Sep 112019
 

Sukhoi Su-47 Berkut

Salah satu pesawat tempur paling langka yang pernah lahir, Su-47 ‘Berkut’ Rusia dipajang pada pameran udara MAKS 2019 minggu lalu di Zkukovsky dekat Moskow, lansir Defenseworld.

Su-47 adalah peningkatan dramatis dalam teknologi penerbangan dibandingkan dengan jet tempur benerasi empat Mig-29 dan Su-27. Mampu melesat dengan kecepatan tertinggi Mach 2 dan fitur stealth untuk menyembunyikannya dari teknologi radar terbaik yang tersedia, menjadikan Su-47 adalah pesawat demonstrator dengan teknologi paling canggih di dunia.

Dengan hanya satu pesawat yang pernah dibuat, Su-47 dapat dikenali dari sayap menyapu ke depan yang akan memberikan kemampuan manuver yang unik dan karakteristik aerodinamis, bahkan disaat F-22 Raptor masih berupa konsep di papan gambar.

Jet demonstran Su-47 pertama kali terbang pada tanggal 25 September 1997 dan kemudian dilakukan di MAKS airshows- yang terakhir pada tahun 2005. Sejak itu pesawat tidak pernah meninggalkan hanggar dan karena itu merupakan kejutan untuk bisa melihatnya pada 2019 meskipun dalam tampilan statis.

Su-47 dirancang selama era Soviet untuk memberikan keunggulan Rusia dalam penerbangan tempur. Biro Desain Sukhoi ditugaskan untuk mengembangkan sebuah pesawat yang dapat menembus wilayah musuh yang sangat dipertahankan dengan muatan senjata penuh untuk misi serangan presisi.

Sayangnya gejolak periode pasca-Soviet membuat program tersebut terhenti dan hanya menelurkan satu prototipe meskipun pesawat menunjukkan beberapa manuver yang sangat menarik selama pameran pertunjukan udara dan banyak sistem elektronik dan mesinnya telah divalidasi.

Namun, Su-47 diklaim telah mewariskan sebagian gennya ke pesawat siluman Su-57, pesawat tempur generasi kelima Rusia terbaru. Seorang pejabat dari United Aircraft Corporation (UAC) Rusia yang mengontrol program pesawat tempur dari semua biro desain Rusia mengatakan kepada media defenseworld.net bahwa memamerkan Su-47 selama peluncuran varian ekspor Su-57E “memiliki beberapa arti.”

Dua teknologi signifikan yang dikembangkan untuk Su-47 ‘Berkut,’ telah dicangkokkan ke Su-57, yakni sistem kontrol penerbangan fly-by-wire digital dan penggunaan material komposit di badan pesawatnya.

Sukhoi Su-57 yang baru memanfaatkan teknologi ini sebagai hasil dari pengujian yang pernah dilakukan pada Su-47.

Su-47 juga dikatakan dilengkapi dengan bahan penyerap radar dan bentuk yang unik, tidak seperti jet tempur Mig dan Sukhoi dari generasi sebelumnya.

Namun, fitur menonjol dari Su-47 adalah sayap Forward Swept Wings (FSW) yag sebenarnya dapat menimbulkan gaya hambat yang berlebihan namun mendapatkan keuntungan pada kemampuan aerodinamisnya. Fitur sayap menyatu kedepan juga dimaksudkan untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan manuver pada kecepatan rendah dan sudut serangan yang tinggi, meningkatkan ketahanan putaran, mempersingkat jarak take off, dan mengurangi hambatan udara selama fase penerbangannya.

 Posted by on September 11, 2019

  24 Responses to “Su-57 Lahir dari DNA Su-47 “Berkut””

  1.  

    Pesawatnya keren sayang ngak dilanjutin pengembangannya

    •  

      Iya memang pesawatnya keren,.cuma tampang ente yg kagak keren. Tampang blo”on….xicixicixicixi

      Pake ngaku2 suka produk.Rusia tp komennya.ngetrol produk rusia. Dasar bhahlul akut.

      •  

        Wkwkw saya memang suka beberapa dari peralatan rusia yg sudah teruji dan berbentuk unik saperti yg saya jelaska?sebelumnya saya hanya tidak suka org2 yg menjelek2kan peralatan militer org lain tanpa memberi sanggahan.

        •  

          Sanggahan yg mana yg ente minta.? Ente bilang pesawat sukhoi banyak yg jatuh. Trus ane kasih banyak link pesawat barat yg jatuh, ente masih ngepot2.
          Sanggahannyg mana lg yg diperlukan ente.. bang koplakk….xicixicixi

          •  

            Sanggahan terhadap cemooh yg and berikan setiap kali saya berkomentar seperti saat membahas b52 anda langsung mengatakan saya oon dan waktu saya menjelaskan tentang tu 95 and malah meledek saya tanpa memberikan penjelasan apapun

          •  

            Sedangkan untuk comment tentang f16 saya senang karna akhirnya anda setidaknya membalas dengan memberikan contoh yg anda berikan dan bukan hanya ejekan saja san saya juga dengan senanghati memberikan contoh sanggahan saya tentang comment saya tentang bnyak pesawat sukhoi yang jatuh

          •  

            Ente malas baca sih, tp malah komen yg ngasal. Ini link tentang TU-95 yg ane bilang sdh jd pesawat mata2, patmar dan perang elektronik.

            https://www.indomiliter.com/intip-lebih-dekat-tupolev-tu-95ms-pembom-strategis-yang-sempat-bertandang-ke-biak/

            Baca komen teman2 disana. Klo masih ngepot jg, ane cuma bisa bilang ya sallaaammm……xicixicixici

          •  

            Ya sdh maaf klo ente gak berkenan.
            Tp itu semua bukan ngetroll, cuma sekedar komen becandaan dan lucuan aja. Biar roomnya rame yg komen. Siapa tau saya bakal dikasih kaos lg sama bung DIEGO. Ente blom pernah dapat kaosnya kan….xicixiicixicixi

          •  

            Cara dapat kaosnya bagaimana? Ane memang dulu suka baca di greaterjakarta dannudah lama di sini tapi malas comment aja. Btw kaosnya bagus ngak kalo boleh ada link buat liat kaosnya?

          •  

            Kaos JKGR hanya khusus buat anggota kehormatan alias VIP, ente msh klas ekonomi gak bisa bisa…..xicixicixicixi

          •  

            T.T

      •  

        Beberapa peralatan rusia yg ane suka itu s-125 nova, su 29, kebanyakan pesawat mig kecuali mig 21 bentuknya aneh, t34, MD 160, dan su 47 karna bentuknya yg ngak lazim keren, ama heavy cruiser sverdlov class. Itu cuma beberapa aja kalo mw di listing sumua ngak bakal sempat biar sampe besok

      •  

        Sedangkan yg ane ngak suka itu s-400 karna belum teruji tapi udah di bangga2kan dan di bilang ngak ada duanya, t90 dan armata yang dikatakan sebagai tank terhebat di dunia padahal spesifikasinya aja belum di keluarin apalagi belum pernah di pake pergi perang dan su 57 yang bahkan pada saat pengembangan sudah dinpuji2 lebih stealt dan hebat dari pada f22 dan f 35 padahal liat aja masih pake trust vectoring apanya yg stealt itu malahan membuat irst nya terlalu besar

        •  

          Disinilah ane bilang enye lemot suka ngepot sama spt si mbah.

          S-400 terbukti handal di Suriah, begitu dipasang disana langsung besoknya NATO (AS) mundur dr Suriah dng alasan ISIS sdh di hancurkan. Israel tdk berani lg masuk wilayah yg dikendalikan S-400 kecuali mengerahkan rudal2 yg diluncurkan dr daerah aman.

          Kalo urusan T-90 yg sdh betel prupen di Suriah ente baca aja link ini.

          https://jakartagreater.com/tank-t-90-dengan-kontakt-5-dihantam-rudal/

          Sedangkan SU-57 lahir lebih modern dr pd F-35 apalagi F-22 yg teknologinya ketinggalan 1 dekade dng SU-57. Krn SU-57 sdh dilengkapi kecerdasan buatan yg meringankan tugas pilot.

          Ente mau bicara stealt tp ente bicara trust vectoring dan IRST. Nampak benar ente gak paham. Stealt dan Infra Red itu 2 hal yg berbeda. Yg satu bicara tentang body yg terbuat atau dilapisi dr bahan yg kasat radar. Sementara IRST itu alat penjejak panas (infra red) yg dihasilkan oleh knalpot pesawat. Baik F-22, F-35 dan SU-57 semuanya meninggalkan jejak panas selama mesinnya hidup. Tidak bisa dihindari. Hingga saat ini blom ada mesin pesawat yg tdk meninggalkan jejak panas (infra red). Sementara Trust Vectoring itu adalah utk membantu manuver pesawat melalui arah buang knalpotnya.

          Jd bantahan ente gak tepat, makanya ane suruh ente banyak baca.

          •  

            Kalo masalah s400 itu lebih kearah politik dan untuk berhati2 dengan peralatan yg informasinya belum di ketahui dan israel sudah sering keluar masuk daerah yg ada su 300nya kalo daerah yg ada s400nya harus memberitahukan dulu kerusia karna rusia sudah bilang ke berita internasional kalo s400 itu di tempatkan di timur tengah untuk melindungi peralatan mereka yg di tempatkan disana agar tidak terjadi konflik langsung dengan russia. Dan untuk irst itu masalahnya terletak pada panas yg berlebihan dan jadi lebih gampang di temukan di radar sedangkannuntuk f22 dan f35 itu trusternya di tutupi agar terlihat lebih kecil diradar makanya kemampuan manauvernya berkurang

          •  

            Kalau mengenai t90 negara2 yg beli belum menerjunkan t90nya ke mendan perang dan hanya suriah yang pernah pake itupun langsung rusak jadi memang saya kurang tau

          •  

            Kok langsung rusak.? Berarti ente gak liat videonya….ahhh ngepot aja kerja ente….xicixicixicixi. Walaupun dihajar rudal anti tank masih tetap OK. Makanya laris manis….xicixicixicixi

          •  

            Videonya ngak bisa dilihat karna udah di hapus

        •  

          Hubungan stealth sama tvc dan irst itu apa? Tvc juga dipake oleh f22 dan irst itu pencari panas ,pak belalang eh mbah belalang

          •  

            Tvc di f22 itu ngak terlalu leluasa bisa bergerak karna di tutupi untuk mengurangi pemaparan panas dari trusternya ngak kayak yang di pake sukhoi makanya walaupun sama2 punya tvc tapi sukhoi lebih lincah karna tvcnya bebas

  2.  

    jangan gitu bang.tar di bawah ada yg cembekur.heeeee

  3.  

    Desainnya SU47 memang aneh, tp kalau dari kemampuan boleh juga. Patut di waspadai sekarang adalah Vietnam….perkembangan teknologi militernya cepat….mulai pembelian varian SU30 hingga kaprang dan kasel…..

  4.  

    Turut Berdukacita Atas Meninggalnya Bapak B.J. Habibie, Presiden Ketiga RI. Bapak bangsa dan Bapak Teknologi Indonesia. Semoga Beliau diterima disisi-Nya. Rest in Peace, Eyang Habibie.

    Maybe, Your body has lying down on the ground but your goals, tour dreams, and your spirit still lies in our heart.

    Berharap R-80 akan segera terealisasikan.