Jun 142015
 
image

SU-27 Flanker Rusia

Washington – Satu jet tempur Rusia nekat terbang mendekat dan membayangi pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika Serikat yang kedua pesawat mengudara beriringan dengan jarak hanya 3 meter di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam.

Disampaikan beberapa pejabat AS, seperti dilansir CNN, Jumat (12/6/2015), insiden udara ini terjadi pada 30 Mei lalu. Saat itu, jet tempur Rusia terbang di ketinggian yang sama dengan pesawat pengintai AS.

Kemudian, jet tempur Rusia tiba-tiba terbang mendekat dan kemudian membayangi pesawat AS, sebelum akhirnya benar-benar meninggalkan area tersebut. Pesawat AS tidak melakukan gerakan menghindar ketika insiden itu terjadi.

Tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai insiden udara tersebut. Namun disebutkan bahwa jarak kedua pesawat hanya mencapai 3 meter saja di udara, ketika insiden itu terjadi. Secara terpisah, seorang pejabat militer AS enggan mengomentari saat ditanya apakah protes diplomatik telah dilayangkan ke Rusia terkait insiden ini.

RC-135 USAF

RC-135 USAF

Insiden udara ini terjadi selang beberapa minggu setelah insiden udara lainnya antara AS dan Rusia di wilayah udara Eropa. Dalam insiden tersebut, pesawat militer AS jenis RC-135U yang mengudara di wilayah udara internasional, dicegat pesawat militer Rusia jenis SU-27 Flanker. AS menyebut insiden itu sebagai tindakan yang tidak profesional dan membahayakan.

Awal bulan ini, Angkatan Laut AS melakukan langkah tidak biasa dengan merilis video pesawat militer Rusia jenis Su-24 yang terbang di sisi kanan kapal penghancur misil milik AS, USS Ross yang tengah berlayar di Laut Hitam. Video itu sengaja diungkap ke publik untuk memperjelas bahwa insiden antara pesawat Rusia dengan kapal AS itu merupakan aktivitas rutin, dan membantah laporan Rusia yang menyebut kapal AS melakukan gerakan agresif di Laut Hitam.

Terlihat dalam video tersebut, pesawat Rusia sengaja terbang mendekati kapal militer AS dan kemudian terbang menjauh. Pejabat pertahanan AS menyebut insiden itu murni aktivitas rutin. Menurut pejabat itu, ada banyak pesawat militer, baik dari NATO maupun Rusia yang mengudara di atas Laut Hitam dan Laut Baltik, sehingga sangat dimungkinkan ada banyak interaksi.

Detik.com

  38 Responses to “Sukhoi SU-27 Rusia Sergap RC-135 USAF”

  1.  

    uno

  2.  

    Siang

  3.  

    kl saja senggolan..siap siap ASU rata

  4.  

    Pap bear tembak aja si penggangu dunia

  5.  

    Mantap

  6.  

    Btw, Rusia bulan depan mengadakan lelang alat tempur bekas seperti tank, mesin tank, kapal perang bekas, kira2 pemerintah kita ikut andil beli barang bekas tidak ya? #tunggu respon.

  7.  

    su 24 kyaknya mantaabb nih,,

  8.  

    Baru aja SU-27 blm yg SU-35, bisa ngomopol di celana tuh pilot USA…hihihi

  9.  

    Itu bknnya SU30?

  10.  

    lumayan tuh klo ada lelang murah meriah dr rusia.

    ikutan lelang s400 sama TOPOL M, YARS, sekalian

  11.  

    itu su-30 kali, keren liat pesawat rusia, slalu bawa cantelan kemana-mana coba indonesia ada tp gak dipasang, terlalu jaga perasaan tetangga tp tengga gak tuh.

  12.  

    mirip2 indonesia malaysia…

    provokasi trus…. yg gk tahan…berarti yg minta perang 😀

  13.  

    Pesannya “Ini dadaku.. Mana dadamu..”

  14.  

    Haa 3 meter …msukklah dikit dgn gerakan cobra yg terkenal tinggal sunduul..

  15.  

    kalem banget komentarnya, soalnya yg dihadapi russia sih…
    emang kenyataan ASU cuman berani sama negara lemah.
    ingat itu Indonesia, kalo lemah kagak dianggap!!!

    coba kalo pesawat RI yg mendekat, kira2 komentar pemerintah ASU apa ya?
    pastinya tidak sekalem yg di atas.

  16.  

    Coba NKRI undang Rusia patroli bersama di lcs ..
    Rusia pake SU 37 TERMINATOR dan NKRI pake cocor bebek .. muter mutwr dekat my dan sg …kwk kwk

  17.  

    Itu kejadian diwilayah internasional, makanya pilot Russia hanya bisa meledek dan mengganggu, tidak perlu mengeluarkan peluru sebiji pun. Karena siapa yg menembak duluan itu yg dianggap melanggar hukum internasional dan tentu memperlemah secara politik internasional. Karena itu ane berharap mr Obama atawa tuan Putin segera menyatakan perang antara Russia melawan USA cs agar para pilot kedua pihak bisa mempraktekan berbagai taktik pertempuran udara. Bila perang beneran terjadi, presiden indonesia, silakan mengajukan proposal perdamaian karena faktanya para pemimpin indonesia dulu sering sukses menjembatani perdamaian sekitar kawasan asia tenggara walau belum satu pun nobel perdamaian sempat mampir pada tokoh negara indonesia. Ingat, perang indocina (kamboja, vietnam) diselesaikan secara damai berkat inisiatif pemerintah indonesia, konflik pemerintah philipina VS gerilyawan moro juga berhasil didamaikan atas inisiatif pemerintah indonesia.
    Namun kalau yg perang negara pemilik nuklir, indonesia nonton saja deh..

  18.  

    Waah flangker.. idolaku, kalau ketemu SU 27/30 RI sekarang mungkin AS kena serangan jantung..gitu ramalanku.

  19.  

    sayangnya flangker NKRI ompong gk pernah di tongolin bagaimana kalau ada serangan mendadak