Sukhoi akan Ikut Tender Pengadaan Jet Tempur Indonesia

70
134
Sukhoi SU 35
Sukhoi SU 35

Perusahaan aviasi Rusia Sukhoi akan ikut serta dalam tender pembelian pesawat tempur oleh Indonesia. Perusahaan Sukhoi dikabarkan telah menyerahkan berkas keikutsertaan dalam tender pengiriman pesawat tempur untuk Indonesia. Hal tersebut telah dikonfirmasi dalam konferensi pers perusahaan Sukhoi kepada kantor berita Rossiyskaya Gazeta.

Badan militer Indonesia dikabarkan berencana untuk membeli sekitar 15 unit pesawat tempur. Namun, sampai saat ini masih belum diketahui jenis pesawat tempur apa tepatnya yang dimaksud.

Pesawat tempur Rafale buatan perusahaan Prancis Dassault Aviation dinilai sebagai salah satu saingan bagi Sukhoi dalam tender tersebut. Saat ini, Indonesia tengah merealisasikan program modernisasi Angkatan Bersenjata Indonesia dalam skala besar, yang menyerap anggaran sebesar 15 miliar dolar AS dalam waktu lima tahun.

Sebelumnya, Rusia dan Indonesia telah menandatangani kontrak jual beli senjata untuk enam unit pesawat tempur Su-30MK2 senilai 470 juta dolar AS. Kontrak tersebut menjadi kontrak terbesar sepanjang sejarah kerja sama teknis-militer antara Rusia dan Indonesia. Dalam persenjataan angkatan udara TNI Indonesia kini terdapat pesawat tipe Su-27SKM dan Su-30MK2.

Selain Indonesia, negara-negara besar di Asia lainnya yang menggunakan pesawat tempur Sukhoi adalah India, Tiongkok, Vietnam, dan Malaysia. Rusia pun menilia kawasan ASEAN sebagai kawasan yang “sangat menarik” bagi pertumbuhan perdagangan objek aviasi militer Rusia. Rusia berharap, dalam beberapa tahun ke depan negara-negara ASEAN akan mulai meremajakan armada-armada pesawat tempurnya yang sudah menua. Ketika saatnya tiba, perusahaan aviasi terbesar Rusia tersebut pun akan mempersiapkan penawaran menarik bagi negara-negara tersebut pada waktu yang tepat.

Rusia Siap Transfer Teknologi Sukhoi Su-35 ke Indonesia 

Indonesia berencana membeli pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia, dan proses negosiasi antara Kementerian Pertahanan RI dengan pihak Rusia saat ini masih berjalan, demikian disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin dalam konferensi pers di kediamannya, Kamis (5/3).

TNI AU Berharap Pemerintah Setujui Pengadaan Sukhoi Su-35 

TNI Angkatan Udara (AU) Indonesia menilai pesawat Sukhoi Su-35 buatan Rusia memenuhi spesifikasi untuk melengkapi kekuatan TNI AU. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Agus Supriatna kepada kantor berita Antara, Rabu (4/2). (RBTH. Indonesia).

70 KOMENTAR

  1. Yang Perlu diamankan adalah
    1. Menteri Keuangan
    2. Menteri Seskab
    3. MenHan
    4. Terakhir Presidennya sendiri

    Barat Lewat AS dengan suruhan Mentri luar negerinya gemar menyalip di tikungan akhir

    Ingat Kasus Sadap DSD Aussie , hanya ingin mendengar Indonesia beli kilo rusia KS nya apa tidak ,

    Mulai dari Mentri Keuangan saat itu Sri Mulyani dan Menseskab disadap habis habisan

    dan dijegal ,

    Next issue , Oh iya , kasus 2 duo bali kabarnya mundur karena salah satunya ajukan gugatan Ke negara dan Disetujui ….. ( saya pernah baca di TV sekilas )

    Oooh my ……, Indonesia serasa disetir Barat lewat aussie , kasian pak moel sampai segitunya bela belain negara , but aparat lain sepertinya ‘ lunak -2 Aja”

  2. Kalo sudah terjadi kesepakatan antara pihak2 yg berwenang di TNI & Pemerintahan, bahwa SU-35S telah dipilih akan menggantikan f-5, …….. Kenapa harus ditender kan lagi ……… ???
    Karena apapun yang terjadi hasilnya tetap saja SU-35S yang jd pemenang tender kan … !!!

  3. Koyo gak ngerti trik e tni ae, gayae lhak ngono..koyo koyo durung deal padahal barange lho wes parkir nang lanud..iku ngono pancen digae mbulet ben rame bin penasaran.sing digae test drive ae ono 3 unit gak dibalikno..kurange nyusul..

  4. Jangan sampai membeli pesawat dari blok barat terutama dari negeri paman sam karena rawan embargo & selalu ada sarat politik yg merugikan indonesia
    Sebenarnya amerika tidak suka jika indonesia menjadi kuat karena takut menjadi ancaman para sekutunya terutama bagi singapura & australia

  5. Tujuan dari tender adalah untuk mencapai win win solution, hanya pabrikan yang serius yang akan mengikuti tender karena disana akan terdapat persyaratan2 yang akan menguntungkan, terutama pembeli. jadi jangan underestimed dulu karena dari sini akan dimulai terobosan bagi industri dan pertahanan udara kita.

    Indonesia sudah mulai cerdas dan pintar memposisikan diri sebagai pemuda tampan.

    • hussstttt, jangan bilang siapa2 ini rahasia kita berdua….
      media asing bingung indonesia sudah py su 35 apa belum…
      ngetest : latihan bersama, black flight dll untuk memunculkan su 35 yang muncul fam su 27
      ada media asing yang bilang indonesia beli su27 dengan upgrade komponen su 35.
      kalau analisaku su 27M itu sebutan su 35 oleh tentara rusia, sedang produsen biar ada nilai jual maka disebut su 35. sedangkan su 27mki adalah su 35 versi eksport atau produksi khusus untuk negara semisal india. jadi kalau su 27 kita ada depannya su 27m…maka kita punya su 35 atau sumber disini bilang su 27 /30 mutan. versi upgrade terbaru dikode oleh produsen su 35 s/bm dll.
      aq yakin indonesia sudah py su27mutan/su 35 dan sebenarnya yang ditarget akan datang adalah pakfa/pakda sebagai nilai strategis sesuai dengan doktrin baru preemptive strike.
      NKRI JAYA