JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 302015
 
SU-35

SU-35

Tiongkok kemungkinan akan menerima batch pertama jet tempur Su-35 dari Rusia antara tahun 2017 dan 2018, jika kontrak dapat ditandatangani pada tahun ini. Demikian dilaporkan Kanwa Defense Review, majalah militer berbahasa Cina yang berbasis di Kanada. Pesawat super manuver ini untuk tahap awal akan ditempatkan di garis yang berdekatan dengan wilayah Laut China Selatan

Unit Rusia pertama yang menerima Su-35 adalah pusat pelatihan angkatan udara yang terletak di Lipetsk Oblast. Seperti Rusia, Tiongkok kemungkinan akan melengkapi pusat pelatihan taktis Angkatan Udara Tentara Pembebasan di Guangzhou dengan jet tempur Su-35. Tiga Resimen garis depan Angkatan Udara PLA mungkin akan menerima Su-35 karena pengalaman mereka mengoperasikan pesawat tempur SU-30MKK.

Ketiga resimen itu adalah resimen ke-9 dari Divisi 3, Resimen ke-85 Divisi ke-29 dan Resimen ke-54 Divisi ke-18. Karena kedekatannya dengan sengketa Laut Cina Timur dan Selat Taiwan, Resimen ke-9 yang ditempatkan di Wuhu, provinsi Anhui kemungkinan menjadi yang pertama di antara ketiga resiman itu yang mendapatkan Su-35. Adapun Resimen ke-85 dan ke-54 yang ditempatkan di Daerah Militer Guangzhou , mengemban misi untuk membela kepentingan Tiongkok atas sengketa Laut China Selatan.

Rusia telah memutuskan untuk menjual hanya 24 unit Su-35 ke Tiongkok. Karena beberapa dari jet tempur ini akan dikerahkan ke pusat pelatihan taktis di Guangzhou, jadi akan kurang dari 24 Su-35 yang akan melayani unit garis depan PLA. Pada saat yang sama, Su-30MKK dari tiga resimen kemungkinan akan dipindahkan ke unit angkatan udara lainnya.

Sumber: Want China Times / Jejak Tapak

Pengirim: Pecinta Wanita Biro JKGR Jepara

Berbagi

  103 Responses to “SU-35 Tiongkok akan Ditempatkan di Laut China Selatan”

  1.  

    saatuu

    •  

      Betul bung.pemerintah harusnya lebih memperhatikan kep NATUNA .nelayan setempat jg harus diberdayakan.kasilah kapal2 dengan gratis. karna yg selalu jd masalah adalah ketidaklayakan kapal2 nelayan kita, dan sangat berpengauh terhadap hasil tangkapan.

  2.  

    Berarti jadi neh Indonesia beli SU-35 juga.
    Sori pertamax lsg

    •  

      wah telat semenit.

    •  

      Ga bung indonesia masi prediksi alias rencana dan wacana beli typoon gripen ato F16 .

      Lagian mengutip artikel kemaren menhan pun mengkritik ato mengeluh duid anggaran nya aja belum turun..

      Jadi menurut pandangan jadi beli pengganti f5 tapi soal apa2 nya masi kemungkinan alias prediksi.

      So maka bersabarlah sblm ada nota ato hitam diatas putih antara pihak pemerintah dan produsen pespur . Dan kalo ada nota hitam diatas putih baru ketauan indonesia beli apa. Hehehe

      Salam warjagers

    •  

      Indonesia sudah punya sukhoi SU 35 2 unit. Baca beritanya makassar ada dentuman sonic bom. Itu sukhoi SU 35 lagi tes fungsi

  3.  

    ngerriii

    •  

      tenang bung esmosi…dibuka pelatihan bagi pilot f-16 tingkat lanjut..tutor sopir bus pantura…untuk menambahkan skill mengemudikan pespur tsb sekaligus nyali militansi di upgrade…dijamin pilot su-35 ..berguman melihat pilot tni au…sadiss…heee

  4.  

    yg kayak gini mo di lawan pake 1 silinder?? mesin f16 bore up?? zing..zing..nya ga ada 😛

  5.  

    pertama kali ya……

  6.  

    mantaplah,,,

  7.  

    Indonesia kepastiannya gimana soal su 35 dan kapal selam?
    PRABOWO sedang membuat RUU tentara cadangan yang mengoptimalkan peran masyarakat sipil sebagai tentara pemukul jika terjadi perang total.

  8.  

    waaah tenang aja kita udh ada gripen :mrgreen:

  9.  

    Skenario Bung Antonov sedikit banyak menjadi kenyataan !?
    perang Gerilya Udara dan Air ?
    Siapkah Indonesia ?
    Rudal pertahanan Udara dah mumpunikah baik kualitas dan kuantitas ?
    Fregat n Destroyer ?
    Kapal selam ?
    Wake Up Indonesia …
    Kerja Kerja ….

  10.  

    Artinya tiongkok sangat sangat serius. Tiongkok tidak akan bergerak ke timur (jepang) tapi ke selatan (laut natuna) yang sudah terbukti memiliki sumberdaya alam yang melimpah. Garis putus-putus pada peta tiongkok mengundang tanya besar. Mengapa digambarkan dgn garis putus-putus? Imho, karena mudah dimodifikasi. Bisa saja mereka “menyambung” garis putus-putus tsb dgn membuat garis lain berbentuk leher botol memanjang ke selatan mengarah ke natuna, singapura dan seterusnya.

  11.  

    Tenang, kita pd th 2017-2018 udah punya jin rafa 5sku, f-16 4 sku, gripen 4 skua, su35 4 sku, su34 2 skua….. Apalagi ya lupa he he he he he , oya kita juga punya rudal iskander.
    Amin amin amin

  12.  

    Kagak takut…….

  13.  

    Apapun musuhnya selama ketiga matra kita dapat berkomunikasi dengan baik dan alutsista mumpuni kita pasti bisa….. Percuma kalo hebat tapi hanya skill individu…..
    Perang itu lebih mirip sepakbola tidak seperti badminton (tunggal)….. Percuma skill individu hebat, tapi kurang komunikasi…..

    •  

      [email protected] Hunter apakah sekarang ketiga matra kita telah dpt berkomunikasi dgn baik ataukah masih dlm wacana juga?

      •  

        Masih wacana dan masih menggunakan radio. Negara lain udah maen jamming elektronik..dikita masih ngandelin radio

        •  

          Trimakasih bung Sempak pencerahanya
          Dari hal tersebut berarti beli pespur dr barat atau timur tetap sama, jd mending Ikutan Tiongkok bungkus SU35

          •  

            Jangankan 3 matra mas. Di AD sendiri, Anoa aja belum bisa saling ngobrol. Leo sudah bisa sebagian. Anoa dengan leo ataupun leo dengan anoa belum bisa ngobrol. Perjalanan masih panjang.

            Mau su 35? Ya silahkan

          •  

            apa perlu kita buatin fitur chat buat komunikasi antar anoa/badak

          •  

            Maka dari itu mulai sekarang kita harus membeli sista yg ‘kemungkinan besar’ dapat berkomunikasi. Jangan karena sekarang nggak bisa komunikasi, beli sekalian yg kodratnya emang gak bisa komunikasi.
            Contoh aja, sistem thales yg ada di ground radar dan KRI kita.
            Gw kira antar lapis baja komunikasinya masih pake radio itu wajar. Yg harus bisa terintegrasi dengan matra lain lapis baja komando. Yg masalah itu, teman sendiri dianggap unknown.

        •  

          Apa krn itu Presiden minta ada intrergrasi tiga matra waktu berkunjung ke DI, LEN, PINDAT dan PAL.
          Sebenarnya saya bingung, ada ulasan yg katanya klo beli alusista dr blok barat itu bisa terintegrasi sesama alusista blok tersebut, dr alusista yg ada khan kebanyakan dibeli dr blok tsb, tp kok masih sendiri2, atau gmn?.

        •  

          Hari gini pake radio, kenape g pake medsos aja biar efisien, bikin grup, dah bisa ngobrol deh, sukhoi-f16, loepard-anoa, hehe, just intermezo

        •  

          lhah…PT LEN kan sudah bisa bikin radio jamming…aku pernah lihat gambar kotaknya….. jangan remehkan soal radio, lhoh. bukannya iran jamming dan hack RQ170 dari berhasil masuk radio frekweknsi UAV USA dan menghack nya sbg admin kontrol.

          RADAR kan radio,,….juga toh? mau jamming RADAR? ya …harus main2 dulu soal radio lah.
          CMIIW.

        •  

          kasihan bung sempak masih pakai radio……..

    •  

      Nah ini baru pemikiran yang bener. Kami di AD kalau bertempur ya perlu support dari udara juga, kecuali misi lain. Kominikasi 3 matra ini yang sedang dikritik Presiden kok gak pernah dibahas. Malah ego sektoral yang dikedepankan.

      Percuma beli SU 35, lha itu sukhoi yg kita punya skrg aja kalau ketemu F16, hawk, TA 50, FA 50, statusnya di radar sukhoi masih unknown kok. Mau nembak temen sendiri?

  14.  

    bahwa pd akhir 2014 terjadi insiden kapal selam tak dkenal masuk perairan indonesia tepatx dperairan biak-papua,hebatx lg kapal selam tsb muncul ke permukaan tepat tngah mlm,kejadian ini sungguh memalukan sebab,mencerminkan bhw teknologi pertahanan n alutsista qt blum ckup n mumpuni,satrad biak bru bs memastikan bahwa kapal tsb mrpkn penyusup stlah berada di atas permukaan dg terpantau radar,baru 1 jam an kemudian sukhoi kiriman dr mks dtg manuver ke titik lokasi dan kapal selam dkawal menuju samudera pasifik,sampai saat ini berita blm terekspose ke luar biak khususx n papua umumx,media jg tdk tau,hanya anggt satrad,kosek biak,auri,lanal n bbrp masy biak yg hanya mengetahuu berita tsb…kapal diduga milik as dr armada 7 pasifik dg rute australia/samudera hindia menuju filipina/samudera pasifik masuk melalui alki 3/laur arafuru.

    •  

      Nah loohh katanya klo sembunyi2 masuk laut Indonesia pasti bakalan disundul cakra nenggala mutan..piye toh jan jane..

    •  

      Akhir 2014 baru sebulan kmrn..

      Trus cerita rumpon-rumpon kmrn gmn..

      Berarti, bs aja dr kmrn scorpene tetangga jg keluar masuk bebas

    •  

      China tahun 2015 ini mencanangkan tahun kerjasama maritim asean – china dengan rencana mengelontorkan dana besar besaran dalam pembangunan maritim.Sebaliknya makin agresif menegaskan klaimnya atas laut yang mereka kaim dengan membangun landasan pesawat sepanjang 3km diatas kepulauan spratly setelah sebelumnya membangun landasan pacu di paracel.Semakin dekat dengan Natuna,sebentar lagi pasti akan menerapkan Zona identifikasi udara (ADIZ ).Lalu lintas udara di sekitar sana akan diatur oleh China.Harus lapor dulu kalo mau lewat.Bagaimana Indonesia menjawab tantangan tersebut ? Kewibawaan Indonesia baru baru ini di uji oleh china ,kapal kapal ikan tetangga lain sudah mulai berkurang ,tapi kapal china kabarnya malah banyak masuk.ukurannya jumbo lagi.China memainkan politik licik.Satu tangan menawarkan bantuan sementara tangan yang lain mulai merampas.Ibarat seorang kaya melihat seorang cewek cantik tapi punya bapak miskin.Ditawari bantuan uang banyak tapi anak gadisnya diam diam di incar untuk di embat .Si bapak yang tau hal itu tapi sudah terlanjur makan umpan,apa yang harus dilakukan???

    •  

      Bung monox mohon maaf,tapi itu berita asli ga y? Sumbernya dri mana?
      Kapal selam udah berhasil nyusup,trus nongol dengan sendirinya gitu?
      Itupun berhasil diidentifikasi pake radar? Bukan sonar?
      Trus yg lebih aneh lagi, yg dikirim kelokasi sukhoi? Bukan kapal yg punya sonar ato AKS gitu? Pesawat terbang disuruh ngawal kapal selam penyusup keluar wilayah NKRI? Maaf,tapi koq menurut saya jadi lucu dan kliatan jelas hoax-nya y?

      •  

        halah…itu paling, bo’ongan kelihatan ngawur sekali.

        lhah ngapain kaselnya nongol sendiri…kan malah jadi malah ketahuan.
        lalu kok bisa kedeteksi radar…? lhah posisinya dimana?

        pakai diusir dg sukoi lagi…jelas ngawur….

    •  

      Saya hanya bingung kok Satrad…bisa deteksi kapal selam ? Mulai kapan ? Atau ada..radar baru ?
      Sukhoi mengawal kapal selam ? Ini dongeng atau mimpi…..dijamin Sukhoi stall kaya Air Asia…..kalo pake helikopter atau CN 235 masih mungkin. Ah….kalo cerita agak masuk akal dong.

    •  

      waduh kasihan…..

  15.  

    GAK TAKUT !!! kita kan ada GRIPEN-INDONESIA

  16.  

    Semoga terwujud cita cita kita ambil su35 dan su 34, biar top cer tuh jaga Natuna, sebab menurut saya, seandainya terjadi perang di kawasan asean ini, pasti lah Natuna duluan yg mereka rebut,buat di jadikan pangkalan militer, biar itu asu, jet lie, maupun malay, sebab bagi malay Natuna menjadi pemisah semenanjung dan serawak, udah psti lah kita akuisisi tuh flanker.

  17.  

    su 35 made in indonesia ,,,…

  18.  

    hmmm…
    imho
    sepertinya langkah tepat bila RI membeli SU 35 dan Grippen E/F/N..
    jadi TNI AU dapat berlatih strategi / antidot bagaimana grippen menghadapi SU 35 dan bagaimana SU 35 menghadapi Grippen yang katanya secara desain mendekati stealth (ceritanya)…hehehe..
    kalo memang benar ada simulasi seperti itu..maka teori para sales pespur akan diuji..
    cmmiww…

  19.  

    Seles asu pda kmna nih ?? Hahaha

  20.  

    Sekarang china memang telah menjelma menjadi macan asia yg sebenarnya, mereka memiliki strategi yg cerdas,,,tahu yg dibutuhkan,,HEBAT,, tak lama lagi akan muncul su-35 versi china,,,

  21.  

    Salam bung @waduh.yang namanya agen eh bukan agen tapi dealer kali ya.salah lagi;ya kerjanya kejar target bung.

  22.  

    Maklum bung GI bayarannya 5x umr sebagai sales gripen , , jadi imajinasi khayalannya liar .. gripen bisa ngalahin , f15sg , su 35 , f35 , growler , super hornet , f16 block 52 … gripen pesawat semi stealth

    Semoga lekas terbangun dari mimpiny

  23.  

    Peluang Sukhoi ada tapi kecil sekali. Bahkan pengganti F-5 pun bisa jadi bisa kaga. Bisa jadi pun karena ada TOT atau bisa kontribusi sesuatu untuk kemajuan industri dan ambil pun saya rasa tidak banyak.

  24.  

    kalo udah begini pada ngedoain bung nara semua deh.
    tenang sebelum nyampe jakarta SU35 PLA akan berdarah darah menghadapi vietnam,singaporn,malaysia.&sebagian armada ke 7 asu.lw udah kalah semua baru mereka masuk jakarta n mendarat dipasar gembrong…secara disana pusat made in china terbesar di indonesia

  25.  

    indonesia perlu mengadakan juga pesawat tempur sekelas Su 35 utk mendampingi Grippen NG, bukan krn Grippen NG kecil, melainkan yg perlu dipertimbangkan adalah manuver, selama di beberapa di beberapa kali pembahasan di forum militer ini ttg thypoon, Grippen NG Saab di bandingkan dng Sukhoi 35, saya berpendapat dng perbandingan rasio dr masng2 spesifikasi pesawat di atas, penulis yg membahasnya sptnya terlalu percaya diri dng kelebihan Grippen NG dan thypoon, entah krn penulis yg berbeda ataukan masih dng penulis yg sama tapi dng inisial yg berbeda, yg berusaha menggiring pandangan dr pembaca utk condong kpd produk tertentu, krn perubahan kebijakan dari pimpinan di atas atau adanya permintaan koneksi dari atas. kalau mau tahu kelebihan dan kekurangan dr kemampuan msg2 pesawat tempur tdk hanya tahu di atas kertas dan referensi dr website atau dr yg dipaparkan oleh media, melainkan uji coba tanding dng melakukan lock tampa menggunakan senjata dan juga utk melakukan gerakan mengjindar dan pengejaran sbg sagian dr manuver pertempuran, nah dr situlah kita akan tahu, jng puas dng yg dipaparkan di atas kertas.bandingkan dan evalusi setelah dilakukan test pertempuran tanpa menggunakan peluru. tulisan saya ini tdk bermaksud utk meremehkan tulisandr penulis di atas atau tulisan dr penulis lain dalam forum militer.

    •  

      kira2 raaf bersedia rilis tidak hasil pitch black tahun lalu skor f-18 vs gripen cd yang dua2 disupport kemampuan aset aew ? apakah outstading seperti yang diberikan kepada su-27/30 ?

  26.  

    kalau pemerintah melalui KKIP, kemenhan dan TNI A.U memutuskan utk tdk mengambil Su 35, maka jika pemerintah, TNI A.U. dan kemenhan memutuskan utk mengambil Grippen NG, sebaiknya Grippen NG juga didampingi pesawat tempur yg dpt mengimbangi manuver yg sepengetahuan saya hanya dpt dilakukan oleh Su 35, yg tahu ttg hal tsb khan yg bg saya terlalu hebat utk memberikan penilaian hanya dr spesifikasinya saja tanpa mengetahui kemampuan pesawat tempur yg sebenarnya dr tes manuver pertempuran dng jenis pesawat lain, itu yg harus dipahami oleh kita semua, sama seperti amerika dan australia yg baru mengetahui manuver sesungguhnya sukhoi setelah indonesia memperlihatkan pada saat ada acara di australia.

  27.  

    kalau Su 35 tdk diambil plng tdk indonesia dpt mengambil juga Rafale 2 kursi dan thypoon seri upgrade, jng tdk upgrade apalagi setelah diketahui dr pembahasan atas pemberitaan ttg jerman yg bermasalah dng retakan pada kaca penutupnya di pesawat thypoon. selain rafale dan thypoon, indonesia jg perlu mengadakan F 15 yg dpt mengacaukan komunikasi dan radar musuh, serta F 16 blok 60 dan F 18 super hornet.

  28.  

    aku setuju pembelian gripen e/f atw ng plus tot .. tp dlm perang nyata gripen akan ngos2an , ancaman bkn hanya dr utara tp jg selatan, gripen produk multi negara .. liat gambar bung [email protected] sangat rawan klu situasi politik memanas sebelum brg tu selesai atw dlm perang sesungguhnya.. strategi perang kita sdh berubah bertahan yg terbaik adalah menyerang .. atw menggiring pertempuran kenegaqa org bukan di dalam negara kita .. tgs ini hanya bisa di emban oleh flanker family, tupolev,ks ..dn kapal lhd tuk mobilisasi kekuatan rakyat semesta .. gripen sebagai pelindung intai jk terdesak , atw pelindung armada sukhoi balik dari daerah operasi .. gripen emg cocok

  29.  

    Kahkahkah….bisa aja ni kang somay becandanya

  30.  

    nah, dr yg semua saya sampaikan, saya berkesimpulan, utk dpt mengalahkan Su 35, indonesia harus main keroyok dng mengadakan semua jenis pesawat tempur yg telah saya sampaikan di atas dlm jumlah besar, sedangkan harga utk tiap pswt tempur mahal tergantung jenis peswt dan butuh waktu utk membuatnya, krn itu indonesia perlu setidak2nya 7 skuadrob Su 35, bkn utk mengantisipasi cina, melainkan jg utk mengantisipasi australia dan singapura, serta malaysia, juga inggris dan amerika jika mrk berulah krn adanya freport di papua.

  31.  

    Salam kenal, newbie…
    Sedih kalau benar tni au tidak jadi akuisisi su35bm…

  32.  

    saran saya tiap pos perbatasan perlu dijaga paling tdk 45 org, kemudian perlu mrk dilengkapi kapal patroli rawa dan sungai yg dipersenjatai, drone yg dipersenjatai, tb, parabola, bungker bbm, logistik : amunisi, sembako, pupuk, bibit tanaman, sayur2an, menara yg dilengkapi lampu sorot, pembangunan jalan penghubung dr pos yg satu ke pos yg lain, mobil satelit utk fasilitas internet, sepeda motor trail, dilengkapi peralatan bengkel, serta penempatan penduduk di sekitar pos perbatasan utk membantu mengembangkan wilayah perbatasan, pemasangan pagar kawat berduri yg dihubungkan ke patok perbatasan yg satu dengan patok perbatasan yg lain, alat komunikasi antara pos yg satu dngnpos yg lain, pembangunan menara telekomunikasi sekaligus dng pembangkit listrik di sekitar perbatasan, penempatan tenaga medis di tiap pos perbatasan lengkap dng peralatan medis, penempatan 1-2 helikopter angkut yg dipersenjatai, yg dilengkapi infra red dan penglihatan malam utk tiap pos perbatasan

  33.  

    paling tdk ada kekuatan dng kemampuan divisi utk ditempatkan di pulau besar yg berbatas dng negara lain baik, darat, laut dan udara, utk antisipasi bilamana dikepung negara lain, kekuatan divisi yg ada di pulau besar tsb dapat menangani jika terjadi perang, jadi tdk hanya mengandalkann kekuatan yg ada di jawa, jika kekuatan batalyon2 yg ada diperbatasan melemah menghadapi musuh, dan kekuatan yg ada dinpulau jawa bisa konsentrasi atau dpt mempersiapkan diri menghadapi serangan dr musuh yg berhasil menguasai pulau besar lain dinindonesia.

  34.  

    Ga takut..kan ada F 16 seken & Heli Apache dari ASU di Natuna..:(

  35.  

    Biasa aja tuh pesawat blm betel propen…

  36.  

    percaya ga indonesia bisa beli SU35 ,minimal 12 tyap tahun?? jumlah penduduk =250 juta,,,,okelah itungannya 200 juta saja dg menyampingkan manula dan ABU ,jika tyap miggu semua rakyatnya memenuhi kewajiban menyumbang 2000 rupiah saja?? ,200 juta X 2000=200.000.000.000 X4= 800.000.000.000. . . . .kalo ini dijadikam kebijakan pemerintah,indonesia bisa menyaingi india..india berhasil dg sistem ini,,yakni pajaknya dilebihkan sedikit,tapi karna penduduknya banyak sedikit itu jadi besar,,dan dilebihkannya pajak itu khusus untuk anggaran militer mereka..

  37.  

    gripen odong odong salesnya sampai berbusa wkwkwk

  38.  

    Belajarlah engkau walau sampai negeri china. Tidak ada salahnya Indonesia belajar kepada china, walaupun sudah bisa bikin pesawat tempur sendiri, tetap masih beli SU35, kesiapan pesawat SU mereka juga sangat baik karena didukung industri dalam negeri yg kuat. Jadi tidak ada alasan bahwa dengan memiliki SU, maka kesiapan pesawat jelek/rendah. Apalagi dengan luas wilayah NKRI, saat ini hanya Su yg bisa mondar-mandir dari ujung barat sampai ujung timur. Masalah biaya operasional yg mahal, saya kira masih sebanding dengan harga diri dan kehormatan bangsa yg tidak ternilai harganya. Jadi menurut saya yang awam ini, menghitung kehormatan dan harga diri BANGSA dng nilai uang adalah sesuatu yg naif. Maaf hanya pendapat oot pedagang ayam di pasar.

  39.  

    Info Dari sueb compeny, grippon akan d lengkapi radar Engle.d mana radar ini jangkauanya tdk hanya jauh masi d atas radar aesa captor.tapi radar engle ini merupakan radar indra ke 6 yg khusus buat deteksi makluk ghoib atau ufo
    .

  40.  

    Jangan berpikir bahwa Usa sekarang kecil kemungkinan mengembargo Indonesia, lihat saja pada acara peringatan konferensi Asia Afrika, dimana salah satu tamunya adalah pemimpin korea utara. Belum2 sdh memberi peringatan.
    Sejarah adalah seperti roda berputar, suatu saat akan kembali terulang. Dengan kondisi geografis NKRI yang dikepung oleh Bolo2 Usa yang suka usil dan mengganggu tetangga, kalau masih berpikir utk mimiliki alutsista strategis bikinan blok mereka, saya sebagai orang awam hanya bisa manggut2 saja dan tertawa geli.xixkxi. (tertawa bersama dng para tetangga usil).

    •  

      memberi peringatan sifatnya beda dengan memberi ancaman lho bung.australia juga sering diberi peringatan oleh amerika agar penduduknya hati~hati kalau ke indonesia terkait terorisme.terakhir kemarin malah hati~hati kalo ke surabaya.emang dimata amerika bonek lebih militan dibanding taliban kale yaw…dasar asu…

  41.  

    siap – siap tuk Mobilisasi Umum..

  42.  

    Ass. Wb : Selamat pagi Para Jakarta Greater , Salam kenal. Lumayan lama saya ikut nimbrung disini walaupun hanya melihat komentar temen2. Pingin informasikan mengenai SU 35.

    Paman saya beberapa minggu lalu sempat wawancara Panglima untuk media yang ia pimpin.

    Saya langsung menyeletuk : Om, suruh Panglima beli pesawat tempur Sukhoi SU35…hehehe.

    Paman saya bilang: Ini mau beli lagi, karena menurutnya ketahanan laut tidak kuat tanpa pertahanan udara. Tapi yo moga2 gak pensiun, kan agustus nanti, he he he.

    Saya : Mantap, Berapa skuadron om? australia sama singpur udah pesen F 35 Amrik, masa kita gandalin Sukhoi Su 27/30, walaupun bs ngimbangin peswat tsb. Kalau Su 35, sudah dibabat hbs tuh F 35. Soalnya lg gemes, dari dulupengadaan Su 35 pengganti F5 rencana doang sampe sekarang. Btw panglima jg ada rencana gambil kapal selam kelas kilo nggak om? Hehehe…..maaf, dwi demen liat situs alustita di websitu.

    Mudah2 Panglima nggak keburu pensiun dulu Agustus nanti.

  43.  

    Klo memang china sdh lbh dlu akusisi su35 untk d lcs,sbgai antidotx tni hrus mnmptkan sdikitx 2 baterai s300 ato s400 d natuna,tmptkan radar yg mampu mnjangkau >400km agr kdtngan su35 china bs d dteksi.untk mnjaga natuna su30 s300 sdh cukupn untk mnggetarkan lawan.sbaikx su35 d tmptkan d biak,krn lwn d sna ad raptor dn f35.pndpat awam.

  44.  

    Lha bagaimana mengimbanginya ……. ??? ya kita juga harus punya (mutlak) SU-35S !!!

  45.  

    Hancur deh gripen indonesia…

  46.  

    Uangnya masih di alam ghoib…
    jdi ngak bisa beli apa2….

  47.  

    setuju, saya lebih suka banyakin rudal sebagai pertahanan dan serangan, lebih bagus lagi punya icbm nuke

  48.  

    Disaat kita masih galau dan bingung menentukan mo pesawat apa yg akan di akuisisi Tiongkok sudah siap sedia…sebenarnya bagi Tiongkok gak usah perang ma negara2 Asia Tenggara juga bisa kok klo mo merebut pengaruh di LCS coba saja kalo Tiongkok berhasil membujuk/menekan secara halus Thailand utk diajak membuat Terusan di daerah Thailand selatan utk jalur keluar masuk kapal dri Samudra India langsung ke Laut Cina selatan tidak melewati selat malaka maka 3 negara penyokong Asia Tenggara yaitu Indonesia, Singapura dan Malaysia akan merasakan dampak yg luar biasa dri segi ekonomi

  49.  

    melihat komentar bung balanx, saya tertawa terpingkal2 ampe lemes hehehe, bisa aja nih bung balanx, membacanya saya teringat ama cara ngomongnya “om Gusdur”, jangan kecewa dulu bung, mungkin masih besar harapan beli SU35 nya, salam kenal aja.

  50.  

    halah,… cina nempatkan su-35 di lcs? Emgnya ameriki bkl diem aja? Plg nggak negara kita bakal ditawarin lg alutsista yg canggih lainnya. Ato pg nggak f-22 di singaporn. Berani senggolnatuna? bkl gatel tuh si ameriki ikut campur. Jd, indonesia gak perlu parno. Byk yg bekepentingan di lcs. Biar aja mrk saling baku tembak. Kita tonton aja sambil siaga.

  51.  

    China tau ….kl Indonesia ambil grippon ….efek deteren SU-35 kalah pamor.

    Nama SWIESS dijamin bebas embargo ….dan memiliki efek deterent tinggi bg yg mengenal sejarah peperangan para alien tempo dulu.

    Untung jendral2 strategy china kurang pintar ….andai mrk cerdas …pasti ambil Grippon.

    Inilah untungnya sering minum bajigur …otak cerdas dalam menentukan pilihan demi menjaga kedaulatan NKRI.

  52.  

    Indonesia sudah punya SU 35 2 unit. Ada di mks sewaktu ada sonic bom itu suara dentuman su 35

  53.  

    ..

  54.  

    ASS..WR.WB.SAYA IBU RITA TKI HONGKONG INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA MBAH GENEP,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN MBAH SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN KEBUN YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH GENEP,YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA 4D HONGKONG KEPADA SAYA DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI NO HP: (((085-110-369-888))) MBAH GENEP JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL MBAH GENEP SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI..
    • ???????????????? ??????????????? ??????????

 Leave a Reply