang rata-rata mau seperti itu, sedang Rusia masih jual mahal (Sombong),

          Rusia = Full Politik Ekonomi Murni, apalagi China

          Pakar Dirgantara Indonesia, PT. DI bahkan menyarankan Typhoon, karena kedekatannya dengan Eropa.

          • @bung melektech, knp ya ga ada yg inget kasus India.? Sekian ratus sukhoi yg harus dibeli (sekitar 200 lebih), hanya dapet TOT yg gak seberapa…

      • Assalamualaikum wr.wb
        Yang di utarakan bung Melektech ada benarnya,
        kadangkala kelebihan tersebut malah membuat buta.
        menyikapi tentang teknologi seharusnya juga secara proposional.
        jangan sampai buta dan malah melemahkan kita 😀

        kalau salah ya maaf 😀
        maaf kalau oot 😀

      • Mari kita berikan apresiasi buat Bung Antonov yang udah bikin artikel cukup detail. Meskipun isi nya 1 side story kelebihan daripada SU-35, tapi biasanya artikel emang begitu. Kalau mau bikin pros and cons, nanti disebut review.

        Saya setuju Bung Melektech, kita jangan menutup mata untuk mencari pembanding yang setara dengan SU-35, seperti Rafale, Typhoon, Gripen, atau bahkan dari Boeing atau Lockheed Martin.

        Sedikit saya copy dari website:

        Radar’s range?
        * F-22A: Tracking target of RCS = 1 m2 at the range of 200 km away –> Detecting target of RCS = 3m2 at the range of 375 to 440 km away theoretically –> 329 ~ 386.

        * Su-35: Detecting target of RCS = 3m2 at the range of 350 to 400 km away –> 307 ~ 351.

        * EF-2K: Tracking target of RCS = 5 m2 at the range of 160 ~ 185 km away –> Detecting target of RCS = 3m2 at the range of 200 to 272 km away theoretically –> 175 ~ 239.

        * Rafale: Detecting target of RCS = 5 m2 at the range of 130 ~ 148 km away –> Detecting target of RCS = 3m2 at the range of 114 to 130 km away theoretically –> 100 ~ 114.
        Capability of multiple target engagement?
        * F-22A: Tracking 100 and engaging 6+.
        * Su-35: Tracking 30 and engaging 8.
        * EF-2K: Tracking 20+ and engagine 6 to 8.
        * Rafale: Tracking 40 and engaging 4 to 6.

        Frontal minimal RCS —>Ratio of RCS —> Ratio of range being detected:
        * F-22A: 0.00015 ~ 0.0006 m2 –> 1 ~ 4 –> 1.00 ~ 1.41
        * Su-35: 1.0 ~ 3.0 m2 –> 6666 ~ 20000 –> 9.03 ~ 11.89
        * EF-2K: 0.1 ~ 0.5 m2 –> 666 ~ 3333 –> 5.08 ~ 7.60
        * Rafale: 0.1 ~ 0.2 m2 –> 666 ~ 1332 –> 5.08 ~ 6.04

        Yang bisa disimpulkan, juga sebagai kelemahan SU-35 adalah meskipun kemampuan jangkauan radar yang jauh, yang mana membutuhkan power yang besar, tetapi SU-35 sendiri memiliki RCS yang besar sehingga lebih mudah dideteksi. Ketika berhadap hadapan dengan pespur musuh, yang notabene RCS lebih rendah, kemampuan jangkauan radar SU-35 menjadi tidak efektif. Teori nya seperti itu. Praktek nya tentu kita tidak pernah tau. Tapi jangan lah under estimate kemampuan pespur selain SU-35. F-35 bukan pesawat buruk, karena secara avionics jauh lebih baik daripada SU-35. CMIIW !

        • Sebagai tambahan, maaf bahasa Inggris ya.

          * Theoretically, F-22A shall be able to detect / track Su-35 at the range of 285 to 440 km / 200 to 308 km away in head to head engagement.
          * Theoretically, Su-35 shall be able to detect / track F-22A at the range of 29 to 48 km / 17 to 34 km away in head to head engagement.

          * Theoretically, EF-2K shall be able to detect / track Su-35 at the range of 153 to 272 km / 107 to 163 km away in head to head engagement.
          * Theoretically, Su-35 shall be able to detect / track EF-2K at the range of 150 to 256 km / 90 to 180 km away in head to head engagement.

          * Theoretically, Rafale shall be able to detect / track Su-35 at the range of 87 to 130 km / 52 to 91 km away in head to head engagement.
          * Theoretically, Su-35 shall be able to detect / track Rafale at the range of 150 to 203 km / 90 to 142 km away in head to head engagement.

          • saya kira itu baru teori, betulkan bung phoenix…!.Siapapun dapat berteori

          • Orang bikin teori juga ada itung-itungannya. Kayak quick count juga ada ilmunya. Tidak sembarang bikin teori lho.

          • betul sekali bung phoenix.

            tapi itung ung-itung juga tidak selama 1 + 1 adalah 2

            apalagi klo yang bikin itungan itu sdh lain kepala di campur dengan ilmu yang berbeda tambah lagi dengan hitungan hati akan sangat jauh berbeda.

      • Rizal darma dalam wawancara TEMPO:..Amerika Serikat menjual alutsista dengan perjanjian yang kasat mata. Contohnya, Indonesia tidak boleh menggunakan alutsista dari Amerika Serikat untuk misi yang melanggar hak asasi manusia, TNI tak boleh menggunakan alutsista yang dijual Amerika Serikat untuk menyakiti atau menyerang warga negara Indonesia sendiri. “Termasuk tak boleh dijual ke negara lain tanpa izin dari Amerika Serikat,” kata Rizal.

        Ketentuan lainnya yang dianggap merugikan, menurut Rizal, Indonesia dilarang menggunakan alutsista produksi Amerika Serikat untuk menyerang negara-negara sekutunya seperti Australia dan Singapura. Jika pemerintah dan militer Indonesia melanggar, maka embargo suku cadang dan persediaan senjata akan dilakukan Amerika Serikat.

        Indonesia pernah merasakan pahitnya embargo suku cadang dan stok senjata pesawat tempur F-16 pada berapa tahun lalu. Walhasil pesawat tersebut tak mampu terbang menjaga kedaulatan Tanah Air.

        Kerugian lain, jika Indonesia membeli helikopter tersebut dalam kondisi bekas. Sebab sekali pun helikoper bekas tersebut sudah diperbaiki dan dimodifikasi, tetap saja jam terbangnya tak bisa lama. “Jadi pemerintah harus cermat memikirkannya.”karena butuh dana lebih banyak untuk upgrade dan perawatan barang bekas

    • Anoa = Perancis
      SS-1 = Belgia
      Sigma = Belanda
      KCR-60 = Berdasar Tech. Jerman
      Changbogo = Korsel/Jerman
      CN-235 = Spanyol
      KFX/IFX = Korsel dibantu AS dan Eropa
      AMX-13 Upgrade = Belgia
      Med-Tank = Turki dan Jerman
      Satelit = Jerman
      Roket = Eropa dan Ukraina (Pro-Barat)
      Komputer Processor = Intel/AMD (AS)
      Komputer Software = Microsoft/Apple/Linux (AS)
      Mesin CNC = Jerman / Barat lainnya
      Semua Alat Industri Strategis rata-rata dari Barat

      RETROFIT BTR-40/50 = KOMPONEN BARAT
      RETROFIT PT-76 = KOMPONEN BARAT
      RETROFIT KORVET PARCHIM = KOMPONEN BARAT

      RUSIA = ????

      • Rusia??? rusia memberi barang yang mempunyai efek deterent tinggi dan di takuti eropa/amerika/nato

        amerika/eropa?? betul byk membantu..tapi yang di bantu sekelas mainan ringan..dengan syarat ketentuan berlaku…tidakboleh buat melanggar HAM,,,tidakboleh merugikan anggota NATO, PERSEMAKMURAN INGGRIS,,,,embargo depan mata…bayangkan tuh barang2 yang byk td semua suku cadang dibantu eropa/amerika…jika diembargo….semua barang yg di tulis @bung melecteh…jadi besi tua digudang..

        jadi RUSIA??? SATU SATU NYA NEGARA YANG MENJUAL BARANG DAGANGAN NOMOR SATU..DI TAKUTI EROPA/AMERIKA.

        BAYANGKAN JIKA BARANG BARANG DIBAWAH INI DI EMBARGO SUKU CADANG NYA,,,

        Anoa = Perancis
        SS-1 = Belgia
        Sigma = Belanda
        KCR-60 = Berdasar Tech. Jerman
        Changbogo = Korsel/Jerman
        CN-235 = Spanyol
        KFX/IFX = Korsel dibantu AS dan Eropa
        AMX-13 Upgrade = Belgia
        Med-Tank = Turki dan Jerman
        Satelit = Jerman
        Roket = Eropa dan Ukraina (Pro-Barat)
        Komputer Processor = Intel/AMD (AS)
        Komputer Software = Microsoft/Apple/Linux (AS)
        Mesin CNC = Jerman / Barat lainnya
        Semua Alat Industri Strategis rata-rata dari Barat

        RETROFIT BTR-40/50 = KOMPONEN BARAT
        RETROFIT PT-76 = KOMPONEN BARAT
        RETROFIT KORVET PARCHIM = KOMPONEN BARAT

        SEMUA SIAP JADIBESI TUA BUAT DI JUAL KE TUKANG BESI MADURA

        jadi jgn terlalu bangga dengan eropa/nato/amerika….STANDART GANDA …..bisa bisa kasus F16 GA ADA SENJATA DAN SUKU CADANG TERULANG LAGI pada tahun mendatang…

        • Berarti anda KANCIL beneran……………….

        • betul bung kancil,
          kenapa mereka mau jor-joran memberikan kemudahan, secara logika sederhana “ADA MAUNYA”, Anda Tahu Newmont, Exon mobile, Freeport, mereka semua yang menggrogoti SDA Indonesia,mereka semua mencari pundi-pundi dolar ditanah indonesia yang tanpa sedikitpun mensejahtrakan rakyak dan bangsa Indonesia, mereka semua mencari kekayaan dengan memiskinkan Indonesia. dan mereka berhenti mengeruk tanah air ini jika sdh Habis.

          Berani Indonesia ganggu semua itu?….he.he

          mamarika bilang : “teman-teman indonesia melanggar “HAM”…..EMBARGO.

          mamarika kan tinggal bilang semua pada ngekor

        • Mencoba menjawab opini dr bung kancil sebagai opini penyeimbang.. saya kira yg mempunyai effek detterant yg tinggi itu bkn hanya dr produk russia aja bung… klo memang produk dri blok barat atau nato tdk mempunyai efek detterant yg tinggi utk apa byk negara yg membeli produk dr mereka klo memang roduk russia scra kualitas lbh tinggi drpd blok barat??

          Lalu klo masalah embargo?? Hmmm memang sangat menyakitkan ketika produk yg sudah dibeli mahal2 tidak bs digunakan spt kejadian waktu darurat militer aceh.. pendapat anda memang ada benarnya tetapi yg perlu diingat utk saat ini pembelian alutsista wajib memberlakukan tot bs tot dlm maintenance produk atau pembuatan sucad.. spt yg diketahui blok barat sedikit lbh “baik” dlm memberikan tot drpd russia yg pelit dlm berbagi teknologi.. spt yg kita ketahui bkn utk mendapatkan tot dr russia setidak’y hrs memborong lusinan produk tsb, yg menjadi ciri kebiasaan pembelian alutsista negara kita adalah “ngeteng”

          Lalu mengenai russia yg slalu menjual persenjataan kls 1 kpd indonesia dibandingkan blok barat yg slalu memberikan produk downgrade kpd indonesia? Saya kira tidak spt itu, mungkin utk brp thn yg lalu spt yg anda katakan tetapi utk thn ini dan kedepan’y kita bs liat mamarika yg menjual heli apache kpd indonesia yg konon spek’y lbh tinggi dr singapura…

          Saya pikir trlalu mendewakan atau mengagungkan produk russia itu trlalu berlebihan…

          • Mencoba menjawab opini dr bung kancil sebagai opini penyeimbang.. saya kira yg mempunyai effek detterant yg tinggi itu bkn hanya dr produk russia aja bung… klo memang produk dri blok barat atau nato tdk mempunyai efek detterant yg tinggi utk apa byk negara yg membeli produk dr mereka klo memang roduk russia scra kualitas lbh tinggi drpd blok barat?

            MASALAH NYA PRODUK YANG DI TAWARKAN BARAT KEPADA INDONESIA UNTUK PESPUR ADA GA BUNG YANG LEBIH BAGUS DARISU-35…KALO ADA SAYA DUKUNG TNI BUNGKUS…KAN ITU MASALAH NYA….BARAT NGASIH MAINAN KELAS MEDIUM….KALO RUSIA KELAS HEAVY/BERAT ..

          • Thyphoon memang bkn heavy fighter yg bung?? Klo masalah penawaran yg dilakukan pihak barat kpd indonesia gmn keinginan dan kesanggupan aja membeli’y… lg pula SU 35 cm menang diatas kertas aja blm pernah teruji kan ( battle proven ) di pertempuran sbnr’y???? berbeda dgn pespur di blok barat yg udh kenyang dan teruji sudah battle proven… saya berbicara spt ini bkn karna saya pro ke barat loh… cm agar lbh seimbang jgn slalu mendewa2kan russia menganggap rusia sbgai sahabat sejati… secara pribadi sih saya lbh setuju dgn strategi yg dilakukan tni membeli alutsista secara gado2 baik dr blok barat ataupun timur

          • Apa selama ini Indonesia beli F16 di kasih ToT oleh mamarika….!

            Apa mamarika mau kasih ToT , klo indonesia beli .F22 nya ….???

          • Bung aldo… produk barat itu bkn cm dr amerika doang bs dr inggris, perancis ataupun jerman… di beberapa artikel jkrg sblm’y kan pernah diulas.. PT.Di lbh menginginkan pembeliaan thyphoon spy dpt TOT atau engga minimal ngerti ngejahit pespur… klo russia apa pernah ngajarin? Minimal jd tukang jahit dan ngelem pesawat aja??

          • Bung Andry n bung Melectech,
            Sepertinya komen anda perlu dikembalikan lagi ke konteks masalah saat ini yg sdh berulang ksli dibahas sebelumnya.
            Cita2 besarnya adalah bisa buat pespur sendiri (ifx) dibantu tot griprn/rafale/typhon. Langkah ini jelas jelas utk antisipasi embargo.
            Kebutuhan aat ini yg mendesak mendesak secara kuantitas yaa makanya terima f16 hibah.
            Kebutuhan mengisi stop gap yaaa paling ready su35 krn klo f35 kemahalan dan indent, secara sama2 ga kasih tot.
            Masing2 beda konteks dan keperluan, knapa harus diadu adu toh klo kita memang ada dana semua bisa diakuisisi sekaligus tanpa menghilangkan satu dengan yg lain

          • Bung Andry n bung Melectech,
            Sepertinya komen anda perlu dikembalikan lagi ke konteks masalah saat ini yg sdh berulang ksli dibahas sebelumnya.
            Cita2 besarnya adalah bisa buat pespur sendiri (ifx) dibantu tot griprn/rafale/typhon. Langkah ini jelas jelas utk antisipasi embargo.
            Kebutuhan aat ini yg mendesak mendesak secara kuantitas yaa makanya terima f16 hibah.
            Kebutuhan mengisi stop gap yaaa paling ready su35 krn klo f35 kemahalan dan indent, secara sama2 ga kasih tot.
            Masing2 beda konteks dan keperluan, knapa harus diadu adu toh jika klo kita memang ada dana semua bisa diakuisisi sekaligus tanpa menghilangkan satu dengan yg lain

          • Salam hangat bung seno… sebenarnya saya ga permasalahkan ttg SU 35… saya hanya mengkritisi pendapat yg terlalu melebih2kan kualitas produk alutsista dri russia yg “katanya” no wahid lah, bebas embargo lah… bagi saya nonsense… trlalu sempit pandangan yg mengatakan spt itu, hanya dgn omongan atau janji manis udh terbuai lgsg pro ke pihak tertentu…
            Memang benar apa yg dikatakan bung karno jangan pernah melupakan sejarah… memang benar kita pernah merasakan pahitnya embargo dr amerika dan sekutunya.. tapi apa lantas kita hrs menterjemahkan russia itu lbh baik dr amerika? Apa russia pernah mengajarkan indonesia cara membuat pesawat atau setidaknya cara menjahit pesawat?? Apa russia pernah mengajarkan membuat alutsista yg gahar kpd indonesia??

            Maaf klo comment saya agak oot sblm’y 😀

      • Bung Melektech, benar2 komplit daftar alutista dari Eropa nya. Saya juga setuju jika ambil pespur dari Prancis macam Rafale, atau Typhoon dari konsorsium Eropa. Asal jangan ambil barang second aja.
        Sebenarnya yang saya kurang paham, begitu banyak usulan pengganti F-5, dari Sukhoi, Rafale, Typhoon, Gripen sampe F-15/F-18/F-16, tetapi akhirnya kayak mau di ambil dikit dikit. Masak gabungin Typhoon sama Sukhoi ? That would be utterly nonsense. Alih alih pembagian wilayah kekuatan, tetapi kayak tidak punya perencaan yang matang aja.

        Sebenarnya kalau kita mau terbuka, Rafale dan Gripen adalah pilihan yang paling logis. Rafale kendalanya adalah proprietary French product only, tapi mungkin jadi kelebihan karena tidak perlu ribet kayak Typhoon. Sedang kan Gripen jadi pengganti terbaik F-16 yang sudah dimiliki. Ke depan sebenarnya heavy air fighter kayak Sukhoi Flankers, F-15, bakal makin ditinggalkan karena perawatan yang tinggi. F-35 yg di proyeksikan mengganti F-15/18/16 saja menggunakan 1 engine, tidak terlalu penting manuver manuver an, dan thrust vectoring yang tinggi, asal avionics jempolan, bisa menguasai pertempuran udara.

        Yang bisa di pahami mengapa SU-35 ? Karena kita pernah punya pengalaman di embargo dan ini adalah fakta yang pernah terjadi sehingga dulu tidak ada pilihan kecuali membeli Sukhoi. Apakah nanti bakal ada embargo lagi ? Kita tidak pernah tau. Hanya saja logika sederhana nya, pemerintah yang kuat akan mengurangi resiko untuk kena embargo. Apakah SU-35 pilihan yang buruk ? Tidak juga. Malah bagus untuk mengimbangi F-15 SE atau F-18 punya tetangga masih bisa menang lah. Bagi saya yang paling buruk adalah keputusan ambil barang dari Amerika, udah bekas, hibah, dan tidak ada ToT pula. Katanya mau jadi bangsa yang punya harga diri, tapi koq mau nya ambil hibah melulu.

      • Assalamualaikum wr.wb
        saya tidak tahu apa-apa tentang teknologi.
        Namun untuk hal tersebut harus di liat rencana jangka panjang dan pendek.
        Bagaimana caranya memperoleh teknologi tinggi dan mendapatkan deterent efek yang tinggi dalam waktu singkat.
        dan bagaimana hal itu dijadikan sebagai upaya diplomasi.
        karena potensi selalu ada dan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

        kalau salah ya maaf 😀
        maaf oot 😀

      • Jangan lupa… Beli F-16 dahulu, 30% nya adalah offset IPTN. Berbekal pengalaman offset itu IPTN dipercaya bikin berbagai komponen pesawat sampe sekarang…

      • Ada yang tahu EMBARGO itu apa ?

        Ada 2 jawaban :
        1. Jawaban pendek sekali seperti 100% ditulis diatas, termasuk DPR
        2. Jawaban pendek yang perlu diingatkan
        3. Jawaban panjang yang analis dan segelintir DPR yang tahu
        4. Jawaban panjang sekali yang pasti hanya pakar Ekonomi yang tahu

        Mungkin bisa dibantu oleh para tetua yang lainnya untuk menjawab……….

        • Numpang tanya sdikit utk sesepuh bung meleketech….kira2 momen kebangkitan INDUSTRI MILITER INDONESIA skrg ini atas faktor apa ya ?

          Pilihan ganda :
          A.Embargo
          B.Kesadaran diri sendiri
          C.Kemajuan riset dan teknologi
          D.Faktor pengembangan perekonomian.

          mohon sudi utk menjawab.

          Maaf sdh lancang memberi pertanyaan gampang sperti ini …..maklum sy cuman newbie

          • Jawab : D
            Karena :
            PEREKONOMIAN yang stabil, berarti keuangan lancar,
            RISET dan TEKNOLOGI dengan sendirinya akan berkembang pesat
            Sehingga menumbuhkan KESADARAN DIRI SENDIRI akan Kemandirian, serta yang terpenting UTANG bisa secepatnya dilunasi….he…he….
            Negara dan Perekonomian yang Stabil, berarti EMBARGO tidak terjadi, Arus permodalan berjalan yang berarti Banyaknya membuka lapangan kerja. dan secara automatis pendapatan Negara maju pesat
            HASIL AKHIRNYA :
            Rakyat Sejahtera dari Sabang – Merauke, Kita bisa membeli Alutsista apapun yang kita mau karena kita punya uang banyak. Riset-Riset Batan/Lapan/Pindad/DI/PAL dst dapat kita biaya-i secara optimal, Program MEF bisa berjalan sangat lancar dan malah mungkin berlebihan

          • Tp sy tdk bertanya ttg TUJUAN ataw IMPLIKASI INDUSTRI MILITER kita.

            Pertanyaannya adalah MOMEN …..MOMEN KEBANGKITAN …..

            Sebab justru seingat saya pasca embargo dgn diawali Pindad mulai menggeliat utk mengeluarkan produk2 militer.

            Bila logika MOMEN PENYEBAB BANGKITnya industri militer kita karena faktor ekonomi maka berarti jauh2 hari sebelum ada embargo (sktr thn 80 s/d 90) kita sdh bangkit.
            Karena pd masa diktator Suharto ….politik dan ekonomi jg stabil.
            Maka bila berdasarkan logika ini jelas kita bukan ada pd tahapan sekarang tp sdh lebih maju.

            Owh ….ya sudah, terimakasih banyak sudah dijawab bung meleketech.

            Sy Skedar tanya aja …. salam.

            #menolak_lupa

          • Sebab justru seingat saya “pasca embargo” dgn diawali Pindad mulai menggeliat utk mengeluarkan produk2 militer

            Anda secara automatis sudah menjawab pertanyaan anda sendiri.

            pd masa “diktator” Suharto ….politik dan ekonomi jg stabil.

            Anda secara automatis sudah menjawab pertanyaan anda sendiri.

            Kata “…..” perlu anda CERMATI LAGI dan DITELA’ AH DENGAN TELITI

      • UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2012 TENTANG INDUSTRI PERTAHANAN
        Coba baca Pasal 43 Ayat (5) d. :

        Bagian Ketujuh
        Pengadaan, Pemeliharaan, dan Perbaikan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan
        Pasal 43
        (1) Pengguna wajib menggunakan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan produksi dalam negeri.
        (2) Pengguna wajib melakukan pemeliharaan dan perbaikan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan di dalam negeri.
        (3) Dalam hal Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan dalam negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dapat dipenuhi oleh Industri Pertahanan, Pengguna dan Industri Pertahanan dapat mengusulkan kepada KKIP untuk menggunakan produk luar negeri dengan pengadaan melalui proses langsung antar pemerintah atau kepada pabrikan.
        (4) Dalam hal kepentingan strategis nasional, DPR memberikan pertimbangan dalam pengadaan produk Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan tertentu sesuai dengan politik luar negeri yang dijalankan Pemerintah.
        (5) Pengadaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan produk luar negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (3) harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
        a. Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan belum atau tidak bisa dibuat di dalam negeri;
        b. mengikutsertakan partisipasi Industri Pertahanan;
        c. kewajiban alih teknologi;
        d. jaminan tidak adanya potensi embargo, kondisionalitas politik dan hambatan penggunaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan dalam upaya mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara;
        e. adanya imbal dagang, kandungan lokal dan/atau ofset paling rendah 85% (delapan puluh lima persen);
        f. kandungan lokal dan/atau ofset sebagaimana dimaksud pada huruf e paling rendah 35% (tiga puluh lima persen) dengan peningkatan 10% (sepuluh persen) setiap 5 (lima) tahun; dan
        g. pemberlakuan ofset paling lama 18 (delapan belas) bulan sejak Undang-Undang ini diundangkan.
        (6) Partisipasi Industri Pertahanan sebagaimana dimaksud pada ayat (5) huruf b merupakan pembelian
        dengan mekanisme imbal dagang, termasuk ofset.
        (7) Koordinasi pengadaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan dilaksanakan berdasarkan ketetapan dari KKIP sebagaimana dimaksud pada ayat (3).
        (8) Berdasarkan kebutuhan operasional, Pengguna dan Industri Pertahanan dapat bersama-sama merumuskan spesifikasi teknis Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan.
        (9) Ketentuan lebih lanjut mengenai rincian dan mekanisme imbal dagang, termasuk ofset sebagaimana dimaksud pada ayat (6) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

        Kalau disebut kekanak-kanakan artinya Presiden SBY pun kekanak kanakan, UU di atas juga UU kanak-kanak, selanjutnya bangsa Indonesia adalh bangsa kanak-kanak.

        • Saya kira banyak orang setuju kalau SBY…………..

          Yang bikin undang-undang bukan saya bung @ant, saya golput
          dan Golput mencapai hampir 50% (Pileg 2014)

          dan sangat sesuai dengan jawaban saya No. 1 diatas

          dan sangat sesuai penyataan Budayawan Ridwan Saidi yang menyatakan UU baru di Indonesia hanya sekedar Lelucon

        • Masih belum ada yang Jawab ya ?
          Terutama yang no. 3

    • Ada yang tahu EMBARGO itu apa ?

      Ada 4 jawaban :
      1. Jawaban pendek sekali seperti 100% ditulis diatas, termasuk DPR
      2. Jawaban pendek yang perlu diingatkan
      3. Jawaban panjang yang analis dan segelintir DPR yang tahu
      4. Jawaban panjang sekali yang pasti hanya pakar Ekonomi yang tahu

      Mungkin bisa dibantu oleh para tetua yang lainnya untuk menjawab……….

  3. Bungkus

    • Kalau betul kita jadi akuisisi SuperPangkur… Gapapa cuuu… Ane rela… Ane rela jadi petani proletarrr… Hahaha bersatulah proletar sedunia.. 😀

  4. Rusia strong !

  5. su-35 mantap

  6. 10 besarkah,.

    su-35,. mantappp,.

  7. 10 besar ngak ya… ini yang ane tunggu … artikel stroong seperti pesawatnya… bung nara, bung jalo … dengar info su 27 kita ada yang di upgrade ke 35 ya… mohon infonya.. makasih

    • numpang lewat…hehe
      menurut analisa (awam) sih bukan diupgrade ke versi 35 (karena mmg tidak mungkin :D)…tapi lebih mengarah ke upgrade radar Sukhoi SU27/30 kita yg ketinggalan jaman (ada yg masih menggunakan seri N001) niatnya diseragamkan jadi N001E atau total diupgrade semua ke versi terbaru…semoga menghibur, eh membantu maksudnya… 😀

  8. nice calon pengawal udara republik yang akan dibangun diindonesia :mrgreen:

  9. ulasan yang strooong bung Antonov…ada kalimat yang menarik “beberapa fitur canggih Su-35 secara teknis mudah dicangkok/ retrofit ke “adik2nya”, antara lain mesin, radar X-band dan L-band, serta IRST OLS-35″….apabila hal ini dilakukan menjadi suatu peningkatan yang luar biasa bagi flanker2 TNI AU sebelumnya, tetapi apakah ada kesinambungan dengan pengembangan LFX?? 🙂

  10. Terimakasih atas pembahasannya @bung antonov…sehingga kita yang awam ini mengerti lebih dalam serta detail lagi mengenai kehebatan SU35 ini…bisik2 jeroan SU flanker2 kita yang sudah ada pakai jeroan ini ya? (…. ckckckckck colek sepuh2…)

  11. Sujud sukur dulu alhamdulillah terealisasi..

  12. Klenengan sapi dah dicangkok ya ke Su lama kita ya..mantap..

  13. “Rego mowo rupo mas”…..bungkus saja,walaupun operational mahal tp sesuai dengan efek diterent nya….di jamin kanan kiri,depan belakang tambah “mrongos sedoyo” kagak berani melecehkan NKRI…..Jayalah Indonesiku.

  14. SU-35…. MAAANTAPPPPP

    Demi NUSANTARA tercinta…
    BUNGKUS. 5. skuadron

    Amin….

    Jayalah NUSANTARA

  15. Alhamdulillah ..!!! Penantian yg panjang tuk menjadi negara yg disegani mulai nampak jayalah INDONESIA-ku..!! Tunjukan pada semua bahwa kita mampu untuk bangkit & menjadi negara yg kuat dari segi ekonomi & pertahanan.!!

  16. ajib…………..

  17. seperti kalimat yg pernah bung diego katakan di artikel kapal selam kilo,,yg wajib perdebatkan itu kl barangnya blm ada. kl sudah ada ya……..kecuali bentuknya msh siluet…hehehe

    • maaf nyampah ,saya pribadi nunggu bung satrio, bung jalo, bung NYD, bung diego, bung erich, BUNG Gue dan suhu2 yg lain berdebat apa engga ya..kl engga berarti cluenya udh jelas….

      SALAM NKRI

      • Apanya yang mau didebatkan
        Wong Panglimanya aka pak Moel juga ikut ngeces dengan performa pesawat ini,, dengan kata lain naksir berat 😀
        parameter yang Jelas yaa lihat minat panglimanya dunk

        mosok lihat minat mbah bowo hehehehe

        • wah,. kalu dah kumandan aja nces,. bisa2, kecepatan bayangan ini cara ambilnya, alias yang nyata nda keliatan,. 😀 ,. kira2 para tetangga pada itung domba, embek dkk buat tidur mungkin,. kekeke

          ane mau tanya, apa ni SU-35 bisa mutant juga ya bung?.. kalu bisa, beuh,. dijamin,. lempeng dah ni urusan,. ma af OOT,.

          salam kenal buat bung satrio,.

        • @Bung Satrio..wis lega aku…Bung satrio sama bung Jalo udh Idem…artinya “meneng wae, mengko ngerti2 ono “..
          makasih banyak bung jalo, bung satrio….

      • Hehehehehe, kalau SU-35 saya sudah no comment sudah 2 Jenderal Bintang empat yg menjamin nih pesawat, dan bisa diartikan… 😀

        • Nih biasanya yg udh di bkn artikel. Artikel di Warjag,pasti tu si flengke SU35 tdk lama lg pasti akn di tongolin disini?!betul tdk bung bung sesepuh Warjag?

        • Sudah 2 jendral bintang 4 yg menjamin nih pesawat dan 1 bintang 7 dari BJ “bung j4l0” berarti….? Just guyon. Bung jalo,salm kenal..hehehe

        • “Jalo says: : Hehehehehe, kalau SU-35 saya sudah no comment sudah 2 Jenderal Bintang empat yg menjamin nih pesawat, dan bisa diartikan”

          Insya Allah SU 35 bakalan jadi dech menjaga indonesia tercinta,

  18. mkasih bung antonov. . .artikel yg ku tunggu2. . .

  19. pengen lh aku liat nih pesawat meliuk2 di langit pekanbaru. . .selama ni aku liat cuma HAWK aja. . .

    • Kan di sana tar dah da F16 dan Su30… Nah ini di Medanlah tarok 1 bang 🙁

    • dari jumat kemarin hingga minggu, saya di pekanbaru.
      selama itu saya menunggu hilir mudiknya penjaga langit pekanbaru tp tak satu pun yg terlihat terbang. Rumah kakak ipar saya tempat saya menginap itu sangat dekat dengan bandara dan biasanya saya dapat melihat dgn jelas hawk dan f16 take off dan landing disana dr pekarangan rumah. Biasanya tiap hari saya lihat satu atau dua pespur terbang, tp kali ini tidak.

      Pada kemana yg tuh burung2 besi? Apa lagi pada kumpul di Medan swarming the new bomber …. ooops hoax, salah deng maksudnya pesawat bersayap delta yg ukurannya besar yg dilihat member warjag disini. Wpakah para suhu atau warga warjag lainnya dapat memberikan pencerahan?

    • Jalan-Jalanlah ke makassar bung dhadone boyz klo ingin liat flanker meliuk2 disini.
      tidak juga hari2 tapi seminggu pasti lihat,

      Tapi yang Seru 3 hari yang lalu saya melihat klo tidak salah mirip TU 22 melintas diatas makassar dengan kira-kira ketinggian kurang lebih 10.000 kaki terlihat jelas karna terlihat sebesar 4 cm berwarna putih dan kebetulan langit bersih tidak ada awan, dengan mengeluarkan white smoke sampai membentuk garis lurus dengan kecepatan tinggi, dari arah barat menuju timur, yang menjadi pertanyaan saya apa itu milik Indonesia ato Rusky?

      Klo indonesia punya … wah bangga sekaliiiiiiii…

  20. F16 blom datang lgi. . .klaw su30 d mkassar. . .d pekanbaru cuma HAWK dan F16(blum datang)

  21. Assalamualaikum wr.wb
    saya idem aja kalau su35 😀

  22. berita bagus.menambah wawasan

    “beberapa fitur canggih Su-35 secara teknis mudah dicangkok/ retrofit ke “adik2nya”, antara lain mesin, radar X-band dan L-band, serta IRST OLS-35?…nah masalah ini sebenarnya rahasia apakah sdh di implan atau belum, menurut prediksi saya berdasar berita diatas kemungkinan mainan SU-30 TNI AU sudah di pasang pelek racing di bengkel air brush paman beruang sebelum ke makassar,sedangkan hubungan dengan LFX ..pasti akan di padukan produk radar dalamnegeri

    lari ah ada den elang baret orens,

  23. Inilah kenapa SU35 wajib kita beli sebanyak minimal 4 skuadron krn keempat kogabwil perlu mempunyai buldog di udara sbg penjaga udara kita dan sbg air superior. Sesuai dgn dimensinya yg lbh besar, SU35 memang heavy fighter yg terlihat dgn daya jelajah dan daya dorongnya yg lbh besar dari medium fighter. Dari segi efisiensi bahan bakar, sgt tdk sebanding bila kita membandingkannya dgn light fighter spt grippen atau F16 pasti konsumsinya lbh besar sama halnya tdk sebanding bila kita membandingkan corvet class dgn Destroyer class di laut atau MBT leo dgn scorpion di darat.

    Walaupun dgn dimensi yg lbh besar, tapi justru hal inilah yg membuatnya bisa bermanuver lbh tinggi sama halnya keluarga flanker lainnya. Agar bisa bersaing dgn pesawat generasi lima, memang perlu dipasang radar yg bisa mengendus pesawat generasi lima. Kalau hal ini dilakukan maka F22 sekalipun bukan tandingannya krn F22 cuma mengandalkan teknologi silumannya. IMHO

    • Bung @ihsan, sedikit tentang ukuran pesawat : semua benda terbang roket, pesawat sipil/ militer, terutama pesawat tempur, mengikuti hukum alam/ fisika yg pertama kali dilontarkan oleh Breguet, yaitu hukum fuel fraction/ propellant fraction, yaitu berat bahan bakar/ propellant dibagi dengan gross take-off weight dari pesawat (termasuk bahan bakar), dalam prosentase. Pesawat dapat membawa drop tank, tetapi berat drop tank + isinya harus ditambahkan dalam gross take-off weight,

      Jadi intinya pada akhirnya pesawat tempur berbadan besar akan lebih unggul dari pesawat berbadan kecil, dalam faktor combat persistence : combat radius, cruise/ supercruise range, pursuit, egress dan ingress lagi, loiter time/ combat time sebelum bingo.

      Coba lihat foto Pitch Black 2012, Flanker kita terbang dari Makassar ke Darwin tanpa AAR, tanpa drop tank, ketika memasuki wilayah udara Ossie disambut oleh F/A-18 yg mengusung 3 (tiga) drop tank! Sudah begitu sebelum mendarat masih mengikuti photo session selama 40 menit!

      Salam kenal Bung.

  24. kangen aku komen nya mbah bowo. . .xixixi

    • dah tdur y mbah. . .mga mbah mimpi indah y. . .wkwk

    • mbaaaahhhh….bowooooo bangunnnn…
      ad kabar bagus malh ngumpet..
      apa lg ronda di LCS ya? he..he..he…

      maaf nimbrung bung DB, lam kenal

      • Hush… orang tua jangan digangguin, biarin mbah bowo istirahat dengan tenang… Rest in Peace mbah….

        • Disini yang dibully simbah bowo, neng oke dll, kalo di seberang ada tressa ada juga beberapa nama laen, mungkin suatu saat saya tertarik buat analisa tentang mahluk-mahluk astral yang langka ini 🙂

          • maaff…..anda ngak level saya..

            dasar maling,…ya tetap maling

            need some beer

          • setiap waktu tidak pernah ada capeknya ber propaganda..bukannya membahas isi thread ataumemberikan masukan/pertanyaan, malah mengajak perang..bagi masyarakat awam mungkin tidak tahu dan tidak merasa bahwa segala macam bentuk opini yang menggiring masyarakat menuju ke suatu hal yang sebenarnya menjerumuskan itu terjadi setiap saat baik melalui media atau lingkungan masyarakat..
            @MJ : mungkin kalau punya ilmu lebih bung bisa dibuatkan ulasan mengenai agen2 propaganda ini, yang ternyata kebanyakan berada didalam LSM2 yang telah disusupi antek2 asing…salam

          • @Oke, ya jelas donk nenk, saya levelnya mah maling budiman, bukan sekelas pemabok 🙂
            @ Bung Dewakembar, ilmu saya paling sekedar tracking by IP dan kebiasaan mereka komen di sembarang web bung, kalo sampe sekelas intelijen mungkin lebih tepat ke bung Satrio ato Bung Nowy dll 🙂

    • mbah bowo nya mngkin udah tdur. . .hehe. . .
      Slam kenal jga bung @Djawa

    • Jam kerjanya mbah bewok kan dari jam 8 – jam 17 lewat jam itu gak ada yg bayarin lemburnya.. :mrgreen:

    • kekeke,. jujur ane SR baru kali ne, liat orang mihak kubu ring merah, secara blak2an and gamblang kaya mbah bowo,. 😀 ,. dah SARA pula,. keliatan muaknya dia sama yang negara laen,. kekeke

  25. Bung Antonov….nanti anda tanggung jawab yah kalau indonesia tidak bisa meng’akuisisi pespur ini,dan rakyat’y pada mewek….hehee 🙂

    • Bung Cah Nusakambangan
      Semua fakta dan info untung ruginya sudah terang benderang kalo nggak jadi ya kebangeten, saya bisa ikut mewek he he.
      Salam kenal Bung.

      • @bung Antonov,
        Mohon diklarifikasi dan teknis gimana dunk informasi mengenai jet tempur Su-35 dari Rusia mampu menembakkan rudal secara rearward-firing (menembak ke belakang) dibantu dengan “spion” yg ada di helmet.

        suwun Bung Antonov

    • Lagian,.. dalam artikel bung Antonov kan tidak ada kalimat yang menyebutkan Indonesia pasti ambil ne flanker….

      • Betul tidak ada itu bung IB, tapi yang jelas ada adalah pengetahuan cukup mendetail bagi warjag mengenai Su-35. Nah kalo warjag aja dikasi ilmu cukup tinggi soal ni pespur, tentunya para pilot yang dikirim secara bergelombang (4 kelompencapir tiap tahun) pasti lebih tinggi dan lebih mendetail lagi yang dikasihtau …

        • ya soal yang itu anda benar…, lagian kalau cuma mengirim pilot untuk berlatih su-27/30 kok terlalu lebay nih TNI. mudah-mudahan ini juga salah satu clue untuk penduduk kampung warjager…

  26. Sebaiknya artikel diatas dipresentasikan di hadapan para anggota dewan terhormat komisi 1 DPR RI dan yang mulia bapak President agar supaya SU35 segera dibungkus beserta arsenalnya demi terwujudnya 2 squadron sukhoi family terbaru di NKRI

  27. jangan lupa rudal nya juga,, biar ga ompong lagi , klo ada dana bisa borong macam2 rudal yg bisa di instal di sukhoi seperti gambar di bawah ini
    http://lookpic.com/O/i2/303/QrnS4w1E.png

  28. Om Satrio@
    1. Kok masih ditambah ‘tail antena’ untuk heightfinding di SU35 apa di seri sebelumnya ada? Kalo tidak ada apa perbedaan/improvement dg adanya ‘tail antena’?
    2. Trus RWR utk SU ditaruh dimana?

    Mohon pencerahan……..hatur nuhun seklangkong

    • ini role nya bung Erick bagian beliau
      Ane gak enak menjawabnya 😀
      Kita tunggu pencerahan bung ercik yang lebih teknis yuk
      hehehehe

      • klo gak salah nyang diantara 2 engine ( belakang ), sing nungul itu loh ( salah satu diantaranya )……..ngawur gak ya?…….he,he,he

        • Ooh posisi RWR disitu yah bung….trus yg pertanyaan no.1 gmn bung Erick? Maaf ngrepoti

          • @ java indonesiai, posisi antena rwr & ecm pada tail sudah ada di pendahulunya ( mulai su-27 ). jelas nyang di su-35 memakai versi terbaru & spt nya ( klo gak salah ya ) versi terbaru tsb bisa di install di kakak2nya ( su-27,30 dst….)…….maaf klo ngawur….. he,he,he

  29. 3. Trus maksud dari gambar 12 itu apa?….

    ada merah kritis, kuning waspada & hijau aman ??!! aman kritis waspadacdari apa yah? Mohon sharing ilmu buat saya yang awam…..

    Soalnya setau ane merah berhenti, kuning persiapan/hati2 & hijau jalan om satrio@ dan bung2 senior yang lain ….. 🙁

    • Ikut vote menaikkan pertanyaan bung Java 🙂

      #sedang malas obok obok google

      • Bung java indonesia, maaf kalau keterangan gambar minim. Gambar itu maksudnya “waspadalah kau bangsa siluman”, karena selain perkembangan teknologi IRST, teknologi radar di luar X-band menyebabkan siluman rentan terdeteksi pada azimut tertentu pada gambar ditunjukan dengan kode warna, sesuai band radarnya.

        • Maaf bung Antonov masih belum paham, maklum lemot. apakah yang berwarna merah itu berarti lingkup terbaca radar..??? artinya SU-35 nantinya mampu mendeteksi keberadaan musuh dari berbagai arah?? mohon pencerahan. makasih..

          • Betul Bung Indonesia Banget .
            Pesawat biasanya mengusung X-band, karena itu peswat VLO dioptimasi untuk X-band. Jadi dia rentan terhadap band lainnya, karena hukum fisika tidak memungkinkan VLO terhadap semua band. Kemajuan teknologi radar dan juga prosedur pengoperasiannya mendeteksi VLO dimulai ketika Serbia berhasil mendeteksi dan menembak jatuh satu pesawat F-117 dan merusak lainnya. Setelah itu Rusia mengembangkan S300, 400 dan 500 berdasarkan VHF-band dan L-band khusus menghadapi VLO.

            Selanjutnya, karena peralatan VHF-band terlalu besar utk diusung di pespur, maka Rusia mengembangkan radar AESA L-band yg kecil bisa dipasang di wing leading edge sebagai suplement dari AESA X-band yg dipasang di hidung.

            Bukan hanya Rusia, Ceko dan China pun mengembangkan radar dan teknologi lain anti VLO. Pada waktu Rusia mulai dengan PAK-FA tujuan mereka adalah paling tidak menyamai F-22. Tetapi tampaknya kemudian mereka sadar bahwa VLO bukanlah segalanya, bahwa F-22 gahar bukan karena fitur all aspects VLO-nya tetapi juga karena kinematikanya (supercruise, agility, combat range) dan avionik-nya. Kelemahannya adalah development dan maintenance cost yang SANGAT mahal sehingga akhirnya produksinya dihentikan.

            Karena itu PAK-FA tidak akan menjadi all aspects VLO tetapi akan menjadi lebih gahar dari F-22 di kinematikanya dan menandingi di avioniknya, dipersenjatai macam2 rudal baru untuk melawan F-22 dan supporternya AWACS dan MRTT, dan yg paling penting lebih murah di development dan maintenance cost-nya sehingga dapat diproduksi dan dijual lebih banyak. Menurut saya ini adalah keputusan yg cerdas.

            Bagaimana dengan siluman lain F-35? Dia hanya VLO di belah depannya, tidak all aspects, kinematikanya payah sehingga dijuluki “Pigeon”. Inilah potensi musuh utama di belahan dunia kita, yang saya duga TNI AU berencana akan menghadapi dengan Su-35. Bagaimana caranya? Bisa dilihat di website APA (Air Power Australia).

    • stealth mode kurang efektif terhadap vhf-band radar, ini sedikit camilannya. monggo dikunyah
      http://www.zmne.hu/tanszekek/ehc/konferencia/may/balajti.htm
      ……..he,he,he

  30. Gaya huuuhhhmm

  31. semoga 2015 sudah menjaga langit nusantara,jangan2 sudah ad yg datang neh, mohon pencerahan dr bung satrio,jalo,or bung nara hehehehe

  32. Klo pemerintah ga menggolkan Su-35, brrti rakyat (pengagum Su-35) perlu gerilya :

    KUMPULKAN “KOIN” utk SU-35.
    DEMI NKRI…!!!

    • koin buat isi BBM nya aja dulu yak sama pasokannya selama beberapa bulan,. bung wedus,. kekeke,. kalu buat pespurnya mah butuh koin para kanton DPR dan konconya 😀

  33. Bagus,
    Hebat,
    Mbah Salut,

    Mbah bangga dengan Indonesia, semua Alutsista semua yang bagus bagus wajib di tumpuk di Natuna, tumpukin semua di Natuna, wajid di tumpuk disana.

    Adek-adek sekalian, mbah mengadakan polling untuk mengetahui keinginan adek-adek sekalian,
    Mbah mau tanya pada adek-adek sekalian yang gagah berani ?
    Pilih mana ?
    1. Ikut Berkonflik di Laut china selatan sekitar tahun 2022/2025 ?
    2. Memberi pelajaran pada singapura terlebih dahulu ?
    3. Menunggu Laut china selatan selesai dulu, baru membereskan singapore ?
    4. Atau Netral, tidak menyerang dan diam sebagai penonton saja ?

    • Mbah dapet bisikan setan lagi…… ini dibilang tuyul perkosa jin… wkwkwkwkwkww

      • kekeke,. bung MP119 : mbahnya kok ucul lagi bung,. bukannya dah di isi buat prototype moncong R-Han yang baru?.. 😀 kekeke,.

        mbah bowo minum susu yak biar kuat, niar bisa nembus armor,. 😀 kekekeke

        • Susu jatah sarapan pagi saya, jangan dikasihkan ke Mbah Bowo ya..

        • kalau ditanya siap perang tidak, jawabannya selalu kesana kemari mengalihkan perhatian, Biasanya manusia-manusia seperti ini bila dalam kondisi perang memilih jadi pengungsi, benar-benar sangat hina.

          • tentu siap mbah,. kan mbah sedia jadi isi IMBS kita ntar,. ane dah ngidam pegang ss2 pindad,. tapi, buat tetangga berdarah2 dan mati lemas nda mesti perang yang buat kita ikut berdarah2 kan?.. kekeke,. jika kita ngudut sambil nyantai aja bisa buat tetangga batuk, sesak napas dan akhirnya mati lha lapo, perang,.

            akan hina lagi jika bilang perang2, tapi nda mikir disit,. perang itu banyak manpaat ato nda,. ane juga mikir mbah ngomong siap perang,. memang ben aku ngerti mbah mau perang besok ke LCS lewat mana?.. daftar di panti jompo?posyandu dulu ya?.. ne’ cuma ngomong aku siap perang,. aku yo iso mbah,. buat thread sampe 20 biji.. di mari juga bisa,. 😀

          • Maaf Mbah bowo, di JKGR memang bebas untuk siapa saja dan bebas menyampaikan pendapat asal sopan dan g sara, dan mbah sudah betul. Tapi terus terang mbah saya pribadi keberatan bahkan cenderung muak baca koment mbah yang isinya itu-itu saja. blas g memberi manfaat sama sekali bagi warjager terutama warjager yang bertujuan untuk menambah wawasan soal pertahanan.

      • selalu mengalihkan perhatian dari peperangan = pengecut

        • mbah bowo@halah mbh sendiri juga bilang saya sudah tua…. saya liat aja.
          kalian ja muda2 yg perang…
          alasan klise… biar org maklum gtuu…
          usia bukan alasan tuk maju perang klo punya niat bela nkri.
          dan usia bkan di jadikan alasan.. untuk cuci tangan..
          ya ora mas dab brooo….

    • Saya pilih no 5 aja mbah
      – Meningkatkan perekonomian nasional
      – Pemerataan pembangunan nasional
      – Kemandirian pangan & energi
      – Mengalakan,mengapresiasi & mendukung research and development di segala bidang
      – Akses pendidikan setinggi tingginya dgn gratis ke seluruh rakyat
      – Akses kesehatan gratis ke seluruh rakyat

      • Saya tambah satu point lagi, perang total terhadap segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme. Hehehe..! Nasionalis bukan cuma berani berperang, tapi juga harus berani mengisi kemerdekaan itu sendiri. Negara lain mati-matian ingin merdeka, kita yang udah merdeka kenapa harus mikir perang terus. Kalau mbah Bowo seorang nasionalis, hapuskan penjajahan dan hentikan perang. Jangan undang perang untuk datang. Yuk kita jogging dulu, biar hidup sehat, dan asam urat mbah gak kumat..! Hehehe..! Salam hangat dari saya mbah, sehat selalu ya..

        • Ini gimana pemuda-pemuda indonesia kok tidak suka berperang ? ingin hidup damai ya adek-adek sekalian, belum waktunya dek kita hidup damai, masih banyak warga yang miskin.

          Kita harus berperang untuk menunjukkan wibawa kita di mata internasional.

          • Si Vis Pacem Para Bellum ya mbah?
            Saya tidak suka berperang.. tapi siap perang demi keutuhan NKRI..
            Untuk nunjukin wibawa di mata internasional harus perang?
            Salah salah salah salah salah salah total…….

          • buat Dek @EA

            Selama ini singapura selalu menghina indonesia, menginjak-injak wibawa indonesia di mata internasional. Selalu berkata kasar pada negeri kita. Malaysia dan Australia saja selalu sopan meski kadang mereka bandel juga.

            Singapore wajib diberi pelajaran, dihancurkan total sampai merengek-rengek meminta genjatan senjata.

            Biarkan mereka terbangkan seluruh F 15 mereka, tidak ada gunanya mereka kerahkan militer mereka karena kita akan banjiri negeri mereka dengan gelombang lautan manusia. Kita akan lubangi gedung-gedungnya, merusak jalan2nya. merusak fasilitas mereka sampai mereka tidak bisa bangkit lagi.

          • Kalau utk meningkatkan wibawa dan mengentaskan kemiskinanitu bkn dgnperang mbah tp dgn meningkatkan pembangunan. Dgn ekonomi kuat di ikuti oleh militeryg kuat. Yg paling hebat adalah menang tanpa berperang.selamat istirahat saja mbah di alam baka, semoga diterima disisinya.

        • nambah 1 ah, nasionalisasi semua bentuk perusahaan tambang dan energi.

          “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh
          NEGARA dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran RAKYAT.”

          • Mbah setuju dengan dek @juntriaji, tambang dan energi harus untuk kemakmuran rakyat. Masalah yang pegang tambang-tambang mineral adalah cukong-cukung china dan antek-anteknya.

          • Halo mas juntriaji 🙂
            Setuju bung! Memang seharusnya begitu,hal hal yg menyangkut hajat hidup orang bnyak harus dimiliki oleh negara

        • hubungannya miskin dg berperang apa ya? pengalihan isu kayak di korut? Td yg uzur ribut mengenai pemuda mengalihkan isu dr peperangan, sekarang ada yg mengusulkan sesuatu yg bagus untuk mensejahterakan rakyat dg menhapus korupsi dll malah trus dijejali dg nafsu berperang.

          Mungkin si mbah ini yg harus berperang sendiri dulu … berperang melawan hawa nafsunya untuk berperang dg bangsa lain.

          Kok rakyat masih miskin malah disuruh perang dg bangsa lain? Kalau memerangi kemiskinan, saya dukung Mbah.

          • klise apa yang adek katakan. Di jaman modern seperti sekarang ini perang adalah sebuah industri, jika sebuah negara dalam masa perang maka semua industri akan bergerak dan berproduksi. rakyat akan bahagia dan senang, pasti banyak lapangan pekerjaan.

          • Bung flyfreak,ane setuju bung!
            kemiskinan yg kita hadapi di negara ini sudah menjangkit hampir di semua aspek.
            Miskin pikir,miskin hati hingga miskin mental

            Itu yg seharusnya diperbaiki lebih dulu,bukan malah menyerang negara lain hehe

        • Eh ada pak yayan hehehe
          Gmn kabar pak yayan? Di tunggu lho artikel selanjutnya 🙂
          Vitamin penambah semangat mengugah selera berindonesia!

      • Aku tambah lagi Pointnya Bung Waljinah :

        Hukum yang Adil untuk semua rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke.

        • Hukum yang adil tidak bisa diterapkan saudaraku, kecuali negera ini membuang KUHP ke tong sampah, KUHP kan produk belanda yang di rilis ulang.

          Maling ayam = di bakar ( Bagus mbah setuju)
          Maling uang rakyat = dihukum 2 tahun ( Ini yang aneh )

          Contoh maling uang rakyat dan berpura-pura teraniaya
          1. anas urbaningrum
          2. andi malarangeng
          3. ratu atut
          4. angelina sondakh
          5. Lutfi hasan ishak
          6. akil muktar
          7. Hadi Purnomo, dll,………………………..

          • lho, mbah bowo bukannya di nomor 8 toh…? 🙂

          • Maaf Bung Mbah Bowo. tidak semudah itu membuang KUHP kedalam tong sampah. sebenarnya kalau Mbah Bowo tahu. sudah sebagian bab-bab atau pasal-pasa
            dalam KUHP itu di perbaharui melalui dalam Undang-Undang atau pun Peraturan Pemerintah yg di sesuaikan dengan dinamika perkembangan jaman. contoh : bab ataupun pasal mengenai korupsi sudah di perbaharui melalui UU Tipikor. dan satu hal KUHP tidak sebegitu rasis sebagaimana BW/ Kitab Undang2 Perdata yg masih mengatur tentang golongan.

          • jika Mbah Bowo masih mempersalahkan tentang Vonis Hukuman. silahkan anda protes kepada para Hakim yg memberikan Vonis Hukuman tersebut bukan kepada Undang-Undang nya Mbah. Undang-Undang sebenarnya sudah bagus cuman implementasi di lapangan tersebutlah yang di salah gunakan oleh aparat di lapangan. jika mbah Bowo kurang puas dengan Vonis tersebut silahkan Mbah ajukan protes ke Komisi Yudisial mengenai Vonis tersebut

        • Makasih mbah moel tambahannya,semakin asik buat diskusi 🙂

          Sehat selalu mbah moel 😀

        • saya juga mau nambah point.. tegakkan pancasila dan uud 1945.. he..3x

          • Ane titip satu point lagi, mohon digalakkan lagi program penataran P-4 & juga cerdas cermat / klompen capir, biar para petani semakin maju dan makmur , sehingga dapat mendukung program pemerintah untuk swasembada pangan!

        • Mbah Moel tidak Vonis Hukuman yg Adil jika anda masih Hidup di dunia Fana ini mbah. karena apa dalam memberikan suatu Vonis Hukuman dalam suatu kasus, Para Hakim mempunyai “pertimbangan” tertentu mbah.

    • no 4 mawon om…..amati situasi baik2,fokus pada mempertahankan kedaulatan.(dlm kondisi pecah konflik LCS)jangan pernah biarkan selat sunda di lewati armadanya US karena sangat dekat dengan ibukota.jaga perasaan uncle panda.tapi tetap tidak terlalu resisten sama US.monggo pake selat yg lainnya tanpa perlu memakai sejengkal pun pulau NKRI sebagai pangkalan militer.Ntar kalo yg berperang sudah lemes ototnya,otomatis pasti otot kita keliatan lebih strong walopun tanpa upgrade ini itu(sekedar maintenance doang)

      • Ngapain menjaga perasaan china komunis ? lha wong orang-orang china disini saja bandel-bandel seenaknya sendiri. Lihat saja tingkah laku mereka di negeri ini ? ya itulah gambaran china komunis.

        • Ah yang bener nih mbah bowo….. ayoo… jangan jangan mbah ini …. ?????

        • anda sekali2 jangan menyinggung suku2 tertentu,,,
          anda jangan menyulut perpecahan di NKRI,,
          anda jangan sampe lupa apa intisari dari Bhineka Tunggal Ika,,
          jika anda tahu arti dari Bhineka Tunggal Ika dan sampe menghina berarti pikiran anda sungguh dangkal,,
          anda jangan lupa sama sejarah bahwa orang Tionghoa juga membantu kemerdekaan Indonesia,,
          camkan itu baik2

        • maaf SR ikut komeng,.,

          kliatan nya ini mbah bowo lagi ngejalanin politik adu domba yah,., devide et impera,.,

          mbah bowo,., anda di bayar brapa sama pihak asing buat ngadu domba di sini ????
          kemungkinan anda ini WNI antek2 asing,.,
          atau jangan2x anda ini WNA yg fasih berbahasa indonesia,., atau emang udah menikah dengan warga lokal,., yg di tugaskan untuk menghasut dan mengadu domba ya mbah ???

          NKRI harga mati,., TNI kuat bersama rakyat,.,

    • Ada pilihan ke 5 gk mbah?
      Pilihan nya memilih mbah bowo jadi umpan di singapore,
      Pilihan ke 6, mbah bowo di jadikan sasaran tembak untuk SU-35 nanti pas latihan/uji coba.

      • kekeke,. tul bung @De_Ka,. masukin simbah di salah satu seribu roket atau r-han kita,. jaguh lan daya gertaknya si mbah bersaing,. 😀

      • Maka dari itu dek EA harus mendukung mbah agar negeri singapore cepet dibereskan.

      • PENGUMUMAN….
        DITUJUKAN KEPADA SEMUA WARGA JKGR
        MULAI HARI INI, SEMUA WARGA JKGR DIHARAPKAN UNTUK TIDAK MERESPON KOMEN DARI MBOH BOWO.(Apapun komennya)
        BERDASAR PENGAMATAN MBAH BOWO HANYA MERUSAK SUASANA KONDUSIF DISKUSI DI KAMPUNG JKGR INI. ATAS PERHATIANNYA DI UCAPKAN TERIMA KASIH.

      • USULAN KEPADA ADMIN

        UNTUK MEMBANDD KEMBALI NICK MBAH BOWO
        BERDASAR PENGAMATAN MBAH BOWO HANYA MERUSAK SUASANA KONDUSIF DISKUSI DI KAMPUNG JKGR INI. ATAS PERHATIANNYA DI UCAPKAN TERIMA KASIH.

      • Mbah Bodat kan sepuh..kasi cntoh dong buat kmi yg muda2 ini utk ikut berperang..jgn cm teriak2 dsni tp giliran perang bnran bs nya cm ngumpet di bokong asing..

        slh 1 cntoh yg kmi mau itu ya mbah bodat msuk ke tabung launcher R-Han..trs di tembakin dah tu ke singpork.. Ayo mbah bodat..km psti bisa..buat kmi yg muda2 ini bangga pd mu mbah.. 🙂

      • Wakakakakaka…. sadis juga ya kata kata mbah ini…. “manusia gagal hidup” bener bener edian dah si mbah ini…… bisik punya bisik…. simbah lagi nambah ilmu perdukunannya nih kayaknya… biar bayarannya tambah mahal lagi….

    • Opsi 5 aja mbah bowo yg ku sayang,
      – bangun shelter nubika yang banyak di berbagai kota
      – bangun sistem kota bawah tanah yang baik => transportasi, PAM, pertanian & peternakan, komunikasi/telepon
      KARENA TREN MENUJU PD III SEMAKIN NYATA DAN JELAS !

    • ziiaahhh si mbah bowo dapet bisikan mulu,,,
      jangan” mbah bowo udah “BERSEKUTU DENGAN SETAN”

      AWAS ya mbah minta tumbal dari NKRI.

      maaf cucu lancang
      *salim

    • Mbah Bodat..klo sya milih berkonflik & memberi pelajaran buatmu dlu Mbah..
      Klo mbah Bodat pengen banget perang..noh tu kemaren dah dikasi jln utk jd test drive VLS Bung Tomo Class.. Ntar mbah bodat diluncurin deh dr situ ke singapor..

      • Nah ini lagi salah satu contoh pemuda yang gagal dalam hidup. Ngomong ngalur ngidul ngak jelas, paling orang-orang ini adalah antek-antek china yangs edang menggiring opini untuk membenci amerika. Ingat ya kamu ? saat bencana tsunami aceh siapa dulu yang datang kesana ? Ya amerika.

    • Ada yg serius mengomentari mbah @Bowo, ada jg yg menganggap mbah Bowo tidak layak dikomentari. Beberapa detail yg disampaikan mbah bowo memang rada aneh tp ada beberapa fakta yg layak kita renungkan:
      Sepanjang sejarahnya Cina tidak pernah sekuat sekarang, bisa dikatakan skr adl masa keemasan peradaban Cina.
      Cheng Ho dahulu kala hanya bermuhibah ke belahan dunia lain kemudian pulang, presenter History Channel mengatakan kali ini Cina tdk akan mundur.
      Peradaban yg tumbuh membutuhkan koloni (langsung / tdk langsung) untuk menopang peradaban tersebut, USA berperilaku spt preman adl semata2 utk memenuhi keserakahan rakyatnya (warga negara USA memang serakah dan boros, mobil minimal 4000 cc, paha ayam aja dibuang)
      Kebanyakan perang dilatar belakangi ekonomi, tp bagi orang2 asia timur seringkali penyebabnya “persoalan muka”
      Bung @Yayan, Perang adalah ralita sejarah itulah mengapa ada Warjag, Perang bukannlah pilihan karena seringkali perang tidak diundang tetapi perang mendatangi kita. Pilian Netral hanya di atas kertas tp kenyataannya sulit, kalo kita netral pada akhirnya kita akan digilas oleh fihak yang menang.
      IMHO

      • ini adalah contoh pemuda yang cerdas, mbah mendukung komentarmu dik.

        • @ Mbah Bowo: yg sakit tuh loe mbah……….

          • Coba dijelasin sakitnya mbah dimana ?

            Mbah membenci singapore apa mbah salah ?

          • mbah bowo@ sakitnya kata anak alay sekarang GAJEBO….
            alias plintat plintut. kgk bisa di pegang omonganya.
            wkwkkkkk…… mbh2 maklum ngeus kolot…

          • dek Listiaone @
            Mbah tanya dek listione benci ngak dengan Singapure ?

            Kalau tidak benci berati dipertanyakan semangatnya membela tanah air.

          • mbh bowo@ selagi msih ada jln damai kenapa tidakkk..
            perang ntu no sekian! neh kata cucu ea mbh bowo…
            percayakan pada pengambil kebijakan mereka orang pintar2 semua, ahli dalam bidangnya.. koq!!
            ngak usah di ajak perang juga nanti mati kutu sendiri singapura mbah. tungu aja tanggal mainya.

          • mbh bowo@ selagi msih ada jln damai kenapa tidakkk..
            perang ntu no sekian! neh kata cucu ea mbh bowo…
            percayakan pada pengambil kebijakan mereka orang pintar2 semua, ahli dalam bidangnya.. koq!!
            ngak usah di ajak perang juga nanti mati kutu sendiri singapura mbah. tungu aja tanggal mainya.
            kumaha mbh…….

      • bung openmind,

        …Cheng Ho dahulu kala hanya bermuhibah ke belahan dunia lain kemudian pulang, presenter History Channel mengatakan kali ini Cina tdk akan mundur…

        saya akan tambahkan kutipan menarik dari ‘the rise and fall of the great powers’ -nya paul kennedy -menyusul 🙂

        untuk sementara yang enteng dulu (kebetulan lagi rada lapar); apa iya ‘paha ayam aja dibuang’ di amrik?
        karena sayap ayampun diolah menjadi menu yang cukup populer :
        Buffalo wing / Buffalo chicken wing, in the cuisine of the United States, is a chicken wing section (wingette or drumette) that is generally deep-fried, unbreaded, and coated in vinegar-based cayenne pepper hot sauce and butter in the kitchen. They are traditionally served hot, along with celery sticks and/or carrot sticks with blue cheese dressing for dipping.

        http://s.wsj.net/public/resources/MWimages/MW-AQ270_buffal_MD_20120315145524.jpg

        • Bung@danu, kalo urusan menu bang yayan ahlinya, hehe… tentu msh ingat beberapa tahun yg lalu rame impor paha ayam dr US krn disana nggak dimakan. Persoalan borosnya warga US adl realita tak terbantahkan sampai ada program diet credit card krn sdh jd penyakit. Waktu muda sy percaya dg tulisan John L Esposito tp sekarang lebih percaya tulisan Samuel Huntington dg magnum opusnya Clash of Civilization..

      • paha ayam di buang??? yakin Bung? klo di buang knp KFC masih menjual Paha Ayam goreng?

    • ane milih no.x bekerjasama dengan china dan rusia untuk melawan USA
      maaf mbah bowo,jawaban ane mengecewakan anda

    • Pilih nomer 6.. “memburu mbah bowo”…

      • @ guntur sasongko

        Kamu membenci mbah ? karena mbah membenci singapore dan China ?

      • Bagaimana kalau warjager mengulas siapa sosok Mbah bowo
        1.dari kelompok/Lsm apa .
        2.Apa maksut tujuannya /Agedanya
        3.Apa yang ingin dicapai oleh mbah Bowo.
        4.Seberapa besar pendaanaan yang didapat si mbah
        5, Si mbah termasuk ikut corong propaganda negara mana .

        Setelah mendapatkan KESIMPULAN kita tidak terjebak oleh aksi provokasi mbah bowo ,kita tidak perlu menanggapi dengan serius koment koment simbah .dengan kata lain kita hanya menganggap mbah bowo “JOKER” yang isinya tidak perlu dikunyah.

        Mbah Bowo termasuk sukses memancing koment warjager dan perjuangan simbah yang menyesatkan terus akan menggoda iman kebangsaan warjager,
        Kalau sudah dapat kesimpulan dan menentukan bahwa ini bisikan setan kita hanya perlu membaca doa pengusir setan ,
        Imho

        • Kemarin setelah terusir dari warjag si mbah terus berpropaganda ke IDB bahkan nyisir di koment pinggiran (Chat box)
          mungkin juga sudah dibaned tidak bisa koment diartikel
          Setype mbah bowo ini banyak di Top*x yang memang disediakan untuk mengadu domba kawasan.,

          • Dibuat thread khusus aja om satrio. Sekalian di adain polling untuk ngebanned forever orang yg ngaku2 mbah ini :mrgreen:

          • Bung Sat, menurut saya sih g perlu buang-buang tenaga dan fikiran untuk mbah bowo. nanti malah ke GR-an dianya. cara yang lebih baik dan efisien adalah dengan membandd kembali nick mbah bowo untuk salamanya. toh selama ini koment mbah bowo g memberi manfaat kepada warjager.

          • Mbah sedih, ternyata pemuda-pemuda sekarang penakut. Alasan macem-macem kalau ada yang nyuruh perang. Takut mati semua.

            Tidak seperti pemuda dulu,

          • Pemuda dulu berani mati ya mbah? kok si mbah belom matisampai sekarang … pengecut juga ya?

        • Setuju bung Satrio mba mba ini ngaco terkadang provokative ngajak perang lah. ngajak musuhi negara lain lah

          spertinya ingin membentuk opini tertentu di cyber media

        • Sebagai tambahan Informasi
          Mbah bowo memakai provider yang sama (PT TE###M) disetiap koment siang dan ,malam bahkan tengah malam

          Berarti simbah memang tidak bertugas disuatu kantor yang ada jam kerjanya,,simbah melakukan propaganda dirumah atau kantor yang juga ditinggalinya.
          Si mbah sepertinya sudah mendapat kontrak tahunan melakukan propaganda dari negara yang memanfaatkan para pemuda /LSM yang berkecimpung didunia cyber warior

          Jadi gak peduli siang malam,ngantuk pusing, sehat atau sakit simbah harus berperan sebagai setan penggoda atau dananya tidak cair dan didepak

          saya kok jadi ingat ular musuh garuda 😀

          • Mbah Bowo

            Mohon dengan hormat untuk mengklarifikasi informasi yang disampaikan oleh Bung Satrio.

            Bung Satrio :
            Terima kasih Infonya. wah jaman sekarang cari uang di dunia maya, mudah juga ya
            Tinggal menulis comment provokasi, sudah dapat duit.

          • Apa yang dikatakan dek satrio itu tidak benar, Demi ALLAH Mbah bukan antek asing! Mbah benci dengan luar negeri yang merongrong NKRI, tapi ancaman sementara ini berasal dari China dengan mengklaim secara sepihak laut china selatan yang memotong ZEE.

            Masalah singapura, memang kenyataan mereka sering menghina negara kita, merehkan negara kita. Masak mbah marah pada mereka mbah jadi yang disalahkan ????

            Mbah hanya ingin menggugah semangat kebangsaan pemuda-pemuda dan menggugah kesadaran mereka ada musuh potensial yang nyata dimasa yang akan datang, dan kita harus siap.

            Kalau mbah tidak dikehendaki di forum ini mbah akan mengalah saja, dan tidak akan komentar lagi.

            Salam hormat saya untuk bung Diego, Bung Now dan semua penggemar mbah di Jakarta greater.

          • @Bung Mbah Moel
            Hanya analisa saja mendeteksinya adalah:

            koment mbah bowo tidak pernah jauh jauh dari materi yg mau dipropagandakan,
            Kedua mbah bowo konsisten selalu memakai nick tersebut di berbagai forum analisa saya ada team penilai yang melihat kerja mbah bowo efektif atau tidak,berhasil atau tidak

            Dan terakhir analisa saya
            mbah bowo punya registrasi nomer 22 ,,berarti analisa saya ada puluhan orang macam mbah bowo dengan mengusung misi berbeda beda, dengan beda beda materi yang mau dipropagandakan
            Imho

          • dek satrio, adek menuduh saja antek asing, mbah tidak marah, semoga Tuhan memaafkan dek satrio.

          • Provokasi kok ke masyarakat awam… ya percuma ndak akan berangkat perang…

            Mbah, mbok sampeyan provokasi ke website Dephan/Menhan atau sekalian ke Pak Presiden biar aspirasi sampeyan ditanggapi secara serius

            Disini biarpun sampeyan rajin “brainwash” ya kagak efektif mbah… Begitu lihat postingan sampeyan pembaca sudah menerka mau kemane arehnye…

            Kalau gak LCS ya kemane lagi…

            China = enemy, US = Ally, Siap perang dengan China? dsb…

            Monoton mbah… Kagak efektif…

          • maaf SR ikut komeng,.,

            Itu seperti nya si mbah bowo lebih kliatan kaya tabung gas 3kg yg siap mleduk deh, tiap koment pasti provokatif,., kaya nya mbah bowo salah seorang LSM asing yg berusaha menggiring opini supaya terjadi perpecahan,., strategi devide et impera,.,

            mbah bowo,., di gaji brapa sama asing buat ngadu domba bangsa ini ??? atau anda emang orang asing yg sudah fasih berbahasa indonesia dan menikah dgn perempuan indonesia ????
            maaf SR ikut nimbrung,., gemes liat koment nya yg SARA dan provoke terus,.,

            NKRI harga mati,., TNI kuat bersama RAKYAT,.,

        • Setuju bung Satrio, tolong dibuatkan artikel khusus mengenai propaganda ( sebaiknya tanpa menyerang personal ).

          Dari jaman kumpeni sampai jaman sekarang bangsa ini selalu diadu domba menggunakan propaganda, bahkan kali ini diadu domba dengan bangsa lain.

          Kita butuh antidot racun ‘Propaganda’ . Apa saja ciri-cirinya, bagaimana pula menghadapinya.

          Jadi kalau ada yang resah karena ‘komentar yang nyleneh’ bisa dirujuk ke artikel untuk mengunyah antidotnya.
          ______________________________________________

          Waspadalah!!! Terhadap propaganda dan siasat adu domba!

    • walah walah ni si mbah hehehe

  34. WASHINGTON DC

    Provokasi Amerika Serikat (AS) yang menumpuk kekuatan militer di negara-negara Baltik mengepung Rusia, direaksi keras Moskow dengan mengarahkan moncong 5 rudal nuklirnya ke daratan AS.

    Pentagon memastikan, ada 5 sinyal baterai pengaktifan rudal nuklir dari silo bawah tanah yang koordinatnya terbaca menuju ke beberapa kota besar di AS, diantaranya Los Angeles, Manhattan New York, Washington DC, Las Vegas dan Chicago.

    Dilansir Dekapfile, Senin (21/04/2014), ke-5 rudal nuklir yang diarahkan ke daratan AS itu didominasi oleh rudal balistik antarbenua generasi terbaru Rusia R-36M2 Voyevoda atau SS-18 ICBM (versi NATO).

    Pentagon hingga kini menolak memberikan pernyataan resmi atas informasi bocor yang membuat para petinggi militer AS panik.

    Namun Nate Christensen, juru bicara Pentagon menyebut, kegiatan pengaktifan 5 rudal nuklir itu terpantau melalui sistem pelacakan sinyal oleh pesawat AWACS milik AS yang melakukan patroli di atas wilayah negara-negara Eropa Timur.

    AS pantas waspada dan panik, karena rudal ini lebih unggul dari rudal terbaru AS “Peacekeeper MX ICBM” yang memiliki 10 hulu ledak nuklir. Keunggulan R-36M2 selain juga memiliki 10 hulu ledak nuklir, rudal ini memiliki kecepatan hampir 8 kilometer per detik jauh di atas kecepatan MX ICMB milik AS yang mencapai 2 kilometer per detik.

    R-36M2 ini menurut Christensen, adalah rudal terbaru Rusia yang dirancang khusus untuk menembus sistem perisai rudal milik AS.

    “Dari informasi dan kajian kami, rudal tercanggih milik Rusia ini memiliki kemampuan manuver yang sangat baik,” ujar Christensen.

    Komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia Jendral Sergei Karakayev, tidak berkomentar atas reaksi Pentagon terhadap 5 rudal nuklir Rusia yang sinyal pengaktifannya terpantau oleh AS itu.

    Karakayev hanya mengatakan, Rusia akan melakukan tindakan apa saja jika kedaulatan negaranya terancam oleh kekuatan asing.

    Ini baru Rusia Strong….

  35. Su-35 memang sangat cocok dgn indonesia..efek gentar yg diberikan bisa membuat tetangga panik..TNI sudah pasti sangat mahir bila diberi mainan seperti ini..super Flanker cantik lah!

  36. Assalamu’alaikum semua
    Hanya sekedar saran. Apa ngga di buat bodi kitnya. Di ujung sayap ada 3 asraam pinggir atas bawah di bungkus kayak knirti di su 30 mki di kasih launcher. Di tengah di buat bodi kayak kfx yang di publish. Pinggir kanan kiri air inlet amraam sebuah seperti f22 di bawahnya untuk amraam atau lraam. Di tengah untuk tangki atau bom. Apalagi kalo di kasih pasir besi anak its kulitnya pasti vlo. Hanya tinggal sirip tegaknya, tinggal di batik timbul seperti di kursi kayu buatan jepara biar radarnya menyebar.

    Iya itu teknologi rudal yang saya omongin dulu, udah ketemu belum. Itu kalo jadi, musuh ngga usah di lock. Pokoknya kelihatan mata pake ihadss atau blink di radar langsung tembak. Ngga ada lagi istilah no escape zone, walaupun sehebat apa pilotnya, walaupun sehebat apa manuverability dan electronic warfare juga stealthnya pokoknya masih dalam jangkauan insya allah kena. Pokoknya kalo nyari harus jasmerah soalnya di wayang perumpamaannya ada.( maaf sengaja mbulet )

  37. Thanks bung Antonov
    Tambah percaya kalo SU-35 adl alusistas yg harus dipunyai oleh negara ini utk menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI…minimal 1squadron dulu utk diwujudkan di MEF tahap II beserta sistem pertahanan udara S-300/400 Family aminnnnn

  38. ya sebagai rakyat kecil sy cuma bisa berdoa
    dan berharap ekonomi indonesia kini dan yg
    akan dtg bertambah baik.. smoga juga pemimpin negri tercinta kita yg kedepan trus melanjutkan mef yg tlah berjalan saat ini.. siapapun pemimpinnya.. indonesia wajib hukumnya membeli sekurang2nya 5 skuadron penuh hingga mef kedua. sehingga kami rakyat kecil mpunyai rasa aman dan bangga dgn negri tercinta ini ityu sdh lebih dari ckup.. oya para sesepuh2 disini klo boleh tau di mef brapakah kira 2 tni kita pesen ni pespur ? tlog ksi bocoranya dikit.. harap .com?

  39. Ayoooo bungkuuuusss bung..
    SU 35 STRONG

  40. Utk intelejen NKRI hrs mulai aktif mengawasi alat2 fital kita, jangan spt kejadian2 yg lalu banyak menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat juga membantu utk keamanan dlm wilayahnya masing2 utk menyokong keamanan Nasional serta menyongsong tahun bisnis maupun tahun pariwisata kita utk mengambil milik Malaysia yg terpuruk dg hilangnya MAS MH370. Salam……………….

  41. Assalamualaikum wr.wb
    Kalau semisal pembandingnya PAK FA sama-sama dari rusia.
    kira-kira unggul yang mana?

    😀

  42. Apa artinya Negara NKRI Makmur Dan Sejahtera apabila Keamanan tidak terjamin dari Intaian Negara Agresor….Apa Artinya Rakyat Sehat Dan Kesejahteraan Meningkat apabila Ada Indikasi Serangan Penyakit akan datang dan Tidak mampu mengatasinnya….Begitu Juga Dengan Negara…….Rakyat jangan hanya memikirkan soal perut , kesejahteraan…..Tapi , keamanana dan Ketahanan Negara harus di nomor satukan…Aku Rela makan singkong asalkan Negara Bisa Membelikan Alutsista Canggih untuk NKRI yg saya sangat cintai ini…..Pengadaan Pesawat Tempur SU – 35 BM adalah sangat tepat ……Lihat Kasus Negara Timur TEngah…Kebanyakan hanya memikirkan soal perut dan kesejahteraan …Akhirnya banyak yg hancur…Karena Keamanan Negara Dinomor Duakan…..Begitu Negara Agresor Datang…Negara tidak bisa melindungi Rakyatnya…..Ingat…Tidak selamanya Sahabat Negara akan akur dan Rukun…..Lihat kasus kemarin …Negara tetangga yg tiba – tiba beringas dan mau adu otot dengan NKRI…..Australia , Singapura dan Papua Newgenee….

  43. ada yang aneh tuh..

    Artikel keren dan gahar tentang Su-35 tapi iklannya adalah produk CB.

    Mbah Admin pemain CB jugakah ??

  44. Su 35 lebih baik dibandng F22 ? ah terlalu overstated, radar F22 memang lebih lemah powernya, tapi jauh lebih unggul dibeam nya dan keamampuan Fhss, kalo kinematik relatif sama, Su35 unggul di range, F22 unggul di super cruisingnya, plush stealthy, chance nya 80 % untuk F22 dan 20% untuk Su35 untuk BVR

    • Sedikit setuju dengan Bung Ahmad

      Untuk saat ini 60 % lebih jaguh F22 dibandingkan dengan SU-35. keunggulan itu dikarenakan faktor stealthy saja.

      Tetapi jika suatu saat berhasil diciptakan radar yang mampu mengendus F-22 maka keunggulan F-22 langsung melorot dratis berbalik 80 % untuk SU-35 dan 20% untuk F-22.

      Pengembangan T-50 FAK FA oleh Russia salah satunya adalah diciptakannya radar yang mampu melihat lebih jauh dan mengesan halimun semacam F-22. Jika Russia berhasil membuat radar semacam itu untuk T-50 FAK FA, maka tinggal menunggu waktu saja munculnya varian SU-35 dengan radar yang sama dengan T-50 FAK FA

    • @ bung ahmad, unsur stealthy si raptor sudah tidak sempurna ( istilahnya apa ya? ) saat search & tracking radar si raptor diaktifkan & weapon bay nya terbuka( akan terdetect oleh rwr nya su-35 )….so kemungkinannya akan kembali ke 50%-50%, IMHO & LOTS OF CMIIW…….he,he,he

      • nah pakar nya sudah bicara..thanks bung@erich “sharky” hartman ..user nya 🙂 bikin kopi luwak dulu di pojok tembok

      • Kl Raptornya nggak ngaktifin radar lalu dipandu sm AWACS gimana bung Erich? Bukankah itu taktik andalan yg selalu diasah oleh USAF?

        • yang dideteksi mungkin saat peluncuran rudalnya mungkin bung Roger. mungkin su-35 menemukan celah kelemahan tersebut (discover). karena hal tersebut tidak mungkin dihindari. Dengan kata lain kalah 1 langkah.

        • @ bung roger, tetep aja toh saat akan menembakan rudal bvr ( biasanya aim-120 amraam ) si raptor kudu buka weapon bay. dalam bvr range killing prob si amraam gak lebih dari 20% utk hard target & killing prob tsb bakal semakin melorot coz si target (khususnya su-35) memiliki waktu more than 60 second bwat merespon……..begitu seh katanya, bukan kata ane loh klo ngawur mohon cmiiwnya ya……he,he,he

        • ” Roger says: Kl Raptornya nggak ngaktifin radar lalu dipandu sm AWACS gimana bung Erich? Bukankah itu taktik andalan yg selalu diasah oleh USAF?”

          justru sistem kendali radar ‘Irbis’ yang dipasang di Su-35S adalah untuk menankal sistim AWACS yang selama ini di andalkan oleh USAF

          …hehehe maaf asal geblek….

      • Bung Erich, kalau radar primer kita sudah memenuhi seluruh nusantara, kira2 SU-27 bisa mengejar F-35 gak bung?? Melihat kondisis geografis kita gimana?? 😀

  45. menurut nubie sih, udah cukup hoax dan kemungkinan alternatif kita beli pesawat pilihan no.2 – seterusnya…to the point ajalah, TNI AU bakal mengakusisi SU-35/Flanker E ini…tidak ada yg perlu diperdebatkan dan diperpanjang lagi…penjelasan sederhananya, “Semua yang kita butuhkan ada pada Sukhoi SU-35″ atau ” SU-35 menjawab keinginan TNI AU”… 🙂

    Jaya NKRI…

  46. waalaikumsalam wr wwb

  47. Mau tanya,
    Lapisan anti radar hasil penelitian ITS perkembangannya udh sampai mana ya? Apa sudah digunakan utk kapal perang/pespur kita.
    Kalo su-35 kita nanti dicat anti radar ini tambah sangar pasti.

  48. bungkuss,,,,,ga pake nunggu lama,jaya Terus nkri

  49. saya sangat setuju kalu TNI_AU PILIH SU-35, udah jangan lama’ bungkus aja PAK PUR 2 SUKDRON SU-35nya

  50. setuju kalau TNI_AU pilih SU-35 untuk NKRI

  51. Betul Bung Telik Sandi ,
    Video manuverability Su-35 ada disini :
    http://www.aviationweek.com/Blogs.aspx?plckPostId=Blog:27ec4a53-dcc8-42d0-bd3a-01329aef79a7Post:4d83fa8d-5080-44b6-9922-26db4499a89b dan
    http://www.youtube.com/watch?v=yVlmoNtcyhY

    Maaf saya belum bisa menampilkan video di komen seperti yang lain.
    Salah seorang komentator Barat setelah menyaksikan sendiri aksi Su-35 malah menulis “it’s like a religious awakening…” he he.

    • betul bung@Antonov. ..bisa dicek di mbah google..pakar pesawat tempur eropa sendiri mengakui nya..terima kasih bung

    • Bung Antonov ma’af awam mau tanya,ada tidak radar yg bs mendeteksi pesawat siluman,mungkin klo dr konstruksinya susah untk di lacak,krna menggunakan material yg nyerap radar dan RCS low.tp dr sumber panas misal knalpot kan bs terdetiksi walaupn dr jark jauh…soalnya klo rudal jg mengejar sumbr panas sasaran.

    • benear , tapi mereka ngomong masalah manuverabiliyt su 35, memang luar biasa, tapi apa F22 nggak bisa ? top speed f22 aja dirahasiakan sama us apalagi kemampuan kayak gitu

      • nyata nya ga bisa @bung ahmad

        top speed su 35 1,553 mph ——- F22 1,498 MPH

        JANGKAUAN SU 35= 2.237 MILES– —– F22 1.839 MILES

        • info baru bung kanc, tapi validitas sumbernya bener nggak, ?
          plus F22 punya RWR paling dahsyat, bisa jadi pasive radar. Tapi okelah memang Su35 paling prospek buat ngadepin F22. Ane juga kagak peduli siapa yang paling hebat , hanya ndak suka kalo ada orang terlalu overstated

        • silahkan google aja bung@ahmad

          byk disana

          makaci

  52. saaaaaaangat setuuuuuuju kalau TNI-AU pilih SU-35, pokonya aye dukung

  53. Tapi katanya Bung Jalo :

    Indonesia akan membuat pesawat sendiri dengan kualitas setara dengan Sukhoi.

    sangat senang dan bangga mengetahui kemajuan dirgantara Indonesia. Tetapi saya kok mikir ya, selama ini teknologi pesawat yang dikuasai oleh Indonesia adalah teknologi baling-baling belum sampai ke arah pesawat tempur jet. mungkinkah bisa langsung melompat ke pesawat tempur setara Sukhoi ??

    Indonesia mampu membuat pesawat tempur serang ringan saja semacam F-50 korea atau F-20 Tiger Shark itu sudah merupakan prestasi awal yang luar biasa.

    untuk menutup gab itu, keberadaan skadron berat SU-35 adalah kebutuhan pokok bagi TNI AU

    • Hehehehehe, mbah moel ngajak diskusi terus… Saya pernah bertemu dengan salah satu dosen yg ikut dalam program ini,.dia mengatakan begini. Dalam mengejar ketinggalan teknologi itu ada 3 yg harus diingat, pertama Basic knowledge, self improvment dan program ToT-nya. Kita sudah punya dasar basic knowledge dari pembuatan pesawat baling2, untuk pembuatan pesawat itu sama saja tergantung instrumennya, kalau sipil itu mengejar keekonomisan dan militer mengejar performancenya. Mereka pernah terlibat dalam project Nova, ini adalah jet latih, disini mereka belajar tentang teknologi dasar pesawat jet.

      Saat tim kita di Korea sana peneliti Korea selalu menganggap sepele kita, mereka kaget karena basic atau dasar ilmu kita sudah lumayan. Orang Korea itu sama kayak Mbah Moel tahunya kita cuman bisa membuat pesawat baling2, jangan salah tim ini telah melewati beberapa kali penelitian dan banyak tidak dibantu oleh pemerintah.

      Ok itu adalah basic knowledge, nah ke self improvment, ada beberapa dosen dan peneliti kita juga sudah melakukan penelitian kepada pespur hawk, F-16, dan sukhoi kita. Salah satu dosen ITB yg saya yg pernah saya temui saat ini di Korea pernah mengatakan ke saya bahwa dia tertarik dengan teknologi air frame-nya sukhoi kita. Katanya, mereka sudah melakukan penelitian untuk mengetahui teknologi2 apa yg ada di pespur sukhoi kita. Dan beberapa pilot kita waktu di Russia juga sudah belajar tentang dasar teknologi Sukhoi. Pesawat yg akan dibangun oleh tim ini juga harus tahu, harus berdasar dari user. Tim peneliti kita sudah tahu apa yg dimau user, makanya mereka membuat kerangka atau preliminary design untuk project kita. Makanya jangan kaget waktu kita tawarkan design ke Korea dan Korea kaget dengan design yg kita kasih. Karena tim berangkat dari sini sudah mempunyai bekal baik preliminary maupun conceptual design.

      Nah tim yg belajar disana selalu mentransfer ilmu yg didapat disana ke tim disini. Karena kalau project ini gagal, ilmu yg sudah didapatkan tidak sia-sia. Disini juga ada tim yg melakukan penelitian dari transfer ilnu yg didapat disana.

      Yg perlu diketahui, tim yg ikut disana yaitu terdiri atas enam pilot pesawat tempur TNI AU, tiga orang dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemhan, 24 teknisi dari PT Dirgantara Indonesia, dan empat dosen teknik penerbangan dari Institut Teknologi Bandung.

      Maaf ngaco ya mbah… 😀

      • salut buat peneliti kita. walaupun atas dasar “curiosity” saja akhirnya bisa melakukan “RE” untuk teknologi airframe sukhoi. Bahkan sampai filosofi airframenya juga ditemukan.

        • Bung Alugoro, ada cerita unik, Pustekbang Lapan itu baru berdiri pada tahun 2011 tim ini rata2 baru tapi dibawah bimbingan beberapa ahli yg pernah terlibat di pesawat baling2…

          Uniknya, tim ini masih baru tapi sudah berhasil membuat konsep design pesawat tempur yg bagus. Rata2 tim yg berpengalaman ini cuma punya beberapa basic seperti ini.

          Kemampuan rancang bangun pesawat terbang telah dimiliki LAPAN dengan dirancangnya pesawat-pesawat terbang latih LT200 pada tahun 1976 (di buat di LIPNUR, prototipe tlh terbang), pesawat penumpang XT 400 pada tahun 1977(mockup tlh dibuat di LIPNUR), serta Pesawat latih tempur tandem (tdk selesai).

          Nah tim Lapan ini, yg cuman didalamnya 5 tim ahli dan banyak tim newbie melakukan pengembangan pesawat tempur dalam setahun. Penelitian itu anggarannya cuman Rp. 250 juta dan hasilnya mereka sudah menghasilkan conceptual design, merancang bentuk luar LFX dan sudah melakuka uji dengan terowongan angin dan simulasi CFD.

          Dan mereka juga sudah dapat nilai purpose LFX, sampai penentuan materialnya sudah mereka dapat. Itu cuman dalam jangka setahun dengan SDM terbatas dan anggaran yg miris. Pengembangan LFX ini seperti yg bung Alugoro katakan dasar “curiosity”.

          Nih saya kasih sedikit hasil perhitungan, kalau diukur secara logika dengan anggaran miris, SDM tim ahlinya sedikit dan yg lain minim pengalam dan orangnya gak banyak gimana bung Alugoro??

          • maaf gambarnya belum muncul bung Jalo. jadi saya komen sikap mereka saja dulu.

            itulah yang saya sebut “Mengenakan Baju Kebangsaan”. walaupun tidak pernah teriak merdeka atau pidato berapi-api tetapi bisa memberikan bukti bagi tanah kelahirannya. setiap orang harus memberikan beban bagi diri sendiri untuk mengangkat harkat dan martabat tanah ini.

            oh ya jika tiba saatnya nanti membangun ifx, dan pengadaan material khusus dari posco sulit di dapat silakan segera cari alternatif yang lebih murah . contoh :

            The corporation VSMPO-Avisma presented its products at the 13th International Engine Forum MFD-2014 in Moscow.

            A full range of semi-finished titanium products produced by VSMPO-Avisma could be seen at the corporation’s stand, according to the news agency UralPolit.Ru, citing the company’s press service.

            The International Engine Forum is one of the biggest events in the world for the machine-building industry. It takes place once every two years.

            This year, the forum is taking place April 15-18. The Russian Ministry of Industry and Trade, the Russian Chamber of Commerce, and the United Engine Corporation (ODK) supported the event, which saw the participation of more than 100 Russian and foreign companies.

            http://engineeringrussia.wordpress.com/2014/04/21/vsmpo-avisma-participated-in-the-international-engine-forum/

          • jika hanya melihat MTOW-nya saja bisa ada dua alternatif :

            sekedar usulan secara kasar
            – konfigurasi dual engine
            2 x mesin f-16 (F110-GE-100). F-16 mtow 43200 lb
            -konfigurasi single engine
            1 x Pratt & Whitney F135 (F-35 mtow 70000 lb)

            jika cari mudah dan familiar lebih baik cari lisensi mesin F110-GE-100. Jadi jamaah F-16 lebih panjang napasnya.

          • unsur utama dalam airframe modern jet figther adalah Ti bung Jalo. kalau dalam skala lab, mungkin di kita sudah bisa. tetapi kalau dalam skala industri kok agak meragukan. kasus serupa hampir mirip dengan trimaran. setidaknya kita bisa potong kompas untuk analisa “crack” karena ahlinya ada di sini (semoga beliau diberi umur panjang)

          • Nih buat bung Alugoro…

          • sedikit tambahan :

            untuk cadangan bisa menggunakan engine al-41f seperti konfigurasi pakfa dengn mtow 81,570 lb

            jadi benarlah pernyataan pejabat yang berwenang bahwa ifx akan setara dengan sukhoi. karena basis produksinya sesuai dengan keinginan user adalah memang “Sukhoi”. Dan pantas saja tim ahli SK sampai “melotot” terima kasih bung Jalo atas infonya.

          • Kalau lihat disitu mesihnya Rusia–> Bisa saturn, Kalau Inggris apa ya?? 😀

          • 2 x Roll Royce RB.183 Tay
            2 x Roll Royce RB.211 series

          • @ bung alugoro, ntu bukannya engine bwat peskom bung?….. he,he,he

        • betul bung Erich…..ya mungkin minta dilakukan miniaturization sedikit biar muat di pespur.

    • Ok saya tambahin sedikit, tim Indonesia dan Korea sudah melalui tahap Feasibility Study dan Technology Development KFX/IFX dari situ ada sekitar 432 teknologi core yang akan diterapkan di jet tempur generasi 4,5 ini. Nah dari 432 itu 48 di antaranya belum dikuasai.

      Nah disini ada yg unik, tim Korea itu kaget kita punya tim yg menguasai Air Combat System, teknologi ini termasuk ilmu yg sulit dalam teknologi penerbangan. Selain itu mereka juga kaget kita punya tim ahli yg jago rancang bangun pesawat. Nah ilmu kedua negara ini dikumpulkan dan hasilnya sisa 48 diatas, itu berkaitan dengan teknologi siluman dan menghindar dari radar.

      Sekarang yg jadi masalah itu untuk program KFX/IFX itu adalah masalah dana dan politis.

      Mbah Moel, pertanyaan anda “Tetapi saya kok mikir ya, selama ini teknologi pesawat yang dikuasai oleh Indonesia adalah teknologi baling-baling belum sampai ke arah pesawat tempur jet.”

      Coba browsing Project Nova Pesawat jet latih PT DI, ini mungkin bisa menjawab… Nah pasti pertanyaannya kenapa tidak dilanjutkan?? Saya akan menjawab karena faktor politis… 😀

      Jadi ghini ada pertanyaan sederhana… Masyarakat Indonesia bangga gak kalau negara kita sudah bisa membuat pesawat tempur?? TNI bangga gak kalau negara kita sudah membuat pesawat temur? Kalau negara luar senang gak kalau Indonesia membuat pesawat tempur??? 😀

      • Luar biasa sekali Bung Jalo.

        Tetapi kira-kira tahun berapa pesawat tempur made in Indonesia terbang ? mohon juga dijelaskan progres dan target dalam 5 tahun kedepan ?

        Bung Jalo, saya request artikel tentang projek Nova jet latih PT. DI. Biar kami semua mengerti akan kemajuan negeri sendiri dan biar kami tidak malas bayar pajak. hehehehehe

      • assalamualikum..
        sebelumnya mohon maaf kpd @bung jalo kl sudah lancang langsung bertanya..(maaf nubie..setahun ini sr mantengin jkgr..)
        kerjsama ri dgn sk dlm bdng miiliter ini adakah kaitannya dgn brita tempo hari mngnai hilangnya laptop petinggi tni yg sy dngr isinya “confidential”..
        maaf kl slh..1x lg nubie:)
        salam kenal pr sesepuh warjag..bung diego, nrya, nydnt, satrio, yayan (nice article..very inspiring) n slurh warjager d seantero bumi..
        tuk @mbh bowo…damai itu indah

  54. artikel su35 vs f35 sesuai potensi ancaman segera meyusul. Senggol bung nara…

  55. Semoga ya @Mbah Moel negara kita bisa mandiri dalam alutsista,,,

  56. Klo kami rakyat kecil tidak perlu di tanyakan kagi perfomance nya

    Pertanyaannya kapan datang ??

    Di List A1 Su-35SI Super Flanker 16-D2014

  57. su-35 harga mati…
    mau jadi apa kalo ngambil f-18, f-15, f-16, typhoon…
    indo bakalan di keliling f-35 tetangga2 sebelah…
    belum lagi ancaman embargo barat…
    klo russia, udah ngejamin ga bakal embargo…

  58. Uhuiii.. kemarin sibuk kartian, eh ternyata ngebahas siseksi su-35. asyikkk.. siap siap foto foto 🙂

  59. Pokoknya kita harus terlibat perang,
    Saran mbah sebagai sesepuh adalah :
    1. Kita harus terlibat di laut china selatan
    2. Setelah LCS selesai, Singapura harus menerima pembalasan.

    Mbah menyarankan saat perang LCS meletus, negara ini harus buat milisi sukarelawan yang terdiri dari orang-orang china, nanti coba kita lihat apa mereka mau melawan saudara mereka sendiri di daratan china ? atau malah menyerang balik kita. Jika mereka mengaku bangsa indonesia maka pasti mau bergabung sebagai milisi.

    MBAH TIDAK benci orang China, bahkan mbah sangat mendukung bila negara kita berkiblat pada taipe dan bukan beijing daratan.

    • mbah selalu mengaku sudah tua dan banyak pengalaman.

      tua + banyak pengalaman = arif bijaksana

      orang arif bijaksana tidak akan berkata “pokoknya kita harus terlibat perang” melainkan “kita harus selalu mencari alternatif penyelesaian damai atas segala masalah, jika terpaksa sekali karena lawan menutup seluruh celah perdamaian, kita akan bersiap untuk perang”

      • Mbah setuju dengan pernyataan dek Danu,
        Ini adalah contoh pemuda yang hebat, yang gagah berani, yang tidak mundur kalau di suruh perang. Ngak kayak yang lain, yang inilah, itulah, damailah, apalah, ujung-ujungnya mengeluh cicilan motor belum lunas, belum nikah, belum beli rumah dan beribu-ribu alasan klise.

      • sekarang china jadi tiongkok, padahal hape atau produk china lainnya ada tulisan made in china,

        kenapa pemerintah merubah china jadi tiongkok?

    • Ayo Mbah Bowo, kita makan siang bareng-bareng dulu

      Tentunya Mbah Bowo capek juga kan ? soalnya sedari tadi sibuk sana sini mengajak perang
      aku ada kiriman kopi luwak bali asli.

      Sebagai orang yang sok tua, sebaiknya kita tidak perlu terlalu membenci sesuatu, takutnya malah berbalik suka nantinya

      Salam sedikit hormat Mbah

      • 😀

        hahahahahahaha….

      • wakakakakakakaka……. terus mbah maunya disuap pake apaan? pasti maunya mbah disuap pake sendok dan garpu kan…. dengan didampingi cewe cantik nan bahenol…. moantap seleranya mbah….. ayo mbah… abis di kelonin ma cewe itu, mbah siap siap pergi perang ya….

      • walahh.. terluka hatiku

        Yo wes Mbah Bowo, kalau tidak suka kopi luwak bali, padahal katanya berita, kopi luwak bali itu kopi termahal sedunia. hahahaa

      • wah pas tuhmbah, dah banyak warjagga warjag yg mau ‘masang’ mbah di roket r han kita … ntar tak pastiin bahwa roket dimana mbah diikat, pasti ditembakkan ke singapura jd mbah bisa berakhir gembira karena dah terpenuhi segala hasrat mbah yg mau perang dg singapura sekaligus memberi contoh pemuda sekarang yg pengecut2 ini biar berani seperti mbah mengorbankan nyawa berperang dg diikat di roket rhan kita.

        Salam perjuangan mbah … kita pasti tahlilan buat mbah kok hehehehe ….

      • yaudah mbah perang sendiri aja sono,ngapain provokasi2x segala.mana sok tua lagi.ingat:enemy of my enemy is my friend

    • kalau boleh tahu rumahnya mbah dimana ya?pingin main main dan bawa oleh oleh “sekarung”buat mbah

  60. Dear Admin , mohon bantuan untuk mengamankan mba mbah krn tidak memberi pencerahan dan nyampah saja krn kami bila muncul mba mbah kami skip saja tidak membacanya mohon maaf ya mbah Toloongggg yach

  61. saya tidak percaya Indonesia tidak punya dana untuk beli pesawat tempur SU-35 full satu skadron, alasan tidak punya duit adalah alasan yang sangat sulit diterima, iki alasane nalangin pemilik bank yang sudah kaya raya saja bisa kenapa untuk pertahanan negara tidak :

    “Untuk kesekian kalinya, sejumlah ekonom mendesak pemerintah segera menghentikan pembayaran subsidi bunga obligasi rekapitalisasi (OR) perbankan dari APBN yang mencapai Rp40-60 triliun/tahun sampai 2040”

    http://www.lensaindonesia.com/2013/01/29/hentikan-pembayaran-subsidi-bunga-obligasi-rekap-segera.html

  62. Asw..sorry nih OOT, warjager mau tanya dong, klo LEOPARD TNI yang udah datang sebenernya ada berapa sih?? soalnya di pusdikav udah ada 4 biji

  63. Apapun yang terjadi saya siap Perang Pak, Biarkan orang-orang itu bicara apa tentang Bapak, Jangan dengarakan omongan mereka, kita aja semua orang yang didalam hatinya ada rasa cinta kepada tanah airnya, bukan rasa cita kepada Alutsistanya.. SIAP, Sudahi omong kosong ini Pak, Kita siapakan segala sesuatunnya untuk hala terburuk.

    • Bagus, Mbah bangga dengan Pemuda ini, Pemuda yang cinta negaranya, yang rela membela negaranya, yang siap berperang bila tanah airnya di hina. Bagus dek, mbah salut dengan adek.

      • Mbah Bowo….. dapet bisikan dari jin mana lagi nih mbah…..

        • tuh yg di atas tim nya mbah Bowo hehehehe ….

          • Jangan sampai dibilang anak durhaka. Berbakti kepada orangtua. Segila apapun bapak akan tetap dibela. MERDEKA

          • Bahahaa itu tim suksesnya mbah Bowo tu :mrgreen:
            ati2 mbah bowo manggil sekutunya..

          • Maaf bung Antonov oot ditreadnya. Gatel jg jd SR liat komen mbah bowo. Banyak yg kontra sm mbah bowo sy cuma ingin liat apa reaksinya jk ada yg pro sm dia. Ada baik nya mbah bowo dan yg sk nyampah di tread warjag dibanned permanent aja. Termasuk sy. Sy akan kembali jd SR. Maaf bun Satrio dan sesepuh yg lain.

            Salam SR dr anak durhakamu

  64. mbah bowo lok koment pake nalar dan ilmu.. jgn asl njeplak… kshan yg baca… mulat salira hanggrasa wani jgn smp keladuk wani kurang deduga..

  65. Reaksi berlebihan NATO kpda Rusia mengenai kasus Crimea membuat Moskow mengaktifkan rudal balistik antar benua.5 rudal itu mengarah pada kota2 besar di amerika serikat.Rudal generasi terbaru tersebut R-36M2 Voyevoda atau SS-18 ICBM.Hal ini membuat panik pejabat militer di pentagon dan white house.

  66. @mbah bowo: jadi maksud anda di sini barangkali ingin menggali isu-isu strategis dari lingkaran dalam pengambil kebijakan strategis militer Indonesia yang nantinya bisa jadi tanpa sengaja keluar dalam bentuk reply komentar atas posting anda tersebut begitu…?

  67. udeeeh… si bowo gak usah diladenin, dibanned sampe kiamat aje..
    sayang nih trit bagus, sampai dapet pujian di tetangga sebelah .. 😎

  68. Di blog sebelah ada yang mengatakan SU 37 Terminator yang dipesan oleh Indonesia bukan SU 35. Mohon pencerahan dan klarifikasinya? Apa perbedaan mendasar 2 pesawat ini karena saya mencari kelihatannya hanya kemampuan take off di lintasan yang pendek yang menjadi perbedaan.

    • Oh.. setahu saya SU-37 belum diproduksi masal (masih eksperimental). SU-37 secara fisik lebih kecilan dikit dari pada SU-35. Tapi itu setahu saya lho ya, kita tunggu pencerahan dari sesepuh.

  69. Yang kasihan adalah penulis artikel bung Antonov threadnya jadi banyak OOT nya karena mbah bowo dan warjager saling berbalas argumen yang diluar topik bahasan

    Atau Jalan tengah nya begini
    Admint membuatkan materi tentang pandangan mbah bowo
    Atau mbah Bowo memuat artikel sesuai pandangannya
    Nah artikel khusus itu mbah bowo bisa menguraikan pendapat dan pandangan nya dan warjager bisa mencounter dengan alasannya sendiri sendiri,,atau yang mendukung dengan alasan tersendiri
    dan untuk warjager yang mau nyari hiburan dan perenungan dan penerawangan lain bisa ikut di thread itu,freedom of speech bisa terwakili dan terakomodasi disana

    Nah mbah Bowo boleh bebas berkoment diartikel lain asal sesuai topik bahasan,,menghormati yang bikin artikel dan warjager lain yang ingin menimba ilmu,dan juga para silent rider yang terganggu dengan koment yang OOT
    imho

  70. Untuk SU-35 memang kita wajib punya, tapi apa pun cerita nya klo bisa biar tetap jadi rahasia yang membuat orang lain penasaran, biarkan aja tim-tim negosiator yang telah “ditunjuk” bekerja ntar klo “kado” nya data lama-lama pasti di publikasikan.

    untu Mbah Bowo (aku panggil Bang Bowo ajalah sesuai logat Medan)
    Bang Bowo mau bayar berapa aku untuk nyerang Singa…, klo ada dana nya bilang bang, biar kukumpulkan lae-lae aku dari kampung ku, soalnya dari kemarin-kemarin dah panas dan soor kali aku bang baca komentarmu, aku memang kek gini orang nya bang…..

  71. mengenai mbah bowo, mungkin beliau ingin sekedar mengingatkan kita tentang peringatan presiden kita bung karno kpd negara ini akan adanya “bahaya kuning”, sekian.

  72. Jakartagreater.com itu seperti miniatur Indonesia

    Ada golongan Pro Amerika
    Ada golongan Pro Russia
    Ada golongan Pro China
    Ada golongan Nasionalis
    Ada golongan Nasionalis ekstrem

    Asal tidak seperti Ukraina yang akhirnya terpecah dan berdarah-darah saja, semua masih OK Lah !

    • Saya Nasionalis Pro Rusia mbah.. ceweknya cantik-cantik mbah.. 🙂

      • Saya nasionalis pro indonesia aja deh bung.. . Saya lahir tinggal belajar cari duit di indonesia.. klo russia emang pernah ngasih apa ya ke indonesia?

        • Saya ngekor anda bung…………………..
          Saya made-in INDONESIA
          Saya mendukung apapun asal terciptanya made-in INDONESIA

          “dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung”
          “hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri”

      • Ukraina pun bohay-bohay bung @Andry, dan kalo jadi perang, ni wargi-wargi yang cantik pasti butuh tempat yang aman dan nyaman untuk sekedar mengungsi. Siap gak kita buka kamp pengungsi seperti untuk Myanmar dulu. Tapi kalo bisa didekat kota-kota besar biar mereka betah?

      • @om Andry hehe.. tidak usah yang lama-lama, yang beberapa tahun lalu saja, sejak kasus timtim, Indonesia hanya berjuang sendiri biar tidak berkeping-keping untuk lepas dari tekanan barat, tidak ada andil negara sahabat ya? Baik itu di forum UN ataupun diplomatik ? tapi ini perkiraan ngawur saya saja, ya maklumlah saya cuma tukang parkir warnet, jadi tidak begitu paham Hubungan Internasional.

        @om maling jemuran siap ndan.. uhuy syik asyik syik asyik jadi relawan..

  73. Bung Satrio

    Request penjelasan tentang “registrasi no.22” kok sepertinya menarik untuk dibahas, karena setelah Bung Satrio menduga bahwa Mbah Bowo adalah “registrasi no.22” Mbah Bowo langsung mundur teratur.

    kalau ada “registrasi no.22” maka ada kemungkinan ada juga “registrasi no.1 , 2, 3 dan seterusnya

  74. SU35 sangat menarik performa nya..
    memilliki pesawat ini pertahanan akan semakin meningkat..

    jujur saya masi meragukan ketulusan US dan inggris dalam berbagi..
    jadi SU 35 bukan sebagai alat hankam semata.. namun merupakan instrumen diplomasi yg keras. dgn mengadopsi ini.. kita akan lebih kuat dalam diplomasi luar negri.. bukan cuma mengandalkan secarik nota protes ataupun kata prihatin semata.

    jujur kita layak mengapresiasi langkah pemerintah yg berkelit dari kesulitan ekonomi..
    memang kita lebih baik jauh lebih baik dibanding medio 90akir dan 2000 awal.. namun masi ada Pekerjaan rumah yg harus di selesaikan..

    and bout china..
    suka atau tidak mereka well prepare for future battle..
    rudal sukhoi yg baru kita miliki mereka telah melakukan RESERVE ENGINEER dgn sukses.
    mereka siap melakukan maritim strike..
    sam, aam, asm.. mereka lengkap dan stock banyak..
    namun bukan berarti kita akan membuka front dgn mereka..
    andaikata mereka memulai.. kita siap..

    i honestly trust with MEF program will bust our defence system.. more over, in the future i do sure the goverment not only stop on MEF..

    damn i love NKRI..

  75. Kita generasi sekarang tentu ingin juga seperti generasi Soekarno yang waktu itu mendapatkan Produk berteknologi terdepan didunia pada zamannya yaitu Mig-21 dan Tu-16 soviet serta C-130 Hercules Usa dll, Pilihan Su-35s dengan kecanggihannya saat ini tentunya bisa sedikit banyak bisa mengembalikan keceriaan kita.http://youtu.be/FTCrtrXQBqs

  76. hahaha
    kelihatan sekali bung melektech pro-amerika..

    komputer/prosesor??? *garuk2 kepala

    ane mo nanya nih, untuk pengganti “si macan” bung melektech pilih mana?

  77. Kulo nuwun salam kenal para pinisepuh warjager….sukhoi su35 sangat tepat utk keunggulan perang udara d asia tenggara d smping sbg batu loncatan k teknologi pswat gnerasi k 5 smcam sukhoi PAK-FA

  78. Semoga SU35 dan alutsista strategis yg lainnya terealisasi..

    Pokoke NKRI Harga Mati..!!

  79. Makasih Bung Sukro
    Wah lengkap deh saya dijulukin “salesmen” Su-35! ha ha he he

  80. sukhoi 35 udah pasti jadi lah 😀

  81. Meneruskan Diskusinya Bung Melektech

    Anoa = Perancis
    SS-1 = Belgia
    Sigma = Belanda
    KCR-60 = Berdasar Tech. Jerman
    Changbogo = Korsel/Jerman
    CN-235 = Spanyol
    KFX/IFX = Korsel dibantu AS dan Eropa
    AMX-13 Upgrade = Belgia
    Med-Tank = Turki dan Jerman
    Satelit = Jerman
    Roket = Eropa dan Ukraina (Pro-Barat)
    Komputer Processor = Intel/AMD (AS)
    Komputer Software = Microsoft/Apple/Linux (AS)
    Mesin CNC = Jerman / Barat lainnya
    Semua Alat Industri Strategis rata-rata dari Barat

    Selain produk komputer, semua itu memang Indonesia bekerja sama dengan Barat.

    Itu semua karena sejak pemerintahan Orde Baru berdiri, kiblat pengembangan Alutsista bergeser ke arah Barat.

    Katanya, di era Orde Lama, selain membeli senjata Uni Soviet, Presiden Sukarno juga mengirim ribuan mahasiswa untuk belajar di Uni Soviet. sayangnya, mereka yang dikirim tidak berani pulang kampung.

    Sama dengan NATO, Uni Soviet juga butuh teman, makanya banyak senjata Uni Soviet yang diproduksi oleh sekutu mereka. contoh terdekat adalah Vietnam yang membuat RPG berdasarkan lisensi, China yang memproduksi aneka pesawat tempur, rifle, tank dll yang awalnya juga lisensi.

    Mungkin Indonesia itu mirip China, awalnya bekerja sama dengan negara lain memproduksi senjata dengan lisensi, tetapi setelah mampu, memproduksi sendiri dan akhirnya bisa di jual ke banyak negara. hanya saja China dulu berkiblat ke Uni Soviet / Rusia, sedangkan Indonesia berkiblat ke Amerika dan NATO.

  82. Nambahin dikit tentang L-band : beberapa tahun lalu, brosur Su-35 pabrikanmya Knaapo mencantumkan Irbis E dan L-Band wing leading edge. Sekarang dua item itu sdh nggak ada. Jadi kawatir deh,L-Band tidak jadi untuk Su-35, tapi hanya untuk PAK-FA? Rata2 sumber info PAK-FA mencantumkan L-band ini. Mohon ada yang tahu? Tks.

    • Kalo perkiraan saya sih bung Antonov, itu tergantung dari usernya. Kalo menyimak kata kata bung naayana diartikel sebelumnya, kan bisa dibikin mutan tuh flangker family dan memang kita punya yang versi mutant. hehehehehe maaf kalo oot.

  83. wah….emang ada ska sukhoi lagi selain yg 16 biji udah di publikasikan resmi oleh pemerintah..? weleh2….kalau ada… gimana cara masukinnya ya …. kan ketahuan ..ada satelit dan lain2 yg bisa ngeliat daratan kita ….kalau masukin KS sembunyi2 sih ane udah ngerti lah.. heheh…

  84. http://www.youtube.com/watch?v=qQmzP748oXU

    how beautipuullllllllllllllllll SU35

  85. Australia akan memborong 58 jet tempur canggih F-35 dari perusahaan Amerika Serikat. Pembelian perangkat tempur udara besar-besaran ini disebut-sebut sebagai yang terbesar dalam sejarah pertahanan Australia.

    Diberitakan Sydney Morning Herald, Selasa 22 April 2014, pembelian ini diumumkan Perdana Menteri Tony Abott dan akan secara resmi disampaikan hari ini. Abott mengatakan, dengan membeli F-35, Australia akan bergabung dengan Amerika Serikat dan sedikit negara lainnya yang memiliki jet tempur generasi kelima.

    Untuk membeli pesawat yang juga disebut Joint Strike Fighter Lightning II, termasuk dengan perawatan, senjata dan suku cadangnya, Australia merogoh kocek US$12,4 miliar atau lebih dari Rp143 triliun.

    Sebelumnya, Australia telah membayar untuk dua jet F-35 dan memesan 12 pesawat ini. Rencananya, pemesanan puluhan jet tempur buatan Lockheed Martin ini akan mulai dikirimkan ke Australia pada 2018 dan mulai beroperasi di Angkatan Udara Australia pada 2020.

    F-35 akan menggantikan Hornet F/A-18 yang direncanakan pensiun tahun 2022. Di masa depan, AU Australia akan memiliki perangkat tempur udara yang beragam. Kekuatan F-35 akan didukung oleh 24 Super Hornet dan 12 pesawat pengacau radar Growler.

    “Generasi kelima F-35 adalah jet tempur yang paling canggih yang pernah diproduksi di dunia dan akan memberikan kontribusi vital bagi keamanan nasional kami,” kata Abbott.

    “Bersama dengan jet tempur Super Hornet dan Growler, F-35 akan memastikan Australia mampu menjaga keamanan batas regional di udara. F-35 akan memberikan kemajuan pesat kemampuan intelijen, pengawasan dan mata-mata dari Angkatan Udara Australia,” lanjut Abbott lagi. (vivanews)

    Mudah2an sudah di antisipasi pleh para petinggi TNI

    • Kan sudah diantisipasi Bung Boom makanya TNI AU pilih Su-35!
      F-16 kita asli beli sdh tua,
      Dan yg bakalan datang/ hibah hanya cukup menandingi Hornet. Ingat insiden MH-370, dimana akhirnya diketahui jalurnya melenceng dan jatuhnya dimana itu kan hasil analisis transmisi dari enginenya yg ditangkap satelit sehingga diketahui posisinya. Berani menjamin tidak akan berlaku pada hibah tersebut?
      Flanker kita Su-27/30 itu masih lemah di radarnya, dan jumlahnya cuma 1 skadron, tidak cukup.

      • Amin Bung Antonov, benar2 tdk rela kalau seandainya itu F35 berjoget di langit kita tanpa ada yg bisa ngejitak atau nyundul. gk kebayang kl hanya ngandelin f16 seperti yg bung bilang bener2 tua.
        sangat ironis sekali bung putra2 terbaik bangsa di pertaruhkan terbang dengan pesawat2 tsb. apalagi jika di kaitkan dengan kedaulatan kita.
        keinginan kuat dari TNI AU selaku user semoga terealisasi dan tdk terancam dengan hajatan demokrasi serta pesta politik yg sedang kita jalani.
        Terima kasih Bung Antonov pencerahannya.
        SALAM NKRI

  86. hehe, menurut sayah pasti ada bonus klo Indonesia memang kebelet beli Su 35

    beli Su 35 bonus Pak Fa T 50 hehe…
    klo benar logika sayah Indonesia beli su 35 pas stelah Pak Fa t 50 sudah resmi, biar sekalian dpt bonusnya gt

  87. SALAM PERSATUAN DAN KESATUAN

    Mohon maaf sebelumnya,… ijin untuk menyampaikan pendapat :

    dengan pengajuan anggaran untuk MEF 2 sebesar Rp. 200 Trilliun,dan mengingat ketersediaan product sukhoi 35 saat ini, kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan TNI AU akan menambah 1 skwadron sukhoi 35, dan 2 skwadron rafale/thypon ……. sehingga s/d tahun 2019 ………… kemungkinan TNI AU baru mempunyai :

    – 2 skwadron hawk 109/209
    – 1 skwadron F-5 Eagle
    – 2 skwadron F-16 block 32/52
    – 1 skwadron T.50i Golden Eagle
    – 2 skwadron Rafale/Thypon
    – 1 skwadron Sukhoi 27/30
    – 1 skwadron Sukhoi 35
    ====================================
    – 10 skwadron tempur kombinasi
    ====================================

    memasuki tahun 2020 secara bertahap akan diadakan penggantian 2 skwadron hawk 109/209 dan 1 skwadron F-5 Tiger dengan 3 skwadron IFX ….. sehingga diharapkan hingga tahun 2024, TNI AU sudah mempunyai 10 skwadron tempur campur, dengan pesawat pesawat yang relatif baru ……….

    – 3 skwadron IFX
    – 2 skwadron F-16 block 32/52
    – 1 skwadron T.50i Golden Eagle
    – 2 skwadron Rafale/Thypon
    – 1 skwadron Sukhoi 27/30
    – 1 skwadron Sukhoi 35
    ====================================
    – 10 skwadron tempur kombinasi
    ====================================
    – baru sekitar tahun 2024 / lebih cepat, akan diadakan penggantian 2 skwadron F-16 dengan
    2 skwadron Sukhoi Pak Fa T-50

    harapbanget.com ………….

  88. Already tired of just talking is not clear. There is no real evidence.

    Indonesia is slowly but surely crushed by a sense of nationalism that is lost, the moral hazard of corruption, all the primary needs (groceries) to be purchased from abroad, a sense of regionalism to the disintegration of the nation. Indonesia became stupid (tuition money did not exist). Indonesia became poor (not enough for a meal). Many Indonesian people become slaves to work abroad (much discrimination and torture).

    Indonesian TNI definite losing strength, could not secure the land, sea and air. No money research and development of military weapons. What else to buy a super-expensive fighter aircraft. There is no money at all. Money has run out for the celebration of the feast Indonesian Corruptor.

    And only a matter of time Indonesia towards civil war. Indonesia too well disintegrate into tiny little state does not have the strength anymore.

 Leave a Reply