Super Destroyer Type 055 China

kapal perang china99

China hampir menyelesaikan pembangunan kapal perang Type 055, sebuah kapal perang besar yang menurut pihak barat adalah sebuah kapal penjelajah rudal, namun pihak China berdalih Type 055 adalah sebuah kapal Destroyer yang mirip dengan Perusak Arleigh Burke milik Amerika. Beberapa analis militer ada yang menyebutnya sebagai super destroyer.

Diperkirakan berbobot mati sekitar 10.000 ton, menurut analis Li Li, Type 055 dilengkapi sistem peluncur rudal VLS yang berjumlah 64, 32 didepan dan 32 dibelakang. Menurut catatan Wikipedia bahkan hingga 128 VLS. Mampu menggotong rudal jelajah anti kapal YJ-100, rudal anti kapal selam dan rudal anti pesawat. Pihak Amerika memperkirakan type 055 juga akan dilengkapi rudal jelajah YJ-18.

Super Destroyer Type 055 bisa menjadi “kartu as” China dalam peperangan laut di masa depan. Analis militer Richard Fisher percaya, Type 055 adalah kapal perang pertama China yang nantinya akan dilengkapi senjata laser. Analis dari China, Yin Zhuo memperkirakan, type 055 disamping akan dipersenjatai senjata laser juga mungkin dipersenjatai railgun elektromagnetik, walaupun hal itu akan membutuhkan sistem tenaga kelistrikan yang revolusioner.

*Foto: Destroyer Nanchang-101.(@PLA Navy)

Leave a Reply