Apr 212017
 

Destroyer USS Porter (DDG 78) yang sempat menembakkan puluhan rudal Tomahak ke Suriah (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Patrick Gearhiser)

Damaskus – Penasehat Presiden Suriah Buthaina Shaba’an pada (19/4/2017) mengatakan sekutu utama pemerintahnya, Rusia, meyakinkan Pemerintah Suriah bahwa tidak akan ada lagi serangan AS terhadap posisi militer Suriah.

Pernyataannya dikeluarkan dua pekan setelah AS menembakkan 59 rudal Tomahawk ke Pangkalan Udara Shayrat di Suriah Tengah, sebagai pembalasan atas dugaan serangan gas beracun oleh militer Suriah terhadap kota kecil yang dikuasai gerilyawan di Provinsi Idlib.

Pemerintah Rusia “menegaskan kepada kami bahwa mereka mendukung Suriah, dan kami mengetahui dari mereka bahwa agresi Amerika takkan terulang”, kata Shaba’an kepada stasiun TV pan-Arab Al-Mayadeen dalam satu wawancara.

Shaba’an, yang lebih lanjut mengecam serangan tersebut, mengatakan serangan rudal AS itu adalah agresi serampangan yang dilakukan tanpa penyelidikan, demikian laporan Xinhua. Ia menambahkan apa yang dilakukan Amerika Serikat saat ini mencerminkan kebingungan.

Pejabat tersebut menyatakan dugaan serangan dengan menggunakan bahan kimia beracun adalah perangkap, dan mengutip apa yang ia gambarkan sebagai pernyataan ahli Barat bahwa tak ada pemboman udara terhadap daerah yang dibicarakan di Kota Kecil Khan Sheikhoun.

Wanita pejabat tersebut mengatakan serangan udara AS bukan serangan militer, tapi pesan politik, dan menambahkan persekutuan antara Rusia, Suriah dan Iran “lebih kuat daripada sebelumnya”.

Sementara itu, Penasehat Presiden Suriah tersebut memuji Rusia, Tiongkok dan India sebagai negara menjulang tinggi.

Ia mengatakan negaranya mengungg tim penyelidik dari Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), dan menegaskan Pemerintah Suriah tidak memiliki senjata kimia.

Antara/Xinhua-OANA

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  20 Responses to “Suriah : Rusia Yakinkan Tidak Ada Lagi Serangan AS”

  1. gitulah USA berbagaia lasan ingin menjatuhkan suatu negara

  2. Baguslah. Semoga cepet damai, untuk suriah

  3. Apa sih yg jadi jaminan Rusia bahwa USA tdk akan berani lagi menyerang Suriah, khususnya aset militer dan tentara pendukung presiden Assad? Sepertinya penasehat presiden Assad sangat yakin akan kesetian Rusia membela presiden Assad, tidakah ada kekuwatiran bahwa perubahan politik dimasa depan bisa jadi malah menyebabkan Rusia berpaling dari Assad. Iran blm “cukup umur” untuk sendirian membela Assad menghadapi USA & gang, serta pemberontak Assad. Kasihan benar rezim Assad jika terlalu menggantungkan pd Rusia dan Iran. Contohlah Kim Jong Un presiden Korut yg demen bermain-main dg rudal dan senjata nuklir, walau jika ditinggal sekutunya yakni china dan Rusia, namun dia sdh memiliki senjata pamungkas yg bisa dipakai untuk membela diri walau berakibat hancur-hancuran. Silakan USA menyerbu Korut namun dg akibat semenanjung Korea hancur bersama …

  4. biasanya asu donal bebek … makan beruk pisang. buat. kelihatan jaguh

  5. artinya ada kesepakatan antara ASU dan uncle BEAR. sukurlah dan semoga kawasan disana secepatnya damai.

    #DAMAI ITU INDAH.

  6. Russia has deployed S-300 and S-400 SAM systems to Syria. There are only two reasons why the US could launch a missile attack on the Syrian base.

    1: Russia said it would not attempt to defend one of it’s closest ally from missile attack, allowing desperately needed military equipment to be destroyed and Syrian personal to be killed.

    2: Russia was incapable of stopping the missile attack, despite the presence of their most advance air defence systems.

    Russia proved to be either an ally unwilling to defend their partners,

    OR

    The best Russian equipment is incapable to preventing aged western equipment from operating with immunity.

    Either way, Russia has suffered immensely from this.

  7. akurasi 50% di irak
    akurasi 40% di suriah

    tomahawk sudah termehek-mehek

    • Tolong siapkan informasi akurat mengenai serangan rudal AS di Pangkalan Udara Suriah, bukan propaganda.

      http://warisboring.com/u-s-cruise-missiles-struck-syrian-base-with-impressive-precision/

      Jika rudal AS tidak akurat, bagaimana mereka menghindari kesalahan salah satu helikopter KA-52 Rusia atau orang Rusia di pangkalan yang sama?

      Jika hanya 23 dari 59 rudal yang sampai di pangkalan, mengapa tidak ada video yang menunjukkan rudal yang gagal pencapaian markas?

      Jika pangkalan itu dilindungi oleh Rusia maju S-400, mengapa mereka tidak menembak jatuh misil apa pun? Basisnya berada di dalam kisaran pelindung yang diklaim S-400, mengapa mereka tidak menembakkan rudal ke bawah?

      Saya mendorong Anda untuk menggunakan analisis kritis untuk melihat propaganda dan memahami.

      Mengenai Irak, tolong berikan bukti. Selama Perang Teluk, rudal Tomahawk memiliki tingkat akurasi 85%.

      Sumber “Laporan Ringkasan Survei Kekuatan Tenaga Angin Teluk” oleh Thomas A. Keaney dan Eliot A. Cohen

      http://www.dtic.mil/dtic/tr/fulltext/u2/a273996.pdf

      Ini adalah laporan internal untuk militer AS yang tidak ditujukan untuk umum. Mereka memberikan penilaian kritis dan akurat mengenai pengaruh kekuatan udara AS selama perang.

      Tidak ada informasi lain yang tersedia tentang keakuratan rudal Tomahawk. Tolong berikan tautan ke sumber terpercaya agar tidak setuju. Apakah Anda membuat nomor 50%?

      • Tapi amerika sendiri tidak menentang dalam kata lain tidak ada sanggahan resmi tentang rudalnya yg cuma 40% yg nyampe di suriah. Di artikel b.inggris di atas itu opini dari penulis yg menyebutkan bla bla bla. Tidak ada
        Kutipan pernyatan formal dari pihak amerika yg menyangkal keakuratan 40% tsb.

      • Malah ada berita setelah serangan tsb yg intinya militer amerika mendorong re evaluasi tomahawk yg memang sudah berumur dengan missile baru atau alternatif. Coba saja di cari di google.

        • Anda adalah bagian yang benar. Banyak anggota militer AS telah mendorong versi baru Tomahawk selama bertahun-tahun sekarang. Saya ingat ketika saya berlatih dengan angkatan laut AS pada tahun 2008, dan salah satu hal yang selalu mereka bicarakan adalah bagaimana mereka menginginkan rudal serangan darat baru. Tak satu pun dari ini terkait dengan pemogokan di Suriah. Saya mendorong Anda ke google dan Anda akan melihat bahwa permintaan rudal baru kembali bertahun-tahun, seperti ada yang diminta untuk mengganti dan meningkatkan setiap peralatan yang digunakan militer.

  8. Blm terbukti, coba aja AS kembali meluncurkan rudalnya apakah bs ditangkal oleh sistem anti rudal Rusia?

  9. @big red

    pernyataan basi, udah banyak di bahas di forum

    intinya bukan masalah tidak mampu, tapi lebih ke masalah politik.

    • Jadi Rusia mengizinkan sekutunya Suriah untuk diserang tanpa konsekuensi atas upaya yang dilakukan untuk membela Suriah. Mengapa ada orang yang mempercayai Rusia sebagai sekutu ketika mereka gagal berpartisipasi dalam pembelaan yang mereka janjikan?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)