Sukhoi Luncurkan Su-35 yang ke 100


Su-35 (foto : Common Wikipedia)

Pabrik Dirgantara Sukhoi meluncurkan pesawat tempur Su-35 yang ke 100 di fasilitas produksi di Komsomolsk-on-Amur.

Upacara serah terima secara resmi dihadiri oleh perwakilan dari Departemen Pertahanan Rusia, Wakil Direktur Jenderal “ Sukhoi “, A. Gagarin “Alexander Pekarsh dan karyawan perusahaan.

Alexander Pekarsh menyatakan terimakasihnya kepada pabrikan pesawat untuk pekerjaannya, dari mulai perancangan, perakitan dan pembangunan hingga pengiriman pesawat tempur Su-35 yang ke-100. Perjalanan panjang telah dilakukan, semua jenis pengujian telah dilakukan, dan produksi massal pun sudah diluncurkan.

“Banyak pekerjaan dalam penciptaan pesawat tempur generasi keempat yang sempurna diinvestasikan oleh pengembang, produsen, perwira dan pejabat Kementerian Pertahanan Rusia, yang terlibat langsung dalam pembuatan pesawat – pesawat ini. Dan untuk itu, banyak terima kasih kepada semua orang! “Kata Alexander Pekarsh.

Su-35 adalah pesawat tempur generasi 4 dengan teknologi dan kemampuan terbaik di dunia ini merupakan pesawat transisi sebelum Rusia diperkuat dengan pesawat tempur stealth generasi kelima, Su-57.

Su-35 yang lahir sebagai penerus dari pesawat tempur legendaris Su-27 kini sudah diproduksi mencapai 100 unit, dan sudah memperkuat Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Udara China.

Meski belum sepopuler Su-27 atau Su-30, namun kiprahnya selalu dinantikan oleh para pengamat dirgantara. Terutama terkait dengan kemampuannya, apakah menyamai ataukah melebihi pesawat tempur terbaik buatan AS dan Eropa, seperti F-18, F-15, Rafale ataupun Eurofghter Typhoon.

Tinggalkan komentar