Swedia Hampir Selesaikan Produksi 4 Pesawat Tempur Gripen E

Pesawat tempur Gripen (foto : Saab.com)

JakartaGreater.com – Pabrikan Saab dikabarkan akan menyelesaikan perakitan terakhir empat pesawat tempur Gripen E yang akan digunakan sebagai pesawat uji coba untuk Brasil dan Swedia.

Perusahaan Saab terikat kontrak untuk mengirimkan 36 pesawat tempur Gripen ke Brasil. Pesanan Angkatan Udara Brasil terdiri dari 26 unit Gripen E (kursi tunggal) dan 8 unit Gripen F (dua kursi).

Kepala unit bisnis Saab Gripen Brazil Mikael Franzén memberi tahu kepada Jane bahwa tiga dari empat Gripen E ditujukan untuk Swedia, sedangkan satu Gripen E lainnya ditujukan untuk Brasil.

Pesawat uji Gripen E untuk Brazil diperkirakan akan terbang akhir tahun ini, menurut Franzén. Swedia juga akan menggunakan tiga Gripen E sebagai pesawat validasi dan verifikasi.

Perusahaan Saab juga telah memulai pengujian radar Gripen E dan sensor suite, serta batas ketinggian dan kecepatan tertinggi.

Berbicara di Pameran Pertahanan & Keamanan Internasional LAAD di Rio de Janeiro, Brasil, Franzén mengatakan, “Akhir tahun kami telah berhasil dengan program Gripen Brasil. Antara lain, kami telah memasang wide area display (WAD) dan mesin untuk Gripen E pertama untuk Brasil.”

“Tahun ini, pesawat pertama ke Brasil akan dikirim untuk memulai kampanye uji penerbangan di Linkoping, Swedia.”

Pada bulan Desember, Saab memilih AEL Sistemas untuk memasok sistem WAD, head-up display (HUD) dan helmet-mounted display (HMD) untuk pesawat tempur Gripen E / F Angkatan Udara Swedia.

Menurut Frenzen, konfigurasi yang sama untuk Gripen Swedia dan Gripen Brasil akan menghemat perawatan pesawat dan pengembangan perangkat lunak di masa depan.

Perusahaan juga menyatakan saat ini sedang memajukan program transfer teknologi kepada Brasil, dengan pelatihan yang diberikan kepada 165 insinyur Brasil di Swedia.

Airforcetechnology

Tinggalkan komentar