Mar 212017
 

Presiden Suriah, Bashar al Assad (istimewa)

Damaskus – Presiden Suriah Bashar al-Assad (20/3/2017) mengatakan sekutunya, Rusia, dapat memainkan peran dalam mencegah serangan lain Israel terhadap negerinya.

Ketika berbicara kepada media Rusia pada Senin, Presiden Suriah itu mengatakan bahwa mempertahankan perbatasan Suriah adalah hak dan kewajiban militer Suriah. “Jika kami tidak melakukan itu, rakyat Suriah akan menyalahkan kami dan menganggap kami bertanggung-jawab.” “Saya kira Rusia dapat memainkan peran penting sehubungan dengan ini (mencegah serangan Israel terhadap Suriah) dan kebijakan Rusia sepenuhnya terletak pada hukum internasional serta Piagam PBB. Oleh karena itu, mereka dapat membahas masalah ini dengan Israel sejalan dengan standard ini dan mereka (Pemerintah Rusia) dapat memainkan peran dalam mencegah Israel menyerang Suriah lagi pada masa depan,” ujar Bashar.

Pernyataannya dikeluarkan cuma beberapa hari setelah Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara Israel ditujukan ke satu mobil di Provinsi Qunaitre di Suriah, dan menewaskan satu orang di dalamnya.

Observatorium itu tak sampai mengidentifikasi sasaran, tapi media Israel menyatakan ia adalah “seorang petinggi senior dalam sistem pertahanan udara Suriah”.

Pihak Suriah tidak mengomentari peristiwa tersebut, yang terjadi cuma beberapa hari setelah militer Suriah pada Kamis lalu (16/3) mengumumkan militer Suriah telah menembak-jatuh satu pesawat tempur Israel. Pesawat itu adalah bagian dari empat jet tempur Israel yang melancarkan serangan terhadap posisi militer Suriah di pinggir timur Provinsi Homs di Suriah Tengah.

Pada saat itu, militer Suriah kembali menuduh Israel mendukung kelompok teror di Suriah, sementara Tel Aviv menyatakan Israel “membidik satu pengiriman senjata milik kelompok Syiah Lebanon, Hizbullah”.

Semua itu bukan satu-satunya serangan yang dilancarkan Israel.

Pada Senin (20/3), satu sumber militer Suriah mengatakan kepada Xinhua sistem pertahanan udara Suriah menembak-jatuh satu pesawat tanpa awak milik Israel di wilayah udara Qunaitera.

Sumber tersebut, yang tak ingin disebutkan jatidirinya, mengatakan pesawat tanpa awak yang ditembak-jatuh itu adalah “drone” Sky Lark.

Setelah serangan pada Kamis lalu, Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil duta besar Israel di Moskow, tanda bahwa Rusia kecewa dengan serangan itu, yang ditujukan ke satu daerah di pinggir timur Homs di dekat Kota Palmyra, tempat Rusia menempatkan prajurit militernya.

Ketegangan baru juga mendorong Israel mengeluarkan ancaman.

Israel “takkan ragu” untuk menghancurkan sistem pertahanan udara Suriah jika negeri tersebut sekali lagi mengincar jet tempur IAF, demikian ancaman Menteri Pertahanan Israel Avigdor Liberman pada Ahad.

Banyak pengamat di Ibu Kota Suriah, Damaskus, mengecam pernyataan Liberman itu dan mencapnya “sangat konyol”.

“Apakah mereka berharap bisa terus-menerus melanggar wilayah udara kami dan menyerang pos militer kami dan kami diam saja? Saya kira PBB harus mengakhiri semua perbuatan ini,” kata Ahmad Ashqar, seorang wartawan Suriah, kepada Xinhua.

Antara

Bagikan Artikel :

  29 Responses to “Suriah Ajak Rusia Bendung Petualangan Israel”

  1. keplak aja

  2. Apkah komen ini akan ada yg membalas??

  3. Hajar bleh

  4. Tancepin S 300..

  5. kasihan bashar al assad goyang kanan goyang kiri
    bahkan sekutu2nya pun juga
    semua punya kepentingan sendiri2

    mungkin banyak yg kaget jika bahasa terbesar ketiga yg digunakan di israel adalah bahasa slavic

  6. Teruss, ngapain lo komen disini pake internet, kan internet buatan yahudi israel… Jangan2 lo juga suka minum aqua sambil megang hp android buatan yahudi juga yaa.. Be*o lo..

  7. Lu yg be*o
    Kan gue bilang kalau yahudi itu orang pilihan
    As saja jadi kacung yahudi jadi mana peduli dia sama suriah
    Kan gue gak teriak2 benci yahudi
    Gue hanya bilang bahwa hanya akhir zaman yg bisa membendung yahudi.
    Jadi so jangan sok mengkritik tau tapi tol*l

    • yahudi dilaawaaaan….

      • rusia merupa penganut kristian kopit terbesar. syria merupa bandar kristian kopit terbesar di arab ,pendeta kopit gereja rusia dan arab minta putin melingdungi syria dari isreal dan isis itu kerana itu ia menyokong bashar, barat terutama amerika gereja amerika menbenci kristen kompit rusia kerena rusia anti lgbt .gereja amerika menbenarkan lgbt dalam rumah ibadat gereja amerika dalam ada anti Christ

  8. katanya mau hajar pakae scud ke tel aviv…kalau israel ngebom bandara damaskus.
    emange belum ya…?
    semangat deh Basyar! percayalah di kau adalah pendamping iskandar yg agung (rusia)…pahlawan kebenaran yg selalu menang melawan musuh2mu dan musuh2 kebenaran sampai kiamat datang.

  9. si putra kita bully rame2 keliatan dia antek ..

  10. Sisa f16 hibah dr as yg berada di guam, knp blon diterbangkan kesini ya? Jgn2 di pinoy timur dan samudra pasifik lg badai, jgn dipending lg dah…ktnya siang ini tp blon ada beritanya,..

  11. Israel ndak berani rame dgn kita,Indonesia….gimana kalau mau nyerang….jauuuh banget lawannya….Kata orang,untuk hancurkan |srael,lewat AL dulu….baru serang invasi ke darat….

  12. Putra dengan ini saya menyatakan konprontasi total
    Gayang putra antek asing

  13. Israel nggak ada permusuhan dengan indonesia, dia nggak ada kepentingan untuk nyerang indonesia. Baca sejarah perang di timur tengah dulu. Jangan asal bacot. Israel dan negara arab perang bukan karena agama bung. Tapi karena bangsa arab khususnya iran ingin menghabisi israel. Arab ingin menghabisi Israel, karena Israel itu yang dipilih sama Tuhan sebagai bangsa Pilihan Tuhan. Israel hanya melindungi diri, sama seperti korut hanya ingin melindungi diri. Bukan untuk infasi negara lain.

    • Mereka hanya menjalankan perintah Tuhan, karena Tuhan berjanji untuk memberikan suatu wilayah kepada mereka, yaitu tanah perjanjian/ Tanah kanaan. Apakah mereka salah ?? dan dari dulu Israel atau arab itu ya memang peperangan itu sudah hal yang biasa. Indonesia secara langsung tidak tapi kalo main cantik iya bung, 🙂 . Teknologi militer indonesia banyak lho yang dari Israel :).

      • Saya tahu ada beberap teknologi yg di impor dari Israhell, salah satunya adalah kamera penangkap thermal abnormal dengan temp minimal 15 degree. Ini kamera thermal canggih, bisa mendeteksi jaringan kabel tegangan tinggi yg overload dari thermal yg di timbulkan. Kamera ini juga bisa di manfaatkan untuk militer, tp belum di coba di Indonesia. Tapi kalau bicara soal penindasan, jangan harap kita mengakui secara diplomatik dgn Israhell.

    • latar belakang sejarah (asal usul) israel sepertinya ditiru China untuk merebut LCS dengan dalih merupakan tempat main para nelayan China sejak jaman naga 😛 hahaha

      • Gak ada urusan sama tuhan bung 😀 China tuhannya banyak, eh maksud saya dewanya…

        dan 1 lagi

        “belajarlah sampai ke negeri China” bukan ke negeri Israel

  14. Jadi intinya memang yahudi untuk sekarang ini memang belum bisa dibendung.
    Yahudi akan menguasai dunia
    Setelah mereka menang dan merasa jumawa
    Maka datanglah dengan yg namanya ratu adil
    Mereka akan ditangkap dan langsung dilempar keneraka
    Barulah mereka sadar bahwa tidak selamanya mereka selalau menang,dan mereka akan abadi dineraka bersama putra@……
    Selesai……. tinggal kita apa akan dcampakan keneraka atau gak

  15. Mama rika@
    Memang itu perintah ALLAH
    Tapi mereka telah jumawa bahwa seakan2 mereka adalah manusia sempurna,mereka dipilih bukan untuk menindas tapi
    Untuk mengabdi dan berbuat baik,tapi karna mereka sombong
    Jadi mereka ingin menguasai dunia.mereka pura2 lupa atau ingin balas dendam karna mereka pernah ditindas jaman piraun,siapa yg menyelamatkan mereka.gimana rasanya ditindas,dan apa akibatnya bagi yg menindas.
    Jika piraun menindas yahudi,maka dia ditenggelamkan dilaut merah bersama pasukannya,dan ini juga berlaku pada yahudi
    Bahwa mereka juga akan ditenggelamkan di api neraka bersama pasukannya.lebih pedih dari firaun
    Dan ini janji ALLAH.

  16. Israel koq dibela, dr pendirian negara sj yg memilih timur tengah bermasalah dan menjajah palestina tdk mau berdampingan dg palestina bahkan terus menggusur tanah palestina utk pemukiman warganya…..

  17. Owh..ngapain israel nyerang pejabat militer suriah?
    Krn israel g suka suriah pasang s300/400 d daerah sendiri?

  18. Negara paranoid, merasa bangsa terpilih padahal akhirnya jd bangsa terkutuk!

  19. Bukan Merasa terpilih bung @jadel, tapi memang pilihan Tuhan, itu di kitab agama nasrani dan muslim ada loh bung kita tidak bisa bantah itu, membantahnya berarti tidak mengakui kitab nasrani dan muslim donk secara tidak langsung. Tapi kalo kelakuan nya Israel ya memang mereka itu kebanyakan bebal bung, tapi tidak semuanya. Jadi Memang bangsa pilihan Tuhan, tapi karena terlalu pintar sampe2 mereka tidak kenal dengan Tuhan nya.

 Leave a Reply