Nov 122017
 

Jakartagreater.com – Di saat perusahaan Sukhoi sedang mengembangkan pesawat tempur generasi kelima Su-57 yang siluman untuk melengkapi angkatan udara Rusia di tahun-tahun mendatang, kini perusahaan menampilkan Su-35 Super Flanker yang merupakan bagian utama perangkat tempur Rusia di garis depan, dirilis Ainonline.com, 11 November 2017.

Dikembangkan dari Su-27 Flanker, tipe ini telah memasuki dinas angkatan udara Rusia, dan dikirim ke Suriah pada awal tahun 2016 untuk melakukan debut operasionalnya.

Rusia mendorong jenis ekspor. China adalah negara pertama yang mendaftar ke Su-35, dan telah menerima pesawat terbang pertamanya.

dok.Jet Tempur Su-35 (photo : Jacek Siminski)

Kini perhatian difokuskan tegas di Uni Emirat Arab. Pada bulan Februari, orang-orang Rusia mengklaim pada demonstrasi IDEX bahwa Emirat telah sepakat untuk membeli setidaknya satu skadron. Jika negosiasi telah selesai, konfirmasi akan diumumkan dalam ajang Dubai Airshow.

Di saat yang sama, Su-35 memamerkan manuver super manuvernya yang luar biasa dalam Daily Flight Displays di Dubai, menunjukkan kelincahan post-stall agility yang dimungkinkan karena adanya penggunaan thrust-vectoring engines dan advanced fly-by-wire flight control system.

  61 Responses to “Su-35 Terbang dengan Thrust Vectoring di Dubai Airshow 2017”

  1. Sdh bisa dipastikan UEA membeli su35 lbh dulu….
    btw F35, raptor dan F15 bisa kek gitu ga? dr take off smpe vertical flying trus mutar 360º…yg lain pd nyerah !!! su35 is the best at least utk saat ini….krn msh menanti rilis dr su57 Pak fa….

    • UEA lebih dulu dibanding negara mana bung?
      Indonesia? Bahkan bisa saja keduluan Zimbabwe,

    • min itu UGM sudah berhasil luncurin rudal coba banyakin berita nasional biar kita lebih bangga

    • Buat Raptor, itu bisa dilakukan karena mesin F-22 juga pake TVC bahkan lebih dulu. Tapi pertempuran bukanlah dilakukan 1 lawan 1, tapi bisa saja melibatkan 1 flight, 1 Squadron atau bisa jadi seperti pengalaman pertempuran Battle of Britain, melibatkan ratusan pesawat. Bukti nyatanya adalah saat Su30MK2 kita join di Pitch black 3012 walopun menang dalam simulasi dogfight dan semua karakteristik tapi dalam simulasi pertempuran, masih bisa dikalahkan oleh F-18 A/B.

      Disisi lain, dog fight sekalipun ttp membutuhkan rudal untuk senjata dan jujur, teknologi guidance Rusia/China masih kalah secara teknologi dari rudal AAW Barat baik untuk Short range maupun Medium-Long range/BVR. Selain R-77-1, sebagian besar rudal AAW Rusia memakai guidance pemandu yg artinya pespur peluncur rudal harus tetap mengikuti arah pespur musuh agar rudal ttp mengejar. Otomatis musuh bisa membuat jebakan menarik pespur buatan Rusia agar terus mengejar musuh sedangkan musuh yg lain menyerang dari sisi sebaliknya. Manuver rudal pun sudah semakin maju dan mampu mengejar pespur yg bermanuver 12 G sekalipun. Kelemahan rudal adalah prosesor yg kecil sehingga memungkinkan untuk menjammer agar Rudal yg menyerang menjadi terganggu arah sasarannya. Hanya saja, kemampuan rudal anti radiasi dan anti jamming sudah terus dikembangkan untuk menghadapi Jammer Pod dari Rusia. Intinya, menjadikan manuver sebagai poin penting kemenangan suatu pesawat belum tentu juga membuatnya memenangkan pertempuran armada.

      • memiliki kemampuan manuver untuk menambah kemampuan pesawat tempur, jauh lebih baik daripada tidak memilikinya… Pitch Black jelas usaha Australa untuk bisa mengatasi kemampuan pesawat generasi Su-27/30… makanya sekarang semenjak di Upgrade, males bener kirim ke Australia untuk ajang Pitchblack… mending suruh hadapain F-16 Blok 52ID….
        Singspura saja tidak berani pasang F-15 jadi lawan, memilih jadi rekan saat latihan…

        • Betul itu, klu alutsista Rusia ecek2 untuk apa NATO repot2 buat pertahanan disepanjang perbatasan Rusia dan AS sampai sebegitunya memberi embargo Rusia dgn berbagai alasan yg dibuat2 hanya untuk mengkebiri kemampuan Rusia!

          • Tak ada yg namanya equal treatment dan fair play dalam menghadapi suatu musuh. Fair play hanya ada pada pertandingan olahraga.

            Hhhhhhhhhh

          • Sprtinya loe agato agak sulit mnjwb prtanyaan guee & semakin ngawar ngiwir sudaaahh, irak blm prnah memiliki mig29, yg merk miliki saat prtempuran mlwn pespur nato trmasuk amerika adalah mig25, yg mengudara hanya 3 unit tanpa senjata yg lengkap, yg tidak mengudara dihancurkan didarat, oleh pasukannya yg mmbelot

            Mudah2an ini komen kagak nyangkut digigimu, sekiranya nyangkut? Minum air brooo

            Hahhahaaaaa

          • USA mengg embargo Russia karena untuk menjaga supaya tidak semakin banyak senjata Russia yang terjual, karena semakin banyak terjual bakalan menghancurkan harga yang dibuat oleh USA… dan semakin banyak negara membeli berarti semakin besar akses Russia ke banyak negara lain… semakin mereka tahu kemampuan alat perang Russia maka semakin susah USA menjual alat perangnya… dan USA akan kehilangan monopoli dan kehilangan pangsa pasar strategisnya

          • Dihancurkan maksudnya, mig25 itu dicopot sayapnya, ada bannya yg dicopot, tanker minyakknya dibolongi, ada yg ditimbun digurun pasir, ada senjatanya yg ditimbun di gurun pasir, klu tidak begini yg dilakukan? Makin banyak daftar pespur nato yg ditembak.
            tapi setelah masa perang selesai? Itu mig25 yg dicopot & yg ditimbun dibawa ke amerika, yg katanya sbgi riset

            Hahhaahaaaa

          • @Qarin: Coba deh Lo Search di Google apa iya Irak gak punya Mig 29 waktu jaman Saddam Hussein? Apa iya tuh Mig gak dipake perang?? Dan satu lagi. Kalo emang Mig 25 Irak hebat pasti Irak gak akan hancur secara Irak punya banyak Mig25. Lalu kenapa diumpetin?? Biar gak jatuh ketangan USA karena Saddam berharap tuh pespur masih bisa dipake ketika USA hengkang dari Irak.

            @Yuli: Itu hanya analisis ngawur yg gak bisa dibuktikan kebenarannya. Kenyataannya Rusia di embargo karena tindakannya menganeksasi Krimea dan jelas2 membantu pemberontak di Ukraina hanya karena beda budaya, bukan karena pelanggaran HAM oleh pemerintah Ukraina. USA tak pernah menguasai wilayah milik negara lain seperti Rusia dan itu fakta. Menekan keuangan negara agresor pantas dilakukan dan sumber keuangan terbesar Rusia setelah minyak adalah Ekspor senjata maka sasaran embargo adalah perusahaan pengekspor senjata. Kelihatannya para Russian fanboys disini sudah jadi fanboys die hard yg kalo Rusia menganeksasi
            Indonesia pun mereka akan tertawa dg bangga ya.

          • Bukan itu maksudnya yg pespur mig25 dicopot2 kemudian ditimbun brsama senjatanya supaya jk prgi nanti kumpulan nato dr irak? Itu pespur bisa digunakan, Bukan itu maksudnya, tapi pernyataan sprti itu, untuk melindungi para pembelot irak yg tlh bersekutu dgn amerika, tapi para pembelotnya sudah dikhianati amerika sehingga merk mmbuat golongan lg sprti alqaida, isis & sebagainya.
            Tapi ketika itu mig25 dibongkar dr kuburnya, kemudian amerika mmbawanya ke negaranya yg katanya utk keperluan riset, tapi amerika mmng cinta misterius dgn armada rusia, bahkan pespur silumanya itu mmng dr rusia data2nya

            Hahhaahaaa

          • Kalau tidak ada pembelot yg brsekutu dgn amerika? Mungkin perang di irak itu akan lbh panjang lg

            Hahhaahaaaa

          • Pelajari dong sejarahnya Crimea, dan mengapa Crimea memisahkan diri… mereka memisahkan diri juga melakukan referendum, seperti halnya Catalonia, seperti halnya Kurdi Irak… bedanya Crimea mampu mempertahankan referendumnya, itu juga karena kondisi Ukraina yang sebenarnya sedang payah, peralatan militer eks Sovyet/Russia dan kondisi dalam negeri yang sebenarnya tidak kondusif…
            Catat juga kalau di Ukraina terjadi kudeta presiden, ketika presiden menyatakan lebih memilik pro Russia langsung di kudeta, wajar saja kalau Crimea yang cenderung dekat dengan Russia memilih memisahkan diri… toh sebelumnya juga baik2 saja sampai ada kejadian kudeta tersebut, dan tiba2 sekarang pemerintahan Ukraina seperti anti dengan Russia, dan USA tiba2 juga ikut2an kebakaran jenggot disana…
            USA memang tidak pernah secara resmi menduduki sebuah negara, tetapi mereka mengunci negara itu dari pemerintahannya yang di setel supaya pro USA dan ladang minyaknya di eksploitasi oleh USA…
            Irak (sekarang mulai melawan), Iran (melawan dan sekarang menjadi musuhan), Afganistan (dengan menggulingkan Taliban)…
            USA juga selalu menciptakan ketegangan untuk membuat laku jualanya, seperti ketika perang Irak, dan sekarang ketika mereka melakukan ketegangan di semenanjung Korea, langsung panik tuh Korea selatan dan Jepang segera membeli banyak sekali persenjataan dari USA…

        • India aja rajin ngirim Su30 MKI ke Red Flag dan latihan di Inggris terus. Padahal Su30MKI jauh lebih superior daripada Su27SK/Su30MK/MK2 TNI AU. Kita hanya bangga akan indikator dan latihan dogfight. Tapi betulkah dogfight menjadi indikator utama kemenangan?? Pesawat barat pernah bertempur dg Mig 29 milik Irak dan hasilnya Anda tau sendiri Irak jadi apa sekarang. Sehebat apapun pespur dg manuver, Kenyataannya sejak perang Vietnam, tak ada lagi pespur yg menang hanya mengandalkan manuver saja.

          • “Tapi pertempuran bukanlah dilakukan 1 lawan 1, tapi bisa saja melibatkan 1 flight, 1 Squadron atau bisa jadi seperti pengalaman pertempuran Battle of Britain”

            pertinyiinnyi: selama masa operasional su-35 di Indonesia, apakah akan terjadi perang seperti battle of britain? berarti ente kebanyakan maen ps 1000 perak per jam!!!

            selama masa damai hingga minimal threat, maka yang akan dihadapi adalah penerbangan tunggal dan beberapa pesawat untuk mata-mata, atau melakukan pancingan diplomatik. mau nyegat f-35 pake F-16 kita? hadddeuuuhhhhh gak perlu alasan yang terlalu canggih, pakai saja alasan yang paling masuk akal bung!!!

          • Ci vis Pacem Parabellum. Jika ingin damai maka siaplah berperang. Musuh potensial Indonesia adalah FPDA dalam kaitannya dg Papua, Kalimantan Utara dan Natuna. Indonesia juga punya potensi konflik dg China di Laut Natuna Utara. Tak ada jaminan Bahwa Indonesia takkan terlibat perang dalam kurang dari 50 tahun kedepan. Apa yg terjadi bila Indonesia menjadi seperti Suriah?? Awal tahun ini saja hampir terjadi perang saudara bila tidak ada kesadaran dari kita semua untuk menahan diri. Sangatlah mudah menerapkan proxy war di Indonesia saat ini.

          • Su-30MKI memiliki sifat gado2, dan kalau ketemunya langsung lawan USA Russia pun pasti mau… karena itulah saat yang diperoleh untuk bisa mempelajari kemampuan pesawat musuh… ingat Su-27 pernah bertemu dengan F-15 dalam sebuah latihan antara USA dan Russia… dalam situasi itu jelas kemampuan pesawat akan di forsir untuk mendapatkan superioritas dan supremaasi pengakuan.., sekaligus sebagai cara untuk promosi dagangan, kalau untuk Indonesia jelas justru malah tidak menguntungkan karena pihak lain seperti Australia dan Singapura yang berusaha keras mendapatkan kesempatan itu, sedangkan Indonesia sendiri harus melindungi kerahasiaan kemampuan supremasi udara kita…

          • Itu uji dogfight, klu milfight tidak memerlukan manuver yg banyak

            Hahhaahaaaa

          • Itu uji dogfight, klu milfight tidak memerlukan manuver yg banyak

            Hahhaahaaaa

          • “Awal tahun ini saja hampir terjadi perang saudara bila tidak ada kesadaran dari kita semua untuk menahan diri. Sangatlah mudah menerapkan proxy war di Indonesia saat ini.”

            Hadeeuuuhhh….jauh bener dari hasil pengamat bintang 2-4 TNI AU….trus kalo proxy war mau dihadepin pake sukhoi gitu??? Baca lagi deh JKGR dari 2010 supaya gak ngawur pisan…

          • Memang agato itu sudah ngawar ngiwir broo

            Hahhaahaaaa

          • Loh, awal tahun ini semua energi bangsa tersedot dg hal yg berbau sara yg dimulai dari kasus Ahok. Banyak pihak yg melihat bahwa kasus ini bisa saja ditunggangi oleh pihak yg ingin memecah belah bangsa. @Nuncaku: yah kalo proxy war ya diadepinnya pake otak lah, pake analisis yg mendalam biar tindakan yg diambil bisa tepat. Kalo gak, liat aja Suriah dan Libya, nertipin para pendemo kok pake Alutsista. Ya jadinya tau sendiri kan?? Negaranya jadi ancur, aset SDAnya dikuasai asing. Kalo kejauhan ya lihat aja krismon 97 dan reformasi 98. Tindakan yg berlebihan dari pemerintah berakibat terjungkalnya Mbah Harto dari tampuk kekuasaan hingga Indosat dijual ke pihak asing kan?? Itulah Proxy war. Gitu kok mau diadepin pake Sukh*i.

          • Krismon 97/98 itu karena pada saat itu Soeharto mau membeli Su-27 dari Russia, yang sudah mulai dilakukan pembicaraan dari tahun 97… makanya Soros disuruh membuat kegaduhan di Asia, dengan target utama Indonesia dan itu sukses besar… lihat saja urutan sejarahnya, 95 embargo militer diberlakukan USA dan semua konconya, termasuk semua rekananya seperti Thailand yang ternyata masih memilih membantu Indonesia…
            https://jakartagreater.com/tni-bebaskan-jet-tempur-ke-thailand/
            Tahun 97 karena sudah mendapatkan embargo militer dan pesawat yang ada adalah buatan barat semua maka Soeharto melakukan manuver dengan niat membeli 12 Su-27
            https://jakartagreater.com/sejarah-sukhoi-indonesia-dan-misterinya/
            bacalah sejarah banyak2 biar paham apa korelasi dengan suatu kejadian…
            Apapun itu, meskipun terkena Krismon, Indonesia menunjukan kalau memiliki kemampuan luar biasa, terutama rakyat Indonesia yang mampu bertahan dan kembali membangun kekuatan ekonominya…
            jatuhnya nilai mata uang yang demikian hebat kalau itu terjadi di Eropa maka negara itu akan bangkrut…

      • Blm ada pembuktiaanya bvr nato prnah menembak pesawat, tapi meleset banyak waktu perang teluk, karna bvr itu juga memiliki kelemahan

        Jadi waktu di pertempuran mrk masih mengandalkan rudal jarak dekat udara ke udara utk melampuhkan pespur buatan soviet, tapi tidak semudah itu pespur irak dilumpuhkan dr udara, karna pespur irak juga mmbuat prlawanan, dgn melumpuhkan hornet, f16, & f15
        kmrn sudah gue kasih itu linknya.
        Jadi gue tanya loe agato, apa pengendali target dr bvr ituu?

        Hahhaahaaaa

        • Kirimin lagi linknya.

          • kirimin aja bukti transfer dari kedubes wester ke rekening anda bung…

            bukankah anda dibayar untuk membuat warjager lupa akan sakitnya embargo konyol??????

        • Embargo dilakukan karena pelanggaran HAM di Timor Leste waktu masih menjadi Timor timur.

          • Sesuatu yang wajar ketika Indonesia waktu itu berusaha membawa Timor leste yang menjadi satu pulau dengan Timor ke dalam wilayah Indonesia… seperti halnya banyak perang yang terjadi seperti pemberontakan PRRI, Permesta, dan RMS… bahkan Indonesia pernah berusaha merebut Sabah Malaysia untuk bisa masuk wilayah Indonesia…
            Timor leste menjadi ajang politik bagi Australia yang berusaha mendapatkan posisi lebih baik di wilayah Indonesia…
            Ingat awal mula perselisihan adalah Indonesia dan Australia yang kemudia membawa USA terlibat dan melakukan embargo militer kepada Indonesia yang berakibat akirnya Timor leste lepas dari Indonesia…
            Saya sangat tidak habis pikir Timor leste bisa lepas dari Indonesia, dan seharusnya Indonesia lebih keras bersikap untuk akusisi wilayah kita, Timor bisa masuk Indonesia mengapa Timor leste tidak???

          • Indonesia didirikan diatas wilayah Hindia Belanda sedangkan Timor Leste sudah jadi wilayah Portugis dari 450 tahun yg lalu. Jadi akan sangat susah untuk memberikan legitimasi memasukkan Timor Leste ke Indonesia kecuali karena adanya permintaan dari beberapa komponen warga Timor Leste yg ingin bergabung dg RI selain masih hangatnya isu perang dingin. (Fretelin dulu berafiliasi dengan Komunis). Kenyataannya Timor Leste tak punya aset SDA yg bernilai tinggi kecuali minyak bumi di laut celah Timor. Karena dianggap menyusahkan bangsa dan mengurangi tekanan internasional maka BJ. Habibie melepaskan Timor timur lewat pilihan referendum.

          • Indonesia didirikan bukan hanya berdasarkan Hindia belanda kaleeeee… justru di awal2 berdiri, wilayah kekuasaan Majapahit yang dijadikan acuan pula… kalau saja Inggris tidak melindungi Malaysia, pasti dulu juga sudah di minta balik… karena berada di bawah persemakmuran Inggris makanya di bantu habis2an… anda ini memang aneh, malah mendukung Timor leste lepas dari Indonesia, untuk menjaga keutuhan wilayah harus menunjukan kekuatan dan menunjukan kengototan… China tidak pernah mengakui Taiwan sebagai negara, mereka menganggap Taiwan sebagai bagian dari negaranya meskipun berarti mereka harus berhadapan dengan USA… seperti halnya kita mempertahankan mati2an Natuna… melepaskan wilayah negara dengan referendum ataupun karena tekanan negara lain jelas tidak bisa diterima, harus dilawan… lagian Timor leste lepas karena kebijakan yang salah, dan juga karena terlalu takut dengan tekanan dari USA… seharusnya sebagai negara berdaulat, untuk alasan apapun tidak akan menyerah dalam menjaga wilayahnya, meskipun itu berarti terus berperang melawan Fretilin… ingat sekali lepas maka mereka tidak akan pernah kembali ke bumi pertiwi…

  2. kan udah tanda tangan, udah sah kemarin awal November, seluruh rakyat Indonesia lihat lho

  3. Manuver sukhoi mengundang maut, utk itu gripen, f35, f16 & pesawat lainnya jgn coba2, apa lg utk cebiri msih blm cukup umur, mencoba trbang dr monas, disorong sorong, katanya pengen mandiri?
    Mungkin kurang tot kalleeee

    Hahhaahaaaaa

    • Ngomong bahasa indonesia aja ga becus…belajar dl sono…jgn mantengin jkgr tok…carin koplak..haha

      • Di jkgr komen sy kagak hilang, kalau ditempat lain? Tidak trbit, sprti di GI, radar militer & lain2nya, mungkin trbit digigimu seven, barusan loe ketawa, naahh, itu dia itu dia, minum air yaa brooo

        Hahhaahaaaaaa

        • oh itu namanya kamu cocoknya disini, sama bung seven….
          yaudah klo gitu cepet gih kalian kawin, moga2 cepet dapat momongan ya……..xixi 😆

          • Hahahahaha. Aduhhh lucunya kebangetan neh…….

          • Idihh bung wi suka ngasal ngomong, masak sy disuruh kawin sm karet gelang…amit2 dah…bung wi kali yg naksir sm carin…abisnya saban hari ceritain carin muluuu…haha kawin dah sono…

        • Kalau utk TVC SU35? tidak apa jika trlihat, yg trpenting setiap semburannya mengeluarkan pendingin secara brsamaan & pendingin bodinya.
          memang IR(Infra Red) hasil cetakan nato blm ada yg memiliki jangkauan 50km ke target langsung udara ke udara dalam milfight.

          & bulatan mesinya yg terlihat itu? yaa penting diberikan pakaian khusus stealth, kalau bisa kaca brbentuk bintik2 bulat anti peluru 35mm, setelah itu dibungkus lg dgn body stealthnya.

          Dengan demikian f35, f22 atau pesawat lainnya, jika brtemu SU35? Mungkin mrk butuh teknologi baru

          Hahhaahaaaa

        • Loe wi mungkin sejalan dgn cebiri, tapi jgn salah sorong pula
          Mungkin kurang tot

          Hahhaahaaaa

  4. jd g sabar lg pengen buka celana.. kesel kelamaan nunggu jadi bau..hihhihihi

  5. Post stall agility preeeeeetttttt…itu manuever yg paling ditunggu namanya “kickback”….hahahaha

    Nkri harga mati..Ayo dukung gripen utk kedaulatan negara..jgn mau di diktate terus sama agen2 rusia…Gripen for indonesia…

    Mantap !!!!!

  6. Maaf Numpang Lewat.Mari optimis dengan Anaka Negeri :
    Rudal PASOPATI UGM Sukses Melakukan Uji Terbang

    ehari setelah Hari Pahlawan, tim peluru kendali (rudal) dari grup riset Aeronautika UGM sukses melakukan uji terbang terhadap rudal penelitian generasi pertama mereka. Uji terbang bekerjasama dengan Lanud Adisujtipto ini dilakukan di lapangan udara yang dikelola oleh TNI Angkatan Udara di daerah Gading, Wonosari, Yogyakarta. Cuaca cerah sedikit berawan pada pagi hari itu sangat mendukung uji terbang rudal, ditambah hembusan angin dengan kecepatan tidak terlalu tinggi.

    Penelitian rudal UGM yang dinamakan Pasopati ini direncanakan dalam waktu tiga tahun. Dr. Gesang Nugroho sebagai ketua penelitian yang didanai oleh Kemenristekdikti melalui skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi menyampaikan bahwa tahun pertama 2017 ini difokuskan pada desain dan manufaktur rudal dengan jarak tempuh 30 – 50 km. Jarak tempuh dan akurasi terus ditingkatkan hingga pada tahun ketiga mencapai target 100 km.

    “Rudal elektrik tahun pertama ini didesain untuk dapat melakukan misi penyerangan target atau sasaran diam dengan terbang rendah agar tidak terdeteksi radar,”kata Gesang, Minggu (12/11).

    Adapun rudal Pasopati yang dikembangkan, kata Gesang, mempunyai beberapa data, yaitu penggerak elektrik menggunakan Electric Ducted Fan (EDF), jarak jangkauan sejauh 30 – 50 km, kecepatan jelajah berkisar 100 – 200 km/jam dan mampu membawa payload kurang lebih 2 kg. Sementara itu, desain rudal Pasopati ini sudah menyelesaikan tahap Design Requirement and Objective (DRO), Conseptual Design, Preliminary Design dan terakhir Detail Design.

    “Seperti kita ketahui, Pasopati merupakan nama senjata Arjuna dalam tokoh pewayangan. Pasopati serupa anak panah yang mampu melesat dengan kecepatan, akurasi dan kemampuan yang luar biasa. Dari Panah Pasopati itulah tim rudal UGM terinspirasi,”urainya.

    Rudal Pasopati generasi pertama ini memiliki panjang 170 cm, diameter 17 cm, berat kosong 0,9 kg. Penggunaan electric ducted fan (EDF) dipilih karena memiliki karakteristik yang mirip dengan turbojet namun memiliki keuntungan tambahan yaitu lebih mudah dikendalikan. Selain itu, penggunaan EDF pada tahap awal ditujukan untuk mendapat data kendali untuk perkembangan selanjutnya. Tim rudal UGM beranggotakan M. Agung Bramantya, Ph.D., Iswandi, M.Eng., dan Isnan Nur Rifai, M.Eng.

    Menurut M. Agung Bramantya, Ph.D yang memimpin uji terbang di Lanud Gading, hasil uji terbang pada hari itu rudal Pasopati berhasil take off dan terbang dengan stabil, mampu menyelesaikan misi jelajah secara autonomus dengan ketinggian 100 m, kecepatan maksimum 130 km/jam dan jarak 5 km untuk waktu terbang sekitar 3 menit.

    “Rencana ke depan akan menambah jarak tempuh dengan menggunakan pendorong turbojet, menguji kecepatan maksimum, menambah akurasi dan membuat sistem produksi yang lebih efisien,”tambah Agung.

    Saat uji terbang tersebut Agung bersama empat mahasiswa bimbingannya, Ivan, Ghani, Yosua, dan Andik

    • Apa pengendali rudal itu broo utk menuju targetnyaa, apakah menggunakan isyarat melalui wi, sprti jarinya menunjukkan 2 yg artinya arah jam 2, yg jarinya menunjukkan 3 yg artinya arah jam 3, yg jarinya menunjukkan 4 yg artinya arah jam 4, atau apakah semua jarinya tepuk jidat yg menunjukkan salah sasaran?

      Hahhaahaaaa

  7. Wuih keluar lg artikel yg membuat keriuhan!he3. SU-35 untuk RI aja blm jelas tanda tangannya bulan ini sementara waktu terus berjalan. Sulit beli dikit banyak permintaan dan persyaratan yg macam2.

  8. weh udah rame ajah

  9. Selain TVC SU35 memiliki pergerakan derajatnya dgn cepat, SU35 juga memiliki rudal MilFight R172 memiliki 2 pemandu.

    Selain itu jugaa? Rusia lg menproses heli tempur cepat & rusia byond meminta saran & masukan utk heli trsebut yg katanya menggunakan disaai mil24

    https://googleweblight.com/?lite_url=https://id.rbth.com/technology/79407-rusia-kembangkan-helikopter-tempur-tercepat-qyx&lc=id-ID&s=1&m=443&host=www.google.co.id&ts=1510493242&sig=ANTY_L17K5gOKnJvD81p89JJineVgZm–g

    • Saran gue? Itu heli tempur menarik juga menggunakan bilah koacsial, atas bawah memiliki 4 bilah, diameter setiap bilahnya lbh lebar sedikit dr bilah yg dimiliki ka50, karna bilah yg lebar akan menghasilkan energi tekanan angin utk daya angkut & mungkin brsahabat dgn segala cuaca.

      Jika disainnya menggunakan mil24? Mungkin ekor heli agak turun kebawah & bagian depann koppitnya sedikit dipoles lg menyerupai lebah.
      Mungkin namanya super harimau badai

      Hahhaahaaaaa

  10. Tanda tangan SU-35 RI tunggu panen barang2 imbal jasa barang yang dituker sama SU 35….he. he.. He..

  11. bosan……gorengan basi.

  12. Disisi masih banyak yg cinta sama kemampuan manuver. Kalo ada yg bilang bahwa kemampuan rudal BVR Masih teori karena belum battle proven maka kemampuan manuver dimasa depan masih dibutuhkan itu juga teori karena belum bisa dibuktikan. Apa iya teknologi guidance dan rudal BVR tidak berkembang?? Kalo emang tidak kenapa Rusia juga memilih mengembangkan R-77-1 yg bisa fire and forget?? Itu bukti bahwa mereka percaya teknologi juga akan berkembang dan bisa jadi kemampuan manuver untuk dogfight akan ditinggalkan.

    Hhhhhhhhhh

 Leave a Reply