Mar 182017
 

F-16 Israel (IDF)

Sistem pertahanan udara Suriah menembak jatuh satu pesawat tempur Israel dan menembak satu lainnya, setelah empat pesawat Israel melanggar wilayah udara Suriah yang dilanda perang. Pesawat Israel menyerang pasukan pemerintah Surih di dekat Kota Palmyra, ujar Tentara Suriah, Jumat,17/3/2017.

“Sistem anti-pesawat kami bereaksi dan menembak jatuh salah satu pesawat di wilayah pendudukan. Pesawat lain juga terkena, sisanya terbang menjauh,” kata komando militer dalam sebuah pernyataan yang diperoleh Sputnik.

Tentara Suriah mengklaim pesawat Angkatan Udara Israel menargetkan pasukan pemerintah Suriah di dekat Palmyra.

Sebelumnya pada hari itu, militer Israel mengatakan kepada Sputnik bahwa pesawat tempurnya menjadi sasaran rudal setelah mereka menyerang sasaran di Suriah. Namun, insiden tersebut diduga tidak menimbulkan kerusakan atau korban di pihak Israel, menurut sumber itu.

Menurut Channel 10 Israel, pesawat-pesawat Israel menjadi sasaran pasukan pemerintah Suriah dengan menggunakan sistem rudal permukaan-ke-udara, S-200 yang juga dikenal sebagai SA-5.

Setelah pernyataan oleh Angkatan Darat Suriah, militer Israel menegaskan bahwa tidak ada pesawat yang rusak.

Bulan lalu, dilaporkan bahwa pesawat militer Israel melakukan serangan udara pada pasukan pemerintah Suriah di pedesaan barat Damaskus dekat perbatasan Lebanon.

Pada bulan Januari, Israel membom sebuah bandara militer dekat Damacus. Seorang pejabat Suriah mengatakan kepada Sputnik bahwa hal itu dilakukan Israel “untuk mendorong dan mendukung teroris”.

Pada bulan Desember, Suriah diduga berhasil menjatuhkan pesawat tempur Israel dan sebuah kendaraan udara tak berawak di atas provinsi barat daya Quneitra. Militer Israel, IDF membantah klaim ini.

Pada bulan November, IDF mengatakan rudal diyakini diluncurkan dari Suriah, menghantam wilayah utara Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel tanpa mengakibatkan jatuhnya korban. IDF membalas dengan tembakan balasan.

Perang saudara di Suriah telah berlangsung selama sekitar enam tahun antwra pasukan pemerintah yang memerangi berbagai faksi oposisi dan organisasi teror seperti Front al-Nusra dan Daesh.

Resolusi gencatan senjata Nasional di Suriah diperkenalkan pada tanggal 30 Desember 2016, namun organisasi teroris bukan bagian dari gencatan senjata.

Sputniknews.com

  10 Responses to “Suriah Klaim Tembak Jatuh Pesawat Israel”

  1. test

  2. Bener gak ya…

  3. hayo iran hancurkan israel, luncurkan rudal dari suriah bilang pada media bahwa rudal kalian di sabotase teroris sebagai alasan kalau di tuduh hahaha berani nggak ? buktikan pada dunia kalau kalian mampu bikin rudal canggih 😀

  4. Halah si asrael yg cm bacot kebanyakan ngeles kayak bajai, tahun kmaren drone si hezbollah jg berhasil masuk ke wilayah israel tnpa terdeteksi iron dome mereka beberapa saat dan akhirny di tembak jatuh rudal irn dome. Dan itu membuat mereka gusar karena drone itu di kirim hezbollah untuk memberikan efek psy war. Hezbollah menganggap penetrasi ke wilayah mereka sebagai sbuah ptestasi.

  5. hemmm… klo bener, ini satu bukti Indonesia butuh s300 minimal…

 Leave a Reply