Jul 102017
 

Istana Negara, Jakarta (Sekretariat Negara)

Jakarta – Presiden Joko Widodo tidak berkehendak untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi. “Ketika Presiden masuk domain kekuasaannya, selaku eksekutif, maka dia akan menolak karena membubarkan itu tak hanya melemahkan. Membubarkan. Pasti Presiden tidak mau,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 10/7/2017.

Johan menjelaskan Presiden tidak dapat menghentikan Hak Angket KPK yang dibentuk oleh DPR RI. Hal itu karena tugas Presiden bukan pada lembaga legislatif, melainkan eksekutif.

“Dari sisi tata negara tidak bisa. Karena itu haknya DPR, domain DPR. Sementara Presiden, eksekutif yang kedudukannya sama,” ujar Johan.

Johan mengatakan sikap Presiden Jokowi terkait kedudukan KPK adalah terus memperkuat, bukan memperlemah kinerja lembaga antirasuah itu.

“Justru Presiden ingin memberi gambaran bahwa semua harus dilakukan secara konstitusional,” ujar Johan.

Sementara itu, pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra menjelaskan, sebagai lembaga legislatif DPR bisa menggunakan hak angket terhadap KPK sebagai institusi eksekutif sebagai bagian dari upaya pengawasan terhadap kinerja lembaga tersebut.

“KPK dibentuk dengan UU, maka untuk mengawasi pelaksanaan UU tersebut DPR dapat melakukan hak angket terhadap KPK,” kata Yusril, dilansir ANTARA,10/7/2017.

Bagikan:

  23 Responses to “Suara Istana Soal Wacana Pembubaran KPK”

  1.  

    Knp gk DPR aj yg di bubarin

  2.  

    Bersihkan DPR dari orang2 lama.

  3.  

    klo bener kpk mau dibubarin, ini bener2 sdh ga masuk akal…malah harusnya dpr ri da dprd yg di bubarin, cukup dpd aja…ini malah kpk yg pembela kebenaran dan kejujuran malah dibubarin…koplak n PA…

  4.  

    yah..kalau emang bener pasti yg buat wacana dan anggota nya adalah org org dlm juga yg ingin lebih leluasa korupsi…

  5.  

    banyak yg takut sama KPK mngkin

  6.  

    klu emg sempet di bubarkan…
    ku pastikan seluruh masyarakat NKRI demo ke ke gedung DPR…
    dan pasti brutal

  7.  

    yg punya wewenang dpr

  8.  

    Hmmmmmm….

  9.  

    Udah pd gila klu kpk dibubarin….

  10.  

    Atas dasar apa KPK di bubarkan

  11.  

    Pencuri berdasi tambah leluasa

  12.  

    kalo kpk di bubabrin. saya iklas gedung dpr di rudal saat sidang paripurna

  13.  

    Yang harus di BUBARKAN itu TIKUs KANTOR DI GEDUNG DPR

  14.  

    yang perlu dibubarkan tu DPR,almarhum gusdur aja tau kalo mereka cuma anak2 TK…

  15.  

    Nah .. bener tu yg dibilang Yusril……. KPK memang suatu saat harus di audit, siapa tau ada penyimpangan dana APBN, karena personel KPK juga manusia….. heeeeee….

  16.  

    KPK saja ada banyak KOROPSI bagaimana klu KPK tidak ada, habis dong uang rakyat di curi oleh pejabat negara.

  17.  

    DPR memang lucu

 Leave a Reply