Sukhoi di Gladi HUT TNI ke 69 Surabaya

76
72
Sukhoi TNI AU di Gladi HUT TNI ke 69 Surabaya (photo: Dispenau)
Sukhoi TNI AU di Gladi HUT TNI ke 69 Surabaya (photo: Dispenau)

Gladi upacara Peringatan HUT TNI ke 69 yang dipusatkan di Dermaga Madura Mako Koarmatim Surabaya, (29/9), lima pesawat SU-27/30 Sukhoi melintas dengan mengeluarkan asap putih dan melakukan boomburst dan satu Sukhoi di belakangnya melintas dengan mengeluarkan flare.

Pada peringatan HUT TNI kali ini, TNI memamerkan seluruh kekuatan tempur yang dimilikinya, baik peralatan tempur yang dimiliki oleh TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

TNI Angkatan Udara memamerkan seluruh kekuatan udaranya yang terdiri dari pesawat helikopter, pesawat angkut, pesawat latih maupun pesawat tempur serta unsur Kohanudnas dan Paskhas.

Pesawat helikopter terdiri dari pesawat Bell G-47 Solloy, EC 120 Colibri, SA-330 Puma dan NAS-332 Super Puma. Pesawat angkut terdiri dari Cassa-212, CN-235, CN-235 Maritime Patrol, CN-295, C-130 Hercules, Boeing 737-200 Maritime Patrol, Boeing 737-200 VIP, dan Being 737-400 VIP.

Sedangkan pesawat latih terdiri dari C-34 Charly, Grob G-120 TP-A, dan KT-1B Wong Bee. Sedangkan unsur pesawat tempur terdiri dari EMB-314 Super Tucano, F-5 Tiger II, Hawk 109/209, F-16 A/B, F-16 C/D, T-50 Golden Eagle dan SU-27/30 Sukhoi. Sementara Kohanudnas menampilkan Radar C-MOG, radar cuaca mobil, dan ATC mobil, serta Korpaskhas menampilkan Satuan anti terror Den Bravo’90, Rudal Hunter, Rudal QW serta senjata teranyar Skyshield Misille Gun 35 mm MK-2. (dispenau).

76 KOMENTAR

  1. tni sebenarnya harus tiru us dalam urusan upacara2 kek gini …. mereka hampir tidak pernah ada parade bypass pespur dll dihari independent day ato veteran sekalipun … mending daripada angaran tersedot untuk acara2 seremonial hura2 kek gini lebih baik dipakai patroli beli alutaista dll … pemborosan angaran .. pada hari 5 oktober para maling ikan di laut nkri pada pesta pora !!!!

  2. Menurut saya pribadi, Pesawat non Stealth sudah tidak lagi diperhitungkan untuk pertempuran udara, sekarang sudah era stealth jamannya pesawat siluman, australia sudah memborong F-35 untuk mengantisipasi pertemperun masa depan, Stealth vs non Stealth perbandingannya Stealth 10 banding non- 3, Jika pesawat tempur biasa berhadapan dengan stealth logikanya orang tersebut pasti cari mati, Indonesia tidak cukup mumpuni kalau cuma mengandalkan radar walaupun radar anti stealth sekalipun, mohon maaf teman2 jkgr ada kata yang tidak berkenan :), perbedaan pendapat yang sehat

  3. Nanti pas F5 tiger lewat sir BY mbisiki pakde joko “tar lu ganti yg ini yee.. dgn Sukhoi 35, jangan yg laeenn..skalian tengtengannya lu beliin dan tambahin yak, ga usah banyak2 18 unit aja dulu..”
    Wwuuuuuuzzzzzz hawk 100/200 pun ikut menjelang melintas di podium..
    “Nahhhh… naahh iyeu geh nggeus kolot oge.. digentosan geura sareng tipun.. okehh..”

    Dan om joko pun (sambil ngelap keringet di jidat) “ohh ngono senior.. yo wis mengko tak order kabeh”

  4. Di majalah Tempo terbaru minggu ini ada artikel tentang wawancara dengan Pak Moeldoko. Beliau mengkonfirmasi bahwa pembelian pesawat Grob dibatalkan karena pengetatan anggaran untuk pembelian alutsista lain.

    Kalau sang Panglima sudah mengatakan demikian bisa dibilang Grob batal beneran ya? Apakah ada konfrmasinya dari para senior?

    Semoga pesawat latih yang ada sekarang bisa memenuhi kebutuhan dan semoga juga PT DI bisa buat pesawat latih.

  5. semalem waktu pulang jkt dr jember janjian kertemuan dijalan sdr saya perwira ad dispbu pemalang
    ada jg 2 perwira taifib yg ngiringin sdr saya
    beliau mau keacara ultah tni disurabaya
    br kali ini saya dilayanin dibeliin kopi perwira taifib

  6. sebenarnya…australia sendiri lebih menginginkan F22 raptor dibandingkan F35….karena dari segala aspek F35 kalah dibandingkan dg SU27,SU30 apalagi SU35. F35 hanya menang VSTOL dan stealth ability.

    tetapi F22 tidak dijual keluar negeri sekalipun thdp sekutu terdekatnya. F22 mempunyai spek tak begitu jauh dg SU family maupun Mig terbaru. Dan yg jelas menang dalam hal stealth technology.

    australia sendiri masih galau utk menghadapi SU 35 dg F35, malah ada selentingan aussie sendiri menginginkan untuk membeli SU35 dari rusia. tapi kayaknya kemungkinan berhasil adalah sangat kecil. Tapi kalau gak beli F35 malah semakin jauh tertinggal dg indonesia.

    Piye jal,…? mumet kan.
    sementara indonesia untuk mengakuisisi T50 PAKFA sangat terbuka lebar…karena SU35 sudah ditangan dan sudah terbiasa menggunakannya…bila sudah terbeli.

    lalu siapa tandingan T50 Pakfa dari pihak ASU dan NATO? F35 lewat F22 raptor lewat.
    padahal T50 masih level pesawat Gen 5.0