Jul 152016
 

Awal Maret lalu Rusia mulai meancang pesawat tempur generasi ke-6. Rencananya pesawat tempur ini akan dibagi dalam dua versi yaitu versi yang berawak dan tanpa awak. Saat ini Rusia sedang melakukan uji coba beberapa elemen pesawat tempur generasi ke-6 yang dipasang ke pesawat tempur generasi ke-5, Sukhoi PAK FA (Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation/Kompleks Pesawat Prospektif Aviasi Garis Depan).

Berbicara sistem persenjataan, Rusia menggandeng KRET yang merupakan anak perusahaan Rostech untuk mengembangkan sistem senjata elektronik yang akan digunakan pada pesawat tersebut.

Direktur Jenderal I Perusahaan Teknologi Radio-Elektronik (KRET) Vladimir Mikheyevof pada TASS mengatakan, sistem persenjataan elektronik ini juga berfungsi sebagai radar, sistem transmisi data, serta perangkat komunikasi. “Sistem radar PAK FA akan beroperasi sebagai pelacak dan sistem pengintai sekaligus, sementara sistem senjata elektronik akan mendeteksi radio dan lokasi. Ini menunjukkan integrasi dan redistribusi fungsi PAK FA telah berlangsung,” ujarnya.

Jet tempur PAK FA merupakan jet siluman pertama milik rusia yang berkursi tunggal dengan mesin ganda. Pesawat ini sangat multifungsi dan memiliki keunggulan dalam melakukan serangan.

jakartagreater.com

  23 Responses to “Sukhoi PAK FA Uji Coba Elemen Pesawat Tempur Generasi ke-6 Rusia”

  1.  

    Ikut nyimak yaa…

    •  

      Sy sepaham dgn anda bung.. Rusia harusnya fokus pada pesawat tempur generasi ke-5 untuk saat ini, mengingat keraguan publik tentang kualitas T50 PAKFA yg disuarakan pertama kali oleh india dgn menolak mentah-mentah tawaran RUSIA untuk pembelian pesawat tempur semi stealth PAKFA T50 dgn harga murah.

  2.  

    Aje gile gen 6 cuy…mangkin ketat nih persaingan pespur di dunia persilatan..

  3.  

    lah ini dia siap siap borong, jadi pembeli pertama ayo siapkan anggaran yg cukup demi NKRI borong pakfa gen 6, biar pespur tetangga pada ngumpet, hhaaaa

  4.  

    Ini barang bagus carin, asu aja nyontek su 30 dari malon.dr pada F16 rongsokan,dempulan lagi

  5.  

    mudah2n indonesia gk beli pespur nanggung lgi sejenis f 16 gripen dan sekelas y, kita beli yg superior sekelas gen 6 ini dan dikembangkan secepat y, untuk kemandirian,

  6.  

    Produksi PAKFA nya saja belum. Baru uji coba prototype melulu… Bangun dari mimpi dong… pesawat ini belum berhasil tong…

  7.  

    Mau komen tp nunggu wangsit dr Mbah Bowo dulu.

  8.  

    stealth fighter jet T-50xxx
    GENtayangan

  9.  

    Terbang seperti sukhoi….
    Menyusup seperti sukhoi…..
    Lincah seperti sukhoi….
    .
    .
    .
    :v

  10.  

    ciri Gen 6, bisa ngilang kasat mata, terbang ke orbit, bisa mendarat di atap rumah

  11.  

    Hukum alamnya NKRI wajib beli, bila tdk para pimpinanan negara ini wajib d masukan neraka, krn tdk mau mendengar suara rakyat !!!!

  12.  

    pokoe jadi langsung borong,, T 50 pakfa gen 6, pespur Indonesia kedepan harus sukoi family jangan yg lain nanggung, yg pain hanya jadi besi rongsokan tua kedepanya jangan Ada kesalahan lagi.. GO GO GO POKOE SUKOI FAMILY..

  13.  

    andai bapak besar joint r&d dgn rusia pastilah dithun 2030 nanti yg kta produksi jet tempur tercanggih bkn pswr tmpur yg sudah ktinggalan jaman dan diragukan kualitasnya

    aaah sudahlah memang nasib Indonesia pny mntan pemimpin yg serba nanggung….bekas dan kosong!!!

  14.  

    ayo pak presiden beli ni t-50pak fa..minimal 1 lusin..

  15.  

    missing link… semua negara gagal menciptakan Gen 5
    semua terjebak di Gen 4++

    Saat ini teknologi siluman sudah tidak berlaku , otomastis Gen 5 lenyap….

    makanya lansung loncat ke Gen 6
    Gen 5 = Gen 4++

  16.  

    Saya sih percaya percaya aja mereka bisa bikin. Tapi kualitas nya paling masih di bawah produk mamaRika yang emang udah teruji di medan tempur. Jangankan sama mamaRika,, Sama produk prancis aja masih kalah.. Rusia kan pasok peralatan elektronik nya dari prancis.