Su-35 Terbang ‘Menantang’ Sendirian Hampir Sepanjang Eropa

46
18

193135

Seperti dilaporkan oleh surat kabar Spanyol “Diario de Sevilla”, pada malam hari tanggal 16 dan di pagi hari tanggal 17 November 2016, satu pesawat tempur Su-35 melakukan penerbangan jarak jauh hampir disepanjang wilayah Eropa.

Melakukan beberapa kali pengisisan bahan bakar di udara dari pesawat tanker yang mengiringinya, Su-35 Angkatan Udara Rusia terbang solo di atas seluruh Eropa dari utara Norwegia hingga ke Selat Gibraltar.

Melewati dekat wilayah Cadiz di Spanyol dan Naval Base AS yang terletak di Rota, Spanyol. Mendekati pintu masuk ke Selat Gibraltar, Su-35 berputar balik dan kembali.

Selama penerbangannya, Su-35 dipantau oleh pesawat tempur Norwegia, Inggris, Prancis dan Portugal, dan ketika mendekati wilayah udara Spanyol, dua kali (di wilayah Gijón dan Cádiz) Su-35 dikawal oleh dua pesawat tempur F /A-18 dari Skuadron Udara 15 Zaragoza, Spanyol.

46 KOMENTAR

    • Bukan sedang mencari lawan tanding, namun sedang menambah jam terbang pilot.. (ssst ini rahasia loh mas, jangan bilang siapa-siapa. Sebenarnya salah satu pilot SU35 yg sdg terbang solo adalah pilot TNI AU, yg sdg menambah skil sekalian mengenal medan Eropa)

      Rusia perlu mengingatkan pd negara-negara NATO akan resiko yg musti ditanggung jika semakin keras memperparah Ukraina dan Syria. Cukup dg mengirim salah satu unsur kekuatan, Rusia membuat repot negara-negara sekitar. Namun Rusia msh termasuk sopan dalam memamerkan kekuatan dibanding Kim Jong Un, presiden Korut. Rusia cukup mengirim SU35 berikut pesawat tanker pendukung sambil meronda wilayah internasional di sekitar Eropa. Ini sdh cukup memberi pesan kejantanan beruang merah.

      Berbeda dg Rusia, Kim Jong Un yg merupakan presiden Korut merasa perlu mengeluarkan senjata plg di andalkan dlm upaya menakut-nakuti negara sekitar semisal Korsel, Jepang dan USA. Rudal balistik adalah senjata favorit Kim Jong Un untuk pamer kekuatan, sesuatu yg sangat riskan sebenarnya. Bisa dibayangkan jika rudal tersebut kemudian melenceng sedikit dan jatuh diwilayah Jepang, tentu bisa memberi pesan serius bagi Jepang…

  1. Besok kalo kita dah punya Su35 kita tes buat muterin Asutralia, satu aja gpp. ntar isi avtur di samudra hindia dan laut tasmania. Pasti seru nih.. sekalian uji balistik RX 550 di Selat Malaka. Tuh roket dibuat lintasan ngelewatin Negara Upil dan Malon biar seru…

  2. Sebetulnya biasa, setiap ada pesawat mendekat yurisdiksi sebuah negara pasti dikawal oleh pesawat negara bersangkuran. Pesawat apa yang mengawal, tidak menggambarkan imbangan kekuatan. Selain pesawat, arhanud selalu mengawasi dan siap tekan tombol.
    Seperti perjalanan Admiral Kuznetsov, bang Rusky sedang promosi alutsista. Baik promosi kekuatannnya maupun promo tuk jualan.
    Jadi sekali melangkah dua tujuan tercapai….
    SU 35 imbangannya F15 E.