Nov 272014
 

Nunukan2

Nunukan — Ratusan warga korban kebakaran Pasar Jamaker, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, tiba-tiba berebut keluar dari tenda pengungsian. Hal itu terjadi saat mereka mendengar deru pesawat tempur Sukhoi yang terbang rendah di atas lokasi penampungan pos tanggap darurat di Tanah Merah.

“Sudah dua hari ini pesawat terbang itu melintas di sini. Katanya pesawat Sukhoi, pesawat tempur Republik Indonesia,” ujar Kamisa, salah satu pengungsi, Kamis (21/11/2014).

Kejadian ini pun sempat menghentikan aktivitas petugas pendata korban kebakaran dari Kelurahan Nunukan Barat. Mereka keluar sejenak untuk melihat manuver pesawat asal Rusia itu.

Penampungan korban kebakaran di Tanah Merah memang hanya berjarak beberapa ratus meter dari garis perbatasan Indonesia-Malaysia. Camat Nunukan Umboro Hadi Suseno membiarkan beberapa petugas pendata keluar tenda sambil antusias melihat pesawat yang melintas. “Dua kali melintas,” ujar Umboro Hadi Suseno.

Manuver Sukhoi di wilayah perbatasan pada hari sebelumnya sempat disangka sebagai bentuk ketegangan di antara kedua negara. Sebab, sebelumnya tidak pernah ada pesawat tempur RI yang melakukan manuver di wilayah perbatasan.

Umi, warga yang berjualan di pasar sementara eks kebakaran Pasar Jamaker, mengaku sempat mengemasi barang dagangannya saat Sukhoi melintas di wilayah perbatasan, kemarin. “Saya kira ada perang. Aduh, hati ini sudah deg-degan. Habis kebakaran, kok mau perang. Untung tetangga bilang, itu pesawat Indonesia cuma lewat,” ujar Umi. (Kompas.com).

  76 Responses to “Sukhoi Terbang Rendah di Nunukan”

  1.  

    TEST

  2.  

    Pertamax

  3.  

    Suaranya pasti gregeeettt

  4.  

    semoga kapal dan pesawat malaysia tidak lagi masuk ke wilayah NKRI
    kalau nekad di tembak saja. bravo TNI

    Salam NKRI

  5.  

    Pertamax

  6.  

    Klo liat fotonya, semua senyum ya.., pilot sukhoinya tahu apa nggak senyum mereka? Pasti sama2 bangga (pilot+warga nunukan) ya? Moga sehat2 semua

  7.  

    We proud u su-pilots

  8.  

    mantap pokoknya
    sekali2 emang harus gitu terbang rendah dng suara yg menggelegar supaya tau tetangga rese itu ga se enak jidatnya main claim wilayah

  9.  

    Lagi2 sukhoi yg action pesawat tempur yg dapat diandalkan beruntung indonesia punya sukhoi yg kemampuannya melebihi pesawat tempur lain. Rusia pun tak rese . Bravo sukhoi

  10.  

    hahaha kasian si emi mau kabur gara gara si sukro ajo mlayu to hehehehe

  11.  

    hahaha kasian si umi mau kabur gara gara si sukro ajo mlayu dek umi to hehehehe

  12.  

    untuk memberi keamanan warga indonesia

  13.  

    KaLau mau Lihat Sukhoi siLahkan ke iswahyudi dan Lanud SKA 11 Hasanuddin , sampe’ Puas PLototin hehhe 🙂

  14.  

    Keren abizzzz smoga saudara awaa yg tggl di kaltim dpat aman tentram ……

  15.  

    NATO saja sampai ketar ketir ketika tahu sukoi Rusia ditempatkan di Crimea

  16.  

    wajah mereka yg melihat terlihat senang, bahagia, ngga ada yg cemberut kan, itu tandanya mereka setuju kekuatan militer hadir di wilayah mereka,..NEGARA HADIR, RAKYAT MERASA DILINDUNGI….& mereka bangga menjadi bangsa Indonesia….itu yg harus dipupuk & dilestarikan. Semoga menjadi perhatian pemerintah bahwa alutsista kita masih harus ditambah, udara & laut

  17.  

    ane ajah yang tinggal di dekat pangkalan udara .. waktu dengar mesin sukhoi mengglegar terbang di atas rumah.. huuiiii…. hati ini degap deguppp gak karuan…rasanya badan ini langsung lemas… pantesan sukhoi di takutin Aus dan USAP…

  18.  

    Mantab manufer terbang rendahnya …
    Dengan manufer tsb deru mesin pesawat yg menggelegar dpt menggugah semangat dn kebanggaan dlm berbangsa dn bernegara pada masyarakat setempat dn jg merasa ada yg melindungi mereka tentunya …
    Bravo TNI …

  19.  

    SENGGOL…BACOK..!!!

  20.  

    yang ada malah kemas-kemas siap ngungsi dikira mau perang 🙂

  21.  

    aziib…
    yu ah tni sgera tentukan pengganti f 5 tiger…
    biar pd bangga rkyat kita..
    dg kdtngan fighter baru..
    apalagi ditambah lusinan s300 plus radar militer tercanggih..
    go a head..

  22.  

    seharian dilangit salatiga heli dari penerbad lalu lalang, kayaknya yonif 411/ raiders kostrad lagi latian MOBUD.

  23.  

    Spec nya bkn nya msh sedikit dibawah MKM nya Malon y..??

  24.  

    bener bung, 2 hari ini ada 2 pesawat sukhoi yg terbang rendah di atas kota nunukan,

  25.  

    Lebih baik jika Sukhoi ngedrop bala bantuan …. buat korban kebakaran.

  26.  

    Sukhoi sering aktif nih, kalo ga banyak pasti di sayang2 karena takut cepat berkurang umurnya tapi berhubung masih banyak ya ga apa2 lah toh yang lainnya masih utuh dan gress

    Xixixixi….

  27.  

    mesti dijadwalkan tiap hari senin flypass saat upacara bendera di kecamatan Nunukan ,he he

  28.  

    ….Itu pesawat Indonesia cuma lewat..
    *itu pesawat kita lewat.

  29.  

    Kenapa cuma 3 sukhoi, seharusnya lebih dari 6 sukhoi + 4 sukhoi mutan !!!
    f-16 blok 52 apa kerjanya ???

  30.  

    sekarang kayaknya malay…. harus mikir. senggol bacok.

  31.  

    minta link nya dong paskhas yg sdh punya s300 nya..please..
    bung amoeba..thanks

  32.  

    Sampai hari ini sejumlah teknisi Rusia masih di Markas Sukhoi Lanud Hasanuddin. Satu di antaranya ikut terbang sebagai co-pilot. Lagi pada ngapain ya ?

  33.  

    Rencana pembelian steregushchy class atau di atasnya juga tidak ada. Saya sudah tanya langsung ke shurikennya 😀

  34.  

    Pengalaman menyenangkan bg mrk. Tp bikin degdegan,ky pertama kali jumpa pacar.
    Tentu anak2 disana bangga bs melihat pespur kebanggaan ri terbang rendah.
    Jd ingat sikap anak2 didaerah saya dulu, klu ada pesawat terbang rendah, mrk berlarian senang sambil berteriak “Kapaaal, jaluk duiteee!” (Pesawat, minta uangnya!) Hehehe!
    Penyebabnya adalah krn org tua suka bilang pd anaknya saat dimintai uang & kebetulan ada pesawat lewat “Sana, minta uangnya pd pesawat.Sbb yg naik pesawat itu pst banyak uangnya!

  35.  

    Apa kabar bung Diego? Sudah lama saya tidak main disini. Steregushchy class dan teman-temannya itu terlalu “wah” untuk saat ini diakuisisi oleh TNI. Breman class saja saat ini masih mikir-mikir. Akula dan KS ajib-ajib lainnya jangan mengarang indah deh. Punya kilo saja sudah syukur. Kalau ada yang bilang bremen sudah ada di dermaga ujung, saya cuma bisa tertawa dan mengaminin saja. Yang pasti tidak ada “data” mengenai breman ini di meja saya yang baru 🙂
    Realistis sajalah..bbm untuk patroli saja tidak punya kok ya mikir macam-macam. MEF II ada perubahan sedikit. Medium SAM masuk rencana dan seperti yang bung Diego katakan masih penjajakan dan mudah-mudahan bisa dieksekusi di MEF II ini.

    •  

      Kabar baik Bung Sempak. Masih di rumah Madam Angela Merkel kah. Berapa lama di sana ?

      •  

        Sudah pulang ke tanah air minggu kemarin bung. Kurang lebih 4 bulan saya disana. Alhamdulillah semuanya baik.

      •  

        Syukur kembali dengan selamat. Bung, pasukan Indonesia juga ada yang rutin pelatihan di Australia selama 3-4 bulan. Apakah yang di Jerman, model seperti ini atau khusus utk passus atau level lainnya ?

        •  

          Pelatihan rutin saja mas. Untuk passus ada beberapa rekan seangkatan saat ini sedang mengenyam pendidikan di Jerman khususnya mengenai anti teror dan intelejen. Kemungkinan akhir desember ini atau awal januari mereka baru kembali ke tanah air.

          •  

            alhamdulillah bung sempak bs ikut pelatihan rutin di jerman, pakai uang sendiri pastinya, tni ad tdk mungkin punya uang utk membiayai pelatihan anda di sana. berdasarkan data dari anda, tni al tdk punya uang utk beli bbm, beli bremen class, steregushchy class, kilo class. pelatihan ke luar negeri juga terlalu mewah utk tni ad.

  36.  

    itu memanas gara2 pesawat au singapur suka nyrempet2 batas wilayah bung diego, abs kejadian penurunan paksa 3 pesawat bodong, makanya sukhoi turun, katanya,,,,,

  37.  

    Wow… tontonan menarik

    Show of force ceritanya nh..

    Komando…!!!

 Leave a Reply