Sukhoi SU-30MK2 TNI AU Tembakkan Rudal Kh-29TE

JakartaGreater – Penerbang pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2 Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, mendapatkan apresiasi dari Kasau, Marsekal TNI Fajar Prasetyo, setelah sukses melaksanakan uji penembakan Rudal Kh-29TE di AWR Pandanwangi Lumajang, Jawa Timur, Senin, 19/4/2021.

Pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2 TNI AU Tembakkan Rudal Kh-29TE. (@TNI AU)

Latihan ini disaksikan oleh Kasau serta para pejabat TNI AU secara Vicon dari Puskodalau Cilangkap, Jakarta.

Pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2 TNI AU Tembakkan Rudal Kh-29TE. (@TNI AU)

Latihan ini juga menjadi bagian dari upaya TNI AU untuk meningkatkan profesionalisme penerbang tempur dalam melaksanakan penembakan sasaran target strategis, baik di atas daratan maupun permukaan laut, ungkap IG TNI AU, Selasa, 20/4/2021.

Pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2 TNI AU Tembakkan Rudal Kh-29TE. (@TNI AU)

Rudal Kh-29TE, merupakan rudal jenis udara ke permukaan atau Air to Surface Missile (ASM) buatan Rusia, untuk menyerang sasaran permukaan baik di darat atau laut/air, yang diluncurkan dari jarak jauh tanpa berada dalam jangkauan pertahanan udara target.

Dalam uji penembakan Rudal Kh-29TE ini,  pesawat Sukhoi SU-30MK2 take off dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan untuk menghancurkan sasaran di AWR Pandanwangi Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Setelah melakukan penembakan, Sukhoi SU-30MK2 kembali ke Lanud Sultan Hasanuddin Makassar setelah sebelumnya melaksanakan pengisian bahan bakar di udara atau air refueling.

Video Penembakan: