JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 172015
 
Helen Muyal-Leiris

Helen Muyal-Leiris

Suami  seorang wanita muda yang terbunuh dalam serangan teror di Bataclan menulis surat terbuka yang menyentuh hati untuk pembunuh istrinya.

Antoine Leiris, yang istrinya, Helen Muyal-Leiris (35) tewas dalam serangan berdarah itu, menyatakan dia dan bayi laki-lakinya tidak akan pernah takut terhadap teroris.

Dalam catatan tragisnya berjudul “Kamu tidak akan mengalami kebencianku”, Leiris menulis.

“Pada Jumat malam kamu mencuri kehidupan orang biasa, cinta sejatiku, ibu dari anakku, tetapi kamu tidak akan mengalami kebencianku.”

Leiris mengatakan, jika pembunuhan membabi buta itu dilakukan atas nama Tuhan dan membuat citra Tuhan demikian, maka setiap peluru dalam tubuh istrinya adalah sebuah luka di dalam hati Tuhan.

“Jadi, tidak! Aku tidak akan memberi kamu kepuasan untuk membenci kamu. Kamu menginginkannya. Namun membalas kebencian dengan kemarahan sama saja menyerah pada kebodohan seperti kamu sekarang ini”.

“Jika kamu menginginkan aku takut, menginginkan aku memandang sesama warga dengan kecurigaan, mengorbankan kebebasanku demi keamananku, maka kamu telah kalah.”

Dalam surat terbuka itu, Leiris mengenang istrinya sesaat sebelum meninggal. Menurut dia, istrinya tampak cantik saat berangkat pergi ke konser band di Bataclan, salah satu lokasi penyerangan teroris.

“Secantik saat aku menyatakan cinta kepadanya 12 tahun yang lalu,”

 

“Tentu saja, hatiku memang hancur. Aku berikan kamu sedikit kemenangan, namun tidak akan lama.”

 

Leiris yakin istrinya, kendati sudah meninggal, namun masih tetap berada di sampingnya setiap hari.

“Dan, suatu hari nanti kami akan saling bertemu di surga dengan jiwa-jiwa bebas yang tak akan pernah kamu miliki.”

 

“Kami berdua, anak laki-lakiku dan aku, akan lebih kuat dibanding setiap tentara di dunia ini. Aku tidak akan membuang-buang waktu lagi berurusan dengan kamu karena aku harus kembali kepada anakku yang baru saja bangun dari tidurnya.”

 

“Dia hanya berusia 17 bulan, dia akan menyantap makanan ringan sebagaimana hari-hari biasanya. Lalu dia akan bermain seperti biasanya dan kehidupan anak kecil ini akan bahagia dan bebas.”

 

“Karena kamu tidak akan pernah mengalami kebencian anakku juga.”

Bagikan:

  25 Responses to “Surat untuk Teroris dari Suami Korban Tragedi Paris”

  1.  

    Ikut prihatin

  2.  

    trut brduka cita …

  3.  

    Bagai mana dengan korban di timur tengah? Tak sebanding apa yg mereka derita!

  4.  

    Daesh

  5.  

    itu si wew oon atau apa ya suhu? isi artikel tentang pribadi kok dia nyambung ke sebuah negara? aneh

  6.  

    kalau kesalahan orang lain ditimpa yang gak tau apa emangnya boleh ya? tau konspirasi illuminati kan? tau dong kalau pemerintahan illuminati buat rakyat gimana?

  7.  

    maaf suhu. menurut saya anton sama sekali tidak tahu tentang kelakuan pemerintahnya. tahu sendirikan gimana negara barat memutarbalikkan fakta? buat memuluskan rencananya?

  8.  

    maaf suhu. menurut saya anton sama sekali tidak tahu tentang kelakuan pemerintahnya. tahu sendirikan gimana negara barat memutarbalikkan fakta? buat memuluskan rencananya? dan menghapus kebobrokkannya dirakyat supaya rakyat gak tau yang sebenarnya.

  9.  

    Udah cakep hatinya baik…. gue banget itu !!…

  10.  

    Apapun yg saudara pikirkan dan katakan, saudara tidak akan mengalami kebencianku….

  11.  

    saya ikut prihatin………………

    tapi semua itu di karenakan negara kamu juga suka mengobok obok negara lemah lainnya…….

    semua itu sebenarnya tanggung jawab para pemimpin negeri kamu yg suka main perang2an.

    saya bukan fans isis atau apa,memang itulah kenyataannya.anggota nato suka tingkah polah seenaknya.

  12.  

    Karena surat tsb tdk mengajak membenci dan tdk berpropaganda..dan lebih cenderung menunjukan sisi kemanusiaan.. saya ikut mendukung surat tsb.. semoga pasangan penulis surat diterima di sisi-Nya

  13.  

    Apakah anda mendengar suara hati anak2 dan wanita, serta orang2 tua Palestina yang tertindas selama ini, ………. ???

    •  

      percuma bung Ceuk aing ge, tidak akan mendengar toh jika mendengar pun pura” tuli.
      jadi ingat saat nonton derita anak” suriah khusunya zajirah arab yg sedang di porak porandakan. anak itu berkata :

      “kelak di akhirat nanti akan kuceritakan semuanya kepada allah”

      dan jika allah berkehendak tidak ada yang mustahil di dunia ini.

  14.  

    Moga” yg di irak dan suriah bisa nulis kayak gini

  15.  

    kebencian tidak harus di balas kebencian, mengampuni lebih bijak dari pada mendendam, lebih baik memberi kehidupan dari pada memberi kematian..sungguh luhur hati seorang leiris ini..semoga makin banyak orang seperti Leiris di dunia ini..

    sepertinya pelaku brutal ini terlalu banyak nonton film kungfu “you kill my brother” makanya balas dendam tak berkesudahan..

    otak pembuat kekacauan dunia siapapun dari mana pun orangnya, sungguh biadap hati mu…..

  16.  

    jangan pernah menyatakan perang dengan membawa nama agama, maka agama itu akan di cap keji..berperanglah membawa nama negara maka kalian akan di cap patriotik.

  17.  

    jd inget lagunya AA Gym, jagalah hati jangan kau nodai…

  18.  

    Turut Berduka Cita, Smoga Konflik di Timur Tengah lekas usai

 Leave a Reply