Mar 112016
 

Jet tempur multiperan Su-35S Angkatan Udara Rusia ยฉ Dmitriy Pichugin via Wikimedia Commons

Adanya antrean pembelian jet tempur canggih Su-35 dari beberapa negara lain, menyebabkan Indonesia harus bersabar menerima pasokan Su-35 pertamanya hingga dua tahun mendatang. Menurut narasumber izvestia.ru, sebagai produsen tunggal pesawat jet tempur Su-35, Komsomolsk-na-Amure Aircraft Production Association (KNAAPO) sedang mengalami kelebihan permintaan baik dari dalam maupun luar negeri.

“Perusahaan kami saat ini telah mempertimbangkan untuk fokus hanya pada produksi jet tempur Su-35. Namun demikian, ini semua tidak akan memengaruhi antrean. Dalam lima tahun ke depan, pabrik kami memiliki kontrak untuk memproduksi 50 pesawat untuk Angkatan Udara Rusia, dan 24 unit untuk Tiongkok. Menurut perkiraan kami, Indonesia baru bisa menerima dua jet pertamanya pada 2018,” ujar sumber tersebut kepada Izvestia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, sebagaimana yang dikutip Izvestia, produsen KNAAPO telah menghasilkan 14 unit Su-35, beberapa unit pesawat Su-30??2 untuk Vietnam, dan pesawat Su-27 yang telah dimodernisasi pada tahun 2015.

Selain itu, terkait jangka waktu pemasokan Su-35 ke Indonesia, pihak Sukhoi menyatakan, hal tersebut juga dipengaruhi dengan fakta bahwa karakteristik teknis Su-35 yang akan dikirim harus terlebih dulu disetujui Indonesia.

“Sepertinya, nantinya Indonesia ingin memasang sistem buatan non-Rusia pada pesawatnya. Karena itu, perlu lebih banyak waktu untuk mensurvei dan menguji coba apakah sistem tersebut bisa bekerja dengan optimal,” ujar sumber di Kementerian Pertahanan Rusia kepada Izvestia.ru

Namun demikian, Indonesia dikatakan siap menunggu. Sebagaimana yang ditulis media di Indonesia, dengan membeli pesawat Su-35, Indonesia akan mendapatkan teknologi pembuatan pesawat yang sangat mirip dengan teknologi pembuatan pesawat generasi kelima.

“Indonesia bukan negara aviasi,” ujar sumber Izvestia dari industri pembangunan pesawat. “Di Indonesia ada perakitan pesawat kargo militer Spanyol CASA C-212 Aviocar (diproduksi Indonesia di bawah lisensi PT DI -red.). Selain itu, ada pula kerja sama dengan Korea Selatan untuk merancang pesawat tempur yang karakteristiknya mendekati pesawat generasi kelima.

Jika Indonesia sudah membeli jet tempur Su-35 buatan Rusia, mereka langsung bisa menjadi salah satu negara yang mempunyai teknologi canggih untuk memproduksi teknik aviasi paling modern.

Hanya Mau Su-35, Bukan yang Lain

Pada awal bulan Maret, Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu mengumumkan, Moskow dan Jakarta secara resmi menandatangani kontrak pengiriman sepuluh unit jet tempur Su-35 Flanker senilai satu miliar dolar AS pada April mendatang. Kesepuluh jet tempur Rusia itu, dibelimenggantikan F-5 Tiger TNI AU yang sudah usang.

Sebelum akhirnya memutuskan membeli Su-35 Rusia, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah mengajukan dua opsi jet tempur untuk dievaluasi oleh pemerintah Indonesia, yaitu Lockheed Martin F-16V dan Su-35 Super Flanker. Pilihan jatuh pada jet tempur Su-35 buatan Rusia karena teknologinya yang diniliai sangat canggih dan secara karakteristik, pesawat ini mirip dengan pesawat Su-30MK2 milik AU Indonesia saat ini.

Pesawat Su-35 Super Flanker yang diklasifikasikan sebagai pesawat generasi ke-4++, berada tepat di bawah pesawat siluman generasi kelima. Dibandingkan dengan F-16 dan F-18, yang berbasis teknologi tahun 1970-an, Su-35 baru saja masuk dalam perbendaharaan senjata AU Rusia.

Berdasarkan informasi dari Air Force Technology, pesawat Su-35 memiliki kemampuan manuver yang tinggi (+9g) dengan sudut penyerangan yang tinggi, dan dilengkapi dengan sistem senjata canggih yang membuat pesawat ini, memiliki kemampuan tempur yang luar biasa. Kecepatan maksimum pesawat mencapai 2.390 km/ jam atau Mach 2,25.

Karakteristik taktis penerbangan pesawat Su-35S mendekati pesawat tempur generasi kelima. Teknologi siluman diterapkan dalam pembuatan pesawat tempur ini, yaitu dengan menggunakan lapisan peredam radar dan material komposit. Kecepatan maksimum pesawat 1.400 km/jam dengan jarak penerbangan sejauh 3.600 km. Jangkauan deteksi target dalam mode โ€œudara-ke-udaraโ€ adalah sekitar 400 km. Radar pesawat sukhoi Su-35 secara bersamaan dapat melacak hingga 30 target dan melakukan penembakan ke delapan target udara.

Indonesia.rbth

  64 Responses to “Sukhoi Su-35 Indonesia Bersifat Mutan”

  1.  

    Sukhoi…best fighter

    •  

      su 35 bisa melacak f 22 apa ngak yah…??

    •  

      “Sepertinya, nantinya indonesia ingin memasang sistem buatan non-rusia pada pesawatnya. karena itu, perlu lebih banyak waktu untuk mensurvei dan menguji coba apakah sistem tersebut bisa bekerja lebih optimal,” Sebenarnya, ini justru sesuatu yg belum pasti kalau kelak SU-35 indonesia bersifat mutan, karena mengacu pada sistem teknologi yg belum teruji, yg justru sangat mengkhawatirkan, dan saya yakin, tak satupun rakyat indonesia yg menginginkan TNI menggunakan alutsista yg justru di down-grade hanya karena alasan anggaran, mudah-mudahan kesalahan masa lalu tidak pernah terulang lagi, karena tidak disebutkan sistem apakah yg dimaksud,,,

    •  

      Uhuuy, Datalink LG akan di install di su telu limo
      biar bisa ngobrol dengan F33.

    •  

      He he, yg bilang akan dikaji, wacana, rencana dst kan warjager sendiri bung astros. Kalo dibanding China yg butuh lebih 8 tahun utk sign kontrak, maka “rencana” tni cuma seumur jagung, kitanya aja yg gk sabaran ๐Ÿ™„

    •  

      Laaaaaa yaaaaa

  2.  

    Supeer sekali

  3.  

    Mantab

  4.  

    Mantap bozz.

  5.  

    Wew … mutan !! OMG … kalo malon punya bersifat manusia purba…wekawekawekaweka…

  6.  

    Sip

  7.  

    Waw mantap mutan…
    Nyimak sambil denger lagu katyusha.

  8.  

    mabok sukhoi lagiii. sakau sukhoi. Sampe neq

  9.  

    ternyata isinya gado gado….

  10.  

    ayo sukoi buka lapak di indonesia

  11.  

    pantes lama…ternyata modif…

  12.  

    โ€œIndonesia bukan negara aviasi,โ€ ujar sumber Izvestia.
    ……………………………..Jika Indonesia sudah membeli jet tempur Su-35 buatan Rusia, mereka langsung bisa menjadi salah satu negara yang mempunyai teknologi canggih untuk memproduksi teknik aviasi paling modern.
    TOT kah???

  13.  

    Like sukhoi 35..

  14.  

    Sistem non rusia di dlm pespur rusia?
    Su35 oprekan….weleh…hehe

  15.  

    Njiiir,,,,mo jualan koq malah ngremehin calon pelanggannya, masak dibilang : “Indonesia bukan negara aviasi…”, apa enggak mandang eyang Habibie??? Celamitan juga mulutnya

  16.  

    Kemaren helm bermasalah, sekarang radar bermaslah bikin system reboot pas lagi mengudara, ini sih pespur uji nyali namanya.

    http://tech.slashdot.org/story/16/03/10/2220203/software-bug-in-f-35-radar-causes-mid-flight-system-reboot

  17.  

    Rosoborot@ maksudnya kan bkn negara aviasi pesawat tempur x bung,kita kan br bisa pesawat comersil.sama korea kan jg br belajar bikin…,pahami dulu lo baca napa.

  18.  

    Salut untuk menhan algeria, 24 su35, 12 su 34, 58 su 30 mka, 42 mi 28, 35mi 35, 15 c130h

  19.  

    Hahaha..ni malingsial gak jera juga… tentara malingsial itu tentara yg malu belajar pada kami TNI.. coba lihat sahabat kami brunei.. mereka tak malu.. mereka mengakui kekurangan mereka.. mereka datang kesini untuk belajar dan meminta bantuan pada TNI untuk melatih pasukan mereka yg ada di negaranya dengan mengirimkan tenaga latih khusus yg tidak di miliki negara tetangga mereka yg katanya serumpun ( malingsial ) .. alhasil
    http://jakartagreater.com/brunei-terima-kasih-atas-pelatih-tembak-tni/

  20.  

    Maaf pemirsa ini org lg mabok panadol. Tolong di maklumi saja ya. Klo perlu anggap aj kentut lewat.

  21.  

    hahahaha maunya hanya SU 35; sorry F 16 ngga deh…dan ngga akan lagi

  22.  

    Neger?j?ran…realitasnya kemampuan tni lebih unggul dari kalian..dalam setiap giat latma, personil kalian menaruh rasa respect yg tinggi terhadap tni..karena kalian kalah telak.begitupun untuk para penerbang fighter,dalam berbagai simulasi pertempuran,kami lebih unggul..jadi apa gunanya pesawat bagus tetapi tidak terlatih dalam pengawakanya.Aussie pun mengakui keunggulan para pnerbang flanker tni.NKRI Harga mati

  23.  

    @neger..soak..LGBT..

  24.  

    wooww sistemnya dari mana ni…hasil pengembangan sndri apa dari Saab ya…

  25.  

    Kalau soal Mutan, malon lebih unggul, contonya saja :
    – Pesawat penumpang komersial MH370 mutan. menjadi pesawat siluman yg tidak terlacak radar
    – Kapal TLDM KD Pari mutan, menjadi kapal selam
    – Pesawat CN 235 malon mutan, menjadi pesawat ampibhi yg bisa mendarat di air
    – Kapal selam malon mutan, menjadi kapal yg tak pandai nyelam
    – GEMPITA malon mutan, menjadi bisa dibuat berguling guling
    – Pespur Sukhoi malon mutan, enginenya dihilangkan diganti tenaga angin
    Malon memang jaguhnya mutan (munyuk hutan)

  26.  

    Semua pada mabok, tidak ada yg memperhatikan isi dari artikel diatas…xixixixixixi
    mau itu kopi, teh, arak, ciu, susu, es degan, es cendol, semuanya diminum abis…..xixixixixixi
    JKGR, lucunya tuh masih disini… ๐Ÿ˜†
    Jika ada yg merasa pusing, mual-mual, muntah dan nyungsep baca berita diatas pastinya tidak akan diam….kecuali…..ooohhhh ๐Ÿ˜ฎ
    xixixixixixi ๐Ÿ˜€

  27.  

    langsung bisa menjadi salah satu negara yang mempunyai teknologi canggih untuk memproduksi teknik aviasi paling modern.

  28.  

    Mungkin warga indonesian gak tahu kelebihan su30mki,mkm, bisa upgrade radar menjadi 400km, 30 tergat cuma jarak terbang masih 3000km lagi kecepatan 2.3mach. Gak bisa jamming kerana kawal setelit

    He.he.he data beri kata oleh jakarta Greter tak benar,

    kelebihan su30mki Dan mkm belum upgrade terbang kecepatan 2mach, radar 300km, 15 tegat. Seorang tergat udara seorang target darat

    Kelebihan tak Ada pada su35s tak bisa kawalan tak bisa kawalan taget seorang udara Dan seorang darat gak Ada pada su35 itu

    http://in.rbth.com/blogs/2014/01/05/how_the_su-30_mki_is_changing_the_iafs_combat_strategy_32099

  29.  

    di sini banyak malon guoblox …

    tidak bisa membedakan antara NC, CN dan N

    #NC-212-200
    design milik Airbus Military
    PT DI membeli licence untuk membuat dan menjual NC-212-200

    #NC-212-400
    design milik Airbus Military
    PT DI tidak membeli licence
    PT DI bertindak on behalf of Airbus Military as the sole maker of NC-212-400

    #NC-212i
    design milik PT DI
    PT DI dan Airbus Military membuat JOINT VENTURE

    #CN-235
    design milik bersama PT DI dan Airbus Military
    Cross Manufacturing
    PT DI dan Airbus Military membagi wilayah penjualan CN-235

    #CN-295
    design milik Airbus Military
    Cross Manufacturing
    CN-295 adalah designation untuk C-295 yang dibuat di INDONESIA
    PT DI bertindak sebagai FINAL ASSEMBLY LINE untuk CN-295 yang dijual di ASIA-PACIFIC

    N-219
    design milik PT DI
    PT DI bebas menjual N-219 ke seluruh negara di dunia

  30.  

    untuk menghindari kesalahpahaman mungkin lebih baik bila kita melihatcke sumber beritanya langsung (indonesia.rbth). mungkin saja ada kesalahan dalam menerjemahkan.imho

  31.  

    Ini ada berita lama, apa penjaga negeri kita memang suka barang mutan / modif yak ?

    Duta besar mengatakan jet tempur Sukhoi dikemudikan oleh pilot Indonesia, dan Angkatan Udara Indonesia memiliki Sukhoi Su-27 dan Su-30 dengan berbagai modifikasi pada peralatannya, menyebabkannya unggul dalam memenuhi tugas-tugas tempur dalam pengujian baru-baru ini. http://jakartagreater.com/indonesia-siapkan-dana-beli-jet-tempur-dan-kapal-selam-rusia/

  32.  

    Di tunggulah hasil blusukan jokowi dri rusia..
    Buat malon keliatan sekali kau orang IRI besar ya tak punya malu tak punya rasa terima kasih!
    Miskin moral ni…
    Tengok gempita mu terguling tuh
    Matek 1 kan..kena karma kau orang

  33.  

    Yes

  34.  

    Semoga segera dikirim…

  35.  

    boleh dapat pencerahan apanya yang di mutan, perabot lenongnya nya kah ?, versi upgrade atau down grade. su35s/bm kan sudah pake radar irbis-e, kalau masalah data link, komunikasi antar alutsita gado-gado, yang harus diperbaiki adalah system radar Indonesia, tantangan buat len, dan yang lain. bukankah SAAB sudah menawarkan system yang bisa menyatukan tehnologi radar barat dan timur. CmIIW

  36.  

    mantaaaaappp…semoga NKRI mkin strooong….

  37.  

    Widih bakal seru si Mutan hehehe kog ada yg bikin enak nih
    *First poin:
    Sepertinya, nantinya Indonesia ingin memasang sistem buatan non-Rusia pada pesawatnya( non Rusia nah dari mana??)
    Di poin pertama saya curiga dengan ini jangan jangan nanti akan di pasang dari Elbit System atau dari Jin rafa bahkan bisa saja EF muehehehe demen dah gw soal ginian hihi tinggal puilih siapa tau Kanjeng MAMI suka :mrgreen:
    *second poin : Indonesia akan mendapatkan teknologi pembuatan pesawat yang sangat mirip dengan teknologi pembuatan pesawat generasi kelima. (Maksudnya seperti apa??) Hihi Daleman Kanjeng MAMI mau dicangkokin ahahah ehhhh maksudnya bisa saja PAK FA ๐Ÿ˜€
    -Third Poin: Jika Indonesia sudah membeli jet tempur Su-35 buatan Rusia, mereka langsung bisa menjadi salah satu negara yang mempunyai teknologi canggih untuk memproduksi teknik aviasi paling modern.
    Kamsudnya TOT gitu ya hihihi bisa memproduksi teknik aviasi paling modern hihihi kata kuncinya memproduksi, yess kedepan Indonesia dpt memproduksi pesawat tempur yg bahkan SU35 akan dikadalin hahaha IFX?? Yes aja deh jadi teknologi yg akan dibuat selain dari Korea+US apa mungkin kedepan Blok selanjutnya daru Rusia?? Hihihi bisa saja terjadi karena IFX akan disesuaikan dengan keinginan USER dalam hal ini TNI kis kis kis

  38.  

    Kalau mencermati gencarnya gripen menawarkan jas gripen dan data link nya serta penawaran pesawat tukang ngintipnya, kayaknya nyambung nih beritanya, mengerikan rencana pesawat IFX nantinya, gado2 dari rusia, korsel dan swedia, yg buat berita yg menyegarkan lagi Indonesia rencana beli juga kasel, klub S dan helikopter dari rusia.. mantep

  39.  

    si IFX dikawinkan kesana kemari, nanti turunan nya pasti blesteran ๐Ÿ™‚

  40.  

    Ini menjwab jet tmpur su35 china di lcs mkax indonesia ubah aviasi jet tmpurx

  41.  

    Mutan? Mungkin spy bisa dimasukan datalink baru,gitukan? Biar Bom dan rudal buatan kita bisa Fit For,kan?

  42.  

    Jelasnya,,,”molor gitu” pengirimanya,tunggu pilpres,,!. #2019 GANTI SU,35.

 Leave a Reply