Jan 152015
 
Panglima

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (Detik.com)

Jakarta – Pesawat tempur TNI AU F-5 dinilai sudah mulai menua dan tim dari TNI AU telah melakukan sejumlah kajian untuk mencari pengganti pesawat buatan Amerika Serikat tersebut.

“Terkait kondisi F-5, TNI AU juga telah membuat kajian alternatif-alternatif penggantinya,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko usai menghadiri sertijab KSAU di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Kamis (15/1/2015).

Ada 3 alternatif yang masuk daftar pengganti F-5. Sukhoi SU-35 buatan Rusia disebut-sebut sebagai pengganti yang paling diminati.

“Pertama Sukhoi 35, kedua F-16, ketiga Gripen dari Swedia. Tiga-tiganya sudah kita sampaikan kepada Menhan dan yang dipilih TNI AU adalah menempatkan Sukhoi 35 paling atas,” jelas Moeldoko.

Pesawat tempur TNI AU F-5 bikinan AS itu memang sudah termasuk uzur yaitu sekitar 34 tahun usianya dan mulai ketinggalan zaman. Sementara calon penggantinya yang disebut-sebut yaitu Sukhoi Su-35 memang berkemampuan tinggi dan menandingi F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon bikinan AS. (Detik.com).

Bagikan Artikel :

  45 Responses to “Sukhoi SU-35 Pilihan Pengganti F-5 TNI AU”

  1. semoga bisa terwujud amiiin….

  2. Pilihan Ane

    1. EF2000 dgn Captor E AESA (TOT)
    2. SU 35 BM Irbis E AESA
    3. Gripen NG (TOT)
    4. Rafale 3
    5. F-16 blok 62

  3. Super tukano yessss

  4. ifx ato lfx aja lah

  5. akhirnya su35 berada diurutan teratas dr bbrp plihan,,,amin..smoga terwujut

  6. semoga terwujud SU 35. amiiinnnn

  7. Ga bakalan beli……gripin mungkin….

  8. Dari Sumatra saya ikut berdoa semoga SU35 jadi diakuisisi TNI AU minimal 1 skadron lengkap dengan persenjataannya

  9. Tuh pilihan walaupun pada posisi atas, masih bisa ga dirubah sama presiden?? Klo kenyataanye nanti dirubah,yg dibeli malah f16 gimane..?? Berarti penguatan alutsistanye maju ape mundur..?? Wait & see ajelah..!! Semoga su 35 tetep dibeli..!!!

    …NKRI HARGA MATI….

  10. 1000% dukung TNI AU tuk akuisisi Sukhoi SU35 nya.. BRAVO TNI AU
    yg jd masalah pengaruh & pressure AS kuat banget ke pemerintah kita apalagi pemerintah yg skr…
    tinggal berdoa saja smoga di_approved SU35 nya.. BRAVO TNI AU.. Sva Bhuwana Paksa.

  11. Memang the one and only SU 35 yang masuk akal untuk melengkapi pespur Indonesia.Punya dua mesin dan radius tempur yang jauh.Kalo kita kembali ke belakang saat Assilum seeker lagi ramai dan Pak BY tersinggung dengan negara usus buntu karena penyadapan dan pelanggaran territori.Sikap keras PM Abbot ditantang TNI dengan mengatakan Sukhoi Indonesia bisa mencapai Darwin..Apa yang menarik dari ucapan tersebut adalah Sukhoi yang kita punya karena punya daya jelajah yang jauh dijadikan alat untuk menggertak ,tergopoh gopoh Abbot menyiapkan angkatannya merespon ucapan TNI tsb.,Malahan disatu situs disebutkan berkeringat dingin.Jadi Sukhoi kita walaupun belum terlibat perang sudah punya deterrent sendiri sebagai senjata.Hal ini tak kan bisa kita dapatkan andai kita nanti punya F16 ataupun Gripen yang punya daya jelajah yang pendek.Terlebih F16 yang punya kelemahan di sektor sayap.Hal ini terbukti saat perang teluk karena pesawat ini dipaksa kerja keras banyak terjadi kerusakan di sektor sayap.

  12. sayangnya ada (kuda hitam)gripen sbg pilihan ketiga..coba cukup su35 vs f16 blok 62,kita lihat apa yg terjadi hehe

  13. sudah bbrp kali di babar yang penting bukan sekedar cuap2nya, tapi kenyataannya nanti !!!!
    bisa gak mewujudkan Su-35 dalam renstra ke2, MEF ini ???
    kata warung sebelah bahkan sudah ada dimari !!!!

  14. @Ralat:

    Kalau mau menilik ulang, sebenarnya jumlah Rp 704 milyar itu hanya cukup utk melatih:
    (bukan Rp 704 milyar spt diatas tapi Rp 584 milyar– salah ketik).

    Tetap cukup untuk sekitar 58 pilot untuk 200 jam / tahun untuk 4-Skuadron Gripen-E/F.
    Tinggal nombok sedikit perbedaannya.

  15. Mending gripen. Bisa sambil belajar buat pesawat sendiri… Barang bagus apapun kalau impor terus kapan majunya???? Bayangkan beli f22 atau su35 ,100 biji… Perasaan lah airbase pasti jadi sasaran empuk rudak jarak jauh…. Dari pada beli sy lebih bangga kita kita mampu buat sendiri…

  16. kan ada “Pengganti” dan “Penambahan” kekuatan… Utk Pengganti pilihan jatuh pd SU35.. utk penambahan kekuatan mgkin yg ada d daftar urut ke 2-3,,, atow mgkin yg mau ngasih ToT ?

  17. udahlah indonesia ngapain takut ama tekanan USA, beli aja su 35 utk efek sangar negeri kita ngapain dipikirin toh uangnya uang kita, kog seperti ada tarik ulur apa ini maunya… saatnya show off sekali2…saatnya membusungkan dada,supaya anak cucu berbangga akn NKRI sakti.

  18. Skuadron F5 adalah (khusus) pemburu.
    pengantinya tentu jga pesawat pemburu.
    secara nalar jga harus yg lebih hebat lagi.lalu???”?

  19. Sayangnya 4 Su27 batch pertama rezim nenek reddy pinky sdh pensiun dini krn blm pernah ada maintenancenya untuk memperpanjang airframe. Semua Sukhoi kita masih perawan alias blm turun mesin. Maintenance Rusia buruknya satu pintu bersama sparepartnya yg harganya selangit
    Hati2 jk Rusia terutama Rosoboronexport berbicara menawarkan embel2 ToT, offset sucad tp ujung2nx minta kontrak terpisah alias ToT semu.
    India yg membeli 200 Su30 MKI sdh kena getahnya, Rosoboronexport sendiri terkenal mafia, sering mark-up harga seenaknya & isinya kontaknya cenderung ambigu. Untung pertengahan tahun 2014 India mengancam menghentikan pembiayaan proyek PAKFA/PGFA tahun 2019 sehinggan cukup bikin Rusia keder dan kini negosiasi alutsista India langsung G to G & tdk pernah pernah melibatkan Rosoboronexport lagi
    Untung Marinir kita memakai NIMI bknnx Rosoboronexport sayangnya NIMI tdk diizinkan terlibat dlm ekspor alutsista matra udara Rusia

    • dulu ada berita jika tni beli mesin sukhoi 12 biji jika semua mesin sukhoi yang nempel belon pernah diganti trus mesin-mesin yang dibeli dibuat untuk apaan????????

  20. Yang jelas SU 35 jadi pilihan utama TNI. silahkan para salesman Pespur non rusia menawarkan produk pesawatnya dimari dengan berbagai data, fakta…

  21. ” dan yang dipilih TNI AU adalah menempatkan Sukhoi 35 paling atas,” jelas Moeldoko.”

    GARA2 KALIMAT INI, SALES GRIPPEN STRESS, SAMPAI BIKIN LEAK GAK JELAS SUMURNYA
    (BAU2NYA BUNG GOVINDA??) :mrgreen:

  22. Udah deh, gue pusing jadinya, soalnya yg rakyat indonesia mau itu su 35,su 34,titik.

  23. Sukhoi adalah kesempatan bagi TNI AU untuk menutup celah jangkauan rudal dan radar pesawat barat. Tanpa sukhoi, kita ga PD terhadap tetangga.

  24. Bagus beli su 35 biar tambah top

 Leave a Reply