Sukhoi Kawal Pengangkut Napi Bali Nine

109
74

Cilacap – Terpidana mati kasus narkoba bali nine dipindahkan dari Bali ke Nusakambangan. Pesawat carteran yang membawa keduanya baru saja tiba di Bandara Tunggul Wulung Cilacap.

Pesawat mendarat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Rabu (4/3/2015) pukul 08.10 WIB. Terlihat dua jet tempur yang mengawal pesawat tersebut.

Saat pesawat carteran mendarat, dua jet tempur yang mengawal berputar-putar di langit Cilacap. Pesawat milik TNI AU ini tak lantas beranjak pergi meski tugas pengawalan sudah usai.

Sedangkan pengamanan di Bandara Tunggul Wulung itu sendiri sejak pagi sudah diperketat. Begitu juga dengan dermaga Wijayapura yang menjadi akses menuju Pulau Nusakambangan.

Dari pantauan di Dermaga Wijayapura, satu truk Dalmas Polres Cilacap yang mengangkut sekitar satu peleton personel TNI dan Polri bersenjata laras panjang tiba di Dermaga Wijayapura penyeberangan menuju Pulau Nusakambangan.

Personel TNI-Polri yang tiba tersebut langsung disebar ke beberapa titik untuk melakukan pengamanan di sekitar Dermaga Wijayapura hingga radius 100 meter.

Sukhoi SU 30
Sukhoi SU 30

TNI Ikut Amankan
TNI ikut mengamankan proses pemindahan gembong narkoba Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, dari LP Kerobokan, Bali menuju ke Nusakambangan.

“Tidak secara langsung di pesawat, kita kan punya radar jadi radar selalu memonitor wilayah itu aman atau tidak, kalau ada yang mengganggu pesawat kita naik,” ucap Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya ketika dihubungi, Rabu (4/3/2015).

Fuad mengatakan, kedua terpidana itu dipindahkan menggunakan pesawat carteran. Sementara itu, 3 jet temput Sukhoi yang ada di Bali ikut memantau juga keamanan di sekitarnya.

Terpidana mati, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, anggota Sindikat Bali Nine di Lapas Kerobokan
Terpidana mati, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, anggota Sindikat Bali Nine di Lapas Kerobokan

“Pakai pesawat carteran, kalau Sukhoi itu terbang memang kerjaannya tiap hari begitu, tiap hari patroli udara kan memang begitu, kalau radar 24 jam monitor terus ,” ucap Fuad.

Kemudian, pengawalan TNI tak hanya berhenti di Bali saja. Di Nusakambangan sendiri juga sedang ada latihan gabungan pasukan khusus TNI AD, AL, dan AU yang ikut mengamankan juga.

“Pasukan yang di daerah, di Bali kita kerahkan Kodam, beserta Lanal dan AU yang ada di sana, selama di udara begitu juga. Pasukan kita yang kebetulan patroli udara sekaligus patroli itu juga,” ucapnya.

“Demikian juga sampai di daerah Cilacap sana oleh pasukan-pasukan yang ada di sana, kebetulan di sana ada latihan pasukan khusus TNI, baik darat, laut maupun udara itu gabungan di sana ya sekaligus mengamankan juga,” imbuh Fuad. (Detik.com)

109 KOMENTAR

  1. Dari tayangan video diatas terlihat 3 orang pilotnya berjalan beriringan dari mulai turun pesawat. Ketiga pilot tersebut berjalan dng membawa tas di tangan masing masing. Pertanyaannya, dimana letak bagasi di pesawat sukhoi ya.? Hebat …seperti pesawat penumpang aja ada bagasinya.