Aug 112018
 

Jet tempur multirole Sukhoi Su-35. ยฉ Russian MoD via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Menurut editor pertahanan di majalah National Interest, Dave Majumdar, untuk dapat unggul melawan Su-35 Rusia dimasa depan, pilot F-35 AS kemungkinan berharap pada rudal jarak pendek AIM-9X Sidewinder yang terintegrasi ke dalam weapon bay jet tempur siluman tersebut.

Namun, dalam konteks jet tempur Su-35 saat ini, hanya keterampilan dan pengalaman pilot F-35 yang dapat membantu mereka bertahan hidup. Menurut Dave Majumbar, untuk menang, F-35 harus menyerang target dari luar jarak pandang dan menghindari pertempuran jarak dekat.

Bahkan, sangat tidak mungkin komandan Angkatan Udara AS menugaskan F-35 jika masih ada ancaman terhadap F-35.

Jet tempur siluman F-35B Angkatan Udara Inggris (RAF) ยฉ Defence Imagery via Wikimedia Commons

Tepat sebelum Dave Majumbar membuat poin-poin ini, Komandan Angkatan Udara AS Jenderal Herbert Carlisle mengakui, bahwa “Jet tempur F-35 bukanlah pesawat fleksibel dan memang tak dirancang untuk pertempuran jarak dekat melawan Su-35 Rusia”.

“Pada pertengahan 2015, bukti telah muncul bahwa pesawat generasi terbaru AS telah diklaim mampu menyerang darat dan udara, tidak mampu dialihkan dan dipercepat. Cukup cepat untuk menang dalam pertempuran jarak dekat melawan jet tempur yang lainnya”, kata Carlisle.

Kurangnya kemampuan dukungan udara jarak dekat dapat dianggap sebagai masalah yang tak begitu besar, karena F-35 memang dirancang untuk melakukan misi jangka panjang. Namun, masih tergantung kepada Angkatan Udara AS untuk memutuskan F-35 sebagai pengganti 90% dari jumlah jet tempur taktis, sementara itu Rusia dan China secara aktif mengembangkan jet tempur modern untuk mampu bertarung jarak dekat.

Ini bukan pertama kalinya personil militer AS mengakui kelemahan F-35 atas jet tempur Rusia, terutama jet tempur multi peran Su-35. Pengakuan yang enggan diberikan oleh pejabat AS dan Australia sejak 2010 dalam simulasi pertempuran udara.

Secara khusus, pertarungan udara jet tempur supersonik dibuat, mensimulasikan jet tempur generasi 4++ Su-35 Rusia melawan armada campuran jet tempur F-22, F/A-18 Super Hornet serta F-35 AS. Hasilnya, skuadron tempur AS dihajar hingga “babak belur”.

Simulasi tersebut dilakukan di pangkalan Angkatan Udara Hickam AS di Hawaii, setidaknya di hadapan empat personel Angkatan Udara Australia dan Intelijen Militer. Dan anggota Kongres, Dennis Jensen, dengan jujur mengakui bahwa jet tempur siluman F-35 “dihajar tanpa ampun” oleh Su-35 Rusia.

Dalam sebuah wawancara dengan Aviation Week, juru bicara Angkatan Udara AS Bill Sweetman mengatakan bahwa F-35 benar-benar tergantung pada invisibilitas (teknologi siluman) dan tak sesuai untuk pertempuran udara jarak dekat karena mudah ditembak jatuh.

Untuk menghancurkan Su-35, maka F-35 ini harus lebih dekat, sehingga menempatkan dirinya pada risiko terdeteksi sistem radar kuat pada Su-35 Rusia, apalagi jet tempur tersebut memiliki rudal udara-ke-udara jarak jauh Vympel dengan jangkauan 400 km.

Para ahli juga mengatakan bahwa taktik tempur udara Angkatan Udara AS mengadopsi 3 prinsip yakni “mencari, menembak dan menghancurkan”. Dengan munculnya Su-35 Rusia, maka AS pun harus memodifikasi taktik tersebut.

Jet tempur siluman F-35 memang mampu mendeteksi Su-35 terlebih dahulu, tetapi untuk dapat menggunakan rudal maka ia harus bergerak lebih dekat, dan pada titik itu keduanya akan saling melihat.

“Jika demikian, keunggulan siluman F-35 akan berkurang secara signifikan”, sebut penjelasan Sweetman.

Dalam pertarungan jarak dekat, Su-35 Rusia memiliki kemampuan ajaib untuk terbang dengan kecepatan rendah dan pada saat yang sama mempercepat hingga ultrasonik, berubah menjadi sebuah jet tempur pemburu. Su-35 Rusia memiliki kecepatan maksimum 2,5 Mach, dan jarak tempuh 3.600 km, dapat membawa 12 rudal jarak menengah Vympel (varian modifikasi dari rudal R-77).

Sementara jet tempur F-35 AS hanya mampu membawa lebih sedikit rudal dan jarak tempuhnya hanya 2.222 km dengan kecepatan maksimum 1,6 Mach. Faktanya adalah bahwa F-35 AS tidak memiliki fitur “ajaib” yang sebagian besar angkatan udara di dunia membutuhkannya.

Sebaliknya, Su-35 Rusia menawarkan kinerja yang sebanding dengan jet tempur generasi kelima, dan bahkan yang lebih menakutkan bagi militer Barat adalah karena Su-35 yang sangat fleksibel dan bermanuver yang mustahil dilakukan oleh sebagian besar jet tempur AS.

  79 Responses to “Sulit Menang, F-35 Cuma Bisa Mendeteksi Su-35?”

  1.  

    .. annyeong haseyo

    •  

      AESA F35 deteksi SU35 +/- di 160 KM
      Hanya bisa membawa di IWB sedikit 2-4 AIM120 + 2-4sidewinder.
      (Kecuali “beast mode” bisa bawa 14 rudal di luar, cuma stealth hilang dan bisa dideteksi +/- 120KM)
      Pada mode stealth F35 harus bisa one shoot one kill pada BVR, klo gagal ya lari segera secepatnya, itu SOP nya.
      Kecuali terpaksa , harus mendekat untuk kirim sidewinder, ini sangat beresiko karena kalo sudah gagal (4 attemps only), no way to run (mach 1.6 itu kayak keong bagi fighter yang lain).

      PESA SU35 deteksi F35 +/- di 50-80KM
      SU35 menghadapi F35, terpaksa melakukan WVR. Hal ini sangat beresiko terhadap AIM120 (walo cuma sedikit jumlahnya rudal/attempt).
      Untuk itu Knirti dan Skill manuver dan flare sangat penting.
      SU35 bisa berhitung ketika 2-4 shoot AIM120 bisa dihindari, maka waktunya tancap gas mendekat.

      F35 ditemani oleh F15 maka SU35 jangan sekali kali mendekat.
      Anekdot nya adalah :

      F15 itu salah satu weopon dari F35 .. harus satu paket …hehehehe

  2.  

    Dogfight…tidak lagi menjadi doktrin pertempuran USAF.cukup amati dri kejauhan…lepaskan rudal fire & forget(bisa jadi AIM-9 sidewinder kalo udeh jadi serta kompatibel dgn F-35)maka kelar hidup loe(SU-35).

    •  

      Bahkan komandan USAF jiper dengan kemampuan Su-35 bung

      Jet tempur siluman F-35 memang mampu mendeteksi Su-35 terlebih dahulu, tetapi untuk dapat menggunakan rudal maka ia harus bergerak lebih dekat, dan pada titik itu keduanya akan saling melihat.

      Dalam pertarungan jarak dekat, Su-35 Rusia memiliki kemampuan ajaib untuk terbang dengan kecepatan rendah dan pada saat yang sama mempercepat hingga ultrasonik, berubah menjadi sebuah jet tempur pemburu.

      Untuk menghancurkan Su-35, maka F-35 ini harus lebih dekat, sehingga menempatkan dirinya pada risiko terdeteksi sistem radar kuat pada Su-35 Rusia, apalagi jet tempur tersebut memiliki rudal udara-ke-udara jarak jauh Vympel dengan jangkauan 400 km.

      Tuh semua ada ditulis dalam artikel

      •  

        Ane mencermati…tulisan diatas dgn maksud berbeda.kita kan tidak tau kedepannya seperti apa lompatan teknologi AAM blok barat.its ok…mungkin pada saat ini flangker E adalah raja ugal2an di udara…tak ada lawan.tpi jangan jumawa dulu.6 -10 taon kedepan dia akan berada di posisi sebaliknya.

        •  

          6-10 tahun kedepan, pesawat gen 6 rusia sudah siap bung

        •  

          6-10 tahun kedepan pesawat2 seperti F-15 dan F-16 sudah menua karena umur pakai… dan akan menjadi tugas F-35 untuk menggantikannya sesuai tujuan awal sedangkan F-22 diproduksi jauh dibawah target awalnya, dan pada 6-10 tahun kedepan F-22 akan menjadi pesawat gen 5 tua karena berasal dari teknologi dasar tahun 1996…
          Saat ini praktis tidak ada terobosan sangar dari USA terkait pespur, bahkan F-15 SE maupun F-18 Super Hornet tidak menjadi proyek atau program utama dari militer USA…

          Dalam 6 – 10 tahun kedepan, USA akan semakin rumit dengan kompleknya perawatan maupun pengoperasian F-35

        •  

          maksudnya 6-10 thn ke depan F-35 akan lebih lincah dalam dog-fight ya? ๐Ÿ˜› heheheh

          •  

            NOTE…F-35 bukan untuk dogfight.dan tidak dipersiapkan untuk itu.anda kan tau motto dri USAF…first look….first kill..and go home.

          •  

            NOTE… dalam kurun waktu yg sama evolusi radar dan teknologi rudal Rusia mungkin bakal lebih bagus dari yang sekarang bung… sementara F-35 masih berusaha menyempurnakan ratusan item masalah yang ada hingga saat ini.

    •  

      Baca dulu baru komen, gmn seh kok kelihatan nggak pandai

      •  

        Tipikal fansboy barat itu menggunakan logika Gamer. Kalo udah pencet rudal, dah selesai. mereka lupa dan tidak bisa menggunakan kemampuan otaknya untuk menganalisa ini:

        Kehebatan pesawat siluman pada jarak katakan 400 km adalah Su-35 tidak mampu mendeteksi mereka. thats it, selesai. Tapi kondisi itu hanya berlaku kalau F-35 atau F-22 juga diam saja karena bagi sukhoi, keberadaan mereka hanya sebuah titik kecil (bukan benar2 menghilang) dan komputer manajemen tempur juga mengabaikannya.
        Begitu mereka membuka weapon bay dan meluncurkan rudal katakanlah jaraknya 300 km, maka titik yang kecil itu jadi “highlight”, komputer menyadari kehadirannya, sementara rudal amraam butuh waktu beberapa menit untuk sampai ke lokasi sukhoi.
        Sementara itu, dengan bantuan komputernya, pilot sukhoi segera memodifikasi kondisi manajemen tempur dengan melakukan preparing lock meskipun radar belum bisa mengunci secara penuh karena tandatangan radar yang masih kecil. Tapi Russia membuat Su-35 dalam keadaan sudah mengetahui siapa lawan potensialnya sehingga rudal bisa dilepas dengan perhitungan bisa memperbaiki trackingnya sendiri atau dibantu radar sukhoi yang super kuat.

        Kedua pesawat kini sama-sama menghadapi ancaman rudal lawan masing-masing.

        1. Belum terbukti bahwa Amraam bisa meladeni manuver terbang sukhoi maupun daya menghindarnya, baik dengan flare maupun knirti.
        2. Sudah terbukti bahwa F-35 adalah kalkun terbang yang tidak mengutamakan manuver dan vympel mempunyai hidung yang bisa mengendus dengan multi kemampuan: infrared dan radar homing.

        Sekarang tinggal dipikir lagi, siapa diantara kedua pesawat yang bisa menghindari rudal lawan???

    •  

      Gimana mau mengamati? Belum sempat mengamati malah diamati duluan saat didatangi malah kabur

      ๐Ÿ˜Ž huehuehue

  3.  

    tidak bisa terlepas dr dogfight konsep Hanud itu , klo mau tembak dr jarak jauh pake artileri darat ke udara juga bisa , atau batrey2 rudal …ngapain bikin pesawat klo begitu ..dadakan ketemu musuh sdh deket matilahh…kemampuan radar kan ada lemahnya juga krn cuaca , gunung2 situasi alatnya sendiri … cukup diamati dr kejauhan gimana ?? klo begitu bikin saja satelit mata2 ..atau AWACS ..

  4.  

    Gimana f35 bisa mengintip tanpa mematikan anti radar? Jika pake radar maka f35 juga akan ketahuan su35? Taktik amrik adalah f35 bakal pake tandem yg memancarkan radar dan f35 sendiri tidak memakai radar dan tetap menghidupkan fitur anti radar nya…

    Itu artinya f35 cuma jago intip aja, bukan jago tarung di udara maka nya percuma beli f35 banyak2

    ๐Ÿ˜€

    •  

      Ada gelaran baru nih. Kemaren dijulukin si kalkun terbang, sekarang dijulukin si jago ngintip doank. Ngintipnya pake mata ditutup sebelah kaya bang jaja miharja yaa.

      Makin atiiitttt ati nya si Ntung Phd sales gagal dan si Gatol sang fanatisme garis keras….uhuk…uhukk..uhuukkk…ngiiikkk

    •  

      seek…mengko seek…. kok aku jadi bingung @bamboo,

      emange F35 punya semacam medan gaya yag menyelubungi F35 untuk bekerja sebagai anti radar?
      kok seolah olah ada suatu mekanisme yang bisa dihidup matikan untuk bekerja sebagai anti radar lawan.
      setahu aku F35 hanya punya kemampuan anti radar fix (tetap) berupa design geometris (diamond) yabg mampu memantulkan sinyal radar kesegala arah dan material anti radar yang bersifat menuerap (absorb) sinyal radar yang dipakai sebagi badan pesawat. serta mungkin zat RAM lainnya.

      bisa ada yang menjelaskan tentang anti radar punya F35 yang bisa di hidup matikan?

      •  

        Maksud dia…smacam knirty kaleee.ane jdi ikutan…buntu jga. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

      •  

        Awal pertama yg digaungkan adalah f22 dgn kampanye rcs yg 0,0xx tanpa fitur anti radar elektronik, tapi fakta nya masih terdeteksi radar, karena gak pede maka perlu alat anti radar tambahan, untuk menutupi kekurangan ini agar tidak tersiar ke publik, maka perlu program baru dari pesawat model baru.

        Uji coba tsb diterapkan pada f35, maka nya di f35 sering error elektronik nya dan takut pada hujan, petir dsb, nah kira jika 2 alat dihidupkan bersama kayak radar pelacak dan anti radar (elektronik) dihidupkan di angkasa yg sedang hujan apa kira2 yg akan terjadi?? Dikejar petir apa gangguan elektronik apa elektrik??

        ๐Ÿ˜€

    •  

      AESA didesain untuk itu Bung Bamboo.
      Mengintip musuh tanpa diketahui keberadaannya karena range frekuensi AESA yang besar dan berubah-rubah.

      Makanya klo Pesawat Stealth WAJIB hukumnya radarnya AESA walaupun jarak jangkaunya/range nya masih jauh di bawah PESA.

  5.  

    Kalau dari segi spec dan kemampuan tempur, SU35 menang telak, meski di gengbeng 3 ekor F35B pun, SU35 masih superior

  6.  

    Tulisan ini

    “Ini bukan pertama kalinya personil militer AS mengakui kelemahan F-35 atas jet tempur Rusia, terutama jet tempur multi peran Su-35.”
    —————————————————————-

    Dan ini

    “Secara khusus, pertarungan udara jet tempur supersonik dibuat, mensimulasikan jet tempur generasi 4++ Su-35 Rusia melawan armada campuran jet tempur F-22, F/A-18 Super Hornet serta F-35 AS. Hasilnya, skuadron tempur AS dihajar hingga โ€œbabak belurโ€.
    —————————————————————

    Sakiiiitt banget dibaca fans boy AS menusuk sampe ke jantung rasanya…hik..hik..hik…uhuk..uhuk..uhuk
    Menetes air mata kesedihan. Si Ntung Phd dan si Gatol sdh siakan tali utk gantung diri melihat reaslitanya spt itu…..weekkk….weekkkk…..weeeekkkkk

  7.  

    Klo kIta punya rudal ICBM gak akan takut sama raptor ya. Kan bisa kIta hajar dg rudal ITU. Kayak kasus Israel tembak sukhoi dg patriot baru aja. Nah tu aku malah bingung kok bisa ya. Ada Yg bisa jelasin?

    •  

      Saya mlh bingung dgn pertanyaannya. Ada yg bs jelasin ga ?

    •  

      Mungkin maksudnya menembak Raptor pakai ICBM… kenapa tidak terpikirkan sebelumnya ya… anda sangat brilian…

    •  

      Oalah ICBM utk nembak raptor tho? ICBM kuwi opo?

      ๐Ÿ˜Ž huehuehue

    •  

      mungkin maksud dik gladys…. iyu kalau kita punya ICBM raptor tak perlu ditakuti, karena ICBM bisa langsung ditembajjan ke AS sana dan raptor tak mampu mengejar dan mencegatnya. jadi yang dihajar itu AS nya langsung buikan raptornya.

      dik gladys…..patriot itu bukan jenis rudal ICBM. itu hanya jenis rudal SAM jarak menengah biasa. ICM itu rudal antar benua (inter continental balistik missile). Memang sih rudal SAM bisa diubah menjadi rudal balistik seperti kasus di yaman, dimana SA2 atau S75 dengan sedikit merubah beberapa komponen oleh teknisi yang handal akan bisa berudah menjadi rudal antar permukaan.

      kalau patriot menghajar SU22 itu mah sudah tepat guna…jadi nggak usah bingung

    •  

      ICBM kok untuk tembah fighter ???
      ICBM khan golongan Balistik Rudal ?? mustahil untuk nembak pesawat.
      Bahkan TUCANO ajah ga bisa ditembak pake ini rudal

  8.  

    Oalah si doi bakal nangis lagi neh, kalau denger kabar ini

    ๐Ÿ˜Ž

  9.  

    jadi inget berita yg waktu di suriah f22 raptor coba gangguin su24, begitu dideketin ma su35 langsung kabur, gimana kalo yg deketinya su57…?

  10.  

    “Untuk menghancurkan Su-35, maka F-35 ini harus lebih dekat, sehingga menempatkan dirinya pada risiko terdeteksi sistem radar kuat pada Su-35 Rusia, apalagi jet tempur tersebut memiliki rudal udara-ke-udara jarak jauh Vympel dengan jangkauan 400 km.”

    “Su-35 Rusia memiliki kecepatan maksimum 2,5 Mach, dan jarak tempuh 3.600 km, dapat membawa 12 rudal jarak menengah Vympel (varian modifikasi dari rudal R-77).”

    busyet deh…rudal dengan jarak tembak 400km kok bisa dikatakan rudal jarak menengah?

    pasti ada yang salah nih.

  11.  

    Hhhhhhhhhh, lucu banget. Si Dave dan seluruh anggota Russian Fanboys malah melupakan kelemahan utama yg dipunya Su-35 dan seluruh pespur mereka. Apa itu??? Rudal udara ke udara mereka bahkan varian terbaru R-77-1 hanya Rudal lemah yg masih butuh panduan dari pespur yg menembaknya. Memang pertempurannya bakal jadi gak adil karena strategi yg dipake adalah 2 vs 1 dg permainan kucing2an. Toh gak masalah, yg penting menang.
    1 F-35 akan jadi umpan buat Su-35. Dia akan menembak 1 atau 2 AMRAAM biar Su-35 terpancing dan mengejar sambil nembak rudalnya.

    Karena harus dipandu, maka Su-35 tetap harus dibelakang rudal yg ditembaknya agar rudal sampai di sasaran. Nah, saat memandu inilah Su-35 bakal diserang dari samping atau belakang oleh F-35 yg lain. Resiko strategi ini adalah 1 ยฝ banding 1 hingga 1 banding 1 tergantung strategi, keahlian pilot, senjata, serta medannya.

    Rusia gak akan bisa meminta untuk tanding 1 lawan 1 karena jumlah pespur Su-35 dan generasi Su-30 tercanggih milik Rusia aja gak banyak. Su-35 hanya ada 90 buah yg dipunyai Rusia sedangkan F-35 ada sekitar 200an yg combat ready punya USAF. Padahal targetnya harus ada 700-1500 F-35 hingga 2030/2040. Jelas bukan lawan bagi Su-35 yg cuman bisa diproduksi sedikit sama Rusia. Itu belum bicara tentang F-22.

    Apakah Su-35 hebat hingga butuh 2 F-35 untuk menjatuhkannya?? Menurut Ane, itu relatif karena kita lagi bicara strategi tempur abad 20, bukan abad 21. Kalo pake strategi abad 21, jelas F-35 bisa pakai drone2 mini yg bisa dibuat menyerang secara bergerombol dan menyerang ala kamikaze. Jamming pun bisa diatasi dg dual terminal. Tinggal gimana cara Su-35 ngadepin strategi dan senjata tempur abad 21. Bisa ngatasinnya gak??.

    Ingat, serbuan drone kayu ke Hyememim butuh hanud kompleks terintegrasi buat ngadepinnya. Lah masak iya Su-35 bawa Pantsir, Buk-M dan S-300 di badannya, kan gak mungkin. Hhhhhhhhhh

    •  

      Tanpa strategi 2 f35 vs 1 Su35 siapa yang berani melawan jika itu punya amrik? F22 saat tertangkap radar di Suriah tidak ada yg berani menembak dengan rudal tp hanya dihampiri oleh Su35

      Dan beda dengan f35 nya israel yg lewat di Suriah yg langsung di patuk bangau sakti

      Qiqiqi

      •  

        Tak ada kata kalo F-22 tertangkap radar di Suriah. Bisa jadi pespur tua Rusia yg bilang kalo dideketin Ama Raptor. Tugas Raptor bukan menembak, tapi mengusir pespur tua Rusia dari posisi sebelah timur sungai Efrat. Perkara abis itu Su-35 datang, itu sudah bukan tugas F-22 karena tugasnya buat ngusir pespur Rusia dari timur sungai Efrat sudah dilakukan. Hhhhhhhhhh

        •  

          Ngeles itu yang elegan… masak F-22 hanya untuk mengusir pespur tua… mestinya kalau hanya untuk mengusir Su-25 ngapain juga mesti pakai Raptor???
          Logikanya Su-25 di ganggu F-16, Russia marah kirim Su-27, terus baru USA kirim F-15/F-22 untuk back up baru Russia kirim Su-35…
          Hla ini masak gangguin Su-25 giliran di datengin Su-35 malah kabur, kalau memang jantan mestinya ya di jabanin, paling juga cuman kejar2an doang… ga bakalan ada yang nembak, kelihatan banget betapa cemennya pilot F-22…

        •  

          Kalo ngusir,nggak perlu pake raptor….to.cukup hornet pan bisa.apelagi yg di usir akik2 bangkotan.jdi katahuan ngeless nya loe.raptor itu sebenarnya sedang ngeronda,kebetulan ketemu dgn SU-24.jdi intinya…misi raptor bukan touchdown…tpi patroli rutin.disamperin flangky…langsung maen kabur aja.

        •  

          Wkwk … analogi logika lucu, pake alasan cuma mengusir pespur tua aja dan maksa menganggap f22 bener2 tidak bisa dilacak radar, jarak 100 km ke tkp kalau cuma hanya info pilot su 24, ibarat mencari jarum ditumpukan jerami bung ๐Ÿ˜€

        •  

          haha..mau nambahin apalagi jelas blunder ngelesnya si agato,,xixixixi

    •  

      Wekk…weeekkkj….weekkk
      Jd ingat main perang2an waktu kecil alias msh cowboy cengeng….xixixi

      Sejak perang dunia ke 2 dan arab israel tidak ada lg pengerahan pespur dlm jumlah banyak dlm sekali sorti, krn biaya yg mahal luar biasa dlm setiap pespur utk melaksanakan satu sorti. Berapa kemampuan satu unit F35 menggotong rudal sekelas Amraam.? Brp hrg per rudal.? Dan siapa menyerang siapa.? Walaupun 200 f35 jika memasuki wilayah Rusia akan berhadapan dahulu dng arhanud berlapis dr Rusia spt S-500, S-400, Buk-Me dan Pantsir. Satu demi satu akan berguguran, tinggalah pilot F35 pulang jalan kaki klo nasib msh mujur. Demikian jg sebaliknya.

      Jika hitungannya adalah head to head 90 su35 melawan 200 f35 kemungkinan mustahil akan terjadi. Itu cuma rumus hitungan perang anak TK. Sebab dlm skala spt itu sdh termasuk pernyataan perang terbuka. Dan jika perang terbuka yg terjadi hitungannya adalah aset2 rudal icbm dan rudal jelajah yg bermain bukan pespur air superiority lg.
      Tinggal dihitung banyak mana rudal icbm dan jelajah masing2 yg dimiliki oleh kedua negara tersebut. Ampuh mana rudal hypersonik Rusia menghadapi THAAD atau rudal unyu2 AS berhadapan dng komplek pertahanan rudal klub S serta Buk-Me dan Pantsir.

      Ingat bung Rusia punya mbahnya rudal ICBM yaitu si Shatan dan Bulava yg telah di ujicoba dng akurasi tinggi. Sementara rudal unyu2 AS msh tertinggal.

      Yg dipikirkan skrng jika Bulava diluncurkan ke AS, ente mau ngumpet dimana kira2.?
      Jadi hitungan teknisnya spt itu bung Gatol, jng ikut2 si Ntung Phd ngitung asal ngawur, moso hitungan surplus perdagangan mau dibuat beli alutsista. Itukan hitungan terlalu gemblong.
      Jadi kalo mau argumentasi jng asal ngawur aja bung, walaupun anda seorang fanatisme garis keras, tp kalo analisa anda spt itu warjager pasti tertawa terkhantut khantut membacanya…..xixixixi
      Yg logis aja perhitungan teknis head to headnya, wong AS aja sdh mengakui kok melalui simulasi, moso ente yg gak pernah mensimulasi dan hanya tukang jual.tempe gembos di perempatan jalan los angles berani membantah bahkan membuat perhitungan ngawur sendiri….wkkkkkkk…kkkkkkk….weeekkkkkk
      Wasalam

    •  

      https://www.indomiliter.com/r-77-lawan-tanding-terberat-rudal-aim-120-amraam/

      Bagaimana mungkin menyatakan kalau R-77 adalah rudal yang lemah???

      https://www.airforce-technology.com/features/featurethe-worlds-most-effective-air-to-air-missiles-4167934/

      The R-77 (RVV-AE) (NATO: AA-12 Adder) is a medium-range air-to-air missile developed by State Machine-Building Design Bureau “Vympel”. The R-77โ€™s multi-purpose target engagement capabilities and resistance against countermeasures are among the best in the world.

      Dan R-77 termasuk varian yang masuk dalam kategori Fire anf Forget…

      Dan biasakanlah untuk tidak membuat cerita fiksi, Drone digunakan untuk kamikaze… memangnya perangnya di ketinggian berapa dan seberapa cepat itu drone??? supersonic??? ga usah ngayal yang aneh2 malah makin kelihatan konyol… F=35 dikelilingi drone kamikaze, sejak akapan dan dimana??? atau masih dalam angan2??? Dikelilingi drone kayu???

    •  

      halah… sudah tho bung… gak perlu banyak teori, itu AS dan Australia udah membuktikannya, gak perlu alasan ini itu, yang pasti strategi mereka jauh lebih baik dari teori anda diatas ๐Ÿ˜† ibarat pepatah, anda baru berpikir, tapi mereka sudah berbuat ๐Ÿ˜›

    •  

      Buset deh , R77 sudah active radar homing Bung Agato.
      Sudah menganut ideologi fire and forget kayak customer di kalijodo ….

      Sekali tembak, ngapain SU35 masih ngikuti bokong si bahenol F35 ??

    •  

      Duh terkadang Agato ini kurang2 aja dah.
      Fans boleh, Fanatik Garis Keras ga boleh.

  12.  

    tenang dek, su-35 bisa bergabung dgn buk-m.
    seperti di film power rangers yg robotnya bisa bergabung atau gundam tryon….
    https://lh5.googleusercontent.com/proxy/TcfFDb5GLjdAQZlNW_-fkI4w2m4dX_K4Ydh50l8_8Uvz1oc4nLe6Gnnb8LX7Vlj_OL6npm9PoCXjNceOA9BvlOpRxXnAjcf6tRyUsbXfrXJjLQFjT3zqlwjTS1I06EpBEA6G69Dpzt2G3NDQOIWc_R6UMr7Ebd1Bq1fb0K_Mvug7PmhnTOEUE_ESq08=w313-h469-nc

    .
    .

    nah nanti yg milotin robot gabungannya adalah huha dan rusakiye……..kemudian kokpitnya huha dan rusakiye duduj bersebelahan….

    namun huha protes, dia bilang : eh rusakiye sama gw kan bukan couple…..

    lalu desain tempat duduknya berubah….
    huha ada diatas.
    rusakiye ada dibawah.
    desain ini dikasih nama huha on top.
    atau disingkat H.O.T.

  13.  

    yg penting yang menang kalau deteksi itu biasa

  14.  

    Ana apa to iki ?

    Weleh weleh weleh….

    Yok apa iki kok 200 vs 90 barang to ?

    Malah ana sing ngomong nganggo ICBM barang.

    F35 kuwi digawe kanggo US lan sekutune ora kanggo nyerbu Rusia.

    Nanging kanggo nyerbu sekutune Rusia sing dhasare memang luwih lemah.

    Dadi Rusia iki khan ana pendukunge utawa sekitune ing negara-negara ing sekitare Rusia, misale sing nganggo akhiran kistan-kistan kuwi lho, uga negara2 ing Timur Tengah, uga negara2 ing Asia contone Korut.

    Lha negara2 iki sing bakal dilemahke, contone disogok bantuan kaya Korut, dibuli kaya Turki, lan dikurangi bantuane kaya Pakistan.

    Lha nek tetep ngeyel lha diserbu kaya Libia lan Irak.

    Nek siji demi siji wis lemah, si Rusia dadi sithik kancane, ya dadi saya lemah.

    Strategi kaya ngono kuwi iya ditrapke Cino kanggo ngobok-obok ASEAN.

    Trus nek ana pesawat sing varian F dibritake kalah lawan Sukoi lewat simulasi tok kuwi mung kanggo alesan wae kanggo nambah budget pertahanan.

    •  

      Sik Sik Sik…

    •  

      “F35 kuwi digawe kanggo US lan sekutune ora kanggo nyerbu Rusia.
      Nanging kanggo nyerbu sekutune Rusia sing dhasare memang luwih lemah.”

      iki banget-banget-banget pelecehan F35 Amrik , … kudune fansboy amrik nesu ndeleng komen ngene iki.

      mosok F35 mung iso kanggo nyerang negoro cilik tur lemah ??

    •  

      Ora usah dipercoyo kuwi si Ntung Phd sales gagal. Ngomonge ngelantur kakean mangan sandal.

      Opo tumon strategi koyo ngono kuwi, F35 seng biayane sak arat arat mung kanggo meden medeni negoro cilik wae. Lek nggo medeni negoro cilik ora usah nganggo pesawat slumun slumun kuwi lek. Cukup nganggo duit wae nyiptano pemberontak koyo ISIS, koyo pemberontak Suriah ngono kuwi…..wooooo….ancene sales gagal wes dadi gendeng turunan. Ora iso mikir nggenah maneh….mangkane ora dipercoyo mane artikele…..wekkkk…wekkkkk….weeekkkk

  15.  

    Sik sik sik…

    Pakistan kan asline sekutune USA??? makane India milih merapat ning Russia…
    Turki ki asline awale sekutune USA + NATO looo… ojo diwolak-walik, justru sing aneh kenopo Turki malah dadi cedak karo Russia… nik kuncine menurutku Kurdi + Kudeta sing gagal kae…
    Korut ki ora jelas looo, nik menurutku pancen strategine malah sing ngompori China + Russia Korut dikon rodok ngalah karo USA ben sangsine iso di kurangi… asline yo tetep wae atos ndase…

    Russia ki jelas2 sekutune muk Iran + Suriah + negoro2 pecahan USSR, Vietnam ki yo antarane sekutu mbuh ora… liyane kuwi paling China, kuwipun ora mutlak koalisi tapi ning forum internasional jelas2 sing sering negwangi posisine Russia yo China…
    Sing jelas2 berusaha di obok saiki yo Iran + Suriah (makane di rewangi perang) + Venezuela…

    China ki strategine sepele, berusaha ngrebut supremasi nik LCS… ben ora iso di obok2 karo USA, terutama urusan karo Taiwan… ning ASEAN China ki ora gede pengaruhe, isih kalah karo USA…

    Nik kalah ning simulasi nggo ngunggahke anggaran, opo ora malah kewalik2??? isin no proyek larang koyo setan F-35 mosok di hajar karo Su-35, kudune kan kalah sitik tok, ibarate durung meyakinkan… F-22 dianggep kalah karo Su-35 ki jelas ora masuk akal… nik di nggo alesan ngunggahke anggaran, sing pekok jane sopo??? Anggota Senat/Pentagon/Pilot/Pesawat???

  16.  

    Pakistan kan asline sekutune USA??? makane India milih merapat ning Russia…
    Turki ki asline awale sekutune USA/NATO looo… ojo diwolak-walik, justru sing aneh kenopo Turki malah dadi cedak karo Russia… nik kuncine menurutku Kurdi + Kudeta sing gagal kae…
    Korut ki ora jelas looo, nik menurutku pancen strategine malah sing ngompori China/Russia Korut dikon rodok ngalah karo USA ben sangsine iso di kurangi… asline yo tetep wae atos ndase…

    Russia ki jelas2 sekutune muk Iran/Suriah/negoro2 pecahan USSR, Vietnam ki yo antarane sekutu mbuh ora… liyane kuwi paling China, kuwipun ora mutlak koalisi tapi ning forum internasional jelas2 sing sering negwangi posisine Russia yo China…
    Sing jelas2 berusaha di obok saiki yo Iran/Suriah (makane di rewangi perang) karo Venezuela…

    China ki strategine sepele, berusaha ngrebut supremasi nik LCS… ben ora iso di obok2 karo USA, terutama urusan karo Taiwan… ning ASEAN China ki ora gede pengaruhe, isih kalah karo USA…

    Nik kalah ning simulasi nggo ngunggahke anggaran, opo ora malah kewalik2??? isin no proyek larang koyo setan F-35 mosok di hajar karo Su-35, kudune kan kalah sitik tok, ibarate durung meyakinkan… F-22 dianggep kalah karo Su-35 ki jelas ora masuk akal… nik di nggo alesan ngunggahke anggaran, sing pekok jane sopo??? Anggota Senat/Pentagon/Pilot/Pesawat???

  17.  

    Pakistan kan asline sekutune USA??? makane India milih merapat ning Russia…
    Turki ki asline awale sekutune USA/NATO looo… ojo diwolak-walik, justru sing aneh kenopo Turki malah dadi cedak karo Russia… nik kuncine menurutku Kurdi + Kudeta sing gagal kae…
    Korut ki ora jelas looo, nik menurutku pancen strategine malah sing ngompori China/Russia Korut dikon rodok ngalah karo USA ben sangsine iso di kurangi… asline yo tetep wae atos ndase…

    Russia ki jelas2 sekutune muk Iran/Suriah/negoro2 pecahan USSR, Vietnam ki yo antarane sekutu mbuh ora… liyane kuwi paling China, kuwipun ora mutlak koalisi tapi ning forum internasional jelas2 sing sering negwangi posisine Russia yo China…
    Sing jelas2 berusaha di obok saiki yo Iran/Suriah (makane di rewangi perang) karo Venezuela…

    •  

      China ki strategine sepele, berusaha ngrebut supremasi nik LCS… ben ora iso di obok2 karo USA, terutama urusan karo Taiwan… ning ASEAN China ki ora gede pengaruhe, isih kalah karo USA…

      •  

        Nik kalah ning simulasi nggo ngunggahke anggaran, opo ora malah kewalik2??? isin no proyek larang koyo setan F-35 mosok di hajar karo Su-35, kudune kan kalah sitik tok, ibarate durung meyakinkan… F-22 dianggep kalah karo Su-35 ki jelas ora masuk akal… nik di nggo alesan ngunggahke anggaran, sing pekok jane sopo??? Anggota Senat/Pentagon/Pilot/Pesawat???

  18.  

    Analisa dan komen si Ntung Phd sungguh telah membuat saya terkhantut khantut membacanya..xixixixi

    Komen yg spt itu yg sangat sangat menghibur masyarakat penghuni RSJ….wkkkkk

  19.  

    F22 benar2 Jadi siluman jika dia nyemplung ke laut atau ngumpet dikamar sambil berselimut, kalau terbang? Yaaa ketahuan dong, emang nya yg keluar dari bokong nya itu busa sabun?

    ๐Ÿ˜Ž huehuehue

 Leave a Reply