Su-35 Yang Mulai Laris

Su-35 Rusia (photo : facebook MoD Russia)

JakartaGreater.com – Seminggu sebelumnya media Analisidifesa menuliskan tentang minat Mesir terhadap pesawat tempur Su-35 yang sudah dipublikasikan pada tahun 2015 oleh surat kabar Elwatan Mesir dan empat tahun kemudian berita itu kembali beredar di industri militer Rusia.

Surat kabar Rusia Kommersant mengkonfirmasi rumor tentang Rusia yang akan menandatangani kontrak dengan Mesir senilai sekitar 2 miliar dolar untuk pasokan lebih dari 20 pesawat tempur multi-peran Sukhoi Su-35.

Menurut Kommersant – yang mengutip dari dua manajer top di sektor industri pertahanan Rusia – perjanjian perdagangan itu ditandatangani pada akhir tahun 2018 setelah penggunaan Su-35 di Suriah, dan sesuai dengan ketetapan pada saat penandatanganan awal, pengiriman dijadwalkan akan dilakukan pada tahun 2020-2021

Selain pembelian pesawat tempur MiG-29M / M2 atau MiG-35, akuisisi Su-35 akan secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Udara Mesir, yang juga sudah memiliki pesawat tempur Rafale dan F-16.

Pada Agustus tahun 2018 sudah beredar kabar pembelian 18 unit pesawat tempur Su-35 yang mungkin dilakukan oleh Mesir atau Aljazair, dimana saat itu diberitakan oleh portal Aljazair menadefense.com.

Jika berita ini benar, Mesir bisa menjadi pembeli ketiga Su-35 setelah Cina dan Indonesia – atau keempat jika Aljazair memang benar juga membeli pesawat tempur Su-35.

Sedangkan akuisisi Sudan untuk pembelian Su-35 tidak pernah terkonfirmasi kebenarannya.

Beberapa waktu lalu juga beredar kabar pembicaraan yang masih berlangsung antara Uni Emirat Arab dengan Rusia untuk membeli Su-35.

Anilisidifesa

Tinggalkan komentar