Oct 132014
 

image

Komsomolsk – Hari ini Sukhoi menyerahkan batch pertama pesawat tempur Su-35 dan Su-30m2 ke Kementerian Pertahanan yang disampaikan oleh industri pertahanan. Upacara Transfer yang berlangsung di bandara cabang Perusahaan Sukhoi – Komsomolsk-on-Amur aviation plant- disaksikan langsung dalam video-conference oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu.

Pesawat diproduksi sesuai dengan perintah Negara untuk penyediaan pesawat tempur bagi Angkatan Udara Rusia di bawah Program Persenjataan Negara untuk tahun 2011 – 2020. Implementasi ini akan memastikan modernisasi yang mendalam dari Angkatan Udara Rusia dan menyediakan pekerjaaan jangka panjang untuk Sukhoi Company dan mitranya.

Su-35S adalah pesawat tempur super modern multirole generasi “4 + +”. Teknologi yang diterapkan dari generasi ke-5 menghadirkan keunggulan bagi pesawat Su-35S terhadap pesawat tempur di kelas yang sama. Pesawat ini memiliki karakteristik penerbangan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pesawat tempur asing sejenis dalam banyak karakteristik teknis.

Fitur utama Su-30m2 meliputi sistem kontrol senjata yang dimodifikasi dengan kemampuan canggih untuk menghancurkan target darat dan laut; sistem baru tampilan kokpit dengan multifunctional color liquid crystal displays, peningkatan sistem navigasi dan radio komunikasi; sistem pertahanan kapal modern; berbagai senjata “udara-ke-udara” dan “udara-ke-permukaan” dengan 12 cantelan; sistem pengisian bahan bakar dalam penerbangan; badan pesawat dan landing gear yang diperkuat, memastikan pengoperasian pesawat dengan tangki bahan bakar penuh dan beban tempur maksimum pada berat take-off hingga 38 ton. Sistem deteksi pada kontrol senjata Su-30m2, pelacakan dan penghancuran target udara, darat dan laut dengan senjata pesawat dalam segala kondisi cuaca, siang dan malam.

  108 Responses to “Sukhoi Serahkan Batch Satu SU-35 dan SU-30M2”

  1. wow..

    • akhir nya..dpt bagian no satu juga…MANTAB

    • Assalamualaikum wr.wb.
      kenapa SU35 bagus?
      imho
      daya jelajahnya lebih luas.
      ada yang beropini bahwa sekarang manuverbility ekstrem tdak diperlukan, namun jika manuverbility tersebut untuk duel udara saya rasa masih diperlukan, mengingat SU35 dapat melakukan manuver kobra selain itu dapat memutar 360 derajat, dan juga dapat mengirimkan data palsu radar ke lawan sehingga radar lawan menerima 2 data, selain itu juga dapat menembak ke belakang.
      kemarin juga telah di tunjukkan manuver untuk menghindar dari radar lawan dengan melepaskan flare di HUT TNI kemarin.

      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

    • sdh di pulungin atu2 kumpulin,dikunyah sampe alus…heheheheheheheh

  2. pertamak lagi 😀

  3. malam..numpang sr…

  4. awas ada yg mau muntaaaaaah….. krese,, mana kreseeek…

  5. mantaaapp… buat RI kapan ya

  6. Tunggu pesanan kita yg masuk kapan ya?

  7. apa produksi su35 ini juga sebagian untuk indonesia…
    nunggu clue dari sesepuh

  8. Semoga F-16 block 52 gak nyalip di tikungan

  9. Atau jangan jangan malah J-20 Chengdu….mantap gak nih pesawat ?

  10. Akhirnya dtg jg release dr russia,,indonesia..hehe.. senyum saja aahh.. I mean it

    • hehe…iy bung aero… :mrgreen: sy kq mrasa jnggal dgn klimat awlny…. dbyr lunas” hr ni transaksi ny
      tigl cri info…sdg berada dmna kah pak poer dkk saat ini??? 😀

  11. Mantab.. Sambil berharap Indonesia bisa membuat juga, tidak sekedar beli…. Ngarep.com

  12. satu batch itu berapa unit ya? Imajinasi saya adalah di batch pertama ini, “nyelip” pesanan buat TNI AU, baik Su-35 maupun Su-30 M2 dengan modifikasi sesuai keinginan user di Indonesia…

    Mungkin ini yg kemarin test flight sama test “nyali” berhadapan sama Raptor di Alaska…

  13. wah mantap tuh su 35 & su 30 vs f22 raptor & f35 stealt moskow -jakarta okok…tp info j20 bango gmn y…pokokx pertamax

  14. tni au harus punya ini persiapan jika lcs ambalat meletus dan antisipasi opsi papua merdeka yg di dukung barat …

  15. jgn dah ahh..model cakep,tp material dan kehandalannya sangat meragukan..tau sendiri buatan china mah,lg an pemerintah pasti mikir 1000x,blm lg rakyat protes hehe

  16. koq saya ga yakin yah klo su35 dipilih pemerintah utk menggantikan f5..kandidat terbesar mungkin,eurofighter typhoon/rafale/f18..su35 dan gripen mungkin tereliminasi,cia’elah kaya pake vote sms ajah hehe

  17. jozzzzz gandoz kotoz kotoz…..

  18. Diam2 sdh mulai merapat.pemerintah hanya ada dua opsi,keluarga flanker dan keluarga falcon.

  19. Mungkin ada beberapa unit untuk indonesia..?
    #Rahasia#

  20. nderek nyemak saking pati

  21. Kapan ya judul headlinenya jadi begini ….”Hari ini Sukhoi menyerahkan batch pertama pesawat tempur Su-35 ke Kementerian Pertahanan Republik Indonesia”

    Ngarep banget

  22. Moga Pemerintah dan TNI akan membeli Su-35 sebanyak 2 Skuadron, karena selain harganya lebih murah sekitar USD. 78-85 Juta, max. Speed 2,5 mach, radar canggih IRBIS dengan jangkauan 260-300 km, dan banyak keunggulan lainnya dibanding EF Typoon, Rafale, F-16 dan Grippen.

  23. Si Naga memang mau ngasih alutsista yg canggih dengan indonesia..nah tinggal RI mau tidak…?
    mereka mau membangun TNI agar lebih modern dan hebat dari tetangga sekitarnya…asal jangan deket* Asu….asal ladang garapan ada yg bisa digarap oleh Sinaga…?

  24. Kirain di serahkan ke indonesia 😀

  25. wawww……keren

  26. Ijin nyimak …

  27. Semoga tidak lama lagi penyerahan juga ke kementerian pertahanan indonesia..
    Ngarep.com

  28. rasanya kalau menunggu dapat jatah su 35 kelewat lama,keburu rambut pada ubanan.mending diperbanyak su 30 yg terbaru macam su 30m2 ini

  29. Seandainya bisa seperti Rusia, anggaran alutsistanya 1000 Triliun…luar biasa

    • Bisa kok bung sagu, asalkan semua kontrak tambang kita dikelola dgn baik dan benar.

    • Assalamualaikum wr.wb.
      saya suka sagu lo bung, tapi sayang pengelolannya kurang higienis
      rasanya yang manis seperti gula aren + rasanya kenyal hehehe kalau di tambah santan sepertinya enak itu manis kenyal gurih gitu 😆

      maaf oot 😀

  30. Saya berharap ada gitu untuk kita walau cuma beberapa unit doank, Ya itung itung kado buat ultah TNI dan kado perpisahan Pak SBY. Harapan rakyat kecil.

  31. …senengnya saat batch itu udah terdaftar sbg hulubalang (doa: mode on)…konsep perimbangan kawasan harus optimal dan berdaya gentar…..smg user memiliki kapasitas dan kapabilitas baik kelas heavy fighter, medium dan light….

  32. Itu memang su 35 buat kita,dari pabrikan dikasih dulu ke pemerintah russia, baru setelah itu diserahkan ke kita… ….aamiin

  33. Punya kita kapan datengnya
    Xixixi

  34. Hari ini Sukhoi menyerahkan batch pertama pesawat tempur Su-35 dan Su-30m2 ke Kementerian Pertahanan yang disampaikan oleh industri pertahanan.

    Hayoo,,,

  35. sesepuh warjag masih pada sibuk semua…

    kami butuh clue2 dari sesepuh semuanya…
    semoga ada oleh2 buat isi kepala di balik topi baja.

  36. buat apa kantong kresek ah, itu kan buat kementrian pertahanan rusia, bukan buat kementrian pertahanan Indonesia.
    hayo pemerintahan jokowi percepat pengadaan su-35s dan su-30m untuk tni !!!

  37. Kata Panglima TNI: Kita punya 6 saja Su35, bisa geger kawasan.

    ALIAS

    Jika ketahuan Indonesia punya Su35 6 pesawat saja bisa bikin geger kawasan

    Artinya

    Biar ga ketahuan kita punya Su35, cashingnya tetep Su27/30 tapi jeroan udah di upgrade sebagian pake jeroan Su35. Clue jumlah 6 pesawat. Jika ada berita upgrade 6 sukhoi TNI bisa jadi itu barangnya, atau kalau ada kiriman tambahan 6 pesawat baru Su27/30 perlu dicek itu kokpitnya.

  38. Hehehe…untuk yg satu ini…comment sy tegas: “KAGAK MONCER NI BARANG.”

  39. SAYANG gak ada ganbar foto saat penyerahan jadi kita bisa tau itu pesawat buat Siapa ?
    Saya kasih CLUE nya yaa biar diecerna dan hoax jadi bumbunya

    Sukhoi SU 30 MK 2 adalah salah satu sukhoi yang bisa menjadi mutant
    Ciri ciri Mutant selain bisanya dilihat dari Cocpitnya juga bisa dilihat dari fisik luarnya .
    Dinamai SU 30 MK2 kok memakai Singgel seat ,dibilang SU 27 SKM kok memakai canard,
    Dibilang milik paman ruskie kok ada roundel segi lima,dibilang milik kita kok nomernya sudah dipakai oleh pesawat yang lain dibilang multyrool kok jagoan CQKF,,, :mrgreen:

    Anak perusahaan dari grup Sukhoi. KNAAPO memproduksi Su-30MKK dan Su-30MK2, yang dirancang dan dijual kepada Cina dan Indonesia.
    Su-30 paling mutakhir karena banyak cangkokan teknologi diluar Ruskie adalah seri Su-30MK buatan Irkut. Antara lain Su-30MKI, yang merupakan pesawat yang dikembangkan khusus untuk Angkatan Udara India, serta MKM untuk Malaysia dan MKA untuk Aljazair.

    Dijelaskannya, dalam release kita dulu satu paket senilai US$470 juta digunakan untuk pembelian 6 Sukhoi, suku cadang satu paket, engine 12 unit, training 10 penerbang dan 35 teknisi.

    Cuplikan berita 2013
    Setelah beberapa hari lalu dua Pesawat Tempur SU-30 MK 2 dari 6 Pesawat pesanan pemerintah Indonesia buatan Rusia memperkuat Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Tim penerimaan kedatangan Pesawat tempur Sukhoi Lanud Sultan Hasanuddin Rabu malam (27/2/13) kembali disibukan untuk menerima kedatangan empat engine Pesawat tempur Sukhoi 27/30 yang diangkut dengan menggunakan Pesawat Antonov An-124-100 Flight Number RA/82043 dengan Pilot Ustelenov.

    Kedatangan Pesawat An-124-100 yang parkir di Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin tersebut disaksikan oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Barhim, Para Kepala Dinas, Komandan Satuan, Tim dari Kemhan, Mabes TNI dan Mabesau serta Pejabat dari PT Trimarga Rekatama.

    Pesawat An-124-100 mempunyai panjang badan 68.96 m dan lebar sayap 73.3 m serta tinggi 20.78 m, yang membawa empat engine pesawat tempur SU-27/30 buatan KNAAPO (Komsomolsk-na Amure Aircraft Production Association) Rusia, Take off dari Bandara Dzemgi Rusia Selasa (26/2) dengan rute penerbangan Bandara Dzemgi Rusia- Bandara Calcutta (India) – Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, yang merupakan satu rangkaian tahapan dari kedatangan enam unit pesawat Temnpur SU-30 MK2 pesanan pemerintah Indonesia buatan Rusia.

    Cuplikan berita Lainnya
    Lanud Sultan Hassanudin – Setelah beberapa waktu yang lalu 2 (dua) Pesawat Tempur SU-30 MK 2 dari 6 (enam) Pesawat pesanan pemerintah Indonesia buatan Rusia memperkuat Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Tim penerimaan kedatangan Pesawat tempur Sukhoi Lanud Sultan Hasanuddin, Sabtu siang (27/4) kembali disibukan untuk menerima kedatangan 8 (delapan) engine Pesawat Tempur Sukhoi 27/30 yang diangkut dengan menggunakan Pesawat Antonov AH-124-100 VDA-6192 dengan Pilot Chevron, Co Pilot Morenko.

    Kedatangan Pesawat AH-124-100 yang parkir di Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin tersebut disaksikan oleh Komandan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Danet Hendriyanrto, para Kepala Dinas, Komandan Satuan, Tim dari Kemhan, Mabes TNI dan Mabesau serta Pejabat dari PT. Trimarga Rekatama.

    Pesawat AH-124-100 mempunyai panjang badan 68.96 M dan lebar sayap 73.3 M serta tinggi 20.78 M, yang membawa empat engine pesawat tempur SU-27/30 buatan KNAPO (Komsomolsk-na Amure Aircraft Production Association) Rusia, Take off dari Bandara Dzemgi Rusia dengan rute penerbangan Bandara Dzemgi Rusia- Manila – Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, yang merupakan satu rangkaian tahapan dari kedatangan 6 (enam) unit pesawat Temnpur SU-30 MK2 pesanan pemerintah Indonesia buatan Rusia.

    KITA sudah membeli 12 engine untuk 6 pesawat .. Fantasi saya bila untuk mengganti Sukhoi pembelian jaman ibu Mega kebanyakan karena hanya butuh 8 engine,,
    Apakah 12 Engine turun dilanud Hasanudin sedangkan bodynya turun di lanud yang lain dan disatukan di salah satu tempat,,, ataukah ada Antonov lain yang datang di Hasanudin dan tidak diberitakan ? sebagai rakyat hanya bisa berharap dan berprasangka baik ,mungkin 4 mesin lainnya untuk cadangan,
    Tetapi bila kita sekarang melihat Gogel earth dan melihat citra satelit di depan Skuadron 5 Hasanudin terlihat Antonov parkir disana itu menandakan Antonov di Lanud Hasanudin sering dipantau oleh satelit Amerika dan difoto

    Silahkan di CERNA sendiri dan difantasikan seliar liarnya

  40. Jadi jumlah sukhoi tni berapa y..?

    • 10 SKUADRON, PUASSS……………
      lagian ilmu sun tzu semua negara pada tw, pura2 kuat alutsista goib padahal lemah…..
      klo negara besar mw nyerang dri dlu ribuan jet tempur vs pesawat ketengan emang situ msih bangga cengar cengir. usa,rusia,cina big class mw coba masuk ring mrk???…………

  41. Dari jaman bung karno smpe skrang Para petinggi TNI sudah terbukti betel propen dlam hal nyelip menyelipin .. ngumpet mengumpetin alutsista sgede gaban sklipun..kekekee..ngomong soal tni dan alutsistanya tidak bisa hanya mengandalkan logika bin resmiyah gambariyah kelihataniyah..

  42. artikel aneh,isi beritanya cuma di paragraf 1 dan 2 sisanya ttg spek SU35 dan ngapain juga menhan russia nonton lewat video conference :mrgreen:

    • kok masih ada yang gr ya, terjemahan kan udah jelas dan benar; Pesawat diproduksi sesuai dengan perintah (pesanan) Negara untuk penyediaan pesawat tempur bagi Angkatan Udara Rusia di bawah Program…

      The aircraft were produced in accordance with the State orders for the supply of combat aircraft to the Russian Air Force under the State Armament Program…

  43. imho itu artinya si menhan (atau orang sono umumnya) gak hobi upacara2an bung lare alit 🙂

  44. Tinggal tunggu test flight-nya besok dan liat gimana respon negara2 jiran…

  45. Indonesia Jadi Pesen Rafale 16 biji seharga $ 1,5 billion menurut berita ini: Exportation d’armes (1/4) : l’Indonésie sera-t-elle le nouveau filon de la France ?
    http://www.latribune.fr/entreprises-finance/industrie/aeronautique-defense/20141014trib233d6edb8/exportation-d-armes-1-4-l-indonesie-sera-t-elle-le-nouveau-filon-de-la-france.html

    Lihat Cuplikan bagian berikut:

    Rafale et sous-marins à moyen ou long terme

    Jakarta, qui avait acheté fin 2011 six chasseurs Su-30MK2 à la Russie, souhaiterait acheter 16 avions de combat destiné à l’équipement d’un escadron, assure-t-on à La Tribune, et aurait dégagé un budget de l’ordre de 1,5 milliard de dollars. Mais c’était avant l’élection présidentielle de cet été.

    Rafale and submarines medium to long term (by. Google-translate)

    Anyway, Jakarta, who had bought in late 2011 six Su-30MK2 fighters to Russia would buy 16 fighter jets for the equipment of a squadron, we are assured in La Tribune, and have posted a budget of around $ 1.5 billion. But that was before the presidential election this summer.

  46. yg lebih jelas buka di deagel.com info dan beritanya. sukhoi itu memang pesanan pemerintah rusia.

  47. RAPTOR

    Ketangguhan hakiki yg tidak bisa diatasi lawan manapun

    https://www.youtube.com/watch?v=_F8TckuceI8

  48. Dasar silaing kampungan banget, silaing mending balik sono ngajual soto, meun teu laku ngajual iri waelah…

  49. Bung Diego tolong di banned tuh si cendoL , dari kemarin ga’ jeLas akar permasalahannya , harus2nya org2 gini langsung dihapus aja , kebanyakan jadi sampah???

  50. cendolnya dibuat es dawet aja bung. Hahaha

 Leave a Reply